Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kenali Gejala Maag Pada Anak

Table of Contents

Sakit maag merupakan gangguan saluran pencernan yang paling umum dialami oleh banyak orang. Penyakit ini terjadi akibat peradangan pada lapisan dinding lambung atau naiknya kadar asam lambung.

Penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Anak-anak yang mengalami sakit maag biasanya berusia empat tahun ke atas.

Baca juga: Tidak Sama, Ini Bedanya Sakit Maag dan Tukak Lambung

Anak dengan kisaran usia empat tahun keatas sudah dapat memberi tahu orang tuanya jika merasakan gangguan pada perutnya. Terutama saat anak merasakan sakit perut berulang yang perlu Anda waspadai.

apakah gejala maag yang dialami anak-anak sama dengan yang dialami orang dewasa ? Mari kita cari tahu dan pelajari penyebab penyakit maag pada anak berikut ini.

Sakit Perut Berulang

Sakit perut pada anak tidak selalu dapat diartikan sebagai sakit maag. Bisa saja sakit perut yang dialami akibat perut kembung, diare, atau sembelit. Namun, jika sakit perut pada anak terjadi berulang kali, hal ini kemungkinan disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Asam lambung adalah senyawa kimia yang berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan pengubah pepsinogen menjadi pepsin. Senyawa ini dapat merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan.Terdapat lendir pada dinding lambung (mukus) yang berfungsi melindungi dinding lambung. Saat jumlah lendir terlalu sedikit, atau kadar asam lambung berlebihan maka dapat menyebabkan maag terjadi.


Gejala Sakit Maag Pada Anak

Jika pada orang dewasa, sakit maag sering dialami akibat pola makan yang kurang sehat dan kebiasaan merokok. Berbeda dengan sakit maag pada anak-anak. Sakit maag pada anak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H.pylori), faktor sistem saluran pencernaan anak yang belum dapat berfungsi secara sempurna atau akibat kurangnya konsumsi sayuran yang membuat pertumbuhan usus dan saluran pencernaan lainnya kurang baik.

Gejala maag pada anak mirip dengan gejala yang dialami oleh orang dewasa, antara lain:

  • Nyeri atau sakit perut secara berulang
  • Rasa nyaman pada perut bagian tengah atas perut
  • Perut kembung
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sering bersendawa dan cegukan

Menurut dr. Budi Purnomo SpA, dokter spesialis anak RSAHK, maag juga dapat dialami oleh anak usia dibawah 5 tahun, yang gejalanya ditandai dengan perut kembung, sering kentut, BAB tidak lancar dan tidak nafsu makan.

Kapan Anak Harus Segera Periksa Dokter ?

Jika anak Anda mengalami gejala sakit maag yang disertai dengan beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat seperti:

  • Berat badan menurun
  • Muntah darah
  • Rasa nyeri pada perut dalam waktu yang lama
  • Nyeri pada panggul
  • Urin berdarah

Jika anak mengalami gejala sakit maag yang sudah disebutkan diatas, Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan cara menghindari anak dari makanan yang berpotensi memperburuk kondisi lambung anak Anda seperti makanan yang pedas atau asam dan minuman berkafein (teh, kopi, soda) yang dapat meningkatkan risiko asam lambung naik serta memastikan kebersihan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak.

Apabila anak mengalami maag akibat infeksi bakteri H.pylori pemberian obat lambung dan obat antibiotik yang disesuaikan dengan resep dokter mungkin akan efektif.

Kesimpulan

Sakit maag tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi juga pada anak- anak. Sakit maag pada anak umumnya memiliki gejala yang hampir sama dengan orang dewasa yaitu nyeri pada ulu hati, perut kembung, sering bersendawa dan cegukan.

Gejala maag pada anak dapat diatasi dengan beberapa pertolongan pertama seperti memastikan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak, menghindari anak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi lambung atau memberikan pengobatan.

Itulah gejala maag pada anak yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua. Agar tidak salah langkah saat mengatasi gejala, Anda dapat berkonsultasi dengan apoteker profesional kami melalui website farmaku.com untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi atau resep dokter anak Anda.

kidshealth.org. Indigestion. Juli 2015

aboutkidsgi.org. Dyspepsia. Maret 2016

heartline.com. Symstom of Indegestion. Desember 2017

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak