Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Tren Bersepeda Saat New Normal

 12 Jul 2020 Kesehatan | New Normal



Tren Bersepeda New Normal


Munculnya kebijakan new normal di Indonesia membuat beberapa aktivitas masyarakat mulai kembali berjalan seperti sedia kala. Orang – orang kini juga sudah mulai beraktivitas kembali diluar rumah. Diantara banyaknya aktivitas-aktivitas yang telah dijalani kembali, muncul beberapa aktivitas-aktivitas baru di tengah masyarakat. Diantaranya ialah tren beraktivitas menggunakan sepeda. Walaupun sebelum pandemi aktivitas bersepeda sudah banyak dilakukan, namun setelah masa new normal berlangsung pengguna sepeda menjadi semakin banyak.


Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat selama masa new normal ini. Selain untuk berolahraga, sepeda dipilih sebagai salah satu alternatif kendaraan bagi sebagian orang yang masih takut dan ragu untuk menggunakan transportasi umum. Hal ini karena bersepeda dianggap sebagai alat transportasi yang lebih aman karena penggunanya bisa menjaga jarak dengan orang lain. Olahraga yang mudah dan murah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bersepeda diantaranya seperti:

 

Manfaat bersepeda

manfaat sepeda bagi kesehatan

 

1. Membantu membakar lemak dan kalori

Bersepeda merupakan salah satu cara yang paling baik jika Anda ingin membakar lemak serta kalori pada tubuh Anda. Dengan bersepeda selama satu jam Anda dapat membakar kurang lebih sebanyak 300 kalori dalam tubuh Anda. Selama pandemi berlangsung, beberapa dari Anda mungkin kesulitan memilih olahraga di luar rumah yang aman untuk dilakukan. Bersepeda bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda untuk berolahraga dengan aman di luar di masa new normal.

 

2. Mengurangi tingkat stress

Ternyata bersepeda bisa mengurangi tingkat stres dalam diri Anda. Hal ini dikarenakan saat Anda bersepeda tubuh Anda akan memproduksi hormon yang bisa membuat Anda bahagia (endorphin). Selain mendapat tubuh yang sehat, Anda juga bisa terhindar dari stress dengan bersepeda.

 

3. Membantu meningkatkan kekuatan otot kaki

Saat bersepeda, bagian tubuh yang paling banyak digerakkan adalah kaki Anda. Hal inilah yang membuat semakin banyak Anda bersepeda kaki Anda akan semakin terasa kuat. Anda dapat merasakannya dengan melihat peningkatan kekuatan kaki Anda ini dalam segala hal yang Anda lakukan, mulai dari menaiki tangga hingga berlari.

 

4. Membantu melawan depresi

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan endorfin dalam tubuh Anda, membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih positif. Dengan perasaan yang lebih bahagia dan terhindar dari stress Anda akan lebih terhindar dari depresi.

 

5. Mengurangi resiko penyakit

Penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda selama 30 menit atau lebih per hari memiliki risiko 40% lebih rendah terkena diabetes. Penelitian lain juga menemukan bahwa bersepeda dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara antara 20 dan 80%.

 

6. Meningkatkan stamina

Seperti olahraga lainnya, dengan rutin bersepeda Anda juga dapat meningkatkan stamina dalam tubuh Anda. Meningkatkan stamina dalam tubuh, tidak hanya baik untuk kebugaran Anda, namun ternyata juga baik untuk kesehatan mental Anda.

 

7. Mengurangi polusi udara

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sepeda merupakan alat transportasi yang tidak menggunakan bahan bakar seperti bensin dan solar. Selain mendapatkan manfaat dari bersepeda, Anda juga dapat menolong bumi dan lingkungan Anda dengan mengurangi polusi dari kendaraan bermotor.

 

Kapan waktu yang tepat untuk bersepeda?

 

waktu bersepeda yang ideal


Beberapa penelitian menemukan bahwa pagi merupakan waktu yang baik untuk bersepeda. Hal ini bukan berarti bahwa waktu lain tidak baik untuk bersepeda. Hanya saja bersepeda di pagi hari membawa lebih banyak manfaat. Penelitian menemukan bahwa bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan efektifitas Anda dalam bekerja.


Bersepeda di pagi hari juga lebih aman bagi Anda serta dapat terhindar dari kemacetan. Tentu saat Anda bersepeda Anda ingin menghirup udara yang segar dan terbebas dari polusi, hal ini bisa Anda dapatkan jika anda bersepeda di pagi hari. Udara dipagi hari juga merupakan udara yang paling nyaman dibandingkan dengan waktu lain untuk bersepeda. Bersepeda di pagi hari ternyata juga bisa mengontrol diet serta hidrasi di tubuh Anda. Saat Anda bersepeda di pagi hari, Anda akan minum lebih banyak di siang dan sore hari Anda hal ini baik dalam menghidrasi tubuh Anda.

 

Baca Juga : Tips Aman Olahraga di Ruang Public selama Masa Transisi New normal

 

Hal -hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam bersepeda di masa new normal?

 


Beberapa dari Anda mungkin telah memulai untuk beraktivitas dan berolahraga menggunakan sepeda. Namun, di masa new normal Anda tetap harus waspada terhadap penyebaran virus covid-19. Karena walaupun masa PSBB sudah dilonggarkan, bukan berarti Anda tidak perlu lagi menjaga diri dari penyebaran virus covid-19. Untuk menjaga diri Anda tetap aman dan nyaman saat hendak bersepeda simak beberapa tips dibawah ini.

 

1. Selalu Gunakan Masker

Sejak pandemi melanda, masker menjadi barang wajib yang harus Anda miliki dan Anda gunakan kemanapun Anda pergi. Begitu juga saat Anda hendak bersepeda keluar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa dan menggunakan masker. Karena masker dianggap mampu untuk mencegah droplet yang menjadi tempat penularan virus Covid-19. Namun Anda harus perhatikan penggunaan masker saat bersepeda, usahakan untuk tidak bersepeda dalam intensitas yang terlalu lama, sebab masker dapat membatasi jumlah oksigen yang Anda hirup.


Usahakan pula untuk membawa masker cadangan untuk mengganti masker yang telah Anda gunakan saat bersepeda. Saat bersepeda masker yang Anda gunakan dapat basah terkena keringat Anda, dan hal ini memungkinkan masker Anda menyimpan kuman, bakteri bahkan virus. Oleh karena itu jangan lupa untuk menjaga masker Anda tetap bersih.


2. Selalu jaga jarak


Walaupun kini kebijakan PSBB telah dilonggarkan, Anda harus tetap menjaga jarak Anda dengan orang lain termasuk saat bersepeda. Usahakan untuk bersepeda sendiri supaya terhindar dari risiko penularan virus covid-19, dan sebaiknya Anda tidak bersepeda secara berkelompok saat masa new normal.
Usahakan untuk menerapkan physical distancing dengan menjaga jarak aman bersepeda Anda minimal 1 meter dari pengguna sepeda lainnya.


3. Gunakan perlengkapan pelindung bila perlu


Saat bersepeda, Anda bisa menggunakan kacamata pelindung maupun face shield untuk mencegah debu dan polusi serta mengurangi resiko penularan virus melalui mata, hidung dan mulut. Karena seperti yang telah diketahui, mata hidung dan mulut merupakan salah satu jalur masuk virus covid-19. Gunakan juga baju lengan panjang dan sarung tangan apabila Anda bersepeda saat matahari sedang terik supaya Anda terhindar dari sunburn. Sarung tangan juga bisa membantu Anda untuk mengurangi penularan virus melalui gagang sepeda yang Anda gunakan.


Baca Juga : Jadi Tren, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Face Shield untuk cegah Corona


4. Cuci tangan dan mandi setelah bersepeda


Selain mencuci tangan menggunakan sabun dengan bersih, Anda disarankan untuk mandi sesegera mungkin. Hal ini baik untuk menjaga kebersihan tubuh Anda dan mencegah menempelnya virus dan bakteri di tubuh dan pakaian yang Anda gunakan. Jika Anda bersepeda ke kantor, pastikan juga untuk membawa baju ganti untuk Anda bekerja. Jangan gunakan kembali pakaian yang Anda gunakan bersepeda dijalan untuk bekerja


Baca Juga : 9 Survival Kit Persiapan Balik Kerja ke Kantor di Era New normal


Saat Anda memutuskan untuk bersepeda di masa new normal pastikan Anda tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini penting bagi Anda untuk mengurangi resiko penyebaran dan penularan virus Covid-19. 

 

 

 

Sumber: 

MdAnderson. Diakses pada Juni 2020. Health Benefits Cycling. https://www.mdanderson.org/publications/focused-on-health/health-benefits-cycling.h26Z1590624.html

Coastinbikes.Diakses pada Juni 2020. Benefir of Cycling. https://coastinbikes.com/benefits-of-cycling

Bmi Health Care. Diakses pada Juni 2020. 10 Health Benefit of Cycling. https://www.bmihealthcare.co.uk/health-matters/mens-health/10-health-benefits-of-cycling#gdpr-out

Cycling Magazine. Diakses pada Juni 2020. Should You Wear a Masj While Cycling?https://cyclingmagazine.ca/sections/news/should-you-wear-a-mask-while-cycling/

Usj Cycles. Diakses pada Juni 2020. 5 Reason Why Morning is The Best Time for Cycling. https://www.usjcycles.com/news/5-reasons-why-morning-is-the-best-time-for-cycling/

 

 

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   New Normal