Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

14 Obat Batuk Kering yang Efektif dan Ada di Apotek

gambar obat batuk kering

Batuk kering disertai gatal dapat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Untuk mengatasi dan menghilangkan sakitnya, Anda bisa menggunakan obat batuk kering di apotek. Simak pembahasanya lengkapnya di bawah ini!

Pilihan Obat Batuk Kering Dewasa di Apotek

Batuk merupakan cara tubuh untuk membersihkan paru-paru dan saluran napas dari iritan tertentu. Hal ini biasa memicu tubuh memproduksi lendir di saluran pernapasan. 

Pada kondisi batuk kering, tidak ada lendir yang menutupi saluran pernapasan. Anda hanya akan merasa gatal, sehingga memicu respon batuk.

Batuk kering dapat terjadi akibat perubahan suhu, polusi udara, atau batuk pasca-virus yang terjadi akibat pilek atau flu.

Berikut ini pilihan obat batuk kering dalam bentuk cair dan tablet yang bisa Anda gunakan di antaranya: 

1. Actifed Cough (Merah)

Actifed Cough (Merah)

Actifed Cough atau yang biasa dikenal dengan actifed merah merupakan obat yang diindikasikan meredakan batuk tidak berdahak.

Kandungan senyawa aktif dextromethorphan HBr dalam obat ini bekerja dengan mengurangi sinyal batuk dari otak sehingga keinginan batuk pun berkurang. 

Tidak hanya itu, obat Actifed Cough juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat akibat flu, aergi, atau sinusitis. 

Beli Actifed Cough (Merah) Syrup 60 ml di Sini

2. Woods Antitussive

Woods Antitussive

Woods Sirup Antitussive bisa menjadi salah satu pilihan obat terbaik untuk mengatasi batuk kering karena alergi.

Mengandung dextromethorphan HBr dan diphenhydramine HCI. Kombinasi keduanya berperan sebagai antihistamin sehingga dorongan untuk batuk dapat dikurangi.

Beli Woods Antitussive Syrup 60 ml di Sini

Beli Woods Antitussive Syrup 100 ml di Sini

3. Sanadryl DMP

Sanadryl DMP

Sanadryl DMP juga dapat membantu mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh alergi. Kombinasi senyawa aktif dalam obat ini dapat meredakan gejala alergi serta meredakan keinginan batuk. 

Obat ini dapat menyebabkan kantuk sehingga, hindari mengemudi atau mengoperasikan mesin setelah konsumsi obat ini. Selain itu, obat ini juga dapat menyebabkan mulut kering. 

Beli Sanadryl Dmp Syrup 120 ml di Sini

Beli Sanadryl Dmp Syrup 60 ml di Sini 

4. Siladex Antitussive

Siladex Antitussive

Siladex Antitussive bisa menjadi pilihan tepat untuk meredakan batuk tidak berdahak. Obat ini mengandung zat aktif guaifenesin dan bromhexine HCl yang diformulasikan untuk mengatasi masalah batuk kering. 

Selain ampuh dalam mengobati batuk hingga ke pusatnya, Siladex Antitussive juga tidak ada tambahan alkohol dan bebas gula sehingga cocok dan aman bagi penderita diabetes. 

Beli Siladex Antitussive Syrup 30 ml di Sini

Beli Siladex Antitussive Syrup 60 ml di Sini

Beli Siladex Antitussive Syrup 100 ml di Sini

5. Vicks Formula 44 Dewasa Syrup

Vicks Formula 44 Dewasa Syrup

Vicks Formula 44 adalah obat khusus untuk mengobati batuk kering karena mengandung doxylamine suksinat dan dextromethorphan HBr.

Selain meredakan batuk kering, Vicks Formula juga dapat mengobati sakit flu. Namun, perlu diperhatikan obat ini memiliki efek samping seperti mual, pusing, dan kantuk.

Beli Vicks Formula 44 Dewasa Syrup 100 ml di Sini

6. Benadryl Original

Benadryl Original

Benadryl dapat menjadi pilihan untuk meredakan batuk kering. Kandungan diphenhydramine hydrochloride dalam obat ini dapat bekerja dengan menghambat kerja zat alami tubuh yang memicu reaksi alergi, salah satunya adalah batuk. Dengan demikian batuk dapat diredakan.

Perlu diperhatikan bahwa obat ini dapat memberikan efek kantuk. Oleh sebab itu, hindari mengemudi atau mengoperasikan mesin setelah konsumsi obat ini. 

Beli Benadryl Original Syrup 50 ml di Sini

7. Bodrex Flu & Batuk PE

Bodrex Flu & Batuk PE

Obat ini mampu meredakan batuk kering yang disertai dengan demam, hidung tersumbat, serta bersin-bersin akibat kandungan senyawa aktif pseudoephedrine HCl, paracetamol, serta dextromethorphan HBr  di dalamnya. 

Perlu diperhatikan, obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun, wanita hamil, dan menyusui. 

Beli Bodrex Flu & Batuk PE Strip 4 Tablet di Sini

8. Konidin

Konidin

Konidin merupakan obat yang dapat membantu mengatasi batuk kering yang disebabkan alergi, flu, serta gejala bronkitis. Obat ini memiliki bahan aktif dextromethorphan Hbr, guaifenesin, dan chlorpheniramine maleate. 

Senyawa aktif dextromethorphan dalam obat ini dapat membantu mengurangi sinyal batuk dari otak sehingga keinginan batuk dapat dikurangi. Sementara itu, chlorpheniramine maleate berguna untuk meredakan batuk akibat alergi. Kandungan guaifenesin bekerja dengan cara mengencerkan dahak. 

Beli Konidin Strip 4 Tablet di Sini

9. Paramex Flu & Batuk

Paramex Flu & Batuk

Paramex Flu & Batuk juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gangguan saluran napas tidak terkecuali batuk kering.

Kandungan senyawa aktif paracetamol di dalamnya mampu meredakan demam. Sementara itu, pseudoephedrine HCl mampu meredakan hidung tersumbat. Dextromethorphan HBr dalam obat ini mampu mengurangi sinyal batuk dari otak sehingga frekuensi batuk pun dapat berkurang. 

Beli Paramex Flu & Batuk Strip 4 Tablet di Sini

10. Anadex

Anadex

Pada beberapa kasus, hidung yang tersumbat juga dapat menyebabkan batuk kering. Untuk mengatasi kondisi ini, Anadex bisa menjadi obat yang tepat. 

Kandungan phenylpropanolamine, chlorpheniramine maleate, dan dextromethorphan dalam obat ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan merekan reaksi batuk. 

Beli Anadex Strip 10 Tablet di Sini

11. Vectrine Dry Syrup

Vectrine Dry Syrup

Obat ini lebih banyak digunakan untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh gangguan saluran pernapasan akut dan kronis. Vectrine dry syrup merupakan obat yang mengandung erdosteine. 

Kandungan di dalam obat ini mampu membantu mengeluarkan zat pemicu batuk di saluran pernapasan. Dengan demikian, batuk pun akan lebih cepat membaik. 

Sebelum menggunakan obat ini, Anda perlu melarutkan bubuk dalam botol dengan air sesuai takaran yang sudah ditetapkan.

Perlu diperhatikan juga bahwa obat ini termasuk obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Vectrine Dry Syrup 60 ml di Sini

12. Vectrine Capsule

Vectrine Capsule

Tidak hanya tersedia dalam sedian sirup kering, tetapi Vectrine juga tersedia dalam bentuk kapsul. Kandungan senyawa aktif erdosteine dalam obat ini mampu membantu mengencerkan zat penyebab batuk pada saluran pernapasan. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Vectrine 300 mg 10 Kapsul di Sini

13. Vestein Capsule

Vestein Capsule

Vestein juga merupakan obat batuk dengan kandungan erdosteine di dalamnya. Obat ini juga umumnya diberikan pada pasien yang mengalami batuk akut dan kronis. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Vestein 300 mg Capsule di Sini 

14. Vestein Dry Syrup

Vestein Dry Syrup

Verstein dry syrup juga dapat membantu meredakan batuk kering akibat ada zat penyebab batuk pada tubuh. Obat ini mengandung senyawa aktif erdosteine yang bekerja dengan mengencerkan dahak di saluran pernapasan. 

Tersedia dalam bentuk sirup kering, Anda perlu menambahkan air hingga obat menjadi 60 ml sebelum digunakan. Usahakan juga untuk konsumsi obat dalam waktu yang sama setiap harinya. 

Hindari konsumsi obat ini tanpa petunjuk dari dokter karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras. 

Beli Vestein Dry Syrup 60 ml di Sini

Itulah pilihan obat batuk kering yang bisa Anda coba. Selama pengobatan, sebaiknya hindari konsumsi makanan manis dan berminyak yang dapat memicu batuk. 

Apabila batuk yang dialami tidak kunjung membaik atau semakin parah, Anda disarankan untuk melakukan berkunjung ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2021. Dry Cough and Chest Tightness. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21888-dry-cough-and-chest-tightness. (Diakses pada 1 November 2023).
Osborn, Corrine O’Keefe. 2023. Dry Cough: What Causes It and How Do You Treat One? https://www.healthline.com/health/dry-cough. (Diakses pada 1 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan