|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Cara Menghilangkan Stres

  26 Oct 2018

Apakah Anda suka Stres? Baik stres kerja ataupun stres pikiran? Penyebab stres yang paling utama adalah pekerjaan dan kondisi kehidupan. Berdasarkan survey yang dilakukan di kota-kota besar seluruh dunia, lebih dari 50% orang dewasa hidup dalam kondisi stres dan cemas.

 

Stres sudah menjangkit, lalu apa solusinya? Cara menghilangkan stres apa yang paling efektif? Dan bagaimana membuat pikiran kita lebih rileks dan tenang saat mengalami stres?

 

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres

  1. Tertawalah

    Hanya dengan tersenyum, Anda dapat memperbaiki mood yang sedang buruk. Bila tersenyum saja sudah dapat memberikan efek positif seperti itu, bayangkan apa dampak dari tertawa, terutama bagi Anda yang sedang stres.

    Tertawa adalah obat stres yang paling ampuh dan yang paling penting, mudah dan gratis. Ketika kita tertawa, asupan oksigen yang kita hirup akan bertambah dan hal ini menstimulasi pelepasan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon untuk menghilangkan stres dan meredakan rasa sakit. Endorfin memberikan perasaan bahagia, meningkatkan nafsu makan, dan meredakan rasa sakit.

    Beberapa penelitian menunjukkan, menonton film komedi dapat meningkatkan tingkat endorfin setidaknya 27% dan mengurangi hormon stres, chromogranin A, pada saliva.



  2. Mengunyah Permen Karet

    Sudah pasti, permen karet dapat membantu menyegarkan nafas. Tapi tahukah Anda, mengunyah permen karet ternyata adalah salah satu cara menghilangkan stres? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, orang yang mengunyah permen karet dua kali sehari selama dua minggu, akan merasa lebih bahagia.

    Pada penelitian lain juga menunjukkan, orang yang mengunyah permen karet akan memiliki tingkat kortisol lebih rendah daripada orang yang tidak. Penyebabnya bukan karena komposisi yang terdapat di dalam permen karet, namun karena aktivitas mengunyah itu sendiri, atau yang dikenal dengan nama mastikasi dalam dunia medis. Mastikasi adalah kegiatan yang melibatkan otot-otot rahang. Mastikasi meningkatkan aktivitas pada area otak yang memberikan perasaan relaksasi.

    Perlu diingat, permen karet adalah obat stres yang ampuh dan murah. Namun, mengkonsumsi permen karet yang manis secara berlebihan dapat menyebabkan tingginya gula darah. Pilihlah permen karet tanpa rasa, agar terhindar dari stres akibat diabetes.



  3. Nikmati Alam

    Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk menikmati alam, pepohonan, dan udara segar. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke bukit atau gunung, karena ternyata, keberadaan pohon kecil di rumah ataupun tempat kerja kita saja sudah cukup untuk mengurangi stres. 

    Pada tahun 1982, pemerintah Jepang memulai sebuah program bernama Shinrin Yoku, kampanye yang bertujuan mempromosikan manfaat dari meluangkan waktu mengunjungi hutan ataupun taman untuk mengatasi stres.

    Berjalan di taman dalam waktu yang singkat dapat mengurangi tingkat kortisol, denyut jantung, dan tekanan darah. Bahkan seorang pasien yang memiliki pemandangan alam pada jendela kamar dimana ia dirawat, akan cenderung lebih cepat sembuh daripada pasien yang beristirahat dikelilingi tembok kosong.

    Menaruh tanaman hias kecil di meja kerja atau tempat Anda beraktivitas, dapat menjadi awal yang baik untuk hidup bebas dari stres kerja.


  4. Jangan Lewatkan Saat Minum Teh atau Kopi

    Sebenarnya tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa menyeruput teh atau kopi dapat memberikan perasaan rileks atau pikiran yang lebih tenang. Walaupun hanya placebo, ternyata pikiran kita cukup pandai untuk mengaitkan momen minum teh atau kopi dengan relaksasi.

    Banyak iklan ataupun media yang menggambarkan momen minum teh dengan suasana tenang dan santai. Jadi ketika otak tahu sebentar lagi kita akan menikmati teh atau kopi, otak akan menjadi lebih rileks dan perasaan senang akan muncul.



  5. Mendengarkan Musik

    Alunan melodi yang tenang dapat membantu otak kita lebih santai. Hampir di semua tempat hiburan dan perbelanjaan selalu ada musik yang terpasang untuk menemani pengunjung. Fakta ini membuktikan bahwa musik adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling nyata.

    Lagu dengan bit di rentang 60 - 80 per menit dan tanpa lirik, dinilai sebagai jenis musik yang paling ampuh dalam mengatasi stres bahkan terhadap pasien yang sedang menjalani rangkaian operasi.