Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Rekomendasi 7 Sabun Cuci Muka yang Ampuh Atasi Kulit Berjerawat

 02 Dec 2019 Sabun Cuci Muka | Jerawat




Jerawat merupakan masalah kulit yang dapat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Munculnya jerawat dapat disebabkan karena banyak faktor, diantaranya banyaknya minyak yang diproduksi di folikel rambut, kulit mati yang menumpuk, hingga bakteri yang masuk ke pori-pori kulit. 

 

Baca Juga: Mengatasi Jerawat Meradang 

 

Untuk mengatasi dan mencegah timbulnya masalah jerawat yang semakin parah. Salah satu perawatan wajah yang penting dilakukan adalah mencuci muka. Namun, mencuci muka tidak hanya sebatas membasuh wajah dengan air saja, tapi dengan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit berjerawat.

 

Sebelum mencuci muka dengan sabun cuci muka, ada baiknya Anda memerhatikan kandungan yang terdapat di sabun cuci muka karena setiap sabun cuci muka memiliki kandungan yang berbeda menyesuaikan dengan jenis kulit seseorang. 

 

Apa saja bahan sabun cuci muka yang baik untuk kulit berjerawat?

 

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau lebih dikenal dengan sebutan HA merupakan glikosaminoglikan alami yang membantu masalah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau masalah kulit seperti jerawat.

 

Retinol 

Retinol atau retinoid merupakan zat turunan dari vitamin A. Sejak tahun 1970-an retinol sudah dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat. Retinol terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu retinoin, adapalene, tazarotene, alitretinoin, dan bexarotene

 

Salicylic acid

Asam salisilat atau salicylic acid merupakan kandungan yang dapat mengurangi sekresi sebum karena mampu menyerap minyak di dalam pori-pori, sehingga pori-pori tampak lebih kecil dan bebas minyak. Selain itu, salicylic acid memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan jerawat yang meradang. Salicylic acid juga efektif mengatasi blackheads dan whiteheads di permukaan kulit. 

 

Glycolic acid

Asam glikolat atau glycolic acid berguna untuk mengatasi masalah jerawat dan mempercepat pergantian sel, sehingga bekas jerawat menjadi pudar. Selain itu, glycolic acid juga bermanfaat untuk mengurangi kelebihan minyak, mencegah penyumbatan pori-pori, dan menjaga kelembutan kulit, serta merangsang pengelupasan sel-sel kulit.

 

Niacinamide

Niacinamide mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat menghilangkan kemerahan akibat jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Selain itu, niacinamide juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata karena niacinamide memperlambat proses pemindahan melanin ke lapisan kulit terluar.

 

Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan melawan jerawat, serta mencegah jerawat datang lagi. Selain itu, benzoyl peroxide dapat membantu membersihkan pori-pori dari sel kulit mati, sehingga mengurangi terjadinya penyumbatan pori-pori yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat. 

 

Apa saja kandungan sabun cuci muka yang perlu dihindari untuk kulit berjerawat?

 

Paraben

Paraben merupakan zat yang masuk dalam kategori bahan pengawet. Sebenarnya penggunaan paraben masih diperbolehkan selama kadarnya tidak lebih 0,4%-0,8%. Jika produk skin care mengandung paraben lebih dari kadarnya, maka akan menyebabkan kulit mengalami iritasi. Umumnya paraben ditulis dengan nama lain seperti butylparaben, methylparaben, propil paraben atau benzoat Alkyl Parahydroxy,  propylparaben, ethylparaben dan butylparaben.

 

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu jenis kandungan yang umum ditemukan dalam produk skin care atau kosmetik. Kandungan alkohol pada skin care dapat mengakibatkan kulit memproduksi lebih banyak sebum. Sementara jika sebum pada kulit muncul secara berlebih, maka akan terperangkap dan mengakibatkan munculnya jerawat. Untuk itu, pilihlah produk sabun cuci muka yang bebas alkohol sehingga kulit wajah yang berjerawat dapat terhindar dari iritasi dan dehidrasi. 

  

Parfum

Perlu diwaspadai jika sabun cuci Anda memiliki bau harum karena sabun cuci muka yang mengandung pewangi dapat mengakibat kulit gatal, kering, dan iritasi, serta memicu munculnya jerawat. Jika sabun cuci muka kamu tercantum tulisan “fragrance” berarti Anda perlu menghindari produk tersebut karena ada kandungan pewangi di dalamnya. 

 

Coconut oil 

Coconut oil atau minyak kelapa memiliki kandungan lauric acid yang bersifat komedogenik. Artinya, dapat menyebabkan timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori-pori pada kulit, serta berbagai bakteri, kotoran, hingga minyak menumpuk di permukaan kulit wajah. 

 

Sodium lauryl sulfate  

Produk pembersih muka umumnya mengandung banyak busa, hal tersebut karena terdapat kandungan sodium lauryl sulfate (SLS). Kandungan SLS dapat mengangkat minyak alami dan membuat kulit terasa sangat bersih. Oleh karena itu, SLS merupakan bahan kimia yang terbilang keras dan dapat membuat kulit menjadi kering hingga iritasi. 

 

Rekomendasi produk pembersih muka untuk kulit berjerawat

 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah pembersih wajah yang cocok untuk kulit berjerawat karena memiliki formula bebas sabun. Selain itu, Cetaphil Gentle Skin Cleanser telah memenangkan berbagai penghargaan dan pengakuan dari berbagai lembaga kecantikan dan kesehatan.

 

Acnes creamy wash 

 

Acnes creamy wash 

 

Acnes creamy wash merupakan pembersih wajah yang mampu membantu membersihkan dan mengangkat kotoran, debu dan minyak berlebih yang menempel pada kulit wajah. Dilengkapi dengan anti bakteri isopropylmethylphenol yang dapat dijadikan sebagai pembersih make-up sehari- hari untuk menghindari timbulnya jerawat. Diperkaya dengan nutrisi vitamin C dan E untuk merawat kelembutan kulit wajah.

 

Garnier Pure Active foam 

 

Garnier Pure Active foam 

 

Garnier Pure Active Foam merupakan pembersih wajah yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kulit berjerawat dan kulit berminyak. Diperkaya juga dengan salicylic acid yang dapat membantu mengecilkan pori- pori, mencegah jerawat dan minyak berlebih di wajah sehingga membuat kulit Anda lebih cerah sepanjang hari. 

 

Hada Labo Tamagohada Face Wash 

 

Hada Labo Tamagohada Face Wash 

 

Hada Labo Tamagohada Face Wash merupakan sabun cuci muka dengan Kombinasi AHA/BHA yang dapat mengikis permukaan sel kulit mati dan mengangkat kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Memperbaiki kulit kusam dan merawat tekstur kulit sehingga terlihat lebih lembut dan cerah.

 

Wardah Acne Cleansing Gel

 

Wardah Acne Cleansing Gel

 

Wardah acne cleansing gel mampu merawat kulit berjerawat dan dapat membersihkan kotoran sekaligus berfungsi sebagai oil control. Produk ini memiliki kandungan salicylic acid sehingga dapat mengatasi masalah komedo dengan menghilangkan sel kulit mati  dan mencegah adanya penyumbatan pori dari sebum atau minyak berlebih. Kandungan tlicosan dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Sementara witch hazel dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori di wajah.

 

Bioderma Sebium Global  

 

Bioderma Sebium Global  

 

Bioderma Sebium Global merupakan produk perawatan wajah pertama yang secara biologis langsung melawan penyebab jerawat dan komedo hitam. Sebagai satu-satunya pencipta terobosan dermatologis terkini, Sebium Global berhasil mengembalikan sebum seperti pada kulit yang sehat dan menghentikan proses fisiologis yang dapat menyebabkan lesi dan memperparah jerawat. 

 

Biore Facial Foam Acne Care

 

Biore Facial Foam Acne Care

 

Biore facial foam acne care dilengkapi inovasi Skin Purifying Technology (SPT) dari Jepang yang mampu menyerap kotoran, keringat, dan minyak berlebih namun tetap menjaga kelembapan kulit Anda. Dilengkapi dengan kandungan anti-bacterial untuk membersihkan kulit berjerawat. Memiliki tekstur yang ringan dan lembut di kulit wajah, sehingga nyaman saat digunakan. Bukan hanya membersihkan kulit dari jerawat, facial foam ini juga dapat mencegah jerawat agar tidak tumbuh lagi.






Bagikan artikel ini :




Sabun Cuci Muka   Jerawat