|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria Sejak Dini

 30 Nov 2018




Apakah kemandulan pada pria bisa disembuhkan?

 

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang. Salah satu penyebab pria mandul adalah faktor lahiriah. Hal ini sulit dipulihkan karena terkait masalah genetik dan bawaan sejak lahir.

 

Namun kabar baiknya, diluar kondisi lahiriah, seorang pria dapat memperbaiki tingkat kesuburannya dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi secara teratur.

 

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat diterapkan sebagai cara mengatasi kemandulan pada pria.

 

  

Bagaimana Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria?

Hindari konsumsi kalori secara berlebihan karena akan meningkatkan risiko terkena obesitas dan diabetes.

 

Berdasarkan studi, tanda-tanda pria mandul sering muncul pada pria yang kelebihan berat badan, karena obesitas adalah salah satu penyebab pria mandul yang utama. Memiliki berat badan yang ideal, gaya hidup yang baik, serta pola makan yang sehat adalah beberapa hal penting yang dapat memperbaiki kesuburan pada pria.

 

Tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan dan paling penting, jauhi obat-obat terlarang.

 

Terakhir, mulailah untuk berolahraga 10-15 menit setiap harinya untuk meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh. Berolahraga dapat meningkatkan efisiensi kerja jantung dan juga membuat aliran darah lebih baik ke seluruh tubuh. Aliran darah yang baik memastikan testis dapat berereksi dengan sempurna. Pada dasarnya, apa yang baik untuk jantung, akan baik pula untuk kesehatan seksual. Lari pagi adalah olahraga mudah dan murah, namun memiliki segudang manfaat.

 

Bila Anda melihat ciri-ciri pria mandul pada diri Anda, segera ubah pola hidup atau kunjungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

 

Gaya hidup sehat Adalah Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria yang Ampuh

Seperti telah diungkap di atas, cara mencegah kemandulan pada pria yang paling efektif adalah dengan melakukan langkah kecil sederhana berupa perubahan gaya hidup. Mari kita telusuri lebih lanjut, apa saja perubahan pola hidup yang harus dilakukan sebagai cara meningkatkan kesuburan pria.

  1. Hindari Panas Berlebih di Daerah Penis dan Testis

    Sperma perlu untuk berada dalam suhu 2-4 derajat lebih rendah daripada suhu tubuh normal. Daerah testing yang terlalu panas dapat menyebabkan sperma mati, bila dibiarkan, lama kelamaan produksi sperma akan menurun dan testis akan memproduksi sperma dalam bentuk yang abnormal. Jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat sepanjang hari, karena hal ini dapat membuat daerah testis menjadi panas.

  2. Jangan merokok

    Nikotin yang terkandung dalam rokok terbukti mengurangi produksi sperma dan memperkecil ukuran testis. Selain itu, merokok mengakibatkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

  3. Berolahraga Baik untuk Kesuburan Pria

    Memiliki kebiasaan berolahraga, baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma secara alami . Pria yang melakukan olahraga 3-4 kali seminggu dalam sesi masing-masing selama 30 menit, dapat meningkatkan jumlah produksi sperma secara signifikan.

    Sebagai contoh, olahraga lari akan menghasilkan sperma "perenang" yang kuat dan berkualitas. Efek positif terhadap kesuburan pria ini akan hilang apabila olahraga berhenti dilakukan total selama satu bulan.

    Namun jangan berolahraga terlalu keras. yang malah dapat menurunkan kualitas sperma. Cari keseimbangan yang tepat antara olahraga, peningkatan stamina, dan kesehatan sperma yang baik.

 

 

Apa Makanan Untuk Kesuburan Pria dan Produksi Sperma?

Apabila berolahraga telah menjadi kebiasaan dan pola hidup sehari-hari. Saatnya mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang kaya nutrisi.

 

Konsumsi buah atau sayur dengan kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi, sangat baik bagi kesuburan pria. Suplemen antioksidan atau jamu tradisional juga efektif untuk mempertahankan tingkat kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan.

 

Beberapa suplemen alami juga terbukti efektif untuk mencegah kemandulan pada pria. Suplemen tersebut antara lain:

  1. Maca

    Maca berasal dari tanaman yang ditanam di Peru tengah. Beberapa penelitian pada hewan menemukan peningkatan kesuburan, tetapi hasil dari penelitian pada manusia beragam. Beberapa melaporkan peningkatan kualitas sperma, sementara yang lain tidak menemukan efek.

  2. Bee pollen

    Bee pollen telah dikaitkan dengan peningkatan imunitas, kesuburan dan nutrisi keseluruhan. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengkonsumsi bee pollen terkait dengan peningkatan kualitas sperma dan kesuburan pria.

  3. Royal jelly

    Royal jelly, yang juga dibuat oleh lebah, dikemas dengan asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi dan kalsium. Penelitian pada hewan menemukan bahwa hal itu dapat meningkatkan kesehatan reproduksi.

  4. Oyster

    Oyster adalah sumber zinc untuk pria. Zinc berfungsi untuk meningkatkan jumlah produksi sperma yang dihasilkan. Selain oyster, beberapa makanan mengandung zinc lainnya yang dapat menjadi alternatif adalah kerang, kacang-kacangan, telur, dan coklat.

  5. Brokoli

    Tingkat kesuburan yang rendah pada pria dapat disebabkan karena kurangnya vitamin A. Mengapa vitamin A sangat penting dalam hal kesuburan? Kekurangan vitamin A menyebabkan sperma menjadi lemah dan tidak dapat dapat berenang jauh. Sumber vitamin A lainnya selain brokoli adalah bayam, paprika, ubi, dan wortel.

  6. Asparagus

    Asparagus sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas. Asparagus juga kaya akan vitamin C yang dapat melindungi sperma dari kerusakan. Vitamin C juga menambah volume produksi sperma dan membuat sperma lebih baik saat bergerak. Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

  7. Ginseng

    Ginseng telah digunakan selama ratusan tahun sebagai salah satu makanan yang dapat mengatasi kemandulan pada pria. Ginseng adalah makanan yang mengandung afrodisiak. Afrodisiak adalah zat yang dapat meningkatkan libido. Ginseng juga meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria dan mendongkrak aliran darah ke testis.






Bagikan artikel ini :