|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

  24 Sep 2018

Buah naga dapat dikatakan sebagai buah tropis yang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir. Orang-orang menyukai buah ini karena bentuknya yang unik dan rasanya yang enak. Selain itu, terdapat bukti bahwa terdapat banyak manfaat buah naga untuk kesehatan.

 

Artikel ini akan memberikan penjelasan terkait apa itu buah naga dan menjabarkan apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan.

 

Apa itu buah naga? 

Buah naga tumbuh dari tanaman semacam kaktus yang disebut sebagai Hylocereus yang dikenal pula sebagai “Ratu Honolulu”. Bunganya dari tanaman ini hanya mekar di malam hari. Tanaman ini berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Amerika Tengah. Tapi, saat ini tanaman ini telah dibudidayakan di seluruh dunia.

 

Buah naga umumnya memiliki kulit yang cerah berwarna merah dengan sisik hijau yang menyerupai naga. Dari sanalah nama buah ini berasal. Varietas yang paling banyak dijumpai adalah buah naga putih yang memiliki daging buah berwarna putih dan biji warna hitam.

 

Selain buah naga putih, terdapat beberapa jenis lain seperti buah naga merah, buah naga ungu atau super merah, buah naga kuning, dan buah naga hitam.

 

Buah naga memang terlihat eksotis dan memiliki rasa yang yang berbeda dari buah-buah lainnya. Rasa buah naga sering digambarkan sebagai persilangan antara kiwi yang manis dan buah pir.

 

Lalu, apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?

 

7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Setelah menelusuri sejarah singkat dan jenis dari buah naga, sekarang mari kita lihat apa saja khasiat buah naga untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat buah naga untuk kesehatan.

 

  1. Kaya akan nutrisi

    Manfaat buah naga untuk kesehatan yang pertama adalah buah ini kaya akan nutrisi. Buah naga memiliki kalori yang rendah namun kadar vitamin, mineral, dan zat aktif lainnya seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin yang cukup tinggi.

    Selain itu secara umum buah naga memiliki kandungan air, karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor dan vitamin C, yang memberi khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh.

  2. Berkhasiat melawan penyakit kronis

    Radikal bebas merupakan molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan sel dan berujung pada kemunculan radang (inflamasi) dan penyakit. Salah satu cara untuk melawan radikal bebas adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Salah satunya adalah buah naga.

    Buah naga mengandung antioksidan berupa vitamin C, beta carotene, likopen, dan betalain. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

  3. Mengandung cukup serat

    Badan kesehatan merekomendasikan asupan serat sebesar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Buah naga sendiri per sajian mengandung sekitar 7 gram serat dan menjadi sumber serat yang cukup baik.

    Serat telah diketahui memiliki peran besar dalam melancarkan kerja saluran pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian, serat juga berperan dalam melindungi diri dari penyakit jantung, mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus dan mempertahankan berat badan tubuh normal.

  4. Berkhasiat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

    Buah naga mengandung probiotik yang berpotensi untuk meningkatkan koloni bakteri baik pada usus. Kondisi ini memungkinkan tercapainya kondisi saluran pencernaan yang lebih baik dan lebih sehat.

    Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi probiotik rutin akan menurunkan risiko infeksi saluran pencernaan dan diare. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi gejala inflamasi usus dan juga mengurangi risiko kanker usus besar.

  5. Menguatkan daya tahan tubuh

    Tubuh Anda memiliki kemampuan untuk melawan infeksi. Namun, kemampuan ini sangat bergantung pada berbagai faktor termasuk kualitas makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan karotenoid yang terkandung pada buah naga dapat menguatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

    Kondisi ini dapat tercapai karena vitamin C dan karotenoid akan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh dapat memerangi bakteri dan virus penyebab penyakit, namun perlu diketahui bahwa sel darah putih sensitif terhadap radikal bebas.

    Vitamin C dan karotenoid dari buah naga dapat melindungi sel darah putih dari radikal bebas tersebut.

  6. Meningkatkan kadar zat besi

    Buah naga berkhasiat untuk meningkatkan asupan zat besi untuk tubuh. Buah naga merupakan sedikit buah yang mengandung zat besi. Zat besi berperan penting dalam produksi hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat dan menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

    Selain itu, zat besi juga berperan penting dalam memecah makanan menjadi energi untuk tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang kekurangan asupan zat besi, yang alhasil menyebabkan anemia.

    Kekurangan zat besi merupakan penyebab utama kondisi anemia pada ibu hamil.

    Dengan mengkonsumsi buah naga maka kebutuhan akan zat besi dapat tercukupi. Kombinasi zat besi dan vitamin C yang terkandung pada buah naga dapat meningkatkan penyerapan mineral penting lainnya pada tubuh.

  7. Sebagai sumber magnesium yang baik

    Manfaat buah naga untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai sumber zat magnesium. Magnesium sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan pada 600 reaksi kimia di dalam tubuh Anda.

    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

 

 

Kesimpulan - Khasiat buah naga untuk kesehatan

  • Buah naga adalah buah tropis yang lezat yang pasti harus Anda coba.
  • Selain rasanya yang enak, buah naga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.
  • Buah naga memberikan nutrisi penting bagi tubuh, seperti serat, prebiotik, zat besi, karotenoid, dan vitamin C.
  • Menjaga sistem imun dan berperan sebagai antioksidan adalah beberapa dari banyak manfaat buah naga untuk kesehatan.
  • Jika Anda mencari cara untuk menambahkan variasi pada asupan buah Anda, buah naga adalah pilihan yang lezat dan memiliki banyak khasiat.

 

 

Referensi

  1. healthline.com - dragonfruit
  2. foodfacts.mercola.com
  3. medicaldaily - dragon fruit benefits