Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal

 24 Jun 2020 Kesehatan | COVID-19



olahraga saat new normal


Ada berbagai manfaat olahraga yang dapat dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

 

Dengan rutin melakukan olahraga banyak manfaat yang kita dapatkan secara langsung. Olahraga adalah suatu gerakan tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Macam-macam olahraga misalnya senam, yoga, berenang, berjalan, atau berlari dapat merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

 

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh

 

Olahraga merupakan obat alami yang bisa Anda dapatkan tanpa memerlukan biaya yang mahal. Namun, seringkali terabaikan sehingga menimbulkan beberapa keluhan pada tubuh. Penelitian juga membuktikan bahwa olahraga dapat membuat jiwa jauh lebih sehat dan bahagia. Berikut manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

 

  • Mencegah berbagai penyakit
  • Membantu mengatasi stres
  • Membuat tidur jadi lebih nyenyak
  • Mengembalikan gairah seksual
  • Mengurangi stres
  • Menikmati waktu yang menyenangkan

 


Baca juga: 8 Manfaat Lari Pagi atau Jogging Untuk Kesehatan

 


Kapan olahraga yang baik?

 

manfaat olahraga


Tidak ada patokan yang pasti kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Pasalnya olahraga yang dilakukan pada pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari memiliki kelebihan masing-masing dan tetap membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Olahraga di pagi hari

Banyak orang yang menilai bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Alasannya karena pagi hari udara masih segar terlebih jika olahraga di rumah.

Namun, masih ada lho kelebihan olahraga di pagi hari lainnya, yakni:

 

  • Membuat tubuh lebih berenergi
  • Membuat jiwa dan raga siap untuk beraktifitas
  • Meningkatkan mood atau suasana hati
  • Membuat pola hidup menjadi lebih sehat
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan performa kerja
  • Mengontrol nafsu makan

 

Olahraga di sore atau malam hari

Meski umumnya orang-orang melakukan olahraga pada pagi hari, tetapi beberapa orang memilih berolahraga pada sore atau malam hari karena berbagai alasan seperti terpatok jam kerja saat pagi atau siang hari. Bagi Anda yang memilih waktu sore atau malam hari tak perlu khawatir karena keduanya bisa tetap menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Berikut kelebihannya:

 

  • Pada sore atau malam hari suhu tubuh mengalami peningkatan dan dapat menghangatkan otot. Pada saat tersebut otot-otot tubuh berada pada posisi ideal
  • Olahraga dapat dilakukan lebih intens karena daya tahan tubuh pada sore atau malam hari lebih tinggi dari pagi hari.
  • Membantu menghilangkan stres , setelah lelah beraktifitas seharian penuh
  • Pasokan energi cenderung lebih efektif karena pada sore hari oksigen diserap lebih cepat daripada pagi hari.

 

Pagi, siang, sore atau malam hari berolahraga, kapanpun itu, akan lebih bermanfaat daripada tidak berolahraga sama sekali. Jadi sebenarnya, tidak perlu terlalu pusing memikirkan jam olahraga yang baik.

 

Olahraga di ruang publik selama transisi new normal

 

Bagi Anda yang aktif membaca berita di media apapun, tentu Anda pernah tahu bahwa pemerintah telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat masyarakat tidak sabar untuk kembali beraktivitas jasmani seperti biasanya. Salah satunya melakukan aktivitas olahraga di ruang publik.

 

Begitu dilonggarkan, masyarakat tampak segera memenuhi ruang-ruang publik untuk aktivitas olahraga seperti bersepeda, berlari, senam, dan lain sebagainya. Bagi sebagian besar orang, berolahraga di ruang publik bukan sekedar lifestyle namun sudah menjadi kebutuhan. Meski begitu, selama pandemi Covid-19 belum berakhir, beraktivitas di luar rumah tetaplah berisiko.

 


Nah, sejumlah tips berikut bisa Anda ikuti agar tetap aman berolahraga di ruang publik selama masa new normal.

 

Nah, sejumlah tips berikut bisa Anda ikuti agar tetap aman berolahraga di ruang publik selama masa new normal.


1. Menggunakan masker

 

 tips olahraga saat new normal

 

Penggunaan masker saat berolahraga tentu harus Anda perhatikan. Di Indonesia, salah satu penerapan protokol kesehatan di tempat umum adalah pemakaian masker saat olahraga di ruang publik. Alasannya, dengan menggunakan masker kita bisa mengenali risiko diri sendiri dan risiko lingkungans sekitar. Akan tetapi hal yang berbeda disampaikan oleh WHO (World Health Organization), bahwa olahraga pakai masker adalah sesak napas yang dapat berujung pada hilangnya kesadaran (pingsan).

 

Sebetulnya kedua anjuran tersebut sama-sama mempunyai tujuan yang baik. Oleh karena itu sebaiknya pakai masker saat berolahraga tergantung intensitas dan kondisi keramaiannya. Anda bisa tetap memakai masker untuk mencegah penularan virus corona pertama jika di tempat umum misalnya di GBK atau fasilitas olahraga umum lainnya dalam masa new normal.

 

Baca juga: Cara Menggunakan Masker Kain Yang Benar untuk Cegah Covid-19

 

Anjuran olahraga saat pandemi COVID-19 adalah dengan intensitas ringan hingga sedang. Misalnya berjalan cepat, jogging, atau bersepeda. Jika kecepatan lari Anda semakin bertambah, maka intensitasnya berubah jadi berat.

 

Jika ingin lari yang “benar-benar lari”, Anda bisa tidak pakai masker, asalkan jaga jarak dengan orang lain dan tidak memilih area ramai.

Apabila olahraga yang Anda lakukan termasuk kategori olahraga berat, lebih baik lakukan di rumah.


Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah:

 

  • Yoga
  • Thai boxing
  • Angkat beban
  • Lompat tali
  • Squat
  • Senam

 

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing


2. Menjaga kebersihan

 

olahraga di ruang publik

 

Meski olahraga di ruang publik dilakukan seorang diri, kebersihan diri tetap perlu diprioritaskan. Tubuh yang bersih dapat meminimalisir perpindahan virus.

 

Perlu diingat agar tidak melakukan olahraga secara berlebihan hal ini untuk menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan prima. Serta pastikan Anda rajin mencuci tangan saat bersantai atau istirahat atau jika sulit menemukan sumber air, gunakan hand sanitizer.

 

 


3. Tetap menerapkan physical distancing

 

olahraga di ruang publik



Sudah memasuki masa new normal bukan berarti pandemi virus corona sudah berakhir ya FarmaFriends. Menjaga jarak dalam berolahraga masuk menjadi protokol yang penting untuk ditaati. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari olahraga di keramaian yang berisiko berdekatan dengan orang lain.

 

Baca juga: Ubah Social Distancing Jadi Physical Distancing? Inilah Alasan WHO!

 


4. Menghindari dehidrasi

 

apa itu dehidrasi

 

Selama berolahraga pastikan tubuh Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Cairan tubuh ketika berolahraga harus selalu dalam keadaan cukup karena aktivitas olahraga selain membakar kalori juga membuat tubuh kehilangan cairan.

 


5. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

 

protokol kesehatan olahraga new normal

 

Selain menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan pada saat melakukan olahraga juga harus diperhatikan. Ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, kebersihan perlengkapan olahraga yang digunakan juga harus diperhatikan. Lakukan perawatan secara rutin.

 


Nah, itulah beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan saat memutuskan untuk berolahraga di ruang publik selama masa new normal. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, selain rutin berolahraga, pastikan juga asupan suplemen dan vitamin tetap terpenuhi ya! (PK)

 

 

Sumber: 

NHS Choices UK. Diakses pada Juni 2020. Live Well. Benefits of exercise. https://www.nhs.uk/live-well/exercise/exercise-health-benefits/

Medicine Net. Diakses pada Juni 2020. Health Benefits Of Physical Activity. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=10074

Everydayhealth. Diakses pada Juni 2020. When the Best Time to Exercise?. https://www.everydayhealth.com/columns/everyday-fitness/the-best-time-of-day-to-exercise/

World Health Organization. Diakses pada April 2020. Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for the Public: When and How to Use Masks. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

 

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   COVID-19