Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Pilihan Obat Susah BAB Anak, Aman dan Ampuh Atasi Sembelit

gambar obat anak susah bab

Table of Contents

Orang tua akan panik bila si Kecil mengalami susah buang air besar. Kondisi ini membuat anak jadi rewel dan tidak nafsu makan. Jangan dibiarkan, ini beberapa obat anak susah BAB dan konsultasikan penggunaannya dengan dokter.

Rekomendasi Obat Susah BAB untuk Anak

Salah satu cara untuk mengatasi anak sembelit yaitu dengan menggunakan laksatif atau obat susah BAB untuk anak. Berikut Farmaku telah merangkum beberapa obat yang aman dikonsumsi oleh si Kecil di antaranya:

1. Lactulax

Lactulax

Lactulax merupakan obat susah BAB anak dengan kandungan laktulosa yang efektif untuk mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

 Senyawa aktif laktulosa bekerja dengan menarik air ke dalam usus sehingga feses akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, obat ini juga akan mengubah keasaman feses serta membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam usus. 

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam kategori pencahar sehingga penggunaannya perlu sesuai dengan petunjuk yang sudah tertera dalam kemasan. Penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan efek samping, berupa rasa tidak nyaman pada perut, diare, kram lambung, serta mual.   

Obat ini tergolong obat bebas yang dapat dibeli tanpa perlu resep dokter, Namun, dalam pemakaiannya sebaiknya mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan.

Beli Lactulax 60ml di Sini
Beli Lactulax 120ml di Sini

Beli Lactulax 200ml di Sini

2. Dulcolactol Sirup

Dulcolactol Sirup

Dulcolactol dapat menjadi pilihan lain untuk mengatasi sembelit pada anak.

Dulcolactol berbentuk sirup ini mengandung laktulosa yang bekerja dengan cara menarik air lebih ke usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan demikian, buang air besar menjadi terasa lebih nyaman. 

Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi obat ini juga dapat digunakan oleh dewasa. 

Penggunaan obat ini dapat dicampur dengan air, sari buah, maupun susu untuk membantu menghilangkan rasa obat yang pahit. Pastinya aman jika dikonsumsi oleh anak. Namun tetap ikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Dulcolactol Sirup 60ml di Sini

3. Laxadine Syrup

Laxadine Syrup

Laxadine Sirup merupakan obat sembelit dengan kandungan phenolphthalein, paraffin liquidum, dan glycerin. Setiap zat aktif ini dapat mendukung kerja usus dengan merangsang usus besar dan melicinkan jalannya feses (kotoran) pada masalah sembelit.

Senyawa aktif Phenolphthalein banyak digunakan sebagai obat pencahar atau laxative yang aman bagi tubuh. Paraffin liquidum bekerja dengan melapisi feses atau membuatnya menjadi lebih lunak serta dapat melapisi dinding usus sehingga buang air besar menjadi lebih mudah. Sementara itu, glycerin bekerja dengan meningkatkan jumlah air yang diserap usus sehingga feses menjadi lebih lunak. 

Meski cenderung aman digunakan, pastikan anak Anda untuk selalu meminum air mineral saat sembelit agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dan elektrolit.

Beli Laxadine 60ml di Sini

Beli Laxadine 110ml di Sini

4. Microlax

Microlax

Obat susah bab anak Microlax tersedia dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukan melalui anus atau dubur. 

Dalam setiap tabungnya, Microlax mengandung sorbitol, polyethylene glycol (PEG) 400, natrium sitrat, dan natrium lauryl sulfoacetate. Obat ini bekerja dengan menarik air lebih banyak ke usus besar, melunakkan feses, serta melumasi rektum bagian bawah sehingga feses menjadi lebih mudah dikeluarkan. 

Obat ini cocok digunakan oleh anak di atas 3 tahun. Penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan 1 tube produk ke dalam anus atau dubur. 

Beli Microlax 5ml di Sini

5. Dulcolax Supositoria Pediatrik

Dulcolax Supositoria Pediatrik

Apabila Anda membutuhkan solusi cepat untuk mengatasi sembelit pada anak, maka Dulcolax Supositoria Pediatrik menjadi pilihan yang tepat. Obat ini dapat bekerja dengan cepat, yaitu mulai dari 10 menit namun tetap memberikan rasa nyaman. 

Obat ini mengandung senyawa aktif bisacodyl yang bekerja cara meningkatkan gerakan usus sehingga feses lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Selain itu, Dulcolax Supositoria Pediatrik juga dapat melunakkan feses sehingga pembuangan feses menjadi lebih nyaman. 

Keunggulan lain dari obat ini adalah bekerja langsung pada titik yang menyebabkan sembelit tanpa memberikan efek negatif pada flora yg hidup di usus. 

Beli Dulcolax Pediatric 5 mg Box 6 Suppositoria di Sini

6. Interlac Drop

Interlac Drop

Selain obat pencahar, Anda juga bisa memberikan suplemen probiotik dalam bentuk cair saat anak susah bab. Salah satunya adalah produk ini.

Interlac Drop mengandung bakteri Lactobacillus reuteri yang efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi mikroba penyebab peradangan. Bakteri ini termasuk dalam bakteri baik yang sebenarnya sudah hidup secara alami di dalam saluran pencernaan. 

Konsumsi suplemen yang mengandung Lactobacillus reuteri dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, termasuk sembelit. 

Suplemen ini aman dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak usia di bawah 1 tahun. Cara pemberiannya; anak-anak 1 kali sehari sebanyak 5 tetes. Pastikan dikocok terlebih dahulu.

Beli Interlac Drop 5ml di Sini

7. Interlac Strawberry Chewable Tablet

Interlac Strawberry Chewable Tablet

Jika Si Kecil menolak minum obat cair, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan suplemen dalam bentuk tablet kunyah. Interlac Chewable Tablet, dilengkapi rasa strawberry yang disukai anak-anak. Bentuknya mudah dikunyah seperti permen.

Interlac Strawberry Chewable Tablet juga mengandung probiotik Lactobacillus reuteri untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Anda disarankan untuk konsumsi suplemen ini sesuai dengan petunjuk yang sudah tertera pada kemasan atau sesuai aturan dokter. 

Agar bekerja dengan maksimal, hindari konsumsi suplemen Interlac Strawberry Chewable Tablet bersama atau dalam waktu dekat dengan antibiotik atau antijamur. 

Tidak hanya berfungsi mengatasi masalah pencernaan, suplemen ini bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beli Interlac Chewable Tablet di Sini

8. Lacto B

Lacto B

Lacto B dapat menjadi pilihan suplemen probiotik lainya untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, termasuk sembelit dan diare. Selain itu, suplemen ini juga dapat mengatasi reaksi intoleransi laktosa. 

Suplemen Lacto B mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, dan Streptococcus thermophilus yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, suplemen ini juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, lemak, dan protein. 

Lacto B dapat digunakan bagi anak usia 1-12 tahun yang mengalami masalah pencernaan seperti dispepsia, sembelit, hingga diare. Pada anak yang alergi terhadap protein susu sapi, Lacto B dapat mencegah mencegah terjadinya intoleransi laktosa.

Lacto B jarang menimbulkan efek samping. Meski begitu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Beli Lacto B Sachet di Sini 

Apabila susah buang air besar pada anak tidak kunjung membaik, disarankan untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2021. Constipation in Children. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/diagnosis-treatment/drc-20354248. (Diakses pada 5 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak