Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Kegunaan Tisu Basah di Kehidupan Sehari-hari

Tisu basah telah digunakan setiap hari untuk keperluan perawatan pribadi dan perawatan di rumah. Tisu basah merupakan potongan plastik atau kain yang dibasahi dan diolah dengan berbagai bahan agar lebih lembut, serta wangi dan tampilannya lebih bagus. 

Beberapa tisu basah juga mengandung sabun atau deterjen untuk meningkatkan sifat pembersihan tisu tersebut. Tisu ini biasanya dikemas secara terpisah atau dilipat dalam wadah yang lebih kecil agar mudah dikeluarkan.

Lebih jauh kenali kandungan tisu basah, jenis, hingga kegunan tisu basah dalam ulasan di bawah ini.

Kandungan Tisu Basah

Cara termudah dan praktis untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman adalah dengan menggunakan tisu basah. Hal ini karena bahan atau kandungan di dalamnya yang mampu menghilangkan bakteri.

Bahan-bahan yang digunakan tisu basah antara lain:

1. Kain Bukan Tenunan

Bahan baku pembuatan kain bukan tenunan ada banyak sekali, dan cara pembuatan kain bukan tenunan terbagi menjadi banyak jenis sesuai dengan bahan bakunya yang berbeda-beda, dan bahan bakunya bisa bermacam-macam. 

Di antara banyak jenis kain bukan tenunan, kain bukan tenunan spunlace terutama menggunakan tekanan tinggi untuk menyemprotkan aliran air halus ke jaringan serat, sehingga satu atau lebih lapisan serat terjerat satu sama lain untuk membentuk jaringan atau kekencangan dan kekuatan. 

2. Air Murni

Kandungan cairan pada tisu basah umumnya sekitar 80%. Rasio kelembapan yang terlalu rendah akan menyebabkan tisu basah menjadi terlalu kering, terlalu tinggi, dan terlalu basah, yang keduanya tidak nyaman untuk digunakan. 

Sekitar 90% komponen cair pada tisu adalah air, dan sisanya merupakan komponen aditif. Oleh karena itu, untuk menghindari reaksi keduanya, air pada tisu memerlukan perlakuan khusus, yang sebagian besar akan diberi label “air olahan”, “Air murni”, “air murni RO”, dan seterusnya.

3. Bahan Aditif

Ada banyak bahan tambahan pada tisu basah, dan perbedaan tisu basah berbagai merk juga paling besar. Sebagian besar bahan tambahan ditandai dengan nama kimia yang tidak dipahami oleh konsumen awam. Bahan-bahan ini seperti humektan, pengawet, dan agen antibakteri.

Meski produk yang digunakan berbeda, namun efeknya sama saja. Kuncinya adalah apa kegunaan bahan-bahan tersebut.

Baca juga: Kesalahan Makan Oatmeal yang Bisa Menambah Berat Badan

Jenis-jenis Tisu Basah

Tisu basah memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsinya masing-masing. Beberapa jenis tisu basah, antara lain:

  • Tisu basah antiseptik. Jenis tisu yang mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh kuman. Jenis tisu basah ini biasanya untuk membersihkan tangan, area kewanitaan, dan membersihkan peralatan.
  • Tisu basah Disinfeksi. Tisu sekali pakai yang mudah digunakan karena tidak memerlukan gulungan tisu terpisah dan sebotol larutan alkohol untuk membersihkan permukaan benda atau lingkungan sekitar.
  • Tisu basah antibakteri. Tisu basah ini biasanya digunakan untuk untuk membersihkan bagian tubuh bayi. Terkadang jenis tisu ini menggunakan bahan vitamin E, ekstrak biji anggur atau zat alami lainnya.
  • Tisu basah yang dapat dibilas. Tisu toilet lembap dan tisu basah yang bisa dibilas pada dasarnya adalah tisu bayi untuk orang dewasa. Tidak semua tisu toilet yang lembap bisa dibilas. Tisu basah, aman untuk saluran pembuangan dan sistem septik yang terpelihara dengan baik.

Berbagai Fungsi Tisu Basah

Tisu basah bermanfaat untuk beberapa tujuan, terutama untuk pembersihan. Penggunaannya yang praktis dapat memudahkan dalam tugas. Nah, berikut ini beberapa manfaat tisu basah, di antaranya:

1. Membersihkan Wajah Penghapusan Riasan

Bagi wanita yang memakai riasan wajah, tisu basah harus tersedia untuk menghapus riasan.

Ini adalah cara yang nyaman untuk menghapus kosmetik di malam hari atau untuk perbaikan cepat saat bepergian. Tisu riasan sering kali dilengkapi dengan pembersih dan pelembap lembut untuk membuat kulit Anda terasa segar.

2. Merapikan Rambut

Tisu basah juga dapat digunakan untuk menunjang penampilan. Nah, apabila rambut berantakan ketika ditiup angin atau pemakaian helm, Anda bisa merapikan rambut dengan sisir biasa terlebih dulu, kemudian tempelkan tisu basah pada bagian-bagian rambut yang mencuat. Dalam waktu singkat, rambut akan terlihat lebih rapi.

3. Membersihkan Alat Makan  

Tisu basah tidak terbatas pada perawatan pribadi, ini juga digunakan untuk membersihkan alat makan, mulai dari mengelap piring, gelas, cangkir, serta sendok dan garfu. 

Tisu ini membuat tugas pembersihan peralatan makan menjadi lebih mudah. 

Produk ini biasanya dilengkapi dengan larutan disinfektan yang dapat membunuh kuman, sehingga sangat berguna selama musim pilek dan flu.        

Baca juga: Mengenal Superfood Beserta Pilihan Makanannya

4. Mengelap Mainan Anak

Bagi Bunda, betapa pentingnya tisu basah dalam kehidupan sehari-harinya. Selain untuk mengganti popok, tisu lembut khusus bayi ideal untuk membersihkan mainan anak. 

Kebanyakan tisu bayi telah teruji oleh dokter kulit dan bebas dari bahan kimia keras, sehingga aman untuk bayi dan balita.

5. Menghilangkan Noda

Tisu basah juga bermanfaat untuk untuk membersihkan noda dari makanan dan minuman pada pakaian.

Cara menggunakan tisu ini cukup dengan mengusap tisu pada noda yang ada pada pakaian. Dalam menghilangkan noda, tisu ini bertujuan untuk membunuh kuman dan bakteri. 

Itu dia ulasan mengenai tisu basah dan berbagai manfaatnya untuk perawatan pribadi dan perawatan rumah. Dengan mengenali kegunaan tisu basah bisa membantu Anda mempercepat pekerjaan rumah atau tugas lainnya.

Mother Sparsh. Diakses pada 21 Mei 2024. Everything You Need to Know About Baby Wipes. https://mothersparsh.com/blogs/articles/everything-you-need-to-know-about-baby-wipes

Nicen Clean Wipes. Diakses pada 21 Mei 2024. Wet Wipes: How to Use All the Different Types Available. https://nicencleanwipes.com/apps/articles/wet-wipes-how-to-use-different-types

Romsons. Diakses pada 21 Mei 2024. The Benefits and Uses of Wet Wipes. https://www.romsons.in/blogs/post/the-benefits-and-uses-of-wet-wipes

Wetnaps. Diakses pada 21 Mei 2024. 6 Types of Wet Wipes You. https://www.wetnaps.com/6-types-of-wet-wipes-you-absolutely-must-pack-for-your-upcoming-vacation/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan