|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Psoriasis: Apa itu, Penyebab, dan Hubungannya dengan Ketombe

  20 Sep 2018

Psoriasis adalah penyakit kulit yang umum terjadi pada pria dan wanita, juga pada segala usia. Namun kasus psoriasis lebih banyak ditemukan pada orang dewasa.

 

Psoriasis tidak menular. Seseorang tidak dapat terkena psoriasis dengan menyentuh si penderita.

 

Kondisi psoriasis umumnya menyerang kulit kepala, sikut, dan lutut.

 

Psoriasis pada kulit kepala dapat menyebabkan indikasi ketombe. Namun ketombe karena psoriasis memiliki penanganan yang berbeda dengan kondisi ketombe pada umumnya.

 

Apa itu Psoriasis

Banyak yang masih bertanya-tanya tentang apa itu psoriasis. Psoriasis adalah penyakit atau kelainan pada kulit.

 

Psoriasis sendiri bukan penyakit yang berbahaya. Banyak yang masih bertanya-tanya tentang apa itu psoriasis. Psoriasis adalah penyakit atau kelainan pada kulit. Psoriasis sendiri bukan penyakit yang berbahaya.


Orang yang menderita psoriasis memiliki sel kulit dengan siklus hidup yang lebih pendek dari orang pada umumnya. Hal ini menyebabkan tubuh harus mereproduksi sel-sel kulit yang baru lebih cepat dari biasanya, untuk mengganti sel-sel lama yang telah mati.


Produksi sel-sel kulit baru secara cepat ini akan menumpuk pada pada permukaan kulit. Sel-sel kulit yang berlebihan ini akan membentuk sisik dan bercak merah yang gatal dan bahkan dapat terasa nyeri.

 
Psoriasis dapat kambuh setiap saat. Penderita psoriasis diharapkan menjaga pola hidup yang sehat untuk mengurangi resiko kambuhnya psoriasis.

 

Jenis-jenis Psoriasis

Psoriasis memiliki banyak jenis. Psoriasis plak (plaque psoriasis) adalah kasus psoriasis yang paling sering ditemui.

Selain itu, ada banyak jenis psoriasis lainnya. Berikut adalah jenis-jenis psoriasis:

  1. Psoriasis Plak

    Psoriasis plak adalah kasus psoriasis yang paling banyak dijumpai. Gejala pada plak psoriasis adalah kulit menjadi kering, bersisik dan memiliki bercak-bercak seperti plak. Bagian kulit yang terserang akan terasa gatal dan perih. Psoriasis plak dapat menyerang bagian kulit manapun, termasuk daerah kemaluan dan mulut.

  2. Psoriasis Kuku

    Psoriasis yang menyerang kuku kaki dan tangan. Psoriasis pada kuku dapat menyebabkan kuku berlubang dan berubah warna menjadi pucat kecoklatan.

  3. Psoriasis Gutata

    Psoriasis gutata adalah psoriasis yang banyak ditemukan pada anak kecil. Psoriasis gutata umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri.

    Psoriasis gutata akan muncul dalam bentuk bercak-bercak kecil ditutupi dengan sisik pada bagian perut, lengan, kaki, dan kulit kepala.

  4. Psoriasis Inverse

    Psoriasis inverse menyerang bagian tertutup seperti ketiak dan sekitar kemaluan. Psoriasis inverse memiliki gejala seperti bercak kemerahan pada kulit. Bagian yang terserang akan terasa perih bila terkena gesekan atau keringat.

  5. Psoriasis Pustular

    Psoriasis pustular adalah psoriasis yang menimbulkan bercak merah yang menyebar pada kulit. Psoriasis pustular biasanya muncul pada daerah sekitar lengan, kaki, dan jari.

  6. Psoriasis Eritroderma

    Psoriasis Eritroderma juga merupakan kasus psoriasis yang tidak umum ditemui. Psoriasis eritroderma ditandai dengan ruam yang menutupi seluruh bagian tubuh. Ruam tersebut memberikan rasa gatal dan sensasi seperti terbakar.

  7. Psoriasis Arthritis

    Psoriasis arthritis akan menimbulkan bengkak dan rasa nyeri pada sendi-sendi, selain itu psoriasis arthritis juga akan menyebabkan ruam dan sisik di permukaan kulit.

 

Apa Penyebab Psoriasis

Sampai saat ini, para dokter dan ahli medis belum dapat menentukan secara pasti apa penyebab psoriasis.

 

Namun beberapa penelitian menyebutkan psoriasis disebabkan oleh gangguan pada sistem imun tubuh seseorang, khususnya kelainan pada sel T dan neutrofil. Keduanya adalah bagian dari sel darah putih.

 

Sel T berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan neutrofil berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan infeksi bakteri. Neutrofil adalah sel yang datang pertama kali bila terjadi infeksi pada tubuh.

 

Pada penderita psoriasis, sel T mengalami kelainan dengan menyerang sel kulit sehat dan memperlakukannya seperti luka atau infeksi dengan tujuan untuk disembuhkan.

 

Hal ini menyebabkan produksi sel kulit yang berlebihan, begitu juga dengan produksi sel T dan neutrofil. Kelainan ini menyebabkan sel kulit yang baru menumpuk pada permukaan kulit dan membentuk seperti sisik disertai dengan bercak merah yang gatal dan terasa nyeri.

 

Penyebab kelainan ini diduga adalah faktor genetis dan lingkungan si penderita.

 

Faktor Resiko Penyebab Psoriasis

Setiap orang dapat terkena psoriasis, namun pola hidup sehat adalah kunci untuk meminimalisir resiko terkena psoriasis.

 

Beberapa faktor resiko penyebab psoriasis:

  1. Faktor genetis
  2. Infeksi karena virus atau bakteri
  3. Kondisi stres
  4. Obesitas
  5. Kebiasaan merokok

 

Apakah psoriasis bisa sembuh?

Psoriasis belum dapat disembuhkan oleh obat medis yang ada sekarang. Namun penerapan gaya hidup sehat dapat mencegah resiko terserang gejala psoriasis.

 

Hindari stres dan kebiasaan merokok. Merokok selain dapat meningkatkan resiko terkena psoriasis, juga akan membuat psoriasis pada si penderita semakin parah.

 

Psoriasis dan Hubungannya dengan Ketombe

Ketombe biasa ditandai dengan serpihan kulit berukuran kecil pada rambut disertai dengan rasa gatal pada kulit kepala. Ketombe disebabkan oleh banyak hal, yang pada intinya disebabkan oleh kulit kepala yang mengelupas.

 

Psoriasis dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya ketombe.

 

Beberapa hal umum lainnya penyebab ketombe di kulit kepala:

  • Kulit kepala yang kering
  • Gangguan hormon
  • Infeksi jamur Malassezia
  • Penyakit kulit seperti dermatitis seboroik
  • Penggunaan shampoo atau produk lainnya yang tidak cocok dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala

 

Cara mengatasi ketombe

Apabila mengalami indikasi ketombe, gunakan shampo anti-ketombe yang mengandung zinc, selenium sulfida, ter, salicylic acid, dan ketoconazole.

 

Nizoral SS 2% 80 Ml - Shampo anti-dandruff / ketombe

Lihat Shampo Nizoral SS di Farmaku.com

 

 

Produk shampo anti ketombe lainnya di Farmaku.com: Katalog Shampo Anti Ketombe

Selsun Blue 60 Ml - Shampo Anti KetombeClear Shampoo Complete Soft Care Men 170 Ml - Shampo Anti KetombeWardah Anti Dandruff Shampoo 170 Ml - Shampo Anti Ketombe

 

Namun bila ketombe yang muncul diakibatkan oleh psoriasis. Sel kulit yang menumpuk dan bersisik pada kulit kepala dapat terkelupas apabila digaruk dan menimbulkan indikasi ketombe.

 

Metode pengobatan psoriasis secara umum

Berbeda dengan kondisi ketombe pada umumnya, ketombe akibat psoriasis harus diobati dengan metode yang sedikit berbeda. Beberapa metode pengobatan untuk psoriasis:

  • Pengobatan dengan ointments (salep) - untuk mengurangi gejala seperti gatal dan perih pada kulit.
  • Laserterapi
  • Fototerapi
  • Obat medis (Kortikosteroid, methotrexate, etanercept) - harap berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaan.

 

Kesimpulan

  • Apa itu psoriasis? Psoriasis adalah penyakit kulit yang diduga diakibatkan oleh gangguan sistem imun yang menyebabkan penumpukan sel kulit baru pada permukaan kulit.
  • Penumpukan ini menyebabkan permukaan kulit menjadi bersisik dan timbul bercak merah.
  • Psoriasis dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Terutama hindari stres dan kebiasaan merokok.
  • Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah psoriasis yang menyerang kulit kepala.
  • Kondisi ketombe di kepala yang tidak kunjung membaik setelah penggunaan shampo anti-dandruff, dapat berindikasi pada psoriasis.
  • Kunjungi dokter untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut terkait psoriasis yang dialami.