Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Tips Quality Time saat Pandemi (Dilengkapi Manfaat)

tips quality time farmaku

Quality time di rumah selama work from home (WFH) adalah hal penting yang harus dilakukan. Cara ini tentunya bisa mempererat hubungan dengan anggota keluarga dan menghilangkan bosan di tengah kesibukan bekerja. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Tips Quality Time bersama Keluarga

 Cara mendapatkan waktu yang berkualitas yaitu dengan merencanakan berbagai kegiatan bersama keluarga. Hal ini bertujuan untuk membuat waktu yang Anda habiskan bersama keluarga dapat lebih menyenangkan. Berikut ini berbagai kegiatan menyenangkan saat pandemi yang bisa Anda lakukan bersama keluarga:

1. Memasak dan Makan Bersama

Memasak bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Anda dan keluarga bisa merencanakan menu apa yang akan dimasak dan disantap bersama dari hari ke hari selama berada dirumah saja. Alih-alih memesan makanan, Anda bisa memastikan makanan yang dimasak di rumah lebih sehat dan padat nutrisi. Anda juga bisa memasak hidangan baru setiap saat, dengan mencoba resep-resep yang baru.

Usahakan juga untuk makan bersama, sebab mungkin di hari-hari biasa Anda tidak memiliki kesempatan makan bersama keluarga. Jadi saat Anda memiliki waktu yang banyak bersama keluarga, mengapa tidak melakukannya bersama? Nikmatilah momen makan bersama, berbagi pikiran dan perasaan, dan menghabiskan waktu berkualitas di meja makan.

2. Membersihkan Rumah Bersama

Membersihkan rumah mungkin terdengar sebagai kegiatan yang tidak menyenangkan, tetapi jika melakukannya bersama-sama sebagai satu keluarga, hal ini bisa menjadi menyenangkan. Anda bisa merombak rumah Anda, memindahkan furnitur, dan menyingkirkan semua benda yang sudah tak terpakai. Setelah selesai melakukannya, Anda dan keluarga akan merasa puas melihat karena telah melakukan sesuatu yang produktif dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga.

3. Olahraga atau Latihan Bersama

Berolahraga dengan anggota keluarga ternyata bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Mungkin beberapa orang akan merasa bosan atau malas berolahraga karena tidak bisa melakukanya di luar rumah maupun di tempat gym.

Hal ini juga bisa menjadi awal bagi Anda untuk mengajari anak berolahraga. Sebab menjaga tubuh Anda dan keluarga tetap bugar dan sehat di masa pandemi merupakan hal yang sangat penting. Terutama untuk menjaga imun tubuh supaya tetap dalam kondisi yang baik.

4. Membaca atau Mendongeng bersama Keluarga

Apabila biasanya Anda tidak memiliki waktu untuk membacakan cerita untuk anak, momen pandemi ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukannya. Anda bisa membacakan buku untuk si kecil atau memilih buku untuk dibaca bersama dengan pasangan.

Menanamkan kebiasaan membaca adalah cara yang bagus untuk memperluas pengetahuan dan kreativitas. Setelah membaca atau mendongeng Anda juga bisa mendiskusikannya bersama anak. Hal ini bisa membuat Anda menghabiskan waktu bersama anak serta dan membantunya mempelajari hal baru dari membaca.

5. Membantu Anak Mengerjakan Tugas

Selama sekolah masih menerapkan pelajaran jarak jauh, ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk membantu mereka dalam belajar dan juga mengerjakan tugas sekolah. Membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah akan memungkinkan Anda mengetahui kelemahan dan kelebihan mereka.

Terlebih untuk para ayah yang mungkin biasanya sibuk di kantor. Selama Anda berada dirumah, para ayah bisa membantu ibu untuk membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah.

6. Berkebun atau Menanam di Rumah

Akhir-akhir ini banyak orang yang memulai hobi bercocok tanam selama berada dirumah saja. Hal ini mungkin bisa Anda lakukan untuk mengisi quality time bersama keluarga. Anda bisa mulai dengan menyiapkan lahan atau pot untuk menanam berbagai tanaman hias maupun sayur-sayuran yang mungkin dibutuhkan untuk memasak.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan setelah berkebun, seperti mencuci tangan dengan sabun cuci tangan untuk mencegah kuman dan bakteri menempel pada tangan.

7. Menonton Film bersama Keluarga

Jika menonton bioskop bersama keluarga menjadi salah satu kegiatan favorit Anda dan keluarga, maka saat pandemi ini bisa dilakukan di rumah. Cobalah menonton film favorit keluarga atau berlangganan layanan streaming yang menyediakan film terbaru. Siapkan tempat nonton yang nyaman atau lengkapi juga dengan membuat popcorn untuk menyempurnakan acara menonton bersama keluarga.

8. Bermain bersama Keluarga

Menghabiskan waktu dengan bermain bersama keluarga mungkin dapat menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda. Anda bisa memainkan permainan sederhana seperti monopoli, ular tangga hingga bermain konsol game dengan anak-anak. Selain bisa menjadi hal yang menyenangkan, ini juga memungkinkan Anda untuk semakin dekat dengan anak-anak.

Manfaat Quality Time yang Jarang Disadari

Quality time adalah waktu yang dihabiskan untuk memberikan semua perhatian kepada orang terdekat, seperti anak, pasangan dan juga keluarga. Meluangkan quality time dapat memberikan beberapa manfaat dalam hubungan Anda dengan orang-orang terdekat Anda seperti :

1. Mempererat Ikatan Keluarga

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meluangkan waktu berkualitas  bersama keluarga adalah memperkuat ikatan keluarga. Kegiatan untuk mengisi waktu berkualitas bersama keluarga tidak selalu harus berupa kegiatan mewah yang membutuhkan uang yang  banyak. Berbagai kegiatan yang Anda lakukan bersama keluarga dapat membuat semua orang di keluarga merasa lebih dekat secara emosional satu sama lain.

 2. Meningkatkan Prestasi Akademik

Anak-anak yang orang tuanya menghabiskan waktu bersama mereka dan tertarik pada pendidikan mereka cenderung berprestasi lebih baik di sekolah. Membimbing anak melalui belajar dan membantu pekerjaan rumah, serta memasukkan permainan edukatif, dapat memberikan pengaruh positif kepada anak. Hal ini juga bisa membantu mereka berjuang untuk tingkat keberhasilan pendidikan yang lebih tinggi.

3. Mengurangi Stres

Bosan berada lama di rumah dengan berbagai tuntutan pekerjaan dan juga tugas sekolah anak sangat mungkin menimbulkan stres di keluarga. Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, akan lebih mungkin bagi Anda untuk mengurangi stres. Sebab Stres dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek kesehatan fisik, seperti kelelahan, tekanan darah, dan kesehatan jantung.

Baca Juga : Mengelola Stres Selama Wabah Virus Corona

4. Membuat Kenangan bersama Keluarga

Manfaat lain yang juga tak kalah penting dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga adalah menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup. Entah itu bermain game bersama, atau hanya duduk di ruang tamu atau di sekitar meja sambil mengobrol dan tertawa, kenangan positif adalah milik tercinta yang memberi anggota keluarga rasa memiliki dan dapat membantu memperkuat pentingnya keluarga.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Ketika melakukan aktivitas yang tepat, waktu bersama keluarga dapat berdampak positif pada kesehatan fisik. Misalnya, dengan makan makanan rumahan bersama cenderung memiliki pola makan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Melakukan  permainan,  olahraga, atau berkebun bersama membantu meningkatkan kebugaran. Anda dan keluarga juga lebih mungkin untuk saling mendorong untuk menjaga gaya hidup sehat.

Baca Juga : Sering Delivery Makanan? 4 Aturan New Normal Ini Harus Anda Lakukan!

Jadikanlah momen kebersamaan di rumah ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan membuat kenangan yang indah. Merencanakan jadwal kegiatan, waktu menonton, dan keterhubungan sosial selama pandemi dapat membantu orang tua dan anak-anak mengurangi stres, menjadi produktif, dan menciptakan momen keluarga yang bermakna. Selamat mencoba!

Family focus blog. Diakses pada november 2020. https://familyfocusblog.com/6-benefits-of-spending-time-together-as-a-family/

Pittsburgh parent. Diakses pada november 2020. https://www.pittsburghparent.com/spending-time-together-benefits-of-family-time/

High land springs clinic. Diakses pada november 2020. https://highlandspringsclinic.org/blog/the-top-ten-benefits-of-spending-time-with-family/#:~:text=Spending%20time%20with%20family%20builds,love%20oneself%20without%20degrading%20others.

Parenting first cry. Diakses pada november 2020. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-ways-of-spending-time-with-family/

News wise. Diakses pada november 2020. https://www.newswise.com/coronavirus/family-quality-time-during-a-time-of-uncertainty-like-the-coronavirus-pandemic/?article_id=728246

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19