Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Seiring perkembangan zaman, pentingnya kesehatan mental nampaknya sudah menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh masyarakat. Banyak orang yang kini tidak lagi mendefinisikan kesehatan sebatas pada kesehatan fisik, namun juga mencakup kesehatan mental. 

Tingginya tekanan dan beban hidup diketahui dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Berbagai kondisi yang berkaitan dengan kesehatan mental seperti stres, kecemasan serta depresi, kini telah menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat.

Kondisi demikian perlu diatasi agar tidak merembet pada kesehatan fisik, salah satunya dengan melakukan yoga. Jenis olahraga terkenal ampuh meredakan stres hingga meningkatkan kesadaran. Lebih lanjut simak manfaat yoga dalam ulasan di bawah ini.

Daftar Manfaat Melakukan Yoga untuk Tubuh dan Mental

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan mental:

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, seperti stres, depresi, dan kecemasan, tetapi juga bisa membantu tubuh lebih bugar kuat dari serangan penyakit.

Tubuh yang bugar membantu memotivasi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan semangat olahraga. Deman begitu, kesehatan mental Anda ikut terjaga.

Baca juga: Makanan untuk Mengatasi Bad Mood, Sudah Coba?

2. Baik untuk Jantung

Melakukan yoga secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, sehingga berdampak positif pada kesehatan jantung. 

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih, juga bisa diatasi melalui latihan yoga.

Cobalah pose yoga dengan posisi merangkak, lalu rapatkan jari-jari kaki dan angkat tulang duduk ke atas sehingga membentuk segitiga. Tekuk sedikit lutut Anda, sambil memanjangkan tulang belakang dan tulang ekor Anda.

3. Mengatasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung dapat diredakan dengan yoga karena latihan ini bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga bisa menjadi pengobatan yang lebih efektif untuk sakit punggung kronis dibandingkan perawatan biasa untuk meningkatkan fungsi punggung.

Jika mengalami sakit punggung, pilihlah jenis yoga yang lebih lembut (seperti hatha atau Iyengar) daripada latihan yang lebih berat, untuk menghindari cedera. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas fisik jenis baru jika memang Anda memiliki masalah punggung atau kondisi medis lainnya.

4. Mengurangi Gejala Asma

Ada beberapa bukti bahwa yoga dapat membantu mengatasi gejala asma. Satu penelitian secara acak menemukan bahwa yoga dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup dan manajemen gejala pada penderita asma sedang. Namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui mekanisme bagaimana yoga membantu dan apakah yoga meningkatkan fungsi paru-paru (yang menyebabkan asma).

Peneliti menganggap masuk akal bahwa yoga dapat membantu mengatasi gejala asma karena latihan pernapasan membantu mengendurkan otot-otot di berbagai bagian paru-paru, yang menegang dan menegang selama serangan asma.

5. Mengatasi Stres

Dalam mengurangi stres, yoga dapat membantu tubuh Anda dengan cara menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Yoga juga dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dengan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Berbagai penelitian juga menguatkan manfaat yoga untuk kesehatan dan dalam mengurangi dan mengatasi stres dalam diri manusia.

Berbagai aspek yoga non-olahraga, seperti latihan pernapasan dan meditasi, dapat membantu menenangkan pikiran yang sibuk dan membantu melepaskan stres. 

Mengingat banyaknya manfaat olahraga yoga untuk kecantikan dan juga untuk mengurangi stres, tidak mengherankan jika yoga juga dapat membantu dalam mengelola rasa takut, panik, dan cemas.

6. Mengurangi Rasa Cemas dan Depresi

Yoga diketahui dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Yoga bekerja dengan cara meningkatkan kesadaran akan pengalaman saat ini dan fokus perhatian, dan sebagai hasilnya, dapat membantu individu menjadi sadar akan suasana hati negatif yang merupakan karakteristik depresi.

Efek yoga pada kesehatan mental juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas dan bergerak melalui tantangan hidup, meskipun dalam keadaan tertekan, membantu melawan kelesuan dan agitasi yang terkait dengan depresi dan kecemasan, dan dapat memelihara dan mendukung partisipasi dalam hal pekerjaan, sosial dan hubungan intim.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat mengukur tidur, peneliti melihat kemampuan seseorang untuk tertidur dan tetap tertidur. Insomnia dapat mempengaruhi salah satu atau kedua aspek tersebut.

Yoga telah terbukti meningkatkan kecepatan orang untuk tertidur dan seberapa nyenyak tertidur. Hal ini sebagian disebabkan oleh efek samping dari olahraga dan ketenangan mental serta menghilangkan stres yang diberikan oleh yoga.

Selain meredakan kecemasan, tidak sedikit penelitian menunjukkan yoga nidra sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Waspada! Ini Bahaya Overthinking dan Cara Mengatasinya

8. Mengurangi Gejala PTSD

Yoga dapat sangat membantu bagi mereka yang berjuang dengan gangguan stres pasca trauma (PTSD). Banyak gejala PTSD bersifat fisik, seperti detak jantung yang meningkat dan keringat yang terkadang menyertai “kilas balik” atau ingatan yang jelas tentang trauma. Dalam hal ini yoga diketahui dapat membantu untuk mengurangi gejala-gejala fisik pada PTSD.

Nah, itu dia berbagai manfaat menyehatkan dari yoga yang bisa Anda dapatkan. Jika berminat untuk mulai melakukan yoga, Anda dapat memilih kelas yoga yang sesuai dengan kemampuan fisik dan kebutuhan kesehatan mental Anda. 

Kelas yoga sendiri dapat berupa kelas yoga untuk pemula dan mahir. Ada juga kelas yang dirancang khusus untuk wanita hamil, orang yang mengalami nyeri akibat penyakit kesehatan fisik atau mental kronis, dan kelebihan berat badan atau cacat fisik. Dengan berbagai macam variasi dalam pemilihan jenis yoga, Anda dapat lebih bebas dan leluasa memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Selamat mencoba ya, Farma Friends!

Everyday Health. Diakses pada 23 Februari 2024. 9 Ways Practicing Yoga Benefits Your Health and Well-Being. https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/10-surprising-health-perks-of-yoga.aspx

Healthline. Diakses pada September 2020. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga

Psychologytoday. Diakses pada September 2020. Yoga's positive benefits for mental health and well-being . https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201305/take-stand-yoga-

Verywell Mind. Diakses pad September 2020. How Yoga Can Help Ease Anxiety and Panic Disorder Symptoms. https://www.verywellmind.com/yoga-for-panic-disorder

Sumber

Artikel Lainnya