|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

  02 Oct 2018

Temulawak sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

 

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat dengan manfaat yang cukup besar. Banyak penelitian menujukkan efek positif temulawak bagi kesehatan tubuh. Di samping untuk kesehatan, temulawak juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

 

Pada artikel ini kami akan menjabarkan apa itu temulawak dan manfaat temulawak untuk kesehatan.

 

Apa itu temulawak?

Temulawak adalah tumbuhan yang masuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini sering kali digunakan dalam pengobatan. Temulawak dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut. Habitat temulawak adalah hutan tropis.

 

Rimpang atau rizoma adalah bagian dari temulawak yang paling banyak dimanfaatkan. Rimpang temulawak sering dibuat jamu godog yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal dan memberikan efek anti peradangan.

 

Manfaat lain rimpang temulawak ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti radang, sebagai anti oksidan hingga anti mikroba/kuman.

 

Apakah benar demikian? Di bawah ini penjabaran 10 manfaat temulawak untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian.

 

10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak mungkin dapat menjadi suplemen yang memiliki berbagai nutrisi penting. Banyak penelitian menunjukkan manfaat temulawak untuk kesehatan terutama terhadap otak. Berikut ini 10 manfaat temulawak untuk kesehatan.

 

  1. Mengandung Senyawa Bioaktif dengan Sifat Obat yang Kuat

    Temulawak telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Hasil penelitian terbaru mendukung temulawak untuk dikonsumsi sebagai obat kesehatan alami karena kandungan di dalamnya, yaitu kurkumin. 

    Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam temulawak. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

  2. Berfungsi Sebagai Anti-Peradangan Alami

    Kondisi peradangan sebenarnya sangat penting untuk tubuh. Kondisi ini membantu tubuh untuk melawan dan sekaligus mengenal benda asing yang menyerang tubuh. Tanpa inflamasi, penyebab penyakit seperti bakteri dapat dengan mudah menyerang tubuh dan bahkan membunuh Anda.

    Kondisi radang bisa menjadi masalah besar ketika menjadi kronis dan menyerang bagian tubuh yang vital. Kurkumin dapat menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam proses peradangan.

  3. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

    Antioksidan merupakan zat yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Inilah salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya. Temulawak mengandung kurkumin, kurkumin sendiri diketahui memiliki efek antioksidan yang cukup kuat.

    Antioksidan kuat ini dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah penyakit. Selain itu, kurkumin juga dapat menstimulasi tubuh untuk menghasilkan enzim antioksidan sendiri.

  4. Menjaga Kesehatan Lambung

    Temulawak mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan produksi mukus pada lambung, mukus tersebut dapat membantu melindungi lambung dari asam lambung. 

    Manfaat temulawak untuk lambung lainnya adalah menetralisir asam lambung, mempercepat penyembuhan luka pada lambung, dan membunuh bakteri pada sistem pencernaan.

  5. Meningkatkan Faktor Neurotropik Otak

    Otak merupakan organ yang penting dalam kehidupan Anda. Salah satu yang berperan penting dalam menjaga fungsi otak tetap sehat adalah faktor neurotropik. Faktor neurotropik ini adalah sejenis hormon pertumbuhan. Sejumlah penyakit pada otak telah dikaitkan dengan penurunan faktor neurotropik ini.

    Kurkumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik, hal ini menyebabkan peningkatan fungsi otak dan juga mencegah proses degeneratif terjadi pada otak. Neurotropik sangat berhubungan erat dengan fungsi otak yang lebih baik dan risiko penyakit otak yang lebih rendah.

  6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

    Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung hingga saat ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia.

    Selain sebagai anti-inflamasi dan juga antioksidan yang luar biasa, kurkumin dapat meningkatakan fungsi lapisan dalam pembuluh darah jantung (endotel) sehingga Anda dapat terhindar dari serangan jantung.

  7. Mencegah Kanker

    Selain penyakit jantung, kanker juga merupakan masalah kesehatan dunia. Temulawak telah diteliti dapat memberikan manfaat kesehatan kepada pasien kanker. Kurkumin pada temulawak dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker, begitu pula dengan penyebarannya pada tingkat molekuler.

    Kurkumin juga telah terbukti mengurangi ukuran sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan coba. Kurkumin menyebabkan beberapa perubahan pada tingkat molekuler yang dapat membantu mencegah dan bahkan mungkin mengobati kanker.

  8. Mencegah Penyakit Alzheimer

    Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit ini pada umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Pada penyakit alzheimer, otak akan kehilangan fungsinya, terutama fungsi memori.

    Kurkumin dapat melintasi sawar darah otak dan telah terbukti menyebabkan berbagai perbaikan dalam proses patologis penyakit Alzheimer. 

  9. Mengatasi Gejala Radang Sendi (Arthritis)

    Arthritis adalah gangguan umum yang ditandai dengan peradangan pada sendi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mengobati gejala arthritis dan dalam beberapa kasus lebih efektif daripada obat anti-inflamasi.

  10. Mengobati Depresi

    Pernah dilakukan suatu penelitian terhadap 60 orang yang menderita depresi, 60 orang tersebut dibagi menjadi 3 kelompok pengobatan. Kelompok pertama diberikan obat anti depresi saja, kelompok kedua diberikan suplemen kurkumin 1 gram, dan kelompok ketiga diberikan keduanya, baik obat anti depresi dan juga kurkumin. Setelah 6 minggu penelitian, efek kurkumin sama dengan efek obat anti depresi. Kombinasi keduanya menunjukkan efek perbaikan dari depresi yang paling optimal. 

    Depresi juga terkait dengan berkurangnya tingkat faktor neurotropik dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan penting untuk aktivitas belajar dan memori seseorang. Kurkumin meningkatkan faktor neurotropik pada otak.

 

 

Kesimpulan - Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

  • Temulawak memiliki kandungan kurkumin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
  • Kurkumin memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah, seperti potensi untuk mencegah penyakit jantung, alzheimer dan kanker.
  • Kurkumin juga baik untuk menjaga kesehatan lambung. Kurkumin dapat melindungi lambung dari asam lambung, membunuh bakteri pada sistem cerna, dan mempercepat penyembuhan luka pada lambung.
  • Kurkumin adalah anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan juga dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan radang sendi (arthrtis).
  • Jika Anda ingin membeli suplemen temulawak/kurkumin pastikan bahwa suplemen tersebut telah terstandar oleh BPOM Indonesia. Mengkonsumsi temulawak secara baik dan benar akan memberikan manfaat luar biasa terhadap kesehatan Anda.

 

Referensi

  1. healthline.com - nutrition of curcumin
  2. id.wikipedia.org
  3. Tapsell LC, Hemphill I, Cobiac L, Sullivan DR, Fenech M, Patch CS, Roodenrys S, Keogh JB, Clifton PM, Williams PG, Fazio VA. Health benefits of herbs and spices: the past, the present, the future.
  4. Prasad S, Gupta SC, Tyagi AK, Aggarwal BB. Curcumin, a component of golden spice: from bedside to bench and back. Biotechnology advances. 2014 Nov 1;32(6):1053-64.