Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

11 Obat Penambah Darah untuk Membantu Atasi Anemia

Suplemen penambah darah

Tubuh mudah lelah, sakit kepala, dan sulit konsentrasi adalah beberapa gejala yang bisa terjadi apabila Anda kekurangan sel darah merah atau anemia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi suplemen atau obat penambah darah. 

Daftar Obat Penambah Darah Terbaik di Apotek

Anemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah atau sel darah merah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi keluhan yang ditimbulkan akibat kondisi tersebut, obat atau suplemen penambah darah dapat dikonsumsi.

Berikut ini beberapa suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan bisa digunakan untuk mengatasi anemia pada orang dewasa hingga anak-anak, di antaranya:

1. Sangobion

Sangobion

Sangobion merupakan suplemen yang dapat membantu mengatasi anemia. Suplemen ini mengandung zat besi, multivitamin, dan mineral.

Beberapa kandungan di dalam suplemen dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah sehingga kondisi anemia dapat teratasi.

Selain membantu mengatasi kekurangan sel darah merah, Sangobion juga dapat memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beli Sangobion Penambah Darah Strip 4 Capsule di Sini

Beli Sangobion Penambah Darah Strip 10 Capsule di Sini

2. Hemobion

Hemobion

Suplemen selanjutnya yang dapat membantu mengatasi anemia adalah Hemobion. Suplemen ini ini merupakan kombinasi multivitamin dan mineral yang mengandung zat besi dan asam folat.

Hemobion strip dapat digunakan untuk penderita anemia, wanita hamil, dan ibu menyusui yang membutuhkan asupan zat besi tambahan.

Meskipun dapat dikonsumsi tanpa rekomendasi atau resep dari dokter, suplemen ini tidak boleh digunakan pada orang yang hipersensitif terhadap kandungannya atau penderita hemokromatosis dan hemosiderosis.

Beli Hemobion Strip 10 Capsule di Sini

3. Tonikum Bayer

Tonikum Bayer

Tonikum Bayer merupakan salah satu pilihan suplemen yang dapat dikonsumsi untuk mengobati anemia. Suplemen ini bisa dikonsumsi untuk anak usia mulai dari 6 tahun hingga dewasa.

Tonikum Bayer mengandung kombinasi multivitamin, zat besi, dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan, usia lanjut, menstruasi, hingga masa kehamilan.

Suplemen ini bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengatasi penyakit anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi. 

Beli Tonikum Bayer Multivitamin & Zat Besi 100 ml di Sini

Beli Tonikum Bayer Multivitamin & Zat Besi 330 ml di Sini

4. Iberet Folic

Iberet Folic

Selain mengandung zat besi 525 mg, Iberet Folic juga dilengkapi dengan sumber vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dan asam folat yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Obat penambah darah ini tidak hanya hanya membantu mengobati penyakit anemia, tetapi juga juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan B harian.

Wanita hamil dapat menggunakan obat ini untuk mengatasi kekurangan vitamin B dan vitamin C selama kehamilan.

Iberet dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, jika masih ragu mengenai dosis penggunaan yang sesuai, konsultasikan kepada dokter terlebih dulu.

Beli Iberet Folic 500 mg Strip 10 Tablet di Sini

5. Maltofer Fol

Maltofer Fol

Suplemen zat besi dari Combiphar ini mengandung zat besi jenis iron polymaltose complex (IPC) yang dapat diserap secara aktif sehingga tubuh hanya menyerap zat besi sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan suplemen ini untuk mengatasi kekurangan sel darah merah alias anemia. Maltofer juga dapat diberikan pada kondisi hamil atau menyusui.

Dosis Maltofer Fol Strip perlu disesuaikan dengan tingkat kekurangan zat besi setiap orang. Jadi, dosis untuk anak-anak akan berbeda dengan wanita hamil.

Anak di atas 12 tahun, dewasa, dan ibu menyusui yang memiliki gejala anemia defisiensi besi dapat mengonsumsi 1 tablet Maltofer, sebanyak 1-3 kali sehari selama 3-5 bulan hingga Hb normal.

Sementara pada wanita hamil, dosis yang diberikan ialah 1 tablet, 2-3 kali sehari sampai mendapat angka Hb normal. Dosis dapat dilanjutkan dengan 1 tablet sehari sampai akhir masa kehamilan untuk membantu melengkapi cadangan zat besi pada ibu hamil.

Beli Maltofer Fol Strip 6 Tablet di Sini

6. Maltofer Chewable

Maltofer Chewable

Selain dalam bentuk tablet, Maltofer juga tersedia dalam bentuk tablet kunyah dengan rasa yang menyegarkan.

Sama halnya dengan suplemen yang berbentuk tablet, Maltofer Chewable mengandung zat besi jenis IPC sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Namun, berbeda dengan Maltofer Fol Strip, varian ini dilengkapi dengan folic acid atau asam amino.

Tablet bisa dikunyah atau dikonsumsi sekaligus setelah Anda makan. Anda dapat mengonsumsinya tanpa memerlukan resep dari dokter.

Beli Maltofer Chewable Strip 6 Tablet di Sini

7. Prenamia

Prenamia

Obat anemia Prenamia dapat diperoleh secara bebas di apotek. Obat ini mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu memenuhi kebutuhan asam folat sehingga dapat mengatasi anemia.

Prenamia dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bertambah. Namun, penderita thalassemia dan hemokromatosis sebaiknya tidak menggunakan Prenamia.

Beli Prenamia Strip 4 Capsule di Sini

8. Nature’s Plus Iron

Nature’s Plus Iron

Nature’s Plus Iron merupakan suplemen yang diformulasikan untuk membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, suplemen ini juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh dan menghasilkan energi untuk mengatasi kelelahan karena kurang darah.

Perlu diketahui, tubuh yang kekurangan darah sangat mudah mengalami stres, pusing, kelelahan, vertigo, dan rambut rontok.

Untuk mencegah berbagai hal tersebut, Anda bisa coba mengonsumsi suplemen ini. Cukup konsumsi Nature’s Plus Iron 1 tablet per hari atau sesuai dengan saran dokter. 

Beli Nature’s Plus Iron di Sini

9. Ferlin Drops

Ferlin Drops

Suplemen zat besi bentuk drops ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan zat besi pada anak yang sedang masa pertumbuhan.

Aturan penggunaannya dapat disesuaikan dengan usia anak. Anak usia 1-2 tahun dapat mengonsumsi sebanyak 1.6 ml, 6-12 bulan sebanyak 1.2 ml.

Jika Si Kecil masih di bawah enam bulan, sebaiknya penggunaan obat dikonsultasikan dengan dokter anak terlebih dulu.

Beli Ferlin Drops 30 ml di Sini

10. Ferriz Drops

Ferriz Drops

Suplemen zat besi berbentuk drop lainnya adalah Ferriz Drops. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang dapat mendukung fungsi kognitif dan pertumbuhan Si Kecil.

Selain memenuhi kebutuhan zat besi harian, Ferriz Drops dapat membantu mencegah anemia pada anak.

Anda dapat memberikan obat ini sesuai usia anak. Anak usia 6-12 bulan dapat diberikan sebanyak 0.6 ml, usia 1-2 tahun sebanyak 0.8 ml sehari sekali.

Sementara itu, konsumsi obat pada anak yang berusia di bawah 6 bulan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak. Dengan begitu, Si Kecil akan mendapatkan dosis yang tepat.

Beli Ferriz Drops 15 ml di Sini

11. Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang adalah salah satu ramuan penambah darah yang terbuat dari bahan-bahan herbal berkualitas tinggi.

Selain mengatasi kekurangan sel darah merah, herbal ini dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara umum.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi Fufang Ejiao Jiang untuk mendapatkan saran dosis yang sesuai.

Beli Fufang Ejiao Jiang 20 ml di Sini

Nah, itulah berbagai obat penambah darah yang bisa gunakan untuk mengatasi anemia atau memenuhi kebutuhan zat besi. Jika Anda bingung memilih obat mana yang sesuai, Anda bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Jangan lupa, penuhi kebutuhan produk kesehatan Anda di Farmaku dan nikmati berbagai promo spesial setiap minggunya.

Baca juga:

Anonim. 2022. Iron Supplement (Ferrous Sulfate). https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/14568-iron-oral-supplements-for-anemia. (Diakses pada 21 November 2023).
Anonim. Medications for Anemia. https://www.drugs.com/condition/anemia.html. (Diakses pada 21 November 2023).
Srakocic. 2023. What Types of Medication Help Treat Anemia? https://www.healthline.com/health/anemia. (Diakses pada 21 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan