|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  04 Oct 2018

Apakah Anda mengalami kesulitan menyuapi makanan kepada anak Anda? Atau pernahkah anak Anda hanya mau mengkonsumsi satu jenis makanan saja dan tidak mau mencoba yang lain? Mungkin ini indikasi anak Anda susah makan. Anda perlu siasat yang cerdik untuk mengatasi masalah ini.

 

Kondisi anak susah makan biasanya akan mulai muncul pada anak berusia lebih dari satu tahun. Secara umum, kondisi ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu food jags dan food aversion.

 

Food jags adalah kondisi dimana si anak hanya mau mengkonsumsi satu jenis makanan saja dalam suatu kurun waktu tertentu. Misalnya anak hanya ingin makan nasi dengan telur mata sapi saja selama berhari-hari.

 

Sedangkan istilah food aversion digunakan pada kondisi dimana anak menolak untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu.

 

Keduanya secara sederhana dapat disebut sebagai kondisi anak susah makan.

 

Kondisi anak susah makan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Konsumsi jenis makanan yang terbatas dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan anak tidak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya.

 

Bila dibiarkan, kondisi anak susah makan dapat menjadi masalah serius dan menyebabkan berbagai kondisi medis, penyakit, atau malnutrisi. Malnutrisi dapat terjadi bila kondisi ini terjadi pada anak yang hanya menyukai konsumsi makanan yang tidak sehat.

 

Beberapa gejala malnutrisi yang dapat dilihat pada anak susah makan antara lain:

  • Warna pigmen kulit berubah
  • Rambut rontok
  • Radang pada lidah, lidah kering dan/atau pecah-pecah
  • Kulit menjadi sangat kering, pucat, dan menebal
  • Gusi mudah berdarah
  • Ruam atau memar tanpa penyebab yang jelas
  • Nyeri sendi
  • Silau bila melihat cahaya

 

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu cara mengatasi anak yang mengalami food jag (hanya ingin makan satu jenis makanan saja) dan food aversion (tidak mau makan berbagai jenis makanan).

 

 

Mengatasi Food Jag

Jika anak Anda hanya tertarik dengan satu jenis makanan setelah makan maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah terus menawarkan makanan yang bervariasi dan sehat. Anda dapat mencoba untuk menyajikan makanan lain yang bergizi bersamaan/digabungkan dengan makanan yang hanya disukai oleh anak Anda. Jika anak Anda tetap menolak, coba dalam porsi kecil atau sedikit terlebih dahulu. Dengan menerapkan strategi ini, dalam waktu singkat anak Anda akan mau mencoba makanan yang baru dan memiliki diet yang bervariasi.

 

Bila makanan yang disukai oleh anak tidak sehat dan membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya, maka jangan memberi si anak makanan tersebut setiap kali waktunya makan. Memanjakan anak Anda dengan hanya menawarkan makanan tidak sehat yang ia sukai agar ia mau makan, dapat menyebabkan gangguan nutrisi dan kesehatan dalam jangka panjang. Tawarkan makanan bergizi lainnya pada saat makan atau Anda dapat memulainya sebagai cemilan.

 

Sebagai orang tua, Anda harus menyadari bahwa anak Anda tidak akan kelaparan karena ia makan sangat sedikit sebab Anda tidak mau menyediakan makanan yang hanya mereka suka.

 

Cobalah untuk tidak terlalu khawatir jika anak Anda mengkonsumsi makanan lebih sedikit saat setiap kali makan. Yang paling penting adalah kualitas makanan yang ia asup, bukan kuantitasnya.

 

 

Mengatasi Food Aversion

Food aversion adalah kondisi dimana si anak enggan untuk mencoba makanan baru. Dalam mengatasi kondisi anak susah makan baik food aversion ataupun food jag, jangan menjadi emosional apabila si anak tidak berhasil dibujuk.

 

Sebaiknya hindari untuk memberi hadiah sebagai hadiah bila ia ingin makan atau mencoba makanan baru, karena hal ini akan menjadi kebiasaan buruk yang akan sulit diubah jika pola do-reward ini telah terbentuk dalam waktu yang lama.

 

Jangan mengancam dan menghukum agar si anak mau mencoba makanan baru. Namun, mulailah secara perlahan dengan porsi yang sedikit.

 

Strategi mengatasi food aversion adalah perkenalkan makanan baru dengan makanan yang ia suka dan kurangi porsinya apabila ia terus menolak. Yang terpenting adalah membiarkan ia mencoba dan terekspos dengan berbagai jenis dan tekstur makanan.

 

 

Menyiasati Anak Susah Makan - Kesimpulan

    • Kondisi anak susah makan adalah bagian normal dari tumbuh kembangnya.

    • Jangan frustasi dan khawatir bila Anda harus berhadapan dengan kondisi anak susah makan.

    • Otak si anak adalah sponge yang terus menyerap hal baru. Berikan anak Anda makanan baru yang bernutrisi secara teratur. Tujuan dari hal ini adalah agar otak anak Anda dapat mencoba dan mengenal jenis makanan baru.

    • Jangan cemas bila Anak Anda hanya mau makan sedikit setiap kali makan. Anak Anda tidak akan kelaparan dan secara natural pada suatu titik, dia akan merasa lapar dan disaat itu kita bisa memberikan asupan yang bergizi kepada mereka.

    • Cara menyiasati anak susah makan adalah:
      1. Selalu mulai dengan porsi yang sedikit dan perlahan (sama dengan ketika orang dewasa tidak mau atau tidak nafsu makan).
      2. Jangan memaksa, mengancam, dan menghukum bila ia tidak mau makan.
      3. Hidangkan makanan yang ia suka namun didampingi dengan makanan baru yang bernutrisi.
      4. Kurangi porsi makanan yang tidak sehat setiap kali makan dan sertakan makanan bernutrisi baik dalam porsi yang kecil di awal. Lalu tambahkan porsi makanan bernutrisi baik secara perlahan dari waktu ke waktu.
      5. Berikan vitamin penambah nafsu makan anak yang aman dan sesuai dengan rekomendasi dokter.

    • Kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas makanan yang diterima si buah hati.

 

 

 

Referensi

  1. Gavin, M. L. (2011, June). Toddlers at the table: avoiding power struggles
    kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=KidsHealth&lic=1&ps=107&article_set=45910&cat_id=20738
  2. How to feed children. (n.d.) ellynsatterinstitute.org/htf/howtofeed.php
  3. Mayo Clinic Staff. (2014, September 6). Children's nutrition: 10 tips for picky eaters
    mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948
  4. Preventing food jags: What’s a parent to do? (n.d.). Retrieved from
    blog.asha.org/2014/06/12/preventing-food-jags-whats-a-parent-to-do/
  5. health.clevelandclinic.org - What you can do if your child is a picky eater. (2014, March 3)