Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Daftar Makanan untuk Atasi Bad Mood yang Patut Dicoba

Bad mood

Berbagai perasaan negatif seperti bad mood dapat menyerang Anda kapan saja dan dimana saja. Oleh karenanya menemukan cara yang tepat supaya Anda tidak terlalu lama larut dalam kondisi bad mood menjadi sangat penting. Sebab, Anda tidak dapat sepenuhnya mengontrol hal tersebut. 

Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan relaksasi seperti latihan pernapasan, meditasi, olahraga, serta mencari udara segar mungkin dapat membantu Anda menghilangkan suasana hati yang buruk. Ternyata terdapat cara lain yang juga bagus untuk membantu mengurangi bad mood dengan cepat, yaitu dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat untuk menstabilkan emosi dan membuat Anda kembali ke keadaan bahagia.

Bagaimana Makanan Bisa Membantu Mengurangi Bad Mood?    

bad mood

Kurang mengkonsumsi nutrisi yang baik serta tidak makan secara teratur,  terutama sarapan, dapat menyebabkan gula darah rendah. Ini kemungkinan akan membuat Anda merasa lemah dan lebih mudah marah. Berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi secara teratur dapat berdampak serius pada suasana hati dan tingkat stres Anda.

Beberapa nutrisi dalam makanan dapat mengangkat semangat Anda, dan nutrisi yang lain juga dapat membuat Anda merasa lelah dan lebih mudah tersinggung. Oleh karenanya saat Anda sedang bad mood, penting untuk mengenali makanan dan minuman yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih stabil secara emosional, dan bukan makanan yang justru dapat memperburuk kondisi mood Anda. cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi alih-alih makanan cepat saji. Dilansir dari Everyday Health, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang yang makan makanan cepat saji,memiliki risiko lebih tinggi untuk suasana hati dan depresi.

 

Makanan Penghilang Bad Mood 

makanan penghilang bad mood

Ternyata makanan tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asupan harian dan menjaga kesehatan ya farmafriends!. Beberapa jenis makanan ternyata juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan berbagai perasaan buruk. Nah! berikut farmaku telah merangkum beberapa makanan yang bisa bantu meningkatkan mood Anda.

1.  Coklat hitam

makana untuk meningkatkan mood

Ternyata rasa coklat yang lezat bukanlah satu-satunya alasan mengapa coklat dapat membuat Anda merasa senang dan bahagia. Makanan satu ini juga memberi Anda dorongan dalam suasana hati dan konsentrasi, dan meningkatkan aliran darah ke otak Anda, sehingga membantu Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi.

Kakao adalah bahan coklat yang bermanfaat bagi tubuh Anda, jadi coklat hitam murni merupakan pilihan terbaik jika Anda menginginkan manfaat untuk meningkatkan suasana hati tanpa menambah berat badan. Cukup beberapa ons coklat hitam dalam sehari Anda akan dapat merasakan manfaatnya.

2. Grek Yogurt

grek yogurt

Tahukan Anda bahwa kalsium berperan penting dalam mengingatkan otak Anda untuk melepaskan neurotransmiter perasaan baik dalam tubuh. Sehingga, asupan kalsium yang tidak memadai dapat memicu kecemasan, depresi, mudah tersinggung, gangguan memori, dan lambat dalam berpikir. Salah satu pilihan makanan tinggi kalsium yang bisa dengan mudah Anda dapatkan adalah Grek Yoghurt. Sebab olahan susu ini diketahui memiliki lebih banyak kalsium daripada yang Anda temukan dalam susu atau yogurt biasa. Grek yoghurt juga mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa, sehingga hal ini baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

3. Madu

makanan penghilang bad mood

Sepertinya berbagai manfaat yang terkandung di dalam madu sudah menjadi rahasia umum. Namun, yang mungkin belum banyak orang tahu adalah bahwa madu adalah salah satu jenis asupan yang dapat membantu memperbaiki kondisi mood Anda. Madu mengandung senyawa bermanfaat seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mengurangi peradangan, menjaga kesehatan otak, dan menangkal depresi. Tapi Anda harus tetap menjaga asupan madu yang Anda konsumsi ya farmafriends!. Sebab, madu masih memiliki kandungan gula di dalamnya. Jangan sampai Anda mendapatkan berat badan ekstra karena mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

4. Almond

makanan atasi bad mood

Kacang almond memiliki kandungan lemak yang sehat, serta jumlah protein, magnesium, dan vitamin E yang tinggi, sehingga kacang almond memiliki banyak khasiat yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan menstabilkan suasana hati Anda. dengan kandungan protein yang tinggi, kacang almond dapat membantu Anda untuk menjadi lebih waspada dan mengatur suasana hati. Kacang almond juga juga mengandung triptofan yang bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang.

5. Pisang

gambar bad mood

Karena kandungan magnesium dan potasiumnya yang tinggi, pisang memiliki kekuatan untuk menenangkan indera kita dan membuat kita merasa lebih bahagia di siang hari. Menikmati pisang dengan sedikit protein membuat camilan yang enak, karena protein tambahan juga akan membuat kita kenyang lebih lama. Pisang juga bagus setelah latihan untuk mengisi elektrolit yang hilang dan menyeimbangkan kembali hormon kita.

6. Salmon

makanan penghilang bad mood

Berbagai macam ikan berminyak, seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna, mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Hal ini dapat membantu Anda melawan peradangan dan meningkatkan ekskresi serotonin atau yang dikenal juga dengan hormon bahagia. Mengkonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu dapat memberikan manfaat besar dalam mengatur suasana hati dan menurunkan stres.

7. Alpukat

gambar bad mood

Alpukat merupakan buah yang sarat dengan lemak sehat, kalium dan juga vitamin E. Selain itu buah ini mampu membantu Anda meningkatkan serotonin dalam tubuh dan melawan hal-hal negatif lho farmafriends!. Anda mungkin bisa mulai memertimbangkan untuk  menambahkan alpukat ke salad pada makan siang atau sarapan anda untuk menghindari kemerosotan mood di sore hari.

8. Buah Berry

makanan penghilang bad mood

Buah beri, seperti blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry, memiliki banyak kandungan antioksidan dan serat yang dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati. Makanan yang kaya serat diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga hal ini dapat membantu Anda memperpanjang dorongan energi. Untuk menikmatinya, Anda bisa menjadikan berbagai buah beri ini sebagai campuran oatmeal di pagi hari. Anda juga bisa menggabungkannya dengan Greek yogurt sebagai camilan. Protein ekstra dalam perpaduan makanan ini dapat mengurangi rasa lapar Anda.

9. Telur

gambar bad mood

Telur sarat dengan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. kandungan lain pada telur seperti seng, vitamin B, dan iodida, dan protein, juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan berenergi lebih lama setelah Anda memakannya.

10. Tomat

makanan penghilang bad mood

Tomat adalah sumber likopen yang sangat bagus. Antioksidan yang terkandung di dalam tomat dapat membantu melindungi otak Anda dan melawan peradangan penyebab depresi. Likopen diketahui hidup di dalam kulit tomat. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasukkan segenggam tomat ceri ke dalam salad yang akan Anda konsumsi. Atau Anda bisa menikmatinya sendiri dengan sedikit minyak zaitun sebagai cemilan, yang telah terbukti meningkatkan penyerapan likopen.

 11. Kerang

bad mood

Makanan laut satu ini mengandung beberapa vitamin B12 alami yang cukup tinggi. Vitamin B12 dapat membantu Anda melindungi sel-sel otak, serta mampu menjaga otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia. Kerang juga mengandung sedikit nutrisi seng, iodium, dan selenium, yang menjaga tiroid pengatur suasana hati Anda tetap pada jalurnya. Selain itu kerang juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak dan kalori, menjadikannya salah satu pilihan makanan laut paling sehat dan padat nutrisi yang akan Anda temukan.

12.  Daging Tanpa Lemak

gambar bad mood

Serotonin merupakan salah satu hormon yang berperan dalam pembentukan suasana hati Anda yang baik. Mengkonsumsi  daging ayam, kalkun, dan daging sapi tanpa lemak yang mengandung triptofan, terbukti dapat meredakan suasana hati yang buruk dengan meningkatkan kadar serotonin Anda. Triptofan juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks, baik secara mental maupun fisik. Vitamin B, terutama Vitamin B12 yang terkandung di dalam daging juga bagus untuk meningkatkan mood. Mereka juga dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan ketegangan  yang juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan stabilitas suasana hati Anda.

 

Ternyata terdapat banyak sekali jenis makanan yang bisa bantu tingkatkan mood Anda ya FarmaFriends! Makan makanan yang tinggi vitamin dan mineral yang tepat akan membantu mencegah hal-hal negatif menjadi lebih jauh dan merusak hari Anda. Selain mengkonsumsi nutrisi yang baik, Anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa aktivitas menyenangkan atau teknik relaksasi untuk mengurangi stres dan mengembalikan mood positif Anda. (DH)

Everyday Health. Diakses pada oktober 2020. Bad Mood Busting Foods. https://www.everydayhealth.com/depression-pictures/bad-mood-busting-foods
Eat this. Diakses pada oktober 2020. 11 Foods End Bad Moods. https://www.eatthis.com/11-foods-end-bad-moods/
Womans day. Diakses pada oktober 2020. 7 Foods That Boost Every Type of Bad Mood. https://www.womansday.com/health-fitness/wellness/advice/a1872/7-foods-that-boost-every-type-of-bad-mood-110419/
Bustle, Diakses pada oktober 2020. 15 Foods Drinks That Can Help Eases Tension Kill a Bad Mood. https://www.bustle.com/articles/173625-15-foods-drinks-that-can-help-ease-tension-kill-a-bad-mood


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan