Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Batuk Kering di Apotek dengan Harga Terjangkau

obat untuk batuk kering di apotik

Batuk kering disertai gatal dapat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Untuk mengatasi dan menghilangkan sakitnya, Anda bisa menggunakan obat batuk kering di apotek. Simak pembahasanya lengkapnya di bawah ini!

Merek Obat Batuk Kering Murah di Apotik

Batuk kering dapat terjadi akibat perubahan suhu, polusi udara, atau batuk pasca-virus yang terjadi akibat pilek atau flu. Selain itu, batuk juga dapat menjadi tanda adanya masalah lain seperti asma, heartburn, gagal jantung atau efek samping dari penggunaan obat. Berikut ini pilihan obat batuk kering dalam bentuk cair dan tablet yang bisa Anda gunakan saat mengalami sakit batuk kering:

1. Siladex Antitussive

Siladex Antitussive adalah obat batuk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah batuk tidak berdahak atau kering. Obat ini memiliki kandungan guaifenesin 50 mg dan bromhexine HCl 10 mg. Selain ampuh dalam mengobati batuk hingga ke pusatnya, Siladex Antitussive juga tidak ada tambahan alkohol dan bebas gula sehingga cocok dan aman bagi penderita diabetes. Obat ini dapat dibeli di apotik tanpa menggunakan resep dokter, namun penggunaan obat ini harus sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. 

Beli Siladex Antitussive 60 ml di Sini.

2. Vicks Formula 44

Vicks Formula 44 adalah obat khusus untuk mengobati batuk kering karena mengandung Doxylamine suksinat 3 mg dan Dekstrometorphan HBr 5 mg. Selain meredakan batuk kering, Vicks Formula juga dapat mengobati sakit flu. Namun, perlu diperhatikan obat ini memiliki efek samping seperti mual, pusing, dan kantuk.

Beli Vicks Formula 44 Dewasa di Sini.

3. Woods Sirup Antitussive

Woods Sirup Antitussive adalah obat batuk bentuk cair yang mengandung  diphenhydramine 12.5 mg dan Dextromethorphan hbr 7.5 mg. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan batuk kering karena alergi. Woods Antitussive memiliki efek samping yaitu, pusing, muntah, dan sulit buang air besar. Anda bisa membeli Woods Sirup Antitussive tanpa perlu resep dokter di apotek online terpercaya Farmaku. 

Beli Woods Sirup Antitussive 100 Ml di Sini.

4. Sanadryl Dmp Sirup

Sanadryl Dmp Sirup adalah obat batuk cair untuk mengobati sakit batuk kering akibat alergi. Obat ini mengandung bahan aktif dextrometorfan Hbr yang efektif dalam meredakan batuk. Sedangkan bahan aktif difenhidramin HCl dapat berguna dalam meredakan reaksi alergi yang menyebabkan pilek disertai batuk.

Gunakan Sanadryl untuk menyembuhkan batuk karena alergi dan batuk tidak berdahak. Obat ini memiliki efek samping berupa rasa kantuk, pusing atau sakit kepala, sulit buang air kecil, lelah, mulut kering, dan sekresi saluran pernapasan mengental. 

Beli Sanadryl Dmp Sirup 60 Ml di Sini.

5. Konidin

Konidin adalah obat batuk bentuk tablet dari Konidin yang mengandung Guaifenesin 100 mg, Chlorpheniramine maleate 2 mg, dan Dextromethorphan HBr 5 mg. Selain meredakan batuk kering, obat ini juga dapat mengobati sakit asma, radang saluran pernapasan hingga influenza. Dextromethorphan HBr memiliki cara kerja dengan menekan dorongan untuk batuk.

Sedangkan cara kerja chlorpheniramine adalah menghambat kerja histamin (senyawa yang dapat memicu terjadinya alergi). Obat ini tergolong obat bebas terbatas yang dapat dipesan tanpa membutuhkan resep dokter. Namun tetap perlu memerhatikan dosis dan aturan penggunaan. Konidin memiliki efek samping berupa kantuk, gangguan saluran pencernaan, dan kelelahan.

Beli Obat Batuk Kering Dewasa Konidin di Sini.

6. Bodrex Flu & Batuk

Bodrex Flu dan Batuk merupakan jenis obat flu dan batuk yang diperkaya dengan kandungan paracetamol 500 mg, dextromethorphan HBr 12 mg, dan phenylephrine HCl 10 mg. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati gejala sakit kepala, flu, bersin-bersin yang disertai batuk tidak berdahak atau batuk kering, dan hidung tersumbat. 

Obat ini bekerja sebagai dekongestan (pelega) hidung, antitusif (penekan batuk), dan analgesik-antipiretik (penurun panas). Efek samping yang dapat timbul dari konsumsi obat ini, yaitu mual, muntah, gelisah, mulut kering, dan jantung berdebar. Bodrex flu dan batuk dapat dipesan tanpa resep dokter dan bisa didapatkan di apotik. 

Beli Bodrex Flu & Batuk PE Strip 4S di Sini.

7. Paramex Flu & Batuk

Selain Bodrex, Paramex Flu & Batuk juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan batuk kering karena mengandung dextromethorphan HBr 15 mg, paracetamol 500mg, dan  pseudoephedrine HCl 30mg. Kandungan dextromethorphan HBr berguna dalam menekan dorongan untuk batuk yang berasal dari otak sehingga batuk dapat berkurang.

Lalu, kandungan pseudoephedrine dapat berguna untuk meredakan pembengkakan pembuluh darah dan melegakan saluran napas. Sementara itu,  cara kerja kandungan paracetamol adalah menekan produksi zat pada tubuh yang bisa menyebabkan peradangan (prostaglandin). Ketika produksi zat tersebut dikurangi, maka tubuh tidak akan merasakan nyeri atau gejala peradangan lainnya..

Paramex Flu dan Batuk memiliki efek samping, yaitu demam, mual, ruam kulit, kelelahan, mulut kering, muntah, dan gangguan pencernaan. Obat ini tergolong obat bebas terbatas yang tidak membutuhkan resep dokter. Namun penggunaannya tetap harus sesuai dosis atau aturan pakai. 

Beli Paramex Flu & Batuk di Sini.

Itulah pilihan obat batuk kering di apotik yang bisa Anda pilih saat batuk tidak kunjung membaik. Selain minum obat batuk, Anda juga dapat melakukan cara-cara lain untuk mempercepat proses penyembuhan seperti minum air yang banyak, kumur-kumur dengan air garam, dan istirahat yang cukup. 

Apabila sakit batuk Anda semakin parah, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

WebMd. 2021. A Guide to Cough Medicine. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/cough-syrup-cough-medicine. (Diakses pada 24 September 2021).
Mydr. 2020. Dry coughs. https://www.mydr.com.au/dry-coughs/. (Diakses pada 24 September 2021).


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan