Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Tips Sahur Penunda Haus dan Lapar Saat Berpuasa

 16 May 2019



sahur-penunda-haus-lapar


Berpuasa selama 13 jam lamanya pastilah bukan hal yang mudah untuk dijalani, ditambah kondisi cuaca panas yang semakin terik menjelang siang. Meskipun berpuasa, umat muslim tetap harus menjalankan aktifitas rutin seperti biasa. Menahan makan dan minum selama berjam-jam tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri.

 

Sebagian orang merasa, harus menahan haus lebih sulit dibandingkan dengan harus menahan lapar saat berpuasa.

 

Rasa haus dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemas, lesu, dan sakit kepala. Penyebabnya adalah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi selama berjam-jam.

 

Walaupun begitu, rasa lapar tidak kalah pentingnya dengan rasa haus. Sensasi lapar sulit untuk dikendalikan, serta menjadi alarm bahwa tubuh memerlukan asupan makanan. Nah, umumnya rasa lapar dapat mengganggu konsentrasi hingga kondisi psikologis seseorang. Maka asupan makanan dan minuman kaya nutrisi sangatlah perlu diutamakan saat sahur.

 

Seperti apa yang dikatakan oleh Departemen Dietetika Singapore General Hospital bahwa asupan saat berbuka puasa dan sahur dapat membantu mempertahankan puasa Anda di hari berikutnya. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang tepat penting dilakukan.

 

Lalu, ada tidak ya makanan atau minuman yang dapat mencegah haus dan lapar saat berpuasa?

 

Menu Sahur Sehat Penunda Haus Dan Lapar

Sama halnya seperti waktu makan lainnya, hidangan saat sahur harus kaya dengan nutrisi. Asupan nutrisi saat sahur haruslah dapat menjamin energi terpenuhi selama berpuasa.

 

Saat sahur hindari makanan yang terlalu asin, pedas, atau mengandung banyak minyak, karena jenis makanan tersebut berisiko mengganggu saluran pencernaan kita. Asupan sahur sebaiknya adalah makanan yang cenderung lambat dicerna, sehingga pengeluaran energi bisa berjalan lebih perlahan untuk kebutuhan selama berpuasa.

 

Agar tidak cepat haus dan lapar pada saat berpuasa, Anda dapat mencoba beberapa menu sehat ini sebagai asupan sahur :

 

Buah dan Sayur

Mengkonsumsi banyak buah-buahan adalah cara mudah untuk mencegah rasa haus saat menjalankan puasa. Asupan cairan tidak hanya bisa didapat dari air mineral tetapi juga dari buah-buahan. Seperti buah stroberi, melon, semangka, anggur, blueberry yang memiliki kandungan banyak air. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus, smoothie, dijadikan salad buah atau dikonsumsi secara langsung. Selain mengandung banyak air, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral dan psyctochemical yang baik bagi kesehatan.

 

Makanan Tinggi Protein dan Lemak Sehat

Saat sahur konsumsilah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Makan sahur dapat dijadikan pengganti sarapan. Menu makanan tinggi protein seperti telur, daging, ikan, ayam, dan kacang-kacangan dapat Anda jadikan rekomendasi karena dapat membantu tubuh agar tidak mudah merasa lapar.

 

Yoghurt

Yoghurt, salah satu makanan yang mengandung 85% air. Tidak hanya memberikan asupan cairan pada tubuh, yoghurt juga mampu menutrisi tubuh karena kaya akan kandungan protein, dan kalsium didalamnya.

 

Sumber Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat komplek seperti beras merah dan gandum merupakan jenis makanan yang lambat dicerna oleh tubuh. Makanan jenis ini dapat menjamin kecukupan energi dari sahur hingga berbuka puasa.

 

Nah, FarmaFriends sekarang sudah tahu ya menu sahur sehat yang dapat menunda rasa lapar dan haus saat berpuasa nanti. Yuk dicoba !

 

Sumber: 

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/tips-mencegah-dan-mengatasi-rasa-haus-saat-sedang-puasa, Mei 2019

https://www.alodokter.com/jangan-selalu-kalah-dengan-rasa-lapar, Apr 2018

https://health.detik.com/diet/d-4537166/3-nutrisi-wajib-dalam-makanan-sahur-agar-kuat-puasa, Mei 2019

https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/ramadan-fasting-eat-suhoor, Mei 2019






Bagikan artikel ini :