Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Manfaat Yoga Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Seiring perkembangan zaman, pentingnya kesehatan mental nampaknya sudah menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh masyarakat. Banyak orang yang kini tidak lagi mendefinisikan kesehatan sebatas pada kesehatan fisik, namun juga mencakup kesehatan mental. Tingginya tekanan dan beban hidup masyarakat diketahui dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Berbagai kondisi yang berkaitan dengan kesehatan mental seperti stres, kecemasan serta depresi ini, kini telah menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat.


Baca Juga : Mengelola Stres Selama Wabah Virus Corona


Stres, kecemasan, depresi dan berbagai masalah psikologis lainya diketahui dapat menimbulkan keluhan fisik sehingga menyebabkan berbagai penyakit fisik. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi banyak orang untuk mempelajari lebih dalam mengenai pentingnya kesehatan mental. Berbagai hal yang dipelajari tentunya adalah hal-hal yang dapat membantu memperbaiki dan mengobati masalah mental dan psikologis dalam diri.


Terdapat banyak hal yang dapat membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah psikologis dan kesehatan mental. Dari berbagai macam hal yang dapat membantu menyelesaikan masalah psikologis dan memperbaiki kondisi mental, tahukah Anda bahwa ternyata salah satu hal yang dapat membantu adalah yoga. Yap! Mungkin yoga bukanlah suatu hal yang baru bagi Anda. Karena yoga sendiri telah cukup populer sejak waktu yang cukup lama.

Apa itu yoga?

gerakan yoga

Yoga adalah olahraga yang menyatukan pernapasan, meditasi, gerakan, dan relaksasi, yoga dapat membantu memulihkan keseimbangan pribadi. Yoga telah menjadi kegiatan yang populer untuk memperbarui tubuh dengan meningkatkan kekuatan, meningkatkan keseimbangan, dan meningkatkan fleksibilitas.


Yoga juga dikenal sebagai pengobatan alternatif atau pelengkap yang sangat baik untuk masalah yang memerlukan pengobatan atau terapi. Hal ini karena yoga relaksasi dianggap sebagai hal yang alami, dapat diakses oleh semua orang, dan relatif mudah untuk dilakukan. Selain itu, yoga adalah pilihan yang baik karena merupakan salah satu dari sedikit pengobatan yang menghubungkan pikiran ke tubuh.


Baca Juga : 7 Gerakan Yoga Atasi Cemas dan Stres Selama Pandemi Corona

Bagaimana yoga dapat membangun kesehatan mental?

manfaat yoga untuk kesehatan mental


Dalam dunia psikologi, untuk mengatasi beberapa masalah psikologis seperti stres, kecemasan dan ketegangan salah satu teknik yang paling populer digunakan adalah teknik relaksasi. Berbagai penelitian yang dilakukan menemukan bahwa relaksasi dapat membantu seseorang dalam mengatasi masalah mental seperti ketegangan, kecemasan hingga keluhan fisik seperti insomnia dan tekanan darah tinggi.


Beberapa strategi relaksasi yang paling umum digunakan diantaranya adalah latihan pernafasan, relaksasi otot progresif, dan visualisasi. Teknik-teknik ini telah ditemukan untuk mengurangi kecemasan dan bahkan dapat membantu Anda mengelola gejala panik Anda. Yoga sendiri merupakan aktivitas yang mencakup ketiga teknik relaksasi umum ini. Selain itu, yoga telah dikenal dapat membantu meredakan stres, mengurangi perasaan gugup, dan meningkatkan kesadaran. Sehingga, yoga dianggap berpotensi bermanfaat bagi penderita gangguan kecemasan, termasuk gangguan panik.


Cara kerja teknik relaksasi seperti yoga sendiri didasarkan pada sistem saraf manusia. Singkatnya, dalam tubuh manusia tersusun atas sistem saraf, dimana salah satunya adalah sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom sendiri terdiri dari sistem saraf simpatis dan parasimpatis. Pada saat tubuh mengalami stres atau ketegangan saraf yang bekerja adalah saraf simpatis. Sementara pada saat tubuh dalam kondisi rileks, saraf yang bekerja adalah saraf parasimpatis. Dalam hal ini teknik relaksasi seperti yoga berperan menghilangkan stres dengan cara menggantikan kondisi kecemasan dan ketegangan menjadi rasa rileks dan santai.


Postur yoga, yang dikenal sebagai asana, juga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan fisik yang disebabkan oleh kecemasan. Asana bekerja untuk meregangkan, memperpanjang, dan menyeimbangkan otot. Postur ini dapat membantu melepaskan ketegangan dan kekakuan otot yang menumpuk di seluruh tubuh. Dalam hal ini yoga relaksasi tidak hanya membantu Anda dalam menenangkan tubuh secara fisik, tetapi juga dapat membantu pikiran dan mental Anda.

Baca Juga : 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

Manfaat olahraga yoga untuk Kesehatan mental

manfaat yoga

Mengurangi stres


Dalam mengurangi stres, yoga dapat membantu tubuh Anda dengan cara menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Yoga juga dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dengan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Berbagai penelitian juga menguatkan manfaat yoga untuk kesehatan dan dalam mengurangi dan mengatasi stres dalam diri manusia.


Berbagai aspek yoga non-olahraga, seperti latihan pernapasan dan meditasi, dapat membantu menenangkan pikiran yang sibuk dan membantu melepaskan stres. Mengingat banyaknya manfaat olahraga yoga untuk kencantikan dan juga untuk mengurangi stres, tidak mengherankan jika yoga juga dapat membantu dalam mengelola rasa takut, panik, dan cemas.

Mengurangi kecemasan dan depresi


Yoga diketahui dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Yoga bekerja dengan cara meningkatkan kesadaran akan pengalaman saat ini dan fokus perhatian, dan sebagai hasilnya, dapat membantu individu menjadi sadar akan suasana hati negatif yang merupakan karakteristik depresi.


Efek yoga pada kesehatan mental juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas dan bergerak melalui tantangan hidup, meskipun dalam keadaan tertekan, membantu melawan kelesuan dan agitasi yang terkait dengan depresi dan kecemasan, dan dapat memelihara dan mendukung partisipasi dalam hal pekerjaan, sosial dan hubungan intim.

Membantu mengurangi gejala PTSD


Yoga dapat sangat membantu bagi mereka yang berjuang dengan gangguan stres pasca trauma (PTSD). Banyak gejala PTSD bersifat fisik, seperti detak jantung yang meningkat dan keringat yang terkadang menyertai “kilas balik” atau ingatan yang jelas tentang trauma. Dalam hal ini yoga diketahui dapat membantu untuk mengurangi gejala-gejala fisik pada PTSD.

Tidak hanya menyehatkan secara mental, fungsi olahraga yoga juga baik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan fisik tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk menghilangkan stres dan kesehatan fisik, antara lain: 

Manfaat yoga untuk kesehatan fisik

senam yoga


Setelah mengetahui berbagai manfaat yoga untuk kesehatan mental, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat yoga untuk kecantikan atau manfaat lainnya. Nyatanya yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan yoga :

  • Meningkatkan keseimbangan
  • Mengurangi kelelahan
  • Meningkatkan fleksibilitas
  • Variabilitas detak jantung yang sehat
  • Meningkatkan fungsi ginjal
  • Mengurangi gejala tidak nyaman pada menopause
  • Meredakan nyeri
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Mengurangi gangguan tidur dan insomnia
  • Meningkatkan fungsi sosial dan pekerjaan
  • Meningkatkan kekuatan
  • Menurunkan obesitas
  • Meningkatkan kebahagiaan
  • Mendorong berat badan yang sehat
  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Jika Anda berminat untuk mulai melakukan yoga Anda dapat memilih kelas yoga yang sesuai dengan kemampuan fisik dan kebutuhan kesehatan mental Anda. Kelas yoga sendiri dapat berupa kelas yoga untuk pemula dan mahir. Ada juga kelas yang dirancang khusus untuk wanita hamil, orang yang mengalami nyeri akibat penyakit kesehatan fisik atau mental kronis, dan kelebihan berat badan atau cacat fisik. Dengan berbagai macam variasi dalam pemilihan jenis yoga, Anda dapat lebih bebas dan leluasa memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Selamat mencoba! (DH)

verywellmind. Diakses pad September 2020. How Yoga Can Help Ease Anxiety and Panic Disorder Symptoms. https://www.verywellmind.com/yoga-for-panic-disorder
healthline. Diakses pada September 2020. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga
psychologytoday. Diakses pada September 2020. Yoga's positive benefits for mental health and well-being . https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201305/take-stand-yoga-

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan