|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Cara Meningkatkan Daya Ingat

  25 Sep 2018

Ingatan adalah salah satu bagian paling penting pada manusia. Ingatan membantu kita untuk belajar dan mengerti hal-hal baru.

 

Tapi, seiring dengan bertambahnya usia maka ingatan kita akan semakin memburuk. Banyak orang tua mengalami penurunan daya ingat dengan serius dan menjadi pelupa akut. Kondisi ini bahkan menyebabkan mereka tidak dapat hidup mandiri lagi. Kondisi penurunan daya ingat ini menjadi salah satu ketakutan terbesar orang dewasa yang bertambah tua.

 

Kabar baiknya adalah para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian dan mempelajari lebih banyak tentang kemampuan luar biasa otak kita untuk berubah dan menumbuhkan koneksi saraf baru setiap hari, bahkan di usia tua.

 

Konsep ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Melalui penelitian tentang neuroplastisitas, para ilmuwan telah menemukan bahwa kapasitas memori kita tidak tetap. Konsep dasar inilah yang menjadi landasan berbagai cara meningkatkan daya ingat.

 

Sebelum kita membahas terkait dengan cara meningkatkan daya ingat maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu alasan atau faktor-faktor yang dapat menyebabkan Anda menjadi seorang pelupa atau mudah lupa.

 

Mengapa Anda adalah suka lupa?

Setiap orang kadang-kadang mengalami kelupaan. Kehilangan memori ringan (lupa) cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi kehilangan ingatan progresif karena penyakit seperti Alzheimer adalah masalah kesehatan yang serius.

 

Ketika Anda menjadi seorang pelupa, kondisi ini mulai mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kecerdasan Anda. Ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Banyak gejala kehilangan memori dapat diobati jika berhasil didiagnosis secara dini. Jika tidak diperiksa dan diobati, beberapa penyakit akan berpotensi untuk berkembang dan membuat pengobatan menjadi lebih sulit, bahkan terlambat.

 

Banyak faktor yang menyebabkan Anda menjadi seorang pelupa. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Kekurangan vitamin B-12
  • Kurang tidur
  • Penggunaan alkohol atau obat-obatan
  • Anestesi dari operasi yang baru Anda jalani akhir-akhir ini
  • Perawatan kanker seperti kemoterapi, radiasi, atau transplantasi sumsum tulang
  • Cedera kepala atau gegar otak
  • Kekurangan oksigen ke otak
  • Kejang-kejang
  • Tumor otak dan infeksi pada otak
  • Operasi otak dan operasi bypass jantung
  • Gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan disosiatif
  • Trauma emosional
  • Disfungsi tiroid
  • Terapi elektrokonvulsif
  • Serangan iskemik transien (TIA)
  • Penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Huntington, multiple sclerosis (MS), atau penyakit Parkinson
  • Migrain

 

Beberapa kondisi ini dapat diobati dan dalam beberapa kasus, memori yang hilang dapat kembali. Namun pada kondisi yang parah, Anda dapat memiliki masalah memori serius dan melupakan kenangan-kenangan kehidupan Anda selamanya.

 

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk menambah daya ingat? Berikut ini adalah cara meningkatkan daya ingat yang dapat Anda lakukan agar tidak cepat menjadi pelupa.

 

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat

 

Genetika berperan penting dalam kehilangan memori, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Namun, penelitian menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga memiliki dampak besar pada memori.

 

Berikut adalah 9 cara meningkatkan daya ingat secara alami berdasarkan bukti penelitian.

  1. Kurangi konsumsi gula

    Cara meningkatkan daya ingat yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Mengkonsumsi terlalu banyak gula telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit kronis seperti penurunan fungsi kognitif atau menjadi pelupa.

    Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi banyak gula akan memiliki ingatan yang buruk dan volume otak yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi sedikit gula. Mengkonsumsi gula secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat memberi pengaruh negatif terhadap kecerdasan dan kemampuan belajar seseorang.



  2. Cobalah mengkonsumsi suplemen minyak ikan

    Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan docosahexaenoic acid (DHA). Keduanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi proses peradangan, menghilangkan stress, dan kecemasan serta memperlambat menurunnya daya ingat.

    Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan yang mengandung omega-3 dan DHA akan meningkatkan ingatan jangka pendek, memori kerja, memori episodik terutama pada lanjut usia.



  3. Lakukan meditasi

    Latihan meditasi memiliki banyak efek positif terhadap kesehatan. Selain membuat tubuh menjadi rileks dan tenang, meditasi diketahui dapat mengurangi stress dan rasa nyeri. Meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah dan merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

    Penelitian menunjukkan bahwa dengan bermeditasi maka akan terjadi peningkatan volume bagian otak yang disebut sebagai substansia grisea yang berperan dalam menyimpan dan menambah daya ingat.



  4. Pertahankan berat badan normal

    Mengapa harus mempertahankan berat badan normal? Berat badan berlebihan atau obesitas telah ditemukan merupakan salah satu faktor risiko menurunnya daya ingat. Obesitas dapat menyebabkan perubahan pada gen yang terkait dengan fungsi mengingat dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi ingatan seseorang.

    Penelitian menunjukkan bahwa obesitas juga erat terkait dengan penyakit Alzheimer, suatu penyakit progresif yang merusak ingatan dan fungsi kecerdasan seseorang.



  5. Tidur yang cukup

    Kurang tidur telah dikaitkan dengan memori yang buruk. Selain itu, tidak cukup tidur akan memperburuk produktivitas dan konsentrasi seseorang.

    Para peneliti dari Universitas Groningen di Belanda menunjukkan bahwa tidur di bawah 5 jam dapat mengganggu konektivitas neuron dan hippocampus, bagian penting dari otak yang berkaitan erat dengan ingatan dan kemampuan belajar manusia.

    Tidur berperan penting dalam konsolidasi memori, suatu proses di mana memori jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi memori jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda kurang tidur, maka bisa berdampak negatif terhadap ingatan Anda.

    Penelitian juga secara konsisten mengaitkan tidur yang cukup dengan kinerja memori yang lebih baik. Tidur membantu mengkonsolidasikan ingatan. Anda akan cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal tes memori jika Anda cukup tidur.



  6. Kurangi konsumsi alkohol

    Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat berdampak negatif pada ingatan Anda dan akan merusak kesehatan Anda secara umum. Seseorang dinyatakan ada dalam kondisi mabuk bila memiliki kadar alkohol dalam darah sebesar 0,08 gram per ml atau lebih. Penelitian telah menunjukkan kondisi ini akan mengubah otak dan menghasilkan defisit memori.

    Alkohol memiliki efek neurotoksik pada otak yang dapat mengurangi kinerja memori. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar dalam jangka panjang dapat merusak hippocampus Anda, area utama otak yang terkait dengan memori.
    Berhenti atau mengurangi jumlah konsumsi alkohol merupakan cara meningkatkan daya ingat yang efektif.



  7. Latih otak Anda

    Melatih kemampuan kognitif Anda dengan permainan yang mengasah otak adalah cara ampuh untuk menambah daya ingat secara menyenangkan dan efektif.

    Teka-teki silang, permainan ingatan, Tetris, dan bahkan aplikasi seluler yang didedikasikan untuk pelatihan memori dan kecerdasan adalah cara terbaik untuk memperkuat ingatan.



  8. Pertimbangkan konsumsi curcumin

    Kurkumin adalah senyawa yang dapat ditemukan pada kunyit. Zat ini merupakan salah satu kategori senyawa yang disebut polifenol. Kurkumin adalah antioksidan kuat dan memberikan efek anti-inflamasi yang kuat di dalam tubuh.

    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin dapat mengurangi inflamasi dan plak amiloid. Plak amiloid merupakan salah satu plak utama yang menyebabkan penurunan daya ingat.



  9. Konsumsi Vitamin Penambah Daya Ingat

    Beberapa vitamin dan zat telah dibuktikan dapat mengurangi atau bahkan mencegah penurunan daya ingat. Beberapa di antara vitamin dan zat yang dapat meningkatkan daya ingat adalah:

      • Vitamin B-12

        Para ilmuwan telah meneliti hubungan antara vitamin B-12 (cobalamin) dengan penurunan daya ingat. Mengkonsumsi cukup vitamin B-12 pada pola makan kita, dapat membantu menambah daya ingat dan mencegah menurunnya kemampuan kognitif / kecerdasan.

        Vitamin B12 untuk meningkatkan daya ingat Natures Plus Follic Acid Hearts 90S


      • Omega-3

        Omega-3 yang ditemukan pada minyak ikan sudah lama diketahui memberikan efek positif terhadap kesehatan jantung dan kulit. Namun, omega-3 juga memberikan dampak luar biasa pada otak, khususnya untuk meningkatkan daya ingat dan memerangi depresi.

        Suplemen Penambah daya ingat Minyak Ikan Omega 3 Blackmores Odourless Fish Oil 1000 200S Farmaku.com
        Cek suplemen minyak ikan Omega 3 lainnya di Farmaku.com


    • Vitamin E

      Telah dibuktikan bahwa vitamin E dapat membantu daya ingat, terutama pada orang usia lanjut. Vitamin E dapat ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, buah beri, suplemen multivitamin, dan sayur-sayuran.
      Suplemen Vitamin E Wellness Natural Vitamin E 400 untuk meningkatkan daya ingat - Farmaku.com Suplemen vitamin E Natures plus vitamin E 400 LU 60S
      Lihat suplemen Vitamin E lainnya di Farmaku.com

 

Referensi

  1. healthline.com - Improve memory
  2. mayoclinic.com - Memory Loss
  3. fda.gov