|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

  05 Oct 2018

Temulawak sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temulawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

 

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat dengan manfaat yang cukup besar. Banyak penelitian terkontrol dengan baik telah menunjukkan efektivitas temulawak terhadap mempertahankan kesehatan tubuh.

 

Manfaat lain rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti radang, sebagai antioksidan hingga dapat membunuh mikroba atau kuman.

 

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan kurkumin. Kurkumin sebagai komponen bioaktif pada temulawak memberikan efek anti peradangan dan antioksidan yang cukup besar.

 

Penelitian modern juga menunjukkan manfaat temulawak untuk kecantikan kulit. Inilah 10 manfaat temulawak untuk kecantikan.

 

 

10 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

  1. Mengandung Senyawa Alami Untuk Mencerahkan Kulit

    Temulawak mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan kilau dan mencerahkan kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit Anda dengan memancarkan cahaya alami.

    Cobalah masker wajah dari temulawak di rumah untuk melihat manfaat temulawak untuk kecantikan kulit wajah Anda. Anda dapat mencampurkan sedikit yogurt, madu, dan kunyit sebagai campuran masker. Biarkan masker selama 15 menit lalu bersihkan dengan air.



  2. Menyembuhkan Luka pada Kulit

    Kurkumin yang ditemukan dalam temulawak dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi. Kurkumin juga menurunkan respons tubuh Anda terhadap luka kulit. Kondisi ini menghasilkan penyembuhan luka Anda lebih cepat.

    Jurnal Life Sciences merekomendasikan penerapan Kurkumin dengan formula yang optimal untuk penyembuhan luka.



  3. Mengatasi Gejala Psoriasis

    Kualitas antioksidan dan anti-inflamasi temulawak dapat membantu psoriasis. Temulawak dapat mengendalikan flare (serangan psoriasis yang ditandai dengan munculnya ruam merah dilapisi sisik keperakan) dan gejala lainnya.

    National Psoriasis Foundation menyatakan bahwa Anda dapat menggunakan temulawak sebagai suplemen atau menambahkannya ke dalam makanan sebagai salah satu cara untuk mengatasi serangan gejala psoriasis. Sebelum Anda mencobanya, National Psoriasis Foundation merekomendasikan mendiskusikan dosis yang tepat dengan seorang profesional seperti herbalist atau dokter.



  4. Menghilangkan Bekas Jerawat

    Manfaat temulawak untuk kecantikan berikutnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Anda mungkin ingin mencoba masker wajah temulawak untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan.

    Kualitas anti-inflamasinya dapat menargetkan pori-pori Anda dan menenangkan kulit. Temulawak juga dikenal dapat mengurangi jaringan parut. Kombinasi penggunaan ini dapat membantu wajah Anda bersih dari jerawat.



  5. Mencegah Penuaan Dini

    Manfaat temulawak untuk kulit wajah ialah mencegah penuaan dini. Penuaan dini pada kulit wajah ditandai dengan adanya keriput pada wajah dan juga kantung mata yang semakin terlihat.

    Untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah anda dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari bahan alami temulawak. Dengan menggunakan temulawak secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah.



  6. Menjadi Antioksidan Alami

    Temulawak memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Mengkonsumsi temulawak setiap hari akan membuat diri kita memiliki antioksidan alami yang kuat. Begitu juga halnya dengan kulit wajah, menggunakan masker wajah secara rutin akan membuat kulit wajah terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas karena temulawak bertindak sebagai antioksidan yang alami bagi kulit wajah.


  7. Mencegah Kanker Kulit

    Kanker adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Sel sel kanker akan mudah menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya, salah satunya kulit.

    Dengan mengonsumsi temulawak akan mencegah adanya sel kanker dalam tubuh dan mencegah penyebaran sel kanker termasuk yang menyebabkan kanker kulit.



  8. Melembabkan Wajah

    Memiliki wajah yang lembab dan tidak kering merupakan idaman bagi banyak wanita. Padatnya aktivitas sehari hari membuat kita harus sering berpapasan dengan sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah kita menjadi kering. Anda dapat menggunakan masker temulawak untuk melembabkan kulit wajah.

    Manfaat temulawak untuk kecantikan ini dapat Anda miliki dengan cara membuat masker temulawak. Campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur



  9. Mengatasi Jerawat

    Dengan padatnya aktivitas sehari-hari, maka wajah dan kulit akan mudah terpapar sinar matahari dan juga debu polusi udara. Bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah akan menyebabkan jerawat bermunculan di wajah.

    Mengatasi jerawat bagi sebagian orang tidak mudah dilakukan, tapi anda tidak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi temulawak dan menggunakan masker temulawak secara rutin dapat mengatasi masalah jerawat yang membandel di wajah Anda. Masker ini akan memberikan Anda manfaat temulawak untuk kecantikan.



  10. Mengatasi Berbagai Kondisi Kulit Lainnya

    Tidak ada cukup penelitian untuk memberikan bukti konklusif tentang bagaimana temulawak dapat membantu kondisi kulit lainnya. Namun, berbagai kasus mengindikasikan temulawak dapat membantu pengobatan eksim, alopecia (kebotakan), lichen planus, dan masalah kulit lainnya.

    Sebuah penelitian di Phytotherapy Research merekomendasikan penelitian lebih lanjut tentang temulawak pada berbagai kondisi kulit. Minat mempelajari temulawak sebagai perawatan kulit semakin meningkat.



Referensi

  1. Akbik, D., Ghadiri, M., Chrzanowski, W., & Rohanizadeh, R. (2014, October 22). Curcumin as a wound healing agent [Abstract]. Life Sciences, 116(1), 1-7
    sciencedirect.com/science/article/pii/S0024320514007036
  2. Chattopadhyay, I., Biswas, K., Bandyopadhyay, U., & Banerjee, R. K. (2004, July 10). Turmeric and curcumin: Biological actions and medicinal applications. Current Science, 87(1)
    repository.ias.ac.in/5196/1/306.pdf
  3. Curcumin. (n.d.)
    lpi.oregonstate.edu/mic/dietary-factors/phytochemicals/curcumin
  4. Douglass, B. J., & Clouarte, D. L. (2015). Beyond yellow curry: Assessing commercial curcumin absorption technologies. Journal of the American College of Nutrition, 34(4), 347-358
    tandfonline.com/doi/full/10.1080/07315724.2014.950392
  5. Herbs and Natural Remedies. (n.d.) Psoriasis.org/treating-psoriasis/complementary-and-alternative/herbal-remedies
  6. Nguyen, T. A., & Friedman, A. J. (2013, October). Curcumin: A novel treatment for skin-related disorders. Journal of Drugs and Dermatology, 12(10), 1131-1137