Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Herpes di Apotek yang umum Diresepkan Dokter

gambar obat herpes

Obat herpes yang umumnya diberikan oleh dokter adalah obat antivirus. Obat ini berguna untuk membantu meredakan keluhan serta menurunkan risiko komplikasi. 

Obat Herpes yang Efektif untuk Redakan Gejala

Obat herpes yang biasanya diresepkan oleh dokter tersedia dalam berbagai macam bentuk sediaan, mulai dari salep hingga tablet. Berikut beberapa jenis obat tersebut, di antaranya:

1. Zoter

gambar zooter tablet obat herpes

Zooter adalah obat herpes sediaan tablet yang juga mengandung acyclovir. Acyclovir pada obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan materi genetik virus sehingga menggangu replikasinya. 

Obat ini umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi herpes pada area mulut, wajah, dan kelamin. Tidak jarang juga untuk cacar air dan api. 

Zoter termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang ditetapkan oleh dokter.

Beli Zoter 400mg di Sini

2. Acyclovir

gambar acyclovir

Acyclovir juga umum diberikan oleh dokter untuk mengatasi herpes. Kandungan senyawa aktif di dalamnya berfungsi untuk membantu mengatasi infeksi yang dipicu oleh pertumbuhan virus; seperti cacar air dan herpes zoster. 

Obat ini tergolong dalam obat keras. Oleh sebab itu, Anda perlu resep dokter untuk dapat membeli obat ini.

Pada kondisi tertentu, efek samping yang bisa terjadi seperti pusing, mual, dan mengantuk.

Beli Acyclovir 200 mg Tablet KF di Sini

Beli Acyclovir 400 mg Tablet Novell di Sini

3. Herclov

gambar herclove obat herpes

Obat herpes Herclov mengandung bahan aktif valacyclovir. Obat ini tidak dapat menghilangkan virus dalam tubuh, tetapi biasanya digunakan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi kambuh kembali. 

Selain untuk mengatasi berbagai herpes, obat ini juga bisa digunakan untuk infeksi virus lainnya seperti cacar ular. 

Tergolong obat keras, Herclov hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Herclov 500 mg Tabletdi Sini

4. Pronovir 

gambar pronovir antivirus

Pronovir termasuk dalam obat antivirus. Obat ini mengandung senyawa aktif methisoprinol yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan serta penyebaran virus dalam tubuh. Selain itu, obat ini juga dapat meningkatkan kerja sistem imun untuk melawan infeksi. 

Selain mengobati herpes, obat ini juga dapat digunakan untuk pengobatan kutil kelamin dan sclerosing panencephalitis

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diberikan oleh dokter.

Beli Pronovir 500mg Tab di Sini

5. Clinovir Cream 

gambar clinovir

Clinovir adalah salep herpes dengan kandungan 5% acyclovir. Salep untuk herpes ini bekerja sebagai antivirus untuk mengobati infeksi virus seperti herpes simpleks, herpes genital, maupun herpes zoster—terutama pada seseorang yang memiliki masalah pada sistem imun dan mencegahnya kembali kambuh.

Clinovir Cream termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus mengikuti petunjuk dokter.

Beli Clinovir Cream 5 g di Sini

6. Zoter Krim  

gambar zooter krim

Zooter krim memiliki kandungan yang sama dengan zooter tablet. Bedanya obat yang satu ini hadir dalam bentuk krim.  

Salep buat herpes ini dapat meredakan gejala, menghambat perkembangan virus, tetapi tidak dapat menyembuhkannya.

Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter. 

Beli Zoter Krim 5g di Sini

7. Zovirax 

gambar zovirax cream

Obat herpes salep dengan kandungan 5% acyclovir ini dapat membantu mengobati luka dan kulit melepuh akibat herpes. Oleskan Zovirax secara tipis-tipis pada pada kulit yang terinfeksi. Penting diketahui, obat ini hanya untuk penggunaan luka luar.

Zovirax termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, Anda hanya dapat membeli obat ini jika memiliki resep dokter.

Beli Zovirax Cream 5g di Sini

Nah, itulah berbagai obat herpes yang umum diresepkan oleh dokter. Apabila Anda mengalami gejala herpes seperti, demam, radang dingin, sakit saat buang air kecil, atau sensasi panas di area kelamin, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2022. Herpes Simplex. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22855-herpes-simplex. (Diakses pada 21 November 2023).

Sumber

Artikel Lainnya