Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Perbedaan Bipolar dan Mood Swing

gangguan bipolar

Mood merupakan kondisi perasaan atau suasana hati yang mewarnai kehidupan psikologis seseorang. Sebagian besar individu akan mengalami perubahan mood dalam kehidupannya. Kebanyakan orang akan merasakan kegembiraan saat mendapatkan  hal seperti nilai yang bagus, promosi pekerjaan ataupun mendapatkan kasih sayang dari orang yang dicintai. Sebaliknya, anda mungkin akan merasa sedih apabila mendapatkan kemalangan seperti ditinggal oleh orang terkasih, ditolak, mengalami masalah finansial, atau gagal dalam mencapai suatu hal.

Kedua perasaan yang muncul dan anda rasakan ini merupakan suatu hal yang wajar dan sangat normal. Adalah normal apabila anda merasa senang pada peristiwa yang baik dan sebaliknya, normal pula bagi anda bila merasa sedih pada peristiwa yang mengecewakan. Beberapa dari anda mungkin  mengalami perubahan mood atau yang dikenal juga dengan istilah “mood swing”. Namun, perubahan mood ini seringkali dikaitkan dan disamakan dengan gangguan psikologis seperti gangguan bipolar. Untuk lebih memahami tentang kedua hal ini, Yuk! simak penjelasan perbedaan bipolar dan mood swing berikut ini.

Baca Juga : Daftar Makanan Ini Bisa Mempengaruhi Mood Si Kecil, Wajib Tau Moms!

Apa Itu Mood Swing?

mood swing

 

Mood swing adalah perubahan emosi yang anda rasakan secara cepat. Hal ini bisa jadi sangat normal dan  dapat dirasakan oleh seseorang. Perubahan mood ini dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, karena kurang tidur, pola makan yang tidak sehat dan penggunaan obat-obatan serta alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan perubahan emosi yang drastis. Namun, ketika penyebab utamanya ditangani, perubahan suasana hati biasanya menghilang.  

Perubahan hormon juga dapat menjadi penyebab mood swing atau perubahan suasana hati. Misalnya pada remaja mengalami perubahan hormon selama masa pubertas. Sistem hormon yang berkembang ini dapat menyebabkan perubahan dalam perilaku mereka. Wanita juga biasanya mengalami perubahan suasana hati dua kali lebih sering daripada pria karena keadaan yang berkaitan dengan jenis kelamin mereka seperti masalah pramenstruasi, kehamilan dan menopause.

Selain hormon, faktor psikologis seperti penyakit mental masa lalu, stres, trauma masa lalu, masalah hubungan dan mengatasi perubahan baru dapat menyebabkan perubahan suasana hati baik pada pria maupun wanita. Umumnya, anda bisa menemukan cara menghilangkan mood swing yang anda alami secara mandiri.

 

Cara Mengatasi Mood Swing

Walaupun perubahan mood bisa jadi sangat normal,namun mereka juga bisa menjadi gejala atau pertanda adanya gangguan mental. Menemukan cara menghindari mood swing juga dapat menjadi hal yang dapat anda lakukan.

Untuk mengatasi perubahan mood, anda bisa melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup anda seperti :

  • Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur
  • Mengelola stres melalui meditasi, yoga, atau latihan pernafasan dan mindfulness
  • Membuat jurnal untuk melacak perubahan suasana hati dan pemicu potensial untuk perubahan tersebut
  • Memelihara kehidupan sosial yang aktif
  • Berhubungan dengan keluarga dan teman secara teratur
  • Makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi serta usahakan untuk makan pada waktu yang teratur

Selain beberapa perubahan diatas, penting bagi anda untuk mendapatkan dukungan sosial dari orang-orang terdekat anda. Sebab hal ini diketahui bisa menjadi hal yang dapat membantu menjaga kesehatan mental anda. Cobalah untuk membagikan apa yang anda rasakan dengan orang yang anda percaya untuk mencegah anda mengalami gangguan yang lebih berat.

 

Baca juga : Daftar Makanan untuk Atasi Bad Mood yang Patut Dicoba

 

Apa Itu Gangguan Bipolar?

bipolar

Bipolar adalah gangguan psikologis yang ditandai dengan perubahan ekstrim pada mood seseorang. Salah satu yang menjadi ciri-ciri bipolar yaitu biasanya mereka akan mengalami episode manik, episode depresi dan juga hipomania. Pada episode depresi, Anda mungkin merasa sedih atau putus asa dan kehilangan minat atau kesenangan dalam sebagian besar aktivitas. Ketika suasana hati Anda berubah menjadi mania atau hipomania (kurang ekstrem dari mania), Anda mungkin merasa gembira, penuh energi, atau mudah tersinggung. Perubahan suasana hati ini dapat mempengaruhi tidur, energi, aktivitas, penilaian, perilaku, dan kemampuan berpikir jernih.

Gangguan atau penyakit bipolar menurut DSM 5 dibagi kedalam 2 kategori yaitu gangguan bipolar I dan II. Pada gangguan bipolar I, seseorang mengalami setidaknya satu episode manik yang mungkin didahului atau diikuti oleh episode hipomania atau depresi mayor. Dalam beberapa kasus, mania dapat memicu keterputusan dari kenyataan (psikosis).

Sementara pada gangguan bipolar II, mereka mengalami setidaknya satu episode depresi mayor dan setidaknya satu episode hipomania, tetapi Anda belum pernah mengalami episode manik.

Penyebab bipolar sendiri tidak diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor seperti genetika, farktor psikososial serta peristiwa atau pengalaman hidup yang pernah dialami oleh seseorang mungkin berkontibusi dalam pembentukan gangguan ini.

 

Cara Mengatasi Gangguan Bipolar

cara mengatasi bipolar

Mengobati gangguan bipolar , tidak bisa anda lakukan sendiri seperti pada perubahan mood biasa melainkan harus dengan bantuan ahli seperti psikolog maupun terapis. Gangguan bipolar paling umum ditangani dengan obat-obatan yang  ditujukan untuk mengatasi perubahan mood. Psikoterapi juga mungkin dipadukan dengan obat-obatan untuk mengobati gangguan bipolar. Psikoterapi merupakan  istilah untuk berbagai teknik pengobatan yang bertujuan untuk membantu mengubah emosi, pikiran, dan perilaku yang mengganggu. Ini dapat memberikan dukungan, pendidikan, dan bimbingan kepada orang-orang dengan gangguan bipolar dan keluarganya. Terapi perilaku kognitif (CBT) dan psikoedukasi, merupakan beberapa terapi yang mungkin bisa digunakan untuk mengobati berbagai kondisi gangguan bipolar.

Baca Juga : Benarkah Berpelukan Baik Untuk Kesehatan Mental?

 

Apakah Mood swing Sama dengan Bipolar?

gangguan bipolar
Hand Changing with smile emoticon icons face on Wooden Cube , hand flipping unhappy turning to happy symbol

Mood swing memang seringkali dikaitkan dengan masalah mental atau psikologis. Sebab, meskipun perubahan suasana hati bisa ini sangat normal, ini juga bisa menjadi salah satu gejala gangguan bipolar dan gejala penyakit mental lainnya.Beberapa orang mungkin merasakan perubahan suasana hati kemudian melakukan self diagnosis dan menganggap diri mereka mengalami gangguan bipolar. Padahal, belum tentu perubahan perasaan yang mereka rasakan merupakan tanda sebuah gangguan psikologis. Sehingga penting bagi anda untuk memperhatikan gejala gangguan bipolar dan memeriksakannya dengan psikolog atau terapis untuk mengetahui kondisi anda.

Terdapat perbedaan dramatis dalam perubahan suasana hati pada orang biasa dan mereka yang mengalami gangguan bipolar. Cara membedakan bipolar dan mood swing adalah pada tingkat keparahan dan juga durasinya. Pada orang biasa, perubahan suasana hati biasanya tidak sampai mempengaruhi kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Jika Anda sedikit down atau sedikit naik, Anda masih bisa pergi bekerja dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

 

Namun ketika seseorang menderita gangguan bipolar, perubahan suasana hati yang mereka alami dapat mengganggu kehidupan. Seseorang mungkin akan sangat tertekan sehingga tidak bisa bangun dari tempat tidur bahkan merasa tidak ingin hidup. Orang-orang dengan gangguan mood seperti bipolar  biasanya akan mengalami perubahan mood yang parah, bertahan lama serta mengganggu mereka untuk memenuhi tanggung jawabnya secara normal.

 

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami gangguan bipolar mereka harus melakukan tes kejiwaan bipolar yang dilakukan oleh seorang ahli atau psikolog. Sehingga apabila anda mengkhawatirkan mengenai kondisi kesehatan mental anda, usahakan untuk segera menemui psikolog atau dokter anda alih-alih melakukan  self diagnosis. Sebab tidak seperti perubahan mood biasa, gangguan bipolar memerlukan pengobatan yang harus dilakukan oleh ahli.

Apabila Anda mengalami perubahan suasana hati bersama dengan tanda dan gejala khusus lainnya dari kondisi gangguan mental, cobalah untuk segera melakukan konsultasi dengan psikolog atau terapis. Memahami perbedaan mood swing dan bipolar dan penyebab yang mendasarinya juga sangat penting untuk menemukan cara paling efektif untuk mengelola perubahan suasana hati Anda. (DH)

Nihm.nih. Diakses pada oktober 2020. https://www.nimh.nih.gov/health/topics/bipolar-disorder/index.shtml
Mayoclinic. Diakses pada oktober 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bipolar-disorder/symptoms-causes/syc-20355955
Healthline. Diakses pada oktober 2020.Everything You Need to Know About Bipolar Disorder https://www.healthline.com/health/bipolar-disorder#living-with-bipolar-disorder
Nhs.uk. Diakses pada oktober 2020. https://www.nhs.uk/conditions/bipolar-disorder/
Verywellmind. Diakses pada oktober 2020. Possible Causes of Mood Swingshttps://www.verywellmind.com/what-are-mood-swings-1067178
Centerstone. Diakses pada oktober 2020. Four Tips To Ease Your Mood Swingshttps://centerstone.org/our-resources/health-wellness/mood-swings/




Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan