Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

14 Makanan untuk Mengatasi Bad Mood, Sudah Coba?

Bad mood

Berbagai perasaan negatif seperti bad mood dapat menyerang seseorang kapan pun dan di mana  pun. Oleh karenanya menemukan cara yang tepat supaya Anda tidak terlalu lama larut dalam kondisi bad mood menjadi sangat penting. Sebab, Anda tidak dapat sepenuhnya mengontrol hal tersebut. 

Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan relaksasi seperti latihan pernapasan, meditasi, olahraga, serta mencari udara segar mungkin dapat membantu Anda menghilangkan suasana hati yang buruk. Ternyata ada cara lain yang juga bagus untuk membantu mengurangi bad mood dengan cepat, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu untuk menstabilkan emosi dan membuat Anda kembali ke keadaan bahagia. 

Lebih lanjut ketahui berbagai macam makanan yang dapat membantu mengatasi bad mood dalam ulasan di bawah ini.

Bagaimana Makanan Bisa Membantu Mengurangi Bad Mood?    

Kurang asupan nutrisi yang baik serta tidak makan secara teratur,  terutama sarapan, dapat menyebabkan gula darah rendah. Kondisi ini kemungkinan akan membuat seseorang merasa lemah dan lebih mudah marah. Berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi secara teratur dapat berdampak serius pada suasana hati dan tingkat stres Anda.

Beberapa nutrisi dalam makanan dapat mengangkat semangat, dan nutrisi yang lain juga dapat membuat seseorang merasa lelah dan lebih mudah tersinggung. Oleh karenanya saat Anda sedang bad mood, penting untuk mengenali makanan dan minuman yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih stabil secara emosional, dan bukan makanan yang justru dapat memperburuk kondisi mood Anda. 

Umumnya wanita cenderung mengalami perubahan suasana hati dua kali lebih sering daripada pria karena kondisi yang berkaitan dengan jenis kelamin seperti masalah pramenstruasi, menopause, dan kehamilan. Dengan demikian, wanita lebih membutuhkan makanan yang dapat mengatasi perubahan suasana hari atau bad mood.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi alih-alih makanan cepat saji. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang yang makan makanan cepat saji, memiliki risiko lebih tinggi untuk suasana hati dan depresi.

Baca juga: Perbedaan Bipolar dan Mood Swing

Daftar Makanan Penghilang Bad Mood

Makanan tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asupan harian dan menjaga kesehatan. Beberapa jenis makanan ternyata juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan berbagai perasaan buruk. 

Berikut ini berbagai macam jenis makanan penghilang bad mood untuk Anda, di antaranya:

1.  Cokelat Hitam

Rasa cokelat yang lezat bukanlah satu-satunya alasan mengapa camilan ini dapat membuat sebagian wanita merasa senang dan bahagia. Makanan satu ini juga memberi Anda dorongan dalam suasana hati dan konsentrasi, serta meningkatkan aliran darah ke otak Anda, sehingga membantu Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi.

Kakao adalah bahan cokelat yang bermanfaat bagi tubuh, jadi cokelat hitam murni merupakan pilihan terbaik jika Anda menginginkan manfaat untuk meningkatkan suasana hati tanpa menambah berat badan. Cukup menikmati beberapa ons cokelat hitam dalam sehari Anda akan dapat merasakan manfaatnya.

2. Greek Yogurt

Kalsium berperan penting dalam mengingatkan otak Anda untuk melepaskan neurotransmitter perasaan baik dalam tubuh. Sehingga, asupan kalsium yang tidak memadai dapat memicu kecemasan, depresi, mudah tersinggung, gangguan memori, dan lambat dalam berpikir. 

Salah satu pilihan makanan tinggi kalsium yang bisa dengan mudah Anda dapatkan adalah greek yoghurt. Sebab olahan susu ini diketahui memiliki lebih banyak kalsium daripada yang Anda temukan dalam susu atau yoghurt biasa. Greek yoghurt juga mengandung lebih banyak protein dari pada yoghurt biasa, sehingga hal ini baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

3. Madu

Manfaat yang terkandung di dalam madu sudah menjadi rahasia umum. Namun, yang mungkin belum banyak orang tahu adalah bahwa madu adalah salah satu jenis asupan yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. 

Madu mengandung senyawa bermanfaat seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mengurangi peradangan, menjaga kesehatan otak, dan menangkal depresi. Tapi Anda harus tetap menjaga asupan madu yang Anda konsumsi, sebab madu masih memiliki kandungan gula di dalamnya. Jadi jangan sampai Anda mengalami penambahan berat badan karena mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Beli Madu TJ Murni 150 gr di Sini

Beli Madu TJ Murni 250 gr di Sini

Beli Madu TJ Murni 500 gr di Sini

4. Almond

Bagi wanita, kacang almond tidak hanya dikonsumsi diet penurunan berat badan, camilan ini juga bisa dikonsumsi untuk meredakan bad mood selama haid.

Kacang almond memiliki kandungan lemak yang sehat, serta jumlah protein, magnesium, dan vitamin E yang tinggi, sehingga camilan ini memiliki banyak khasiat yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan menstabilkan suasana hati Anda. 

Dengan kandungan protein yang tinggi, kacang almond dapat membantu Anda untuk menjadi lebih waspada dan mengatur suasana hati. Kacang almond juga juga mengandung triptofan yang bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang.

5. Biji Labu

Biji labu mengandung magnesium tinggi, dan dalam satu onsnya memenuhi hampir setengah kebutuhan harian Anda. Pola makan rendah magnesium telah dikaitkan dengan depresi

Menurut penelitian di tahun 2009, mereka yang memiliki asupan magnesium rendah mengalami gejala depresi dan kecemasan, sedangkan mereka yang asupan magnesiumnya cukup cenderung tidak merasa cemas atau depresi. Jadi camilan ini bagus bagi anda yang mengalami bad mood.

6. Pisang

Karena kandungan magnesium dan potasiumnya yang tinggi, pisang memiliki kekuatan untuk menenangkan panca indera dan membuat kita merasa lebih bahagia di siang hari. 

Menikmati pisang dengan sedikit protein membuat camilan yang enak, karena protein tambahan juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Pisang juga bagus setelah latihan untuk mengisi elektrolit yang hilang dan menyeimbangkan kembali hormon kita.

7. Salmon

Berbagai macam ikan berminyak, seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna, mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Hal ini dapat membantu Anda melawan peradangan dan meningkatkan ekskresi serotonin atau yang dikenal juga dengan hormon bahagia. 

Mengonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu dapat memberikan manfaat besar dalam mengatur suasana hati dan menurunkan stres.

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sarat dengan lemak sehat, kalium, dan vitamin E. Selain itu, buah ini mampu membantu Anda meningkatkan serotonin dalam tubuh dan melawan hal-hal negatif, lho!. 

Anda mungkin bisa mulai memertimbangkan untuk  menambahkan alpukat ke salad pada makan siang atau sarapan Anda untuk menghindari kemerosotan mood di sore hari.

9. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin A, vitamin C, dan beberapa vitamin B seperti B6. Dengan kandungan nutrisi ini, ubi jalar bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat sedang merasa sedih.  

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak sehingga meningkatkan mood dan meningkatkan perasaan rileks. Ubi jalar juga mengandung serat untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

Baca juga: Stres dan Depresi, Apa Perbedaanya?

10. Buah Berry

Buah beri, seperti blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry, memiliki banyak kandungan antioksidan dan serat yang dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati bagi para wanita selama menstruasi. 

Makanan yang kaya serat diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga hal ini dapat membantu Anda memperpanjang dorongan energi, sehingga cocok juga untuk diet. 

Untuk menikmatinya, Anda bisa menjadikan berbagai buah berry ini sebagai campuran oatmeal di pagi hari. Anda juga bisa menggabungkannya dengan greek yoghurt sebagai camilan. Protein ekstra dalam perpaduan makanan ini dapat mengurangi rasa lapar Anda.

11. Telur

Telur adalah makanan berprotein dengan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. Kandungan lain pada telur seperti seng, vitamin B, dan iodida, dan protein, juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan berenergi lebih lama setelah Anda mengonsumsinya.

12. Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang sangat bagus. Antioksidan yang terkandung di dalam tomat dapat membantu melindungi otak Anda dan melawan peradangan penyebab depresi. Likopen diketahui hidup di dalam kulit tomat. 

Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambahkan segenggam tomat ceri ke dalam salad Anda. Atau Anda bisa menikmati tomat dengan sedikit minyak zaitun sebagai cemilan, yang telah terbukti meningkatkan penyerapan likopen.

 13. Kerang

Makanan laut satu ini mengandung beberapa vitamin B12 alami yang cukup tinggi. Manfaat vitamin B12 dapat membantu Anda melindungi sel-sel otak, serta mampu menjaga otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia. 

Kerang juga mengandung sedikit nutrisi seng, iodium, dan selenium, yang mampu menjaga tiroid untuk mengendalikan suasana hati. 

Selain itu, kerang juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak dan kalori, menjadikannya salah satu pilihan makanan laut paling sehat dan padat nutrisi.

14.  Daging Tanpa Lemak

Serotonin merupakan salah satu hormon yang berperan dalam pembentukan suasana hati yang baik untuk Anda. Mengonsumsi daging ayam, kalkun, dan daging sapi tanpa lemak yang mengandung triptofan, terbukti dapat meredakan suasana hati yang buruk dengan meningkatkan kadar serotonin Anda. Triptofan juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks, baik secara mental maupun fisik. 

Vitamin B, terutama Vitamin B12 yang terkandung di dalam daging juga bagus untuk meningkatkan mood. Mereka juga dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan ketegangan yang juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan stabilitas suasana hati Anda.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam makanan yang bisa dijadikan sebagai penghilang bad mood untuk Anda ya FarmaFriends! Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin dan mineral akan membantu mencegah hal-hal negatif baik bagi mental maupun fisik. 

Selain mendapatkan asupan nutrisi yang baik, Anda bisa mengombinasikannya dengan beberapa aktivitas menyenangkan atau teknik relaksasi untuk mengurangi stres dan mengembalikan mood positif Anda.

Gleneagles. Diakses pada 22 Februari 2024. 12 Mood-Boosting Foods: Eat Your Way to Happiness!
https://www.gleneagles.com.sg/health-plus/article/mood-boosting-foods

Healthline. Diakses pada 22 Februari 2024. 9 Healthy Foods That Lift Your Mood.
https://www.healthline.com/nutrition/mood-food

Realsimple. Diakses pada 22 Februari 2024. 23 Foods That Will Boost Your Mood, According to Doctors.
https://www.realsimple.com/health/mind-mood/mood-boosting-foods

Sumber

Artikel Lainnya