Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Beli Obat Jadi Mudah di farmaku.com!

Cari berdasarkan abjad

Daftar obat

Temukan Pilihan Obat Sesuai Kebutuhan Kesehatan Anda !

Farmaku.com adalah website apotek terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Farmaku.com sebagai apotek online menyediakan alat kesehatan dan berbagai pilihan obat. Produk obat memiliki efek yang disebut sebagai farmakokinetik (yaitu bagaimana obat tersebut diserap, didistribusikan, diolah maupun kemudian dikeluarkan dari tubuh).

Efek tersebut memberikan kontribusi antara lain terhadap bagaimana penggunaan dan frekuensi pemberian obat. Selain farmakokinetik, obat juga memiliki efek farmakodinamik dimana efek tersebut dapat menentukan kegunaan suatu produk obat pada manusia. Oleh karena itu obat merupakan hal yang memerlukan takaran tertentu dan penggunaannya dapat digunakan untuk mendiagnosis gejala, mencegah, meredakan dan menyembuhkan penyakit hingga membantu menjaga kesehatan tubuh.

Golongan obat adalah hal yang pertama kali harus diketahui saat Anda akan membeli obat. Farmaku menyediakan berbagai pilihan obat berdasarkan golongan yang terdiri dari obat keras, obat bebas, dan obat bebas terbatas dalam ...

berbagai rute seperti oral, injeksi, sublingual, implantasi, rektal, dan inhalasi intravaginal.

Obat Keras

Obat keras adalah obat yang diperoleh harus dengan menggunakan resep dokter. Obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras adalah obat yang dikemas sedemikian rupa dan memiliki simbol berwarna merah dengan garis tipe hitam dan huruf “K” di dalamnya.

Beberapa obat keras yang tersedia di apotek farmaku antara lain Loratadine, Pseudoefedrin, Bromhexin HCL, Dexamethasone, Allopurinol, Acyclovir, Ambroxol, Amlodipine, Amoxicillin, Atorvastatin, Clindamycin, Betamethasone, Bisoprolol, Ciprofloxacin, Clarithromycin, dan banyak lagi.

Obat keras merupakan obat yang berpotensi memiliki risiko efek samping lebih tinggi dibandingkan dengan obat bebas atau bebas terbatas. Efek samping obat keras secara umum berupa mual, muntah, diare, pusing, sakit kepala, hingga kerusakan hati dan ginjal.

Obat Bebas

Obat bebas adalah obat yang dapat diperoleh dan digunakan tanpa memerlukan resep dokter. Obat ini juga dikenal dengan sebutan OTC (Over The Counter). Obat bebas memiliki simbol lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi hitam. Masyarakat kadang merasa bahwa obat yang dijual secara bebas, tidak lebih bagus dari obat yang diresepkan oleh dokter.

Obat bebas termasuk aman dan memiliki risiko efek samping lebih rendah. Obat bebas umumnya digunakan untuk meredakan, mencegah, atau mengobati berbagai penyakit ringan. Beberapa obat bebas di Farmaku.com antara lain alumuium hydroxide, magnesium Hydroxide, glycerol, paracetamol, dequalinium, cyanocobalamin, thiamine, dan masih banyak lagi.

Obat bebas terbatas

Obat bebas terbatas adalah obat-obatan yang dalam jumlah tertentu masih bisa dibeli di apotek, tanpa resep dokter. Obat bebas terbatas memiliki simbol lingkaran berwarna biru dengan garis tepi hitam, dan disertai cantuman peringatan pada kemasannya, obat ini biasanya dijual di apotek dan toko obat yang memiliki izin.

Umumnya obat bebas terbatas digunakan hanya untuk meringankan gejala - gejala penyakit ringan yang dianggap tidak memerlukan konsultasi dokter seperti demam, gejala flu atau rasa nyeri dan reaksi alergi seperti gatal.

Meski begitu, obat tanpa resep ini tidak dapat menyembuhkan penyebab utama penyakit sehingga tetap memerlukan pengawasan dan penggunaanya harus disesuaikan dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan obat.

Amankah menggunakan obat bebas terbatas tanpa resep dokter? Menggunakan obat bebas terbatas masih terbilang aman meski tanpa resep dokter. Namun perlu diingat apabila kondisi penyakit semakin serius sebaiknya memeriksakan ke dokter. Beberapa obat bebas terbatas yang tersedia di farmaku.com antara lain allerin, actifed, afrin, alco plus, cendo (obat tetes mata) dll.

Rute Obat

Obat bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Berikut beberapa rute obat yang umum digunakan:

  • Injeksi adalah rute pemberian obat melalui suntikan adalah pemberian obat dengan melalui kulit dengan cara merobek/merusak jaringan kulit
  • Sublingual adalah metode pemberian obat yang diletakan dibawah lidah.
  • Implantasi adalah cara pemberian obat dibawah lapisan kulit menggunakan cara khusus.
  • Rektal adalah pemberian obat melalui anus atau dubur.
  • Topikal adalah metode pemberian obat yang dioleskan pada area kulit.

Kategori Obat

Alergi

Obat alergi dikenal sebagai obat antihistamin. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti gatal. Saat Anda makan atau bersentuhan dengan penyebab alergi (alergen) yang sebenarnya tidak berbahaya, histamin yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan.

Antijamur

Obat antijamur adalah golongan obat yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi pada tubuh akibat jamur atau fungi. Umumnya infeksi jamur terjadi pada kulit, rambut, dan kuku. Namun pada beberapa kasus, infeksi ini juga dapat terjadi pada organ bagian dalam sehingga cukup berbahaya dan memerlukan perawatan intensif.

Antivirus

Antivirus adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan infeksi virus. Obat antivirus bekerja dengan cara mematikan serangan virus, menghambat, serta membatasi reproduksi virus di dalam tubuh. Penggunaan obat antivirus hanya diberikan berdasarkan saran dari dokter.

Antiinflamasi

Antiinflamasi adalah obat-obatan yang digunakan untuk meringankan nyeri, serta mengurangi peradangan yang ditandai dengan kulit kemerahan, terasa hangat, dan bengkak. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk menurunkan demam. Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi nyeri tulang, otot, sendi, atau keseleo.

Asam Urat

Obat asam urat adalah obat yang digunakan untuk mengatasi serangan asam urat. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter untuk menangani penyakit asam urat adalah colchicine, obat penghambat xanthine-oxidase, dan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam urat di tubuh.

Batuk & Pilek

Obat batuk dan pilek adalah obat yang digunakan untuk meringankan gejala flu seperti demam, pilek, hidung tersumbat, bersin- bersin, dan sakit kepala.

Diabetes

Diabetes adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gula darah tinggi pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Hipertensi

Obat hipertensi adalah obat yang digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau serangan angina.

Penyakit Jantung

Obat jantung adalah obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan jantung seperti gagal jantung, gagal jantung dan serangan jantung.

Ibu dan Anak

Obat ibu dan anak adalah obat yang digunakan untuk menyembuhkan gejala batuk berdahak maupun batuk kering, menyembuhkan radang tenggorokan, suara yang hilang, mengobati asma, membantu merawat kesehatan paru-paru, dan menjaga daya tahan tubuh.

Tulang, sendi, dan otot

Adalah obat yang digunakan untuk meringankan nyeri dan sakit pada tulang, sendi, dan otot. Obat ini umumnya digunakan untuk mengurangi nyeri akibat inflamasi dan osteoporosis.

Mengutip data yang ditulis oleh Badan POM, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh Anda ketika menggunakan obat. Beberapa diantaranya adalah anturan penggunaan, penyimpanan, dan membuang limbah obat yang benar.

Petunjuk Pemakaian Obat

Gunakanlah obat sesuai dengan aturan pakai

Mengkonsumsi obat dengan baik dan benar memang sulit untuk dilakukan jika Anda tidak mengetahui rute obat, bagaimana obat itu bekerja, dan manfaat obat tersebut untuk kesehatan tubuh Anda.

Itulah sebabnya Anda perlu memahami betul jenis obat-obatan yang Anda konsumsi atau yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Setelah Anda mengerti dengan baik sifat dan manfaat obat dengan jelas, ikutilah petunjuk pemakaian obat yang dianjurkan oleh dokter atau yang tertera pada label kemasan obat.

Hal ini dilakukan untuk memastikan agar obat, masuk dengan cara yang tepat, dikonsumsi dalam jumlah dosis yang benar, dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Beberapa aturan lainnya seperti cara menyimpan dan membuang limbah obat yang benar, juga tetap harus Anda perhatikan. Informasi selengkapnya baca di situs POM. (http://www.pom.go.id/files/2016/cdew.pdf)

Contoh aturan pakai obat:

  1. Sehari 2 x 1 tablet Artinya sehari obat tersebut digunakan 2 kali (misalnya pagi dan malam) dan setiap kali minum obat sebanyak 1 tablet.
  2. Sehari 3 x 1 sendok teh Artinya sehari obat tersebut digunakan sebanyak 3 kali (misalnya pagi, siang dan malam) dan setiap kali minum obat sebanyak 1 sendok teh.
  3. Sehari 2 x 2 kapsul Artinya sehari obat tersebut diminum sebanyak 2 kali (misalnya pagi dan malam) dan setiap kali minum obat sebanyak 2 kapsul.

Penyimpanan Obat:

  • Baca aturan penyimpanan obat pada kemasan.
  • Jauhkan dari jangkauan anak.
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung/lembab/suhu tinggi dan sebagainya
  • Simpan dalam kemasan asli dan dengan etiket yang masih lengkap.
  • Periksa tanggal kadaluarsa dan kondisi obat.
  • Kunci lemari penyimpanan obat.

Aturan Membuang limbah obat yang benar:

  • Hilangkan semua label dari wadah obat.
  • Untuk kapsul, tablet atau bentuk padat lain,hancurkan dahulu dan campur obat tersebut dengan tanah,atau bahan kotor lainnya, masukkan plastik dan buang ke tempat sampah.
  • Untuk cairan selain antibiotik, buang isinya pada kloset.
  • Untuk cairan antibiotik buang isi bersama wadah dengan menghilangkan label ketempat sampah.

Farmaku Melayani Kebutuhan Obat Resep Anda

Apotek online farmaku.com menyediakan fitur spesial bagi Anda. Anda dapat membeli berbagai pilihan obat dan obat resep dokter secara online menggunakan fitur tebus resep di Farmaku.com. Caranya pun mudah hanya dengan mengunggah resep dokter yang diberikan oleh dokter Anda, saat ingin melakukan tebus resep.

Farmaku.com ditangani oleh apoteker professional. Beberapa obat dengan kandungan zat adiktif di dalamnya tentu tidak diperjual belikan oleh farmaku.com, begitupula dengan data dokter, rumah sakit atau referensi lain terkait resep yang tidak valid, pihak Farmaku.com tidak akan meneruskan proses transaksi tersebut.

Ada berbagai macam obat yang dijual oleh Farmaku.com yang tersedia dalam beberapa kategori obat seperti kategori obat alergi, demam, elektrolit, asma, diabetes, hipertensi, asam urat, mata, batuk dan pilek hingga kontrasepsi dan hormon.

Beli obat di farmaku mudah dan praktis. Anda tidak perlu keluar rumah, hanya dengan masuk ke website, cari obat, tebus resep atau tidak, pesan, kemudian obat yang anda butuhkan siap diantar.

Farmaku.com adalah solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan kesehatan Anda. Kami sebaik mungkin memberikan artikel seputar obat dan penyakit sebagai cara untuk memudahkan Anda memilih obat yang tepat sesuai kondisi medis Anda.

Sebagai apotek online, farmaku mengedepankan kualitas kepada Anda. Semua produk obat, suplemen kesehatan, atau alat kesehatan memiliki garansi resmi dan sudah memiliki BPOM, legalitas yang lengkap serta lolos uji standarisasi. Kualitas terbaik yang diutamakan oleh PT. Solusi Sarana Sehat dari sisi obat-obatan dan suplemen tentunya jadi prioritas utama, salah satunya menggandeng beberapa brand pemasok obat-obatan terbesar di Indonesia seperti Kalbe, Kimia Farma, Indofarma, Pharos, Nutriwel dan masih banyak lagi dengan harga terbaik yang tentunya lebih baik dari harga pasaran.

Sebagai langkah untuk menjaga kepuasan Anda, kami hadirkan pelayanan terbaik dengan mempermudah Anda dalam mendapatkan informasi mengenai semua produk di farmaku termasuk obat - obatan yang dibantu oleh tim profesional apoteker kami.

Kepercayaan Anda adalah kunci utama kami, beli obat di di apotik online Farmaku dapat free ongkir dan dapat langsung dikirimkan ke rumah Anda di hari yang bersamaan secepat mungkin. Begitupun dengan jasa kurir yang bekerja sama dengan kami: terpercaya, cepat dan siap menjaga pesanan Anda sampai dalam keadaan baik. Nikmati segala kemudahan ini hanya di Farmaku.com.

selengkapnya