Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Ambeien (Wasir): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

 13 Mar 2019



ambeien (wasir): gejala, penyebab, dan pengobatan


Apa itu ambeien? Ambeien atau wasir adalah penyakit atau kondisi yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah pada bagian rektum dan anus. Dalam dunia medis, ambeien atau wasir dikenal dengan nama hemorrhoid.

 

Penyakit ambeien dibagi menjadi dua jenis:

  • Internal hemorrhoid. Sering juga disebut dengan istilah “ambeien dalam”, salah satu jenis wasir ini terjadi di dalam area rektum. Biasanya wasir jenis ini tidak menyebabkan rasa sakit, karena terdapat sedikit sensor nyeri pada area ini. Namun, internal hemorrhoid dapat menyebabkan kondisi BAB berdarah.

  • External hemorrhoid. Ambeien jenis ini terjadi pada kulit sekitar anus. Wasir jenis ini terasa perih dan mengganggu akibat banyaknya sensor nyeri yang terdapat pada sekitar area anus. Ambeien luar ini juga dapat menyebabkan BAB berdarah.

 

Apakah penyakit wasir berbahaya? Ambeien umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 - 2 minggu. Namun Anda sebaiknya mengunjungi dokter apabila terjadi komplikasi yang lebih serius, seperti peradangan dan infeksi. Bila perlu, dokter juga dapat meresepkan obat wasir kepada Anda.

 

 

 

Gejala Ambeien

Ciri - ciri ambeien sering kali tidak terlihat, sehingga Anda tidak menyadari bahwa Anda sedang mengalami wasir. Namun ada beberapa gejala ambeien yang dapat Anda perhatikan:

  • Rasa tidak nyaman, gatal, dan nyeri pada area sekitar anus.
  • Anda melihat adanya darah saat buang air besar (BAB)
  • Adanya bentol berwarna merah mudah disekitar anus

 

Gejala wasir yang mudah terlihat umumnya adalah wasir jenis external hemorrhoid, dimana ambeien ini terjadi di luar anus dan daerah sekitar anus. Sedangkan gejala ambeien dalam atau internal hemorrhoids sulit terlihat dan dapat teridentifikasi apabila Anda mengalami BAB berdarah.

 

 

Kapan sebaiknya Anda mengunjungi dokter saat mengalami wasir?

Walaupun wasir umumnya tidak berbahaya, namun wasir dapat memberikan beberapa hal yang mengganggu. Anda sebaiknya mengunjungi dokter apabila:

  • Anda mengalami BAB berdarah
  • BAB berwarna tidak normal (merah atau hitam)
  • Rasa nyeri yang tidak tertahankan di area sekitar rektum dan anus

 

 

 

Penyebab Ambeien

Wasir adalah penyakit atau kondisi yang sangat umum terjadi. Ambeien dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki ataupun wanita, serta dapat dialami segala usia.

 

Penyakit wasir lebih sering terjadi pada Ibu hamil, pasien dengan obesitas, pasien sembelit, dan pasien diare.

 

Beberapa pasien dapat mengalami wasir akibat faktor riwayat keluarga, dimana salah satu anggota keluarga dekat mereka pernah mengalami ambeien.

 

Penyebab ambeien yang paling utama adalah tekanan pada rektum saat Anda mengejan ketika buang air besar. Tekanan yang terlalu besar ini akan mempengaruhi area rektum dan menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak. Apabila Anda memiliki berat badan lebih, khususnya saat hamil atau mengalami obesitas, intensitas tekanan pada area rektum ini dapat meningkat.

 

Beberapa penyebab wasir yang perlu Anda ketahui:

  • Mengejan terlalu intens saat buang air besar
  • Kehamilan
  • Obesitas atau kegemukan
  • Diare
  • Sembelit
  • Kurang bergerak atau beraktivitas
  • Duduk terlalu lama

 

 

 

Pencegahan Ambeien

Ambeien tergolong kondisi yang tidak parah dan dapat hilang dengan sendirinya, biasanya maksimal dalam hitungan minggu.

Ada beberapa tips cara mencegah wasir, agar Anda terhindar dari kondisi ini.

  • Perbanyak konsumsi serat. Anda dapat mendapatkan serat dari sayuran hijau, buah - buahan, kacang - kacangan, dan biji - bijian.

  • Perbanyak minum air. Minum air adalah cara ampuh mencegah sulit buang air besar, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu lama setiap kali Anda buang air besar.

  • Berolahraga. Dengan beraktivitas dan latihan, darah Anda akan mengalir lebih lancar. Olahraga juga membantu menggerakkan area pencernaan, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

 

 

 

Pengobatan Ambeien

Memang benar wasir adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ada beberapa cara mengobati ambeien yang perlu Anda ketahui saat wasir yang Anda alami tidak kunjung hilang.

 

Beberapa metode pengobatan ambeien antara lain melalui:

  1. Obat wasir. Ada beberapa obat wasir di pasaran dalam bentuk tablet atau krim. Obat dalam bentuk tablet membantu untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan. Sedangkan obat wasir dalam bentuk krim biasanya digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal - gatal yang terjadi pada daerah sekitar anus.

  2.  Operasi. Untuk kondisi ambeien yang parah, biasanya diperlukan tindakan operasi pengangkatan wasir atau yang dikenal dengan nama hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah tindakan operasi yang dilakukan ahli medis untuk mengangkat jaringan berlebih yang mengakibatkan wasir. Waktu pemulihan pasca operasi hemoroidektomi adalah sekitar 2 minggu. Anda juga biasanya diresepkan obat anti nyeri selama masa pemulihan. 

  3. Prosedur medis lainnya untuk mengatasi ambeien.

    1. Suntikan. Biasanya digunakan untuk mengobati kondisi internal hemorrhoid. Dokter biasanya akan menyuntikan area rektum yang mengalami wasir, tujuannya agar suntikan tersebut menimbulkan luka sehingga menutup area yang mengalami secara alami.

    2. Ligasi pita karet. Prosedur ini biasanya dilakukan pada internal hemorrhoid yang dapat terlihat. Dokter akan sengaja mengikat ambeien dengan pita karet agar hemorrhoid tidak mendapatkan aliran darah. Ambeien yang tidak mendapatkan aliran darah akan mengempis dan terlepas dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu.

    3. Koagulasi atau kauterisasi. Dengan bantuan sinar laser atau sinar inframerah, prosedur ini akan membakar dan menghilangkan jaringan penyebab ambeien.

 

 

 

 

Sources

Webmd.Hemorrhoids.2019.https://www.webmd.com/digestive-disorders/surgery-treat-hemorrhoids






Bagikan artikel ini :