Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Tips Buat Physical Distancing di Rumah Jadi Menyenangkan

Pada awal bulan April lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengubah social distancing menjadi physical distancing sebagai salah satu upaya memperlambat penyebaran COVID-19. Meski aturan tersebut sudah diberlakukan, masyarakat tidak harus ” terputus’ dari orang lain dan melupakan cara berkomunikasi.

Sebuah pendekatan diperlukan agar masyarakat tetap dapat bersosialisasi demi menjaga kesehatan mental, namun tetap saling menjaga jarak untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Physical distancing tips dirumah saja, bukan berarti Anda boleh stres dan merasa kesepian ya FarmaFriends!. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda dan keluarga coba lakukan di rumah, teman atau rekan kerja sebelum Anda disibukan dengan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Baca juga: Social Distancing, Cara Jitu Cegah Penyebaran Corona

1. Masak menu masakan baru bersama pasangan

contoh physical distancing

Selama ini mungkin Anda dan pasangan masing -masing disibukan dengan aktivitas kantor yang memakan waktu sehigga momen untuk dihabiskan bersama pasangan tidak cukup banyak. Tapi, di masa physical distancing seperti ini, dengan adanya kebijakan work from home Anda berdua bisa punya banyak waktu untuk bertatap muka.

Manfaatkan waktu, saatnya Anda mengeksplor kemampuan memasak. Selain hemat, hubungan juga menjadi lebih intim

2. Movie marathon 

netflix party

Tidak bisa dipungkiri menonton film menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan banyak orang ketika karantina di rumah. Terlebih kini situs streaming film ada di masa sekarang. Jadi, meski Anda tidak bisa pergi ke bioskop, Anda tetap bisa menonton film favorit berdua bersama pasangan atau mengajak anak-anak. 

Gunakan layar lebar agar suasana menjadi lebih menyenangkan. Siapkan pula makanan ringan serta minuman agar tidak kalah seru dari menonton di bioskop. 

3. Bertukar pesan teks dan suara lebih sering

kegiatan social distancing

Selama menjalani physical distancing, sebaiknya usahakan untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang-orang di kehidupan Anda. Entah itu teman, rekan kerja, kerabat, keluarga yang tinggal jauh, atau pasangan. Hindari membahas hal-hal yang berkaitan dengan virus corona. Hal itu bisa saja mempengaruhi mood Anda dan makin stres. Carilah topik lain yang bisa membuat komunikasi Anda menjadi lebih seru, misalnya tentang kejadian lucu di masa sebelum pandemi atau rekomendasi film. 

4. Berkebun

Berkebun

Tidak ada salahnya memanfaatkan area lahan di rumah untuk bercocok tanam. Jika biasanya, kegiatan berkebun hanya dilakukan pada akhir pekan, justru di saat karantina seperti ini Anda jadi bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkebun kapan saja. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk melakukan kegiatan bermanfaat yang satu ini. Apalagi jika berkebun merupakan hobi Anda, dilakukan bersama keluarga pasti jadi lebih menyenangkan.

5. Jaga tubuh dan mental tetap sehat dengan yoga

yoga untuk pemula

Sembari menunggu gym dan pusat olahraga favorit buka kembali, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga di rumah adalah salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kepenatan selama di rumah. Yoga adalah salah satu pilihan olahraga yang tepat untuk dicoba. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga yang simple baik sendiri, bersama pasangan atau anak Anda. Selain mampu membuat tubuh lebih fit, yoga juga bagus untuk kesehatan mental lho!. 

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

6. Perluas jaringan sosial

social distancing

Menghabiskan waktu di jejaring sosial mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk memastikan Anda tetap menjaga kehidupan sosial dengan baik. Jika membicarakan hal yang berkaitan dengan virus corona berisiko meningkatkan stres, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam challenge yang sedang ramai di media sosial, instagram atau tik tok misalnya.


Nah, itulah beberapa kegiatan yang dapat Anda coba terapkan di rumah selama masa physical distancing. Jangan biarkan pandemi virus corona ini menjadi halangan bagi Anda untuk tetap memenuhi kebutuhan sosial dan kesehatan mental Anda. Namun meski begitu, pastikan selalu melakukan upaya pencegahan penyebaran virus dengan rajin mencuci tangan, konsumsi vitamin, dan mengenakan masker jika sedang sakit atau diharuskan keluar rumah ya FarmaFriends!. (PR)

Psychology Today. Diakses pada April 2020. Preventing Loneliness in Times of Social Distancing. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/sweet-emotion/202003/preventing-loneliness-in-times-social-distancing
Scientific American. Diakses pada April 2020. How to Prevent Loneliness in a Time of Social Distancing. https://www.scientificamerican.com/article/how-to-prevent-loneliness-in-a-time-of-social-distancing/
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada April 2020. Mental Health and Coping During COVID-19. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/managing-stress-anxiety.html


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19