Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

11 Makanan Penderita TBC: Rekomendasi dan yang Harus Dihindari

makanan penderita TBC farmaku

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa ada makanan penderita TBC yang harus diperhatikan. Sebagai informasi, pengobatan TB aktif membutuhkan antibiotik yang harus dikonsumsi selama 6 sampai 9 bulan. Selama pengobatan, pasien TBC perlu makan makanan yang sehat dan menghindari makanan tertentu.

Pantangan Makanan Penderita TBC yang Harus Dihindari

Dalam menjaga kesehatan yang berkaitan dengan penyakit termasuk TBC, terdapat makanan dan zat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi. Sebab beberapa kandungan dalam makanan tersebut mungkin bisa menghambat pengobatan atau memperburuk kondisi penyakit. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita TBC.

1. Minuman Beralkohol

Penderita penyakit tuberkulosis sebaiknya menghindari asupan alkohol. Sebab konsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kerusakan hati yag disebabkan oleh penggunaan beberapa obat yang dikonsumsi untuk membantu penyembuhan TBC

2. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang dikenal juga dengan minuman bersoda merupakan jenis minuman yang juga perlu dihindari oleh penderita TBC.

3. Minuman Berkafein

Selain minuman berkarbonasi, minuman yang mengandung kafein seperti kopi  dan juga teh juga perlu dikurangi atau dihindari oleh penderita TBC.

4. Batasi Konsumsi Produk Olahan

Produk olahan secara umum memang tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan baik untuk penderita TBC maupun tidak. Sebab produk olahan biasanya banyak mengandung zat-zat tambahan seperti pewarna, pemanis dan juga pengawet yang kurang baik untuk kesehatan. Sehingga makanan olahan seperti roti putih, makanan kaleng dan makanan olahan lain perlu dikurangi bahkan dihindari penggunaanya.

5. Hindari Daging Merah Tinggi Lemak

Daging merah dan makanan tinggi lemak serta tinggi kolesterol lainnya merupakan jenis makanan lain yang perlu diwaspadai asupannya. Sebab beberapa makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol seseorang, termasuk penderita TB. Untuk menjaga kesehatan, penderita TBC perlu membatasi asupan makanan yang tinggi lemak dan juga kolesterol. Sebagai gantinya makanlah sumber protein tanpa lemak seperti unggas, kacang-kacangan, tahu, dan ikan.

Baca Juga: 6 Suplemen untuk Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Selain beberapa makanan di atas, penderita TBC juga perlu melewati tembakau dalam segala bentuk. Terutama merokok, sebab merokok bisa merusak paru-paru dan bahkan memperburuk kondisi penyakit TBC.

Makanan untuk Penderita TBC yang Direkomendasikan

Penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan yang baik untuk penyakit ini. Secara umum tidak ada makanan yang dikhususkan untuk penyakit ini. Makanan penderita TBC harus mencakup makanan yang mengandung nutrisi esensial dan pola makan seimbang yang sehat. Makanan yang sehat berikut ini akan sangat membantu dalam menangani penyakit ini.

1. Sayuran Berwarna Cerah

Sayuran jenis ini akan memberi kekuatan yang sangat dibutuhkan untuk memerangi antibiotik dosis tinggi yang dikonsumsi untuk mengobati tuberkulosis. Pigmen yang memberi warna pada sayuran jenis ini juga dapat bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit.

2. Makanan Kaya Protein

Anda mungkin mengalami kesulitan memenuhi asupan protein karena salah satu sumber protein seperti daging merah dilarang untuk penderita TB. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan kaya protein selain daging merah ke dalam makanan Anda. beberapa makanan kaya protein yang bisa dimasukkan kedalam menu untuk memenuhi asupan protein pengganti daging ialah tahu, kacang tanah, keju, dan jamur.

3. Makanan Tinggi Vitamin C

Buah-buahan seperti jeruk jambu biji, amla dan tomat kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C. Buah-buahan ini dapat menjadi buah untuk penyakit tbc yang membantu menjauhkan racun dan membangun kekuatan dalam tubuh. Anda dapat mencampurkan semua buah-buahan ini untuk membuat salad untuk hidangan, atau masing-masing menjadikannya sebagai camilan tengah hari.

4. Makanan Tinggi Vitamin A

Anda juga harus memasukkan makanan yang kaya vitamin A seperti mangga, pepaya, aprikot, dan sayuran seperti wortel, tomat, ubi jalar, dan brokoli. Beberapa makanan dengan kulit kuning atau oranye ini kaya vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk menunjang kekebalan dan kekuatan tubuh.

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Memasukkan biji-bijian dalam makanan Anda dapat memastikan ketersediaan vitamin B kompleks bagi tubuh. Roti gandum utuh, pasta, sereal, dan juga kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang baik dan dapat membantu tubuh lebih siap dalam melawan penyakit, meningkatkan kekuatan, dan kekebalan.

6. Makanan Padat Kalori

Mempertahankan berat badan merupakan hal yang penting bagi penderita TBC. Sebab beberapa obat seperti rifampicin, Ethambutol dan Pyrazinamide yang digunakan untuk mengobati penyakit ini bisa menurunkan nafsu makan yang pada akhirnya membuat penderitanya kehilangan berat badan.

Makanan padat kalori yang kaya nutrisi dapat memenuhi kebutuhan metabolisme pasien TB yang meningkat. makanan ini juga dapat mencegah penurunan berat badan lebih lanjut. Makanan seperti pisang, bubur sereal, , gandum dan ragi bisa bermanfaat bagi penderita TBC.

Cara agar Penderita TBC Tetap Sehat

Walaupun memiliki penyakit TBC Anda harus menjalani hidup dengan sehat. Misalnya dengan memenuhi asupan nutrisi dan menghindari makanan yang kurang baik. Apabila tidak mendapat gizi yang cukup, seseorang bisa mengalami kekurangan gizi. Apabila ini dialami oleh orang yang mengidap TBC, maka hal ini memperburuk kondisi mereka. Sebab kekurangan gizi melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Baca juga: Apakah TBC dapat Disembuhkan?

Sebaliknya TB juga memperburuk kekurangan gizi. Kebanyakan orang dengan TB mengalami penurunan berat badan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang berkurang akibat hilangnya nafsu makan. Oleh karenanya memperhatikan asupan atau makanan pada penderita TBC merupakan hal yang sangat penting.

Lakukan segala upaya untuk memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini penting untuk menjaga berat badan yang sehat dan membangun kekuatan untuk menghancurkan bakteri tuberkulosis dan mengurangi resiko kambuhnya penyakit. Makan makanan yang bervariasi dan sehat, dan menjauhi kebiasaan tidak sehat, akan membantu Anda merasa lebih baik, lebih cepat.

Selain memperhatikan asupan makanan, menjalani pola hidup sehat lainnya seperti melakukan berbagai aktivitas fisik juga bisa bermanfaat. Sebab aktivitas fisik bisa membantu asupan makanan diubah menjadi massa otot, dan juga meningkatkan nafsu makan. Olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau melakukan yoga dan jenis meditasi lain bisa membantu Anda untuk lebih sehat secara keseluruhan.

The Right Diet to Beat Tuberculosis. https://www.everydayhealth.com/tuberculosis/the-right-diet-to-beat-tuberculosis.aspx. Diakses pada Desember 2020.

Food & TB. https://tbfacts.org/food-tb/. Diakses pada Desember 2020.

World Tuberculosis Day: 5 foods that can help you recover faster from tuberculosis. https://www.timesnownews.com/health/article/world-tuberculosis-day-5-foods-that-can-help-you-recover-faster-from-tuberculosis/387918. Diakses pada Desember 2020.

 Foods to Avoid If Diagnosed With Tuberculosis. https://www.livestrong.com/article/336587-foods-to-avoid-if-diagnosed-with-tuberculosis/. Diakses pada Desember 2020.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan