|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Manfaat Lari Pagi Yang Luar Biasa!

  06 Nov 2018

Lari pagi adalah salah satu latihan aerobik tertua yang dikenal dan paling populer. Banyak sekali manfaat lari pagi yang Anda bisa rasakan bila dilakukan secara konsisten.

 

Studi menunjukkan bahwa lari pagi 5 hingga 10 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit umum lainnya.

 

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa manfaat ini dapat diraih bila kita melakukan lari pagi sebanyak 4,5 jam seminggu, yang berarti tidak perlu berlari pagi berjam-jam, cukup 30-40 menit per hari.

 

Namun perlu diperhatikan, lari pagi merupakan olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Terlalu lama berlari ditambah minimnya kegiatan pemanasan dapat menyebabkan cedera seperti fraktur stres.

 

Sekarang, mari kita telusuri lebih dalam manfaat lari pagi untuk kesehatan Anda.

 

 

 

8 Manfaat Lari Pagi atau Jogging Untuk Kesehatan

  1. Lari Pagi Membantu Mencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung

    Kebugaran aerobik terkait dengan kualitas hidup yang lebih baik. Salah satu manfaat lari pagi adalah mengurangi risiko Anda mengalami sejumlah penyakit. Salah satu diantaranya adalah penyakit jantung. Hal ini karena lari pagi membantu mengurangi produksi hormon stres (kortisol), meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, dan memperbaiki sirkulasi darah.

    Jogging juga membantu untuk menjaga tekanan darah Anda dalam rentang yang normal, yang artinya dapat mengurangi potensi serangan darah tinggi. Dikenal sebagai "silent killer", hipertensi dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa seperti pendarahan, aterosklerosis, dan aneurisma.



  2. Lari Pagi Membantu Mencegah Sebagian Kanker

    Para peneliti sangat setuju bahwa salah satu manfaat lari pagi lainnya adalah membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Kondisi ini dapat dicapai dengan oksigenasi yang lebih baik dari seluruh tubuh saat kita lari pagi.

    Sel-sel yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai telah diketahui bermutasi lebih cepat dan cenderung berubah menjadi ganas. Salah satu manfaat lari pagi adalah meningkatkan suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh, membantu mencegah beberapa jenis kanker.



  3. Lari Pagi Membuat Anda Lebih Bahagia.

    Jika Anda telah lari pagi secara secara teratur, Anda akan mendapatkan salah satu manfaat lari pagi yang paling utama yaitu membuat Anda merasa lebih baik.

    Dalam sebuah penelitian tahun 2006 yang diterbitkan pada jurnal Medicine & Science, para peneliti menemukan bahwa lari pagi dapat secara instan mengangkat suasana hati seseorang yang menderita depresi berat. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa tikus mendapat efek antidepresan dari berlari dengan roda, peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas fisik merupakan alternatif yang efektif untuk mengobati depresi.



  4. Lari Pagi Membantu Anda Menurunkan Atau Mempertahankan Berat Badan.

    Lari pagi merupakan salah satu latihan yang baik untuk membakar kalori tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa lari pagi secara teratur meningkatkan "afterburn" yakni, jumlah kalori terus terbakar setelah berolahraga.

    Semakin banyak kalori yang dipakai saat Anda lari pagi maka akan menurunkan berat badan dan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan.



  5. Lari Pagi Mencegah Penyakit Infeksi

    Manfaat lari pagi lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sangat baik. Ada bukti kuat bahwa latihan aerobik membantu stimulasi makrofag. Makrofag adalah sel-sel darah putih yang akan ‘berpatroli’, menjaga, dan membersihkan tubuh kita dari virus dan bakteri.

    Memiliki sel-sel ini beredar secara sistemik juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita dan tentu saja dapat mencegah beberapa penyakit menular, seperti flu dan beberapa infeksi bakteri.



  6. Lari Pagi Mencegah Diabetes

    Lari pagi juga membantu mengontrol dan mencegah diabetes. Gaya hidup yang tidak aktif dan kelebihan berat badan telah terbukti secara langsung meningkatkan risiko terkena diabetes. Dengan lari pagi secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes secara signifikan.



  7. Lari Pagi Membantu Anda tidur lebih baik

    Sebuah penelitian mengamati sekelompok remaja berlari pagi selama 30 menit dengan kecepatan sedang setiap pagi selama tiga minggu. Ditemukan bahwa tidur, suasana hati, dan kemampuan konsentrasi mereka di siang hari jauh lebih baik daripada kelompok remaja yang tidak melakukan lari pagi.



  8. Lari Pagi Membuat Anda Panjang Umur

    Manfaat lari pagi terakhir, sekaligus yang terpenting yaitu dapat meningkatkan efisiensi kerja jantung, sehingga jantung tidak bekerja dengan berat.

    Lari pagi dalam sesi 30 menit, 3 kali seminggu dapat membantu mengurangi jumlah detak jantung Anda ketika dalam kondisi beristirahat. Hal ini karena jantung Anda telah ‘terbiasa’ dengan latihan fisik dan membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah baginya.

 

 

 

Mengapa Harus Berlari Pagi? Karena Mudah dan Manfaatnya Luar Biasa

Melakukan lari pagi hanya beberapa menit setiap hari dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

 

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat lari pagi bahkan mungkin memperpanjang hidup Anda.

 

Tetapi apakah Anda perlu lari pagi setiap hari untuk mendapatkan manfaat? Tidak. 3x seminggu dalam durasi 30 menit sudah lebih cukup bagi Anda untuk meraih manfaat lari pagi.

 

Tapi ingat, lari adalah salah satu kegiatan olahraga yang berat. Beberapa risiko cedera dapat Anda alami.

 

Selain lari pagi, cobalah melakukan kegiatan yang lebih ringan seperti berenang dan bersepeda di hari-hari lain untuk memulihkan dan mengistirahatkan otot Anda.

 

Jika Anda tidak yakin seberapa sering Anda harus lari pagi atau apakah lari pagi aman bagi Anda, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

 

Dokter dapat merekomendasikan program kebugaran fisik yang sesuai untuk usia dan kondisi Anda.