Metode Double Cleansing, Ampuh Cegah Jerawat !

 13 May 2019



metode double clenasing


FarmaFriends, pasti tahu dong metode double cleansing? Ya, double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahapan. Dua tahapan ini memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit kamu.

 

Bagi kalian yang hampir setiap hari menggunakan makeup pastinya wajib menggunakan metode ini. Mengapa begitu? karena penggunaan makeup terus menerus dapat berisiko menimbulkan jerawat dan komedo. Namun biar begitu, kamu yang tidak sering menggunakan make up pun disarankan melakukan metode ini secara rutin.

 

Metode face cleansing yang terlahir dari Jepang dan pertama kali dipopulerkan oleh beauty regime south korea ini ternyata tidak sedikit yang sudah mengetahuinya, namun belum dapat menerapkannya dengan benar.

 

Manfaat Double Cleansing

Metode double cleansing bermanfaat mengangkat debu, kotoran, minyak berlebih, make up yang menempel pada kulit wajah seharian, hingga sel kulit mati. Terlebih jika kamu menggunakan makeup no-transfer atau waterproof, yang akan sulit jika hanya dibersihkan hanya menggunakan face cleanser berbasis air. Tipe riasan seperti ini sebaiknya dibersihkan menggunakan face cleanser berbasis minyak atau lebih dikenal dengan cleansing oil.

 

Namun, nyatanya tidak semua wanita yang menjalankan metode ini mendapatkan manfaat yang sama. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Anjali Mahto dermatologis asal Inggris, bahwa pada dasarnya double cleanser memang memiliki manfaat tersendiri. Akan tetapi, tidak semua orang wajib menerapkan metode yang sama. Nah, ada baiknya sebelum menerapkan metode ini, kenali terlebih dahulu jenis kulit kamu FarmaFriends.

 

Cara Melakukan Double Cleansing


Langkah Pertama

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan makeup eye remover terlebih dahulu untuk membersihkan mascara, eyeliner, atau lipstik. Setelah itu kemudian dilanjutkan membersihkan make up pada kulit wajah menggunakan cleanser. Pilihlah tipe cleanser yang memang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulitmu. Untuk kulit kering, sensitif dan berjerawat sebaiknya gunakan cleansing oil, micellar water atau cleansing balm. Sedangkan tipe kulit berminyak dan kombinasi dapat menggunakan micellar water, atau cleansing oil.

 

Untuk membersihkan wajah lebih maksimal, cleansing oil adalah solusi yang sangat tepat. Alasannya karena kandungan minyak di dalamnya dapat mengangkat makeup berbasis liquid contohnya sunscreen, bb cream, foundation, atau concealer.


Usapkan pada kulit wajah yang kering, lakukan gerakan memutar arah keluar dan ke atas kemudian bilas dengan air. Hebatnya, kini beragam cleansing oil sudah dilengkapi dengan emulsifier, sehingga teksturnya akan menjadi lebih milky saat terkena air.

 

     Bioderma Sensibio H20

bioderma sensibio h20

Sumber Gambar : www.bioderma.com 

 

Langkah Kedua

Langkah kedua yaitu membersihkan kulit yang sudah terbebas dari makeup. Aplikasi second cleanser bermanfaat untuk mengangkat residu minyak yang ditinggalkan oleh cleanser pertama.

 

Hal ini juga dilakukan untuk memastikan kulit wajah benar-benar sudah bersih dari sisa-sisa make up. Sama seperti first cleanser, pada langkah kedua ini, pilihlah face cleanser yang cocok dengan keadaan kulit kamu.

 

Untuk kulit kering, pilihlah cleanser lembut seperti milky cleanser atau creamy cleanser. Sedangkan untuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan cleanser dengan kandungan bahan yang dapat menenangkan kulit tanpa fragrance seperti gentle skin cleanser.

 

Bagi kulit kombinasi, disarankan untuk menggunakan cleanser yang sejenis dengan kulit kering seperti creamy cleanser atau gel facial wash. Sedangkan untuk kulit yang cenderung berminyak sebaiknya gunakan cleanser dengan kandungan yang dapat menyerap minyak seperti bright oil cleanser foam.

 

Nuxe Comfort Cleansing Milk

nuxe cleansing milk

Sumber Gambar: www.farmaku.com

 

Biore Facial Foam Bright Oil Clear

Biore Facial Foam Bright Oil Clear

Sumber Gambar: www.kao.com/id

 

Lalu kapan ya waktu yang tepat untuk menerapkan metode double cleansing ini ?

 

Metode ini disarankan untuk dilakukan tiap malam hari setelah selesai beraktivitas. Tidak perlu melakukannya pada pagi hari untuk menghindari pembersihan wajah yang terlalu abrasif atau mengikis lapisan kulit wajahmu. 






Bagikan artikel ini :