Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Pilihan Obat Susah BAB Anak, Aman dan Ampuh Atasi Sembelit

obat anak susah bab farmaku

Orang tua akan panik bila si Kecil mengalami susah buang air besar. Kondisi ini membuat anak jadi rewel dan tidak nafsu makan. Jangan dibiarkan, ini beberapa obat anak susah BAB dan konsultasikan penggunannya dengan dokter.

Rekomendasi Obat Susah BAB untuk Anak

Sembelit adalah satu masalah pencernaan yang sering kali dialami oleh semua orang termasuk anak-anak. Menurut National Health Service UK umumnya sembelit pada anak disebabkan oleh kurangnya asupan makanan berserat seperti buah dan sayur, kurang minum air mineral, atau sedang dalam masa toilet training.

Meski rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan sifatnya sementara, namun apabila tidak segera diatasi gejalanya bisa bertambah buruk. Tidak jarang hal ini membuat para orang tua khawatir.

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan laksatif atau obat susah BAB untuk anak. Berikut Farmaku telah merangkum beberapa obat yang aman dikonsumsi oleh si Kecil:

1. Dulcolactol Sirup

obat susah bab anak

Kebanyakan anak belum mampu menelan obat dengan baik, oleh sebab itu obat sirup bisa menjadi pilihan tepat untuk mengobati sembelit pada anak Anda.

Dulcolactol berbentuk sirup ini mengandung laktosa yang bekerja dengan menekan suasana asam di dalam saluran pencernaan sehingga membuat feses menjadi lunak.

Penggunaan obat ini dapat dicampur dengan air, sari buah, maupun susu untuk membantu menghilangkan rasa obat yang pahit. Pastinya aman jika dikonsumsi oleh anak. Namun tetap ikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Dulcolactol Sirup di Sini.

2. Lactulax

obat susah bab anak

Obat susah BAB anak selanjutnya adalah Lactulax. Kandungan lactulose pada obat ini dapat membantu melunakan feses pada usus besar sehingga menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan oleh anak.

Sirup pencahar ini aman digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa sesuai dengan rekomendasi dosis. Anak usia 1-5 tahun dapat mengkonsumsi 5-10 ml/hari, usia 6-14 tahun sebanyak 10 ml/hari sedangkan penggunaan pada bayi kurang dari 1 tahun yakni cukup 5 ml/hari.

Sebelum memberikan Lactulax pada anak, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengurangi risiko yang lebih buruk.

Beli Lactulax di Sini.

3. Laxadine Syrup

laxadine obat susah bab anak

Phenolphthalein obat susah BAB untuk anak ini mengandung Parafin cair dan Gliserin. Setiap zat aktif ini dapat mendukung kerja usus dengan merangsang usus besar dan melicinkan jalannya feses (kotoran) pada masalah sembelit.

Meski cenderung aman digunakan, pastikan anak Anda untuk selalu meminum air mineral saat sembelit agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dan elektrolit ya.

Beli Laxadine di Sini.

4. Microlax

microlax obat susah bab

Obat susah bab anak Microlax tersedia dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukan melalui anus atau dubur.

Umumnya, pada orang dewasa obat ini digunakan untuk mengobati masalah sulit BAB atau konstipasi dan sebagai enema (prosedur pemasukan cairan ke dalam kolon melalui anus) supaya dapat buang air besar.

Kombinasi bahan natrium lauril suldosetat, sorbitol, dan PEG 400 ampuh untuk menurunkan permukaan feses. Obat ini cocok digunakan oleh anak di atas 3 tahun. Tetapi, penggunaannya tetap perlu pengawasan orang tua.

Beli Microlax di Sini.

Inilah deretan obat susah BAB untuk anak yang bisa FarmaFriends dapatkan dengan mudah di apotek dengan harga terjangkau.

Saat mengonsumsi obat pencahar pastikan anak Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup juga agar tidak dehidrasi saat sembelit. Berikan juga makanan bernutrisi seperti buah dan sayur sebagai sumber serat.

Jika si Kecil mengalami sembelit lebih dari 2 minggu atau tak kunjung sembuh meski sudah diberikan obat untuk anak susah BAB, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Jangan lupa cek Farmaku untuk temukan produk kesehatan lainnya agar tubuh selalu sehat.

Nation Health Service UK. Constipation in Children. https://www.nhs.uk/conditions/baby/health/constipation-in-children/. (Diakses 23 Desember 2021).
Mayoclinic. Constipation in Children. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/symptoms-causes/.(Diakses 23 Desember 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak