Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Mitos atau Fakta, Rambut Rontok Gejala Penuaan Dini?

Banyak orang sering mengalami masalah rambut rontok. Biasanya kerontokan ditemui saat mencuci rambut atau ketika menyisir rambut. Bagi sebagian orang, dalam jumlah sedikit rambut rontok mungkin tidak menjadi masalah. Namun, apabila rambut rontok terjadi terus-menerus dan dalam jumlah yang banyak, kerontokan rambut dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Minyak Kemiri untuk Pertumbuhan Rambut


Masalah rambut rontok terjadi karena sel-sel induk yang memicu pertumbuhan rambut baru pada folikel rambut Anda mati. Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok seperti perubahan hormon, bertambahnya usia, faktor lingkungan, genetika serta diet Anda. Selain itu, penggunaan bahan-bahan kimia pada saat melakukan styling pada rambut Anda juga dapat menjadi faktor penyebab rambut rusak dan kerontokan. Sementara dari beberapa sumber juga mengatakan, penuaan dini juga menjadi penyebab rambut rontok.

Hubungan rambut rontok dengan penuaan dini

Penuaan Dini

Penuaan dapat menyebabkan banyak perubahan pada seluruh tubuh Anda. Rambut Anda adalah salah satu bagian dari tubuh yang tidak terhindar dari proses penuaan. Meskipun jumlah rambut rontok karena penuaan sangat ditentukan oleh genetika, hampir semua orang akan mengalami beberapa rambut rontok karena penuaan.

Dengan proses penuaan alami, rambut mulai menipis dan rontok. Biasanya, rambut yang rontok akan diganti dengan pertumbuhan rambut baru, namun seiring bertambahnya usia, hal ini semakin jarang terjadi. Oleh karena itu, rambut rontok dapat berkaitan dengan bertambahnya usia seseorang. 

Tanda- tanda penuaan dini biasanya terjadi sebelum Anda menginjak umur 35 tahun atau berkisar pada usia 20-30 tahun. Tanda penuaan dini dapat Anda kenali di antaranya seperti kulit kering dan bersisik, kantung mata membesar, flek hitam serta kerontokan pada rambut.


Penuaan dini terjadi karena banyak faktor, beberapa hal yang dapat memicu penuaan dini di antaranya seperti:

Kebiasaan yang memicu penuaan dini

rambut rontok

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu penuaan dini, yaitu

1. Merokok

Racun yang terkandung dalam asap rokok dapat membuat membuat kulit Anda stres, yang mengakibatkan kulit kekeringan keriput, dan muncul tanda-tanda penuaan dini lainnya pada tubuh Anda.

2. Terkena paparan sinar matahari

Tanning bed dan paparan sinar matahari melalui sinar UV secara langsung dapat menembus kulit Anda dengan sinar UV. Apabila Anda tidak menggunakan SPF sinar UV ini dapat merusak DNA dan menembus ke lapisan dalam sel-sel kulit Anda dan menyebabkan keriput.

3. Kurang tidur

Tidur membuat tubuh Anda  lebih segar dan meregenerasi sel di dalam tubuh. Jika Anda kurang tidur atau sering begadang, hal ini dapat menghambat regenerasi sel-sel pada tubuh Anda dan menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

4. Diet

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi gula serta karbohidrat olahan yang berlebihan dapat merusak kulit Anda.

5. Asupan alkohol dan kafein


Minum alkohol dan kafein secara berlebihan membuat tubuh Anda dehidrasi. Seiring waktu, dehidrasi yang Anda alami dapat menyebabkan kulit Anda kendur dan kehilangan elastisitasnya.

6. Kondisi Lingkungan

Apabila kulit Anda sering terpapar secara langsung oleh lingkungan yang tercemar polusi, hal ini akan memicu pembentukan bintik-bintik pigmen dan kerutan pada kulit anada.

7. Stress


Gaya hidup yang penuh tekanan dapat memicu respons peradangan pada tubuh Anda. Hormon stres dan peradangan yang Anda alami dapat membuat tubuh Anda lebih cepat mengalami penuaan.
Cara mengatasi penuaan dini yang dapat mengurangi rambut rontok

Cara mengatasi penuaan dini yang dapat mengurangi rambut rontok

tips mencegah penuaan dini


Untuk mengatasi penuaan dini yang Anda alami, Anda bisa memulai dengan cara menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya penuaan dini seperti mengurangi asupan alkohol dan kafein, berhenti merokok, gunakan SPF jika hendak pergi ke luar rumah serta melakukan relaksasi untuk mengurangi stres.


Untuk perawatan khusus terhadap kerontokan rambut yang Anda alami, Anda bisa melakukan hal hal seperti :


Mencuci rambut secara teratur

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Pertimbangkanlah untuk menggunakan produk-produk perawatan rambut seperti shampo dan conditioner dengan formula yang dapat mencegah kerontokan pada rambut

Mengoleskan Minyak kelapa

Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mengikat protein dalam rambut, dan melindungi dari kerusakan pada akar dan untai. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mempercepat pertumbuhan kembali rambut Anda.

Menggunakan Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat melindungi rambut dari kekeringan dan kerusakan termasuk rambut rontok. Gunakanlah minyak zaitun dengan cara mengoleskannya 30 menit sebelum Anda keramas.

Kurangi kegiatan styling

Perawatan kimia seperti pada pewarna rambut yang mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD) dapat merusak rambut Anda dan menyebabkan kerontokan. Usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan styling pada rambut Anda yang dapat berpotensi meperparah kerontokan pada rambut Anda

Makanan yang dapat mencegah penuaan dini

cara mengatasi penuaan dini

Untuk mencegah penuaan diri yang mungkin Anda alami, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan – kandungan yang bisa mencegah penuaan dini bisa menjadi salah satu hal yang dapat ana lakukan. berikut adalah beberapa makanan yang dpat anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini :

Tomat

Tomat memiliki kadar air yang tinggi serta kandungan vitamin yang berlimpah. Tomat juga mengandung likopen serta antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan penuaan serta keriput pada kulit anda

Cokelat hitam

Selain rasanya yang enak, cokelat hitam ternyata baik dalam mencegah penuaan dini dalam diri anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang kaya dengan flavanol secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Kedelai

Kedelai kaya akan protein dan isoflavon yang dpaat membantu dalam menguragi keriput pada kulit. Kacang kedelai juga akan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit anda. Jika kesulitan untuk mengolah dan mengkonsumsi kedelai secara langsung, anda dapat mengkonsumsi kedelai olahan seperti tempe dan tahu yang mudah sekali anda dapatkan di pasar maupun swalayan.

Baca juga : 10 Makanan dan Minuman Mengandung Kolagen

Salmon

Salmon adalah jenis ikan yang kaya akan kandungan omega-3, yang merupakan kandungan yang dapat menjadi sahabat baik bagi kulit anda. Asam lemak dalam ikan yang lezat ini membantu menjaga keriput dan garis-garis halus menjauh dengan menjaga kulit tetap kenyal dan lembab. Omega-3 bahkan juga dapat meningkatkan pertahanan kulit Anda terhadap kerusakan UV.

Yogurt

Dengan rasa asam yang menyegarkan yogurt juga kaya akan kandungan berbagai vitamin yang baik untuk anda. kandungan vitamin B yang ada pada yogurt dapat membantu detoksifikasi pada kulit anda.

Oatmeal

Salah satu tanda penuaan dini seperti rambut rontok, disebabakan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral esensial. Untuk mengatasi masalah ini, oatmeal dapat membantu anda. Selain membuat Anda kenyang, oatmeal juga mengandung zat besi, seng, dan lemak sehat yang dapat membantu menjaga untaian tetap sehat dan kuat.

Kacang – kacangan

Asam folat yang terkandung di dalam kacang – kacangan dapat bermancaat dalam perkembangan sel dan pertumbuhan jaringan termasuk pada rambut anda. Asupan asam folat dapat mencegah kerontokan serta uban pada rambut anda yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari yang sebenarnya.

Bluberi

Bluberi adalah buah yang kaya akan vitamin c yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberry membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Asupan antioksidan dalam jumlah besar berguna untuk melindungi dari tanda-tanda penuaan.

Baca juga : Minum Vitamin C Bikin Asam Lambung Naik, Mitos atau Fakta?

Pencegahan terjadinya penuaan dini dalam tubuh anda menjadi hal yang penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan mucul saat usia anda masih muda. Konsumsi makanan dengan kandungan yang baik untuk mencegah penuaan serta menghindari kebiasaan yang dapat memperparahnya merupakan tindakan preventif yang dapat anda lakukan sejak dini.

Eatthis. Diakses pada Juli 2020. 26 Best Anti-Aging Foods. https://www.eatthis.com/anti-aging-foods/
Healthline. Diakses pada Juli 2020. Hair Loss Prevention: 22 Tips to Help Save Your Hair. https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention#12
Askdrray. Diakses pada Juli 2020. What Causes Premature Aging? http://www.askdrray.com/what-causes-premature-aging/
Healthline. Diakses pada Juli 2020. Everything You Need to Know About Premature Aging. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/premature-aging#reversal
Goodrx. Diakses pada Juli 2020. What Causes Hair Loss in Women? It May Depend on Your Age. https://www.goodrx.com/blog/most-common-causes-of-hair-loss-in-women-by-age/
Headcovers. Diakses pada Juli 2020. Age Related Hair Loss https://www.headcovers.com/resources/hair-loss/age-related-hair-loss/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan