|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


10 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

  08 Nov 2018

Kimchi merupakan salah satu makanan populer dari negeri ginseng, Korea. Makanan ini biasanya dibuat dari kubis yang difermentasi, meskipun juga dapat dibuat dari sayuran lain seperti lobak putih.

 

Fermentasi adalah proses yang melibatkan pemecahan gula dan karbohidrat menjadi alkohol atau asam organik oleh bakteri dan ragi di dalam kondisi anaerobik (tanpa udara).

 

 

Kandungan dan Manfaat Kimchi untuk Tubuh

Proses fermentasi tidak hanya ini membantu meningkatkan pelestarian makanan, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan, atau probiotik, yang ditemukan di usus Anda.

 

Probiotik sangat berperan dalam berbagai manfaat kimchi untuk kesehatan, termasuk pencernaan yang lebih baik dan penurunan berat badan. Probiotik juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini menjadi salah satu manfaat kimchi untuk ibu hamil, karena probiotik juga menguatkan sistem imun bayi yang ada dalam kandungan.

 

Kimchi memiliki sifat anti-mutagenik, anti-bakteri, dan anti-karsinogenik. Selain itu, kimchi kaya akan antioksidan kuat dan bakteri sehat.

 

Bagi Anda yang suka kimchi, tambahkan hidangan ini ke dalam daftar menu sehat Anda. Manfaat kimchi untuk diet pun, dapat langsung Anda rasakan.

 

 

 

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Kimchi hadir bukan hanya dengan rasa yang lezat yang unik, namun juga bonus manfaat kesehatan super yang telah didukung oleh banyak penelitian. Mari kita bahas apa saja manfaat kimchi bagi kesehatan.

  1. Kimchi Baik Untuk Saluran Pencernaan

    The Journal of Science of Food and Agriculture telah menerbitkan sebuah penelitian, yang menyatakan bahwa kimchi adalah makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kimchi adalah sumber probiotik karena proses fermentasi yang digunakan dalam pembuatannya. Proses fermentasi tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga menciptakan bakteri sehat, seperti lactobacillus. Manfaat lactobacillus untuk tubuh yaitu menjaga kesehatan flora usus.

    Kimchi juga terbuat dari kubis yang dikenal dengan kemampuan detoksifikasi atau menyingkirkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Manfaat kimchi untuk kesehatan lainnya adalah membantu membersihkan usus dan merangsang proses penyerapan nutrisi yang lebih baik. Kandungan serat dalam kimchi juga memperlancar buang air besar dan mencegah konstipasi (sembelit).



  2. Mengkonsumsi Kimchi Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

    Mengkonsumsi kimchi dengan rutin memiliki efek yang menguntungkan untuk kadar kolesterol di dalam darah. Bawang putih, yang digunakan pada kimchi, kaya akan selenium dan allicin.

    Allicin adalah komponen yang diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Selenium juga memberikan efek perlindungan pada dinding arteri dengan mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena penumpukan plak).



  3. Kandungan Probiotik Pada Kimchi Dapat Mengobati Dermatitis Atopik

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat kimchi bagi kesehatan yakni membantu mengobati infeksi kulit. Bakteri baik dalam kimchi membantu mengurangi peradangan pada dermatitis yang disebabkan tungau.

    Kandungan lactobacillus dalam kimchi, selain baik untuk sistem pencernaan, juga memberi dampak positif pada penyakit kulit seperti dermatitis atopik. Hal ini ditandai dengan peningkatan kadar imunoglobulin E dan lesi kulit seperti edema dan perdarahan.



  4. KImchi Meningkatkan Sistem Imun

    Kandungan nutrisi dalam kimchi memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini termasuk senyawa flavonoid dan komponen fenolik.

    Berbagai bahan yang ada di dalam kimchi termasuk jahe, bawang putih, dan cabai adalah pelindung super karena manfaatnya yang menguntungkan untuk meningkatkan sistem imun. Mereka efektif membantu melawan infeksi dan menyembuhkan gejala pilek dan flu.



  5. Bakteri Baik Dalam Kimchi Mengurangi Ulkus Lambung

    Manfaat kimchi bagi tubuh lainnya adalah efek terapeutik pada gastritis dan penyakit ulkus peptikum yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Banyak Penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas antagonis kimchi yang kaya akan bakteri Lactobacillus, yang telah kita bahas sebelumnya, mampu patogen berbahaya pada lambung manusia.



  6. Kimchi Ternyata Membantu Mengobati Diabetes

    Kimchi berperan dalam mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes. Insulin bertanggung jawab untuk mengangkut glukosa dari darah ke jaringan. Dalam sebuah penelitian, 21 orang dengan kondisi pradiabetes mengkonsumsi kimchi segar atau fermentasi selama delapan minggu. Pada akhir penelitian, mereka yang mengkonsumsi kimchi mengalami penurunan resistensi insulin, tekanan darah dan berat badan.



  7. Kimchi Kaya Akan Antioksidan

    Salah satu bahan untuk membuat kimchi adalah biji cabe merah yang kaya akan antioksidan kuat. Antioksidan ini bersama dengan fenol dan flavonoid memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.



  8. Cegah Kanker Dengan Kimchi

    Kanker dapat muncul karena berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah paparan karsinogen dan juga radikal bebas. Manfaat kimchi untuk mencegah kanker muncul dari bahan utamanya yaitu kubis. Kubis mengandung flavonoid sehat yang diketahui menghambat pertumbuhan sel kanker. Anti kanker lainnya yang ada di sayuran kubis adalah glukosinolat. Glukosinolat membentuk isothiocyanate yang terkenal efektif melawan pertumbuhan sel kanker.



  9. Kimchi Memiliki Sifat Anti Penuaan Dini

    Sebuah penelitian yang mengevaluasi aktivitas anti-penuaan pada kimchi telah mengungkapkan bahwa kimchi membantu dalam mengatur dan mengurangi peradangan yang mempercepat proses penuaan. Kemampuan kimchi sebagai anti penuaan dini terkait dengan kandungan oksidan dan vitamin C di dalamnya.



  10. Kimchi Dapat Menurunkan Berat Badan

    Tidak hanya untuk kesehatan, ternyata ada juga manfaat kimchi untuk diet, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kimchi adalah sumber bakteri probiotik, seperti lactobacillus, yang sehat untuk tubuh. Probiotik berperan dalam menurunkan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah.

    Kandungan serat yang ada di dalam kimchi juga membuat tubuh Anda merasa kenyang dalam durasi yang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar dan makan berlebih.

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengikutksertakan kimchi dalam menu keseharian Anda? Dengan melihat manfaat kimchi bagi kesehatan yang begitu besar, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi hidangan dari negeri ginseng ini secara rutin.