|

Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Post


Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

  08 Oct 2018

Apa saja tips memilih obat atau vitamin penambah nafsu makan yang aman untuk anak? Banyak orang tua yang merasa khawatir bahkan frustasi bila melihat anak mereka susah makan. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi anak susah makan dan memberikan suplemen penambah nafsu makan adalah salah satunya.

 

Apakah Anda termasuk salah satu diantara orang tua yang sedang mempertimbangkan untuk memberikan vitamin penambah nafsu makan yang bagus untuk Anak?

 

Nafsu makan merupakan istilah yang merujuk kepada keinginan untuk mengkonsumsi makanan. Anak-anak merupakan salah satu kelompok usia yang sering kali dirasa perlu untuk mendapatkan penambah nafsu makan. Kondisi susah makan pada anak lebih sering dikaitkan dengan masalah neurologis, dan bukan psikologis ataupun medis. Artinya kondisi anak yang susah makan memang disebabkan oleh otak mereka yang masih bertumbuh dan belum mengenal banyak hal.

 

Sisi positifnya, anak susah makan merupakan salah satu kondisi yang penting dalam proses tumbuh kembang anak karena dapat menciptakan kemandirian pada anak dalam memilih sendiri makanan yang mereka ingin konsumsi.

 

Selain itu, terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan, contohnya adalah gangguan pada sistem pencernaan. Nafsu makan yang menurun tentu saja dapat menyebabkan si anak kekurangan nutrisi yang penting untuk masa pertumbuhannya.

 

 

Bolehkah menambah multivitamin untuk menambah nafsu makan anak?

Vitamin penambah nafsu makan anak umumnya aman untuk dikonsumsi. Selain itu, vitamin penambah nafsu makan juga mengandung kandungan vitamin dan mineral lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh si anak.

 

Meskipun multivitamin atau suplemen penambah nafsu makan anak aman digunakan, perubahan gaya hidup juga dapat dijadikan suatu metode penambah nafsu makan anak.



Beberapa strategi perubahan pola hidup untuk penambah nafsu makan anak adalah:

  • Hindari tekanan kepada si anak, harapan orang tua yang tidak realistis, dan ancaman yang diberikan kepada si anak yang tidak mau makan. Hal ini selain berdampak buruk pada psikologis si anak.
  • Mulailah dengan porsi makan yang lebih kecil tapi lebih sering.
  • Menawarkan berbagai macam makanan dan tekstur makanan pada usia muda.
  • Jadikan waktu makan menjadi pengalaman yang menyenangkan.
  • Batasi camilan berlebihan dan minum susu atau jus di antara waktu makan.

 

 

Tips Memilih Vitamin atau Obat Penambah Nafsu Makan yang Aman untuk Anak

Beberapa vitamin atau obat tertentu dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan anak. Jadi, pastikan bahwa vitamin yang Anda berikan kepada anak Anda mengandung beberapa zat yang telah terbukti efektif dapat menambah nafsu makan. Beberapa zat yang bermanfaat sebagai penambah nafsu makan anak adalah:

  • Seng / Zinc

    Kekurangan seng dapat menyebabkan perubahan selera dan nafsu makan. Suplemen zinc atau multivitamin yang mengandung zinc aman untuk kebanyakan orang.

  • Tiamin

    Kekurangan tiamin, juga dikenal sebagai vitamin B-1, dapat menyebabkan:

    • Peningkatan pengeluaran energi saat istirahat atau tingkat Anda membakar kalori saat beristirahat
    • Nafsu makan menurun
    • Penurunan berat badan

  • Minyak ikan (Fish Oil)

    Minyak ikan dapat merangsang nafsu makan. Minyak ikan juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi perasaan kembung atau kenyang yang dapat membuat anak Anda tidak mau makan banyak.

    Minyak ikan biasanya dianggap aman untuk semua orang dewasa yang tidak memiliki alergi terhadap ikan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan suplemen minyak ikan kepada anak-anak.

  • Curcuma

    Curcuma berdasarkan hasil penelitian telah diketahui merupakan zat penambah nafsu makan anak. Selain penambah nafsu makan anak, berikut adalah berbagai manfaat curcuma untuk kesehatan lainnya seperti:

    • Membantu penyembuhan diare
    • Menekan terjadinya radang
    • Memelihara fungsi hati
    • Meningkatkan daya tahan tubuh
    • Mengatasi gangguan pencernaan
    • Sebagai sumber antioksidan

 

Sebelum memilih multivitamin apa yang paling cocok sebagai penambah nafsu makan anak, lakukan konsultasi dengan dokter anak Anda.

 

 

 

Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Mari kita mulai dengan bahan herbal atau alami yang dapat menjadi penambah nafsu makan bagi anak. Bahan alami biasanya aman untuk dikonsumsi. Namun perlu sebaiknya selalu lakukan konsultasi kepada dokter agar anak Anda tidak memiliki alergi terhadap bahal alami yang akan diberikan.

 

 

Penambah Nafsu Makan Anak yang Alami / Herbal

Beberapa bahan alami atau herbal dapat menjadi penambah nafsu makan anak, antara lain:

  1. Kunyit

    Ramuan kunyit dapat menjadi pilihan orang tua sebagai penambah nafsu makan anak. Tak hanya sebagai penambah nafsu makan anak, pemberian kunyit secara teratur dapat meningkatkan kadar enzim pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan kunyi juga dapat membantu meredakan demam, nyeri di perut, sebagai antiseptik untuk sariawan, dan antiradang.

  2. Temulawak

    Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb adalah rempah dan tanaman obat dengan yang mengandung berbagai nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Temulawak sering digunakan sebagai penambah nafsu makan anak. Dibalik rasanya yang pahit pedas dan aromanya yang harum, terdapat segudang manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya.

  3. Madu

    Siapa yang tidak kenal madu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu dapat digunakan untuk penambah nafsu makan anak. Selain itu, madu juga terbukti dapat mempercepat penyembuhan gejala demam dan pilek pada anak. Madu juga memiliki kandungan gizi yang lengkap.

    Kandungan gizi utama madu adalah aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%). Karbohidrat madu ikut menambah pasokan energi yang diperlukan anak.

    Kadar protein dalam madu relatif kecil, sekitar 2,6%. Namun kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino esensial maupun non-esensial. Asam amino berperan dalam kebutuhan protein tubuh Anak.

  4. Bumbu dan rempah-rempah lainnya

    Beberapa jenis herba dan rempah-rempah lainnya juga telah terbukti efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, mint, jahe, dan kayu manis adalah herba dan rempah-rempah yang berdasarkan hasil penelitian efektif sebagai penambah nafsu makan anak.

    Bumbu dapur ini juga dapat membantu mengurangi kembung. Mereka juga dapat merangsang produksi cairan empedu untuk memfasilitasi pencernaan lemak.

 

 

Suplemen / Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 

Selain herba dan bahan alami, terdapat juga suplemen dan vitamin penambah nafsu makan di Farmaku.com. Produk multivitamin yang dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan nafsu makan anak antara lain:

  1. Apialys

    Apialys masuk dalam golongan suplemen atau pelengkap nutrisi makanan untuk balita.

    Fungsi dari apialys adalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral serta menambah nafsu makan balita selama masa pertumbuhan mereka. Apialys hadir dalam bentuk tetes dan sirup.

    Vitamin Penambah Nafsu Makan Apialys Drop Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Apialys Sirup



  2. Likurmin Sirup

    Likurmin adalah vitamin atau suplemen penambah nafsu makan pada anak.

    Manfaat dari vitamin likurmin adalah untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Selain itu, likurmin juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan asam amino untuk anak, sehingga kesehatan si buah hati tetap terjaga.

    vitamin penambah nafsu makan anak likurmin sirup



  3. Elkaca Cl

    Elkana CL Emulsi adalah multivitamin untuk anak, khususnya anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Manfaat vitamin Elkana CL Emulsi sirup adalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sang buah hati.

    Vitamin Elkana CL Emulsi sirup juga dilengkapi dengan komposisi cod liver oil dan AA-DHA yang dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan anak.

    vitamin penambah nafsu makan anak Elkana Cl Emulsi Sirup



Referensi

  1. healthline.com - appetite stimulant
  2. food.ndtv.com - increase child appetite