Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Minum Vitamin C Bikin Asam Lambung Naik, Mitos atau Fakta?

 13 Jul 2020 Kesehatan | Vitamin C




Vitamin C telah terbukti secara ilmiah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi mereka yang sudah mulai beraktivitas kembali di tengah era new normal. Tentu saja membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terpapar virus corona.

 

Walau begitu, seperti dikutip dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan akan vitamin C setiap orang bisa berbeda-beda. Untuk wanita dewasa memerlukan vitamin C sebesar 75 mg. Sedangkan pria dewasa membutuhkan vitamin C sebesar 90 mg. Namun, bagi penderita maag atau asam lambung, sering kali muncul pertanyaan apakah konsumsi vitamin C sebesar ini aman?

 

Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan selengkapnya mengenai fakta atau mitos dari minum vitamin C bikin asam lambung naik di bawah ini.

 

Apa itu vitamin C?

 

vitamin c yang bagus

 

Asam askorbat atau yang lebih dikenal dengan vitamin C adalah jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, hal ini karena banyak manfaat vitamin C yang berpengaruh terhadap kesehatan, terutama pada pertumbuhan dan perkembangan jaringan yang ada di tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

 

Baca Juga: 7 Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

 

Namun sayang, tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri. Untuk itu, Anda perlu memperoleh asupan vitamin C dari luar tubuh. Asupan vitamin C bisa Anda dapatkan dari mana saja seperti suplemen, makanan dan minuman.

 

Seperti dikutip dari health, vitamin C tidak hanya terdapat pada jeruk saja. Tapi bisa ditemukan pada jenis makanan lainnya, yang bahkan kandungan vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk. Berikut ini makanan yang mengandung vitamin C dan bisa Anda temukan pada sayuran atau buah-buahan:

 

  • Cabai merah
  • Paprika merah
  • Paprika hijau
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Pepaya
  • Stroberi
  • Bunga kol
  • Kubis brussel
  • Nanas
  • Kiwi
  • Mangga


Mitos dan Fakta Vitamin C Bikin Asam Lambung

 

vitamin c yang aman untuk lambung

 

Meski vitamin C memiliki banyak manfaatnya, tapi apakah vitamin C aman untuk lambung?

 

Jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung, mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan masalah seperti asam lambung naik. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan tertentu yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

 

Namun, jika Anda tidak punya masalah dengan asam lambung. Konsumsi vitamin C dalam jumlah banyak tidak menimbulkan masalah karena tubuh memiliki sistem yang dapat mengatur keseimbangan asam.

 

Makanan yang harus dihindari asam lambung

 

Perlu diingat bahwa makanan yang asam dan mengandung vitamin C tidak akan langsung menyebabkan asam lambung naik. Untuk itu, Anda tidak perlu langsung menghindari semua buah atau sayuran yang mengandung vitamin C karena masalah asam lambung.

 

Namun, ketika asam lambung Anda naik saat makan-makanan yang mengandung vitamin C, itu artinya Anda perlu hindari makanan tersebut. Makanan yang harus dihindari biasanya yang punya rasa paling asam, misal lemon, limau, tomat, dan jeruk.

 

Rekomendasi vitamin C yang aman untuk lambung

 

Untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung vitamin C Anda bisa beralih ke buah-buah atau sayuran yang kandungan asamnya rendah namun tetap kaya akan vitamin C.

 

Selain itu, Anda juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C sebagai pilihan supaya kebutuhan vitamin C Anda tetap terpenuhi. Berikut ini rekomendasi suplemen vitamin c yang bagus dan aman untuk lambung Anda

 

NATURE'S PLUS Orange Juice Jr

 

vitamin c


NATURE'S PLUS Orange Juice Jr merupakan suplemen khusus untuk anak-anak usia 2 - 12 tahun. Selain mengandung 100 mg vitamin C alamiah di setiap tabletnya. Vitamin ini tersedia dalam bentuk ascorbic acid yang merupakan bentuk terbaik vitamin C. Produk ini juga dijamin tidak menyebabkan gangguan lambung karena menggunakan buffer dengan Dolomite alamiah dan tidak mengandung unsur hewani (vegetarian).

 

Nutrimax C Plus Phytogreen Adult

 

vitamin c yang bagus

 

Nutrimax C Plus Phytogreen Adult merupakan suplemen yang mengandung Calcium Ascorbate (Vitamin C bebas asam) yang aman bagi lambung dan ginjal, dikombinasikan dengan Phytogreen yang merupakan ekstrak sayuran Brokoli, Bayam, Wortel, Spirulina, Chlorella, EPO dan Black Currant seed, sehingga dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi sekaligus memenuhi kebutuhan serat untuk kesehatan sistem pencernaan.

 

Vitalong C

 

vitamin c yang aman untuk lambung


Vitamin C adalah adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.

 

Kekurangan vitamin C bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga membuat seseorang mudah sakit. Idealnya, asupan vitamin C harian setiap orang sebanyak 1000 miligram per hari. Vitalong C adalah suplemen vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Vitabiotics Ultra Vitamin

 

harga Vitabiotics Ultra Vitamin

 

Vitabiotics Ultra Vitamin merupakan vitamin C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang sibuk. Vitabiotics Ultra Vitamin mengandung Citrus Bioflavonoids yang baik bagi tubuh Anda.

 

Ultra Vitamin C memberikan vitamin C yang diformulasikan dengan 25 mg bioflavonoid jeruk, untuk penyerapan dan efektivitas maksimum. Vitamin C berkontribusi pada fungsi normal sistem kekebalan dan saraf. Ini juga meningkatkan penyerapan zat besi non-hem, mineral penting untuk pembentukan darah yang sehat dan juga mendukung pembentukan kolagen normal.

 

Karena vitamin C tidak disimpan dalam tubuh tetapi dibutuhkan dalam pasokan berkelanjutan, Ultra Vitamin C telah diformulasikan secara khusus dengan aksi pelepasan berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan secara bertahap dan bahkan bioavailabilitas untuk pemanfaatan maksimal.

 

NATURE'S PLUS Vitamin C

 

NATURE'S PLUS Vitamin C

 

NATURE'S PLUS Vitamin C dibuat dengan tambahan Rose Hips yang mengandung bioflavonoid dan beberapa enzim untuk membantu asimilasi atau mencerna Vitamin C-nya. Vitamin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan orang dewasa akan vitamin, dimana tubuh tidak dapat membuat sendiri dan harus didapat dari makanan atau suplemen.

 

Vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Tambahan Rose Hips akan menjadikan The Best Vitamin C suplemen karena mengandung bioflavonoid dan beberapa enzim untuk membantu asimilasi atau mencerna vitamin C-nya.

 

NATURE'S PLUS Vitamin C menggunakan metode sustained release agar kadar vitamin C bertahan lebih lama di tubuh (tidak cepat terbuang karena sifatnya larut dalam air) untuk keperluan sepanjang hari, tetapi tidak mengakibatkan gangguan ginjal. (SR)

 

Sumber:

  • Healthline. Diakses Juli 2020. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits#3.-May-lower-your-risk-of-heart-disease
  • Health. Diakses Juli 2020. 12 Foods With More Vitamin C Than Oranges.
    https://www.health.com/nutrition/12-foods-with-more-vitamin-c-than-oranges
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada Juli 2020. Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013. https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK




Bagikan artikel ini :




Kesehatan    Vitamin C