Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Tanda Tubuh Kurang Gerak yang Perlu Anda Ketahui

Menggerakkan tubuh merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar serta membuat pikiran Anda tetap sehat. Namun, beberapa orang mungkin kurang bergerak dan juga kurang olahraga. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gaya hidup yang menyebabkan tubuh kurang gerak, hingga tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk terlalu lama. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, kebanyakan masyarakat menghabiskan waktu dirumah saja dan tidak banyak melakukan aktivitas yang memungkinkan tubuh untuk tidak bergerak.

Baca Juga : 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

Anda mungkin menghabiskan waktu dengan duduk didepan komputer sepanjang hari, menonton tv sambil duduk di sofa atau sekedar memainkan ponsel sambil  berbaring di kasur sepanjang hari. Padahal melakukan gerak tubuh seperti berolahraga atau sekedar berjalan santai sangat penting bagi kesehatan tubuh dan juga mental Anda.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

tubuh kurang gerak

Bergerak dan berolahraga dapat mendatangkan banyak manfaat bagi diri Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Anda dapatkan bila Anda melakukan gerak badan :

  • Peningkatan kualitas kesehatan secara keseluruhan,
  • Membantu meningkatkan suasana hati Anda dan memperbaiki gejala yang berkaitan dengan depresi dan kecemasan
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit
  • Meningkatkan energi
  • Membantu penurunan risiko penyakit tertentu
  • Membantu menjaga berat badan yang sehat
  • Membantu tubuh mengatur gula darah dan tingkat insulin

Dengan banyaknya manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan dari bergerak dan berolahraga, tentu tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukannya ya farmafriends!. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit bergerak dan kurang olahraga dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit akibat kurang gerak. Penyakit yang mungkin disebabkan oleh kurang gerak diantaranya  seperti, meningkatkan resiko penyakit jantung, Obesitas, Postur tubuh yang bungkuk, kadar gula darah yang buruk hingga mengalami beberapa gangguan psikologis seperti kecemasan.

Tanpa disadari banyak orang yang kurang bergerak, namun beberapa mungkin tidak menyadarinya. Salah satu cara mengetahui apakah Anda kurang menggerakkan tubuh adalah dengan mengetahui tanda apa saja yang muncul dalam diri Anda.

 

Ciri-ciri Tubuh yang Kurang Gerak

kurang olahraga

Untuk menghindari diri Anda dari resiko kurang bergerak, salah satu hal yang perlu Anda ketahui untuk mendeteksinya adalah dengan mengetahui ciri-ciri apa saja yang mungkin Anda rasakan saat Anda kurang beraktivitas atau bergerak. Nah! berikut adalah beberapa ciri-ciri yang mungkin muncul dan Anda rasakan saat Anda kurang bergerak :

1. Sulit tidur dengan Nyenyak

Jika Anda kurang tidur di malam hari atau sulit mendapatkan tidur yang nyenyak mungkin penyebabnya adalah karena Anda kurang bergerak. Jika Anda berolahraga secara teratur, hal ini dapat Anda membuat tubuh lelah, sehingga lebih mudah untuk tertidur dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

2. Mudah Merasa Lapar

Mungkin Anda berpikir jika Anda tidak bergerak, tubuh Anda tidak membutuhkan banyak makanan. Namun ternyata hal ini dapat  menipu Anda dengan berpikir Anda tidak mendapatkan cukup bahan bakar. Jika Anda memiliki nafsu makan yang konstan tetapi Anda tidak aktif, itu mungkin karena tubuh Anda memproduksi terlalu banyak ghrelin, hormon yang membuat Anda merasa lapar.

3. Mudah lelah dan merasa lesu

Meskipun hanya duduk dan berbaring sepanjang waktu sebenarnya dapat menguras energi Anda lebih jauh. Hal inilah yang mungkin membuat Anda merasa lelah walau tidak melakukan apapun. Hal sebaliknya yang mungkin tidak Anda sangka adalah bahwa saat Anda terlibat dalam aktivitas fisik yang memompa jantung, justru  dapat memberi Anda ledakan energi yang Anda butuhkan.

4 Sulit mengatasi stres dan mengalami kecemasan

Berbagai aktivitas fisik seperti olahraga bukan hanya bagus untuk kesehatan fisik lho farmafriends. Ini juga dapat mendorong pelepasan neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin. Selain itu dengan beraktivitas, ini juga bisa menurunkan tingkat kortisol yang dipompa ke seluruh tubuh Anda.

 Jika Anda terus-menerus merasa stres atau sering merasa cemas, cobalah menambahkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda. dengan melepaskan serotonin atau hormon perasaan senang di otak,ini dapat membantu meredakan gejala kecemasan yang Anda rasakan.

5. Sakit punggung dan kekakuan sendi

Apabila Anda menghabiskan waktu dengan banyak diam,Anda mungkin bangun dengan keadaan sendi yang kaku di beberapa bagian tubuh keesokan harinya. Anda juga lebih mungkin untuk merasa nyeri pada punggung bagian bawah atau pinggang karena terlalu banyak duduk. Anda mungkin berpikir sebaiknya Anda harus lebih banyak beristirahat, padahal justru Anda harus lebih banyak bergerak.

Sebab  ketidakaktifan ternyata dapat memperburuk nyeri sendi. Sementara aktivitas fisik justru dapat meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot, tulang, dan persendian yang pada akhirnya bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

 

6. Anda sulit berkonsentrasi

Salah satu dampak kurang olahraga lainnya yang mungkin Anda rasakan adalah menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Sebab saat Anda bergerak lebih banyak, otak melepaskan zat kimia yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, hal ini dapat meningkatkan daya ingat, ketajaman mental, dan jua tingkat konsentrasi Anda.

7. Lebih mudah jatuh sakit

Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga tidak heran apabila Anda mungkin lebih mudah terserang flu atau jatuh sakit jika Anda kurang bergerak.

Tips supaya lebih banyak bergerak

kesehatan tubuh

Meskipun Anda mungkin tidak dapat pergi ke gym, kelas kebugaran atau berolahraga di luar rumah, hal ini bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap bergerak. Sebab Anda masih tetap bisa melakukannya walau hanya berada di dalam rumah. Berikut farmaku juga akan membagikan beberapa tips untuk Anda supaya bisa lebih banyak bergerak walau hanya dirumah saja.

Baca juga : Workout Untuk Pemula Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Melakukan workout sambil menonton tv

Alih-alih hanya duduk berdiam diri atau berbaring di sofa selama menonton acara tv favorit Anda, cobalah memadukanya dengan latihan kecil. Berbagai jenis workout yang telah dimodifikasi memungkinkan Anda melakukanya sambil duduk.

Perbanyak peregangan

Selain melakukanya saat Anda baru saja bangun dari tempat tidur, Anda bisa melakukan peregangan saat Anda bekerja. Anda mungkin duduk didepan komputer dalam waktu yang lama, di masa-masa seperti ini usahakanlah untuk melakukan stretching sederhana untuk melenturkan sendi-sendi Anda.

Ikut kelas olahraga online

Walaupun Anda tidak bisa olahraga di luar rumah, Anda bisa mengikuti kelas olahraga atau yoga secara online. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai kelas olahraga atau yoga online bahkan dengan gratis, jadi tidak ada alasan untuk tidak berolahraga ya farma friends!

Berjalan-jalan di sekitar rumah

Berjalan naik-turun tangga atau sekedar mengitari pekarangan rumah bisa menjadi pilihan Anda untuk tetap bergerak. Selain itu, mengerjakan pekerjaan rumah mungkin juga bisa menjadi pilihan yang bagus un Anda. Anda bisa tetap sehat sambil menjaga rumah Anda tetap bersih dan rapi.

Baca Juga : Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal

Bagaimanapun pilihan Anda dalam memilih aktivitas, hal terpenting adalah Anda tetap bergerak untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan juga mental Anda. Intinya, usahakan untuk tetap beraktivitas dan menggerakkan tubuh Anda dengan cara yang Anda inginkan. (DH)

Diakses pada oktober 2020.https://www.eatthis.com/warning-signs-you-need-to-move-more/
Diakses pada oktober 2020.https://www.readersdigest.ca/health/fitness/signs-you-need-to-move-more/
Diakses pada oktober 2020.https://www.simplemost.com/signs-from-your-body-that-you-need-to-be-more-active/
Diakses pada oktober 2020.https://www.thehealthy.com/exercise/sedentary-lifestyle-more-exercise/
Diakses pada oktober 2020.https://www.insider.com/how-much-to-exercise-2018-1#youre-having-trouble-sleeping-5



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan