Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Aktivitas di Tempat Umum Yang Bisa Tingkatkan Risiko Covid-19

Pembatasan sosial untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 saat ini sudah mulai dilonggarkan. Masa transisi menuju masa new normal membuat aktivitas masyarakat kembali berjalan normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing. Walaupun protokol serta physical distancing telah diterapkan, namun ternyata penyebaran virus Covid-19 masih terus terjadi bahkan terus meningkat jumlahnya.

Baca juga: Cara Penyebaran Virus Corona Versi WHO 

Penyebaran serta penularan virus Covid-19 akan lebih diperburuk dengan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah akan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Dengan adanya transisi masa new normal masyarakat diharapkan tidak berpikir bahwa penyebaran virus corona telah berakhir. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk tetap waspada terhadap tempat-tempat yang memungkinan tinggi resiko penyebaran virus Covid-19. WHO terus menyarankan masyarakat dari segala usia untuk mengambil langkah-langkah perlindungan diri dari virus, salah satunya dengan menjaga jarak sosial dan menghindari keramaian.


Baca Juga : Tren Bersepeda Saat New Normal


Penyebaran serta penularan virus Covid-19 akan lebih diperburuk dengan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah akan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Dengan adanya transisi masa new normal masyarakat diharapkan tidak berpikir bahwa penyebaran virus corona telah berakhir. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk tetap waspada terhadap tempat-tempat yang memungkinan tinggi resiko penyebaran virus Covid-19. WHO terus menyarankan masyarakat dari segala usia untuk mengambil langkah-langkah perlindungan diri dari virus, salah satunya dengan menjaga jarak sosial dan menghindari keramaian.

Tempat umum yang berisiko meningkatkan penularan virus Covid-19

Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat menjelang masa new normal saat ini tidak luput dari tempat-tempat umum. Tempat-tempat umum yang dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko penularan virus diantaranya seperti kantor, restoran dan cafe, tempat gym, taman, mall, bioskop tempat hiburan, Bar, tempat karaoke, serta pasar. Tepat-tempat tersebut saat ini perlahan-lahan telah kembali dikunjungi oleh masyarakat dan menjadi tempat-tempat yang rawan resiko penyebaran virus corona. Lantas aktivitas di tempat umum apa sajakah yang dapat tingkatkan risiko Covid-19?

Aktivitas yang bisa tingkatkan risiko Covid-19


Beberapa aktivitas yang mungkin dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 diantaranya seperti :

1. Olahraga di tempat umum dan gym

Aktivitas di tempat umum

Berolahraga di tempat umum seperti gym bersama dengan banyak orang tentu akan meningkatkan risiko penyebaran virus Covid-19. Pemakaian alat-alat olahraga secara bergantian, memungkinkan penularan dan penyebaran Covid-19 melalui barang-barang yang dipegang secara bergantian.


Sebagai alternatif, Anda disarankan untuk lebih memilih berolahraga dirumah atau di sekitar lingkungan rumah yang lebih aman dibandingkan harus berolahraga di gym. Beberapa instruktur olahraga yang kini banyak membuat konten-konten panduan berolahraga bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mulai berolahraga dan menjalani hidup sehat di rumah.

Baca juga : Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal


2. Makan di restoran atau Cafe

aktivitas sehari- hari

Seiring dengan kelonggaran pembatasan sosial menuju masa new normal, saat ini banyak restoran dan cafe yang memperbolehkan pelanggannya untuk makan di tempat. Namun, makan di restoran serta melakukan kegiatan kongkow-kongkow bersama teman-teman di cafe, menggunakan alat makan, meja serta kursi bergantian dengan orang banyak akan berisiko meningkatkan penularan virus Covid-19 kepada diri Anda.


Dibandingkan makan di restoran, cafe atau tempat umum lainnya, Anda disarankan untuk lebih memilih membeli makanan dan memakannya dirumah dibanding harus makan di restoran dengan banyak kerumunan orang.

3. Belanja di mall atau pasar

tempat penularan covid-19

Dengan kembalinya dibuka pusat perbelanjaan serta mall, banyak orang yang kembali melakukan aktivitas seperti jalan-jalan serta berbelanja ke mall. Walaupun kebanyakan mall sudah menerapkan beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh para pengunjungnya, namun belanja di mall merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.


Jika Anda ingin tetap pergi ke mall dengan aman dan nyaman, tetap patuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak dengan orang lain. Usahakan juga untuk melakukan pembayaran secara non-tunai untuk menghindari penularan virus.


Begitu pula dengan kegiatan masyarakat berkumpul di tempat-tempat umum seperti belanja di pasar, Anda tidak dapat menjamin keamanan Anda selama berada di pasar. Banyaknya kerumunan orang serta tidak didukungnya pembayaran non-tunai dapat meningkatkan resiko penularan virus Covid-19.

Baca juga : Bawa Anak Ke Mall Saat New Normal? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini


4. Pergi ke Bar/Club malam

Aktivitas di bar yang padat dengan kerumunan orang akan sangat berpotensi meningkatkan risiko penularan virus Covid-19. Konsumsi alkohol dan kandungan lain yang dapat mengurangi tingkat kesadaran seseorang akan lebih memungkinkan orang untuk lupa memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain.


5. Potong rambut di salon

Memotong atau melakukan perawatan rambut lainnya di salon atau barbershop juga tidak luput dari risiko penularan virus. Pemakaian alat-alat perawatan secara bergantian dengan pengunjung lain dapat menjadi sarana penularan virus bagi diri Anda.

6. Kunjungan acara pernikahan 

Acara pernikahan merupakan acara yang identik dengan kerumunan orang banyak. Bersalaman atau bahkan berpelukan dengan mempelai dapat meningkatkan resiko penularan. Belum lagi ketika Anda bertemu dengan teman-teman lama Anda yang jug amemungkinkan bagi Anda untuk bersalaman ataupun berpelukkan dengan mereka.


7. Berenang di tempat umum


Melakukan aktivitas berenang dalam satu kolam renang dengan banyak orang di dalamnya sepertinya bukan aktivitas yang baik untuk Anda lakukan. Berbagai cairan yang mungkin berada bersama air di kolam renang umum juga dapat meningkatkan risiko penularan virus.


8. Gathering atau berkumpul dengan banyak orang

Setelah berbulan-bulan menjalani masa pembatasan sosial, dan dengan mulai dilonggarkannya kebijakan tersebut saat ini banyak masyarakat yang mulai merencanakan berbagai agenda bepergian dan bahkan berkumpul bersama teman-teman dan keluarga jauh. Namun tahukah Anda, hal ini dapat meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.


Terlebih lagi apabila dalam acara tersebut Anda akan bertemu dengan orang-orang dengan usia lanjut atau anak kecil yang memiliki imunitas yang rendah. Anda justru dapat menjadi salah satu carrier yang dapat menularkan virus tersebut.


9. Bernyanyi bersama di tempat karaoke

Dikutip dari official web portal of Colorado, kegiatan karaoke bersama dengan orang lain di tempat karaoke merupakan salah satu kegiatan yang memiliki resiko paling tinggi terhadap bahaya penularan virus Covid-19.


10. Bepergian menggunakan pesawat

Saat Anda bepergian atau melakukan traveling menggunakan pesawat, Anda harus selalu waspada. Karena di dalam pesawat yang tertutup dan minim sirkulasi udara Anda aan bertemu dengan banyak orang dari berbagai tempat serta berbagai kondisi kesehatan yang tidak Anda ketahui. Walaupun untuk bisa bepergian dengan pesawat, Anda diharuskan melakukan berbagai protokol kesehatan, namun penyebaran virus tetap tidak dapat dihindari.

Dengan mengetahui aktivitas serta tempat-tempat umum apa saja yang bisa meningkatkan risiko Covid-19, Anda diharapkan akan lebih waspada sebelum melakukan atau pergi ke tempat-tempat tersebut. Usahakan untuk tetap berada di rumah saja apabila tidak ada kegiatan yang mendesak selama bahaya virus Covid-19 masih terus ada, merupakan pilihan yang bijak bagi diri Anda.


Apabila Anda terpaksa harus pergi ke luar rumah, pastikan Anda menaati aturan-aturan serta protokol kesehatan untuk menjaga diri Anda dari risiko penularan virus Covid-19. Usahakan untuk selalu memakai masker kemanapun Anda hendak bepergian. Cuci tangan menggunakan sabun atau membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer adalah langkah preventif yang harus selalu Anda lakukan sesering mungkin. Ingatlah bahwa penyebaran virus corona belum berakhir, sehingga kesehatan merupakan hal paling penting untuk Anda jaga saat ini. Usahakan untuk tetap membatasi interaksi Anda dengan orang lain di luar rumah.

Covid19. Diakses pada Juli 2020. Risk Benefit. https://covid19.colorado.gov/risks-benefits

Center for Disease Cotrol and Prevention. Diakses pada Juli 2020. People of Any Age with Underlying. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/need-extra-precautions/people-with-medical-conditions.html

Who. Diakses pada Juli 2020. Knowing The Risk For Covid-19. https://www.who.int/indonesia/news/detail/08-03-2020-knowing-the-risk-for-covid-19

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19