Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Salep untuk Impetigo yang Ampuh Atasi Infeksi Bakteri

salep untuk impetigo

Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pengobatan impetigo umumnya menggunakan salep untuk mengobati luka serta terapi antibiotik. Pada artikel ini, Farmaku telah merangkum obat untuk impetigo yang umum digunakan. 

Salep Impetigo Agar Cepat Sembuh

Impetigo merupakan penyakit kulit menular yang banyak menyerang bayi dan anak-anak. Penyakit ini ditandai dengan luka kemerahan pada wajah, terutama pada bagian hidung, mulut, tangan, dan kaki. 

Kondisi ini bukan merupakan kondisi serius dan bisa diobati. 

Beberapa obat yang umum digunakan untuk mengobati impetigo, antara lain:

1. Bactoderm Cream 

Bactoderm Cream

Bactoderm cream merupakan antibiotik dengan kandungan senyawa aktif mupirocin di dalamnya. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim dalam bakteri yang diperlukan untuk membuat bakteri. Hasilnya, bakteri akan berhenti tumbuh dan mati.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi impetigo serta infeksi bakteri pada kulit yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Beberapa kondisi kulit lain yang dapat diatasi dengan obat ini, antara lain folikulitis, bisul, dan infeksi pada luka jahitan. 

Bactoderm cream termasuk dalam obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan petunjuk penggunaan yang sudah ditetapkan dokter. Hindari menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa persetujuan dokter. 

Beli Bactoderm Cream 5 gr di Sini

Beli Bactoderm Cream 10 gr di Sini

2. Pirotop Cream

Pirotop Cream

Pirotop Cream merupakan obat antibiotik dalam bentuk topikal dengan kandungan senyawa aktif mupirocin. Obat ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Senyawa aktif mupirocin dapat menghambat kerja enzim yang diperlukan untuk pertumbuhan bakteri. Hasilnya, bakteri akan berhenti tumbuh dan mati. 

Antibiotik bentuk topikal ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Anda harus menaati dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. 

Beli Pirotop Cream 10 gr di Sini

Beli Pirotop Cream 5 gr di Sini

3. Medi-Klin Gel

Medi-Klin Gel

Medi-Klin Gel merupakan obat yang dapat menangani impetigo. Obat ini mengandung antibiotik Clindamycin yang dapat mengatasi berbagai infeksi bakteri, termasuk pada kulit.

Clindamycin bekerja dengan cara menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Hasilnya, jumlah bakteri dalam tubuh dapat ditekan dan bisa dilawan oleh sistem kekebalan tubuh.

Tergolong dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Anda juga perlu menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. 

Beli Medi-Klin Gel 15 gr di Sini

4. Diprogenta Cream

Diprogenta Cream

Diprogenta merupakan obat dengan kandungan senyawa aktif betamethasone dan gentamicin di dalamnya. Kombinasi senyawa aktif ini dapat membunuh bakteri serta meredakan kemerahan pada kulit. 

Betamethasone termasuk dalam obat kortikosteroid yang bekerja dengan cara menekan kerja sistem imun. Dengan demikian, peradangan dan kemerahan dapat diatasi. 

Sementara itu, kandungan gentamicin dalam obat ini merupakan antibiotik yang dapat mengatasi berbagai infeksi bakteri pada tubuh. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu proses produksi protein dalam tubuh bakteri, yang menyebabkan dinding sel menjadi rusak. 

Tergolong dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Hindari menambah atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter. 

Beli Diprogenta Cream 10 gr di Sini

Beli Diprogenta Cream 5 gr di Sini

5. Benoson G Cream

Benoson G Cream

Benoson G Cream merupakan obat topikal yang dapat mengobati infeksi bakteri yang meradang pada kulit. Dalam obat ini, terkandung senyawa aktif betamethasone dan gentamicin. 

Betamethasone bermanfaat untuk mengurangi reaksi peradangan pada tubuh. Sementara itu, gentamicin merupakan antibiotik yang dapat menghentikan pertumbuhan serta membunuh bakteri penyebab bakteri.

Obat Benoson G cream termasuk dalam golongan obat keras. Anda perlu mengikuti dosis dan petunjuk penggunaan dari dokter. 

Beli Benoson G Cream 10 gr di Sini

6. Sagestam Cream

Sagestam Cream

Salep ini mengandung bahan gentamicin sulfate yang bekerja dengan cara mematikan bakteri. Hal itulah yang membuat obat impetigo ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi di kulit atau infeksi lain akibat bakteri. 

Salep Sagestam tergolong obat keras dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, salep ini hanya bisa digunakan untuk pengobatan infeksi akibat bakteri.

Beli Sagestam Cream 10 gr di Sini

7. Salticin Cream

Salticin Cream

Salticin cream juga merupakan obat antibiotik topikal dengan kandungan senyawa aktif gentamicin sulfate. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara mengganggu proses produksi protein pada bakteri. Hasilnya, dinding sel bakteri akan rusak dan bakteri pun mati. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga dosis dan penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Salticin Cream 5 gr di Sini

8. Gentasolon Cream

Gentasolon Cream

Gentasolon cream juga termasuk obat topikal yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit akibat infeksi bakteri. Obat ini mengandung senyawa aktif fluocinolone acetonide dan gentamicin. 

Fluocinolone acetonide merupakan senyawa aktif yang berguna untuk meredakan gatal, kemerahan, serta bengkak yang disebabkan oleh peradangan pada kulit. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin dan leukotrien yang memicu perdagangan. 

Sementara itu gentamicin merupakan senyawa antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. 

Obat ini termasuk dalam obat keras, sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan. Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. 

Beli Gentasolon Cream 5 gr di Sini

9. Afucid Cream

Afucid Cream

Afucid cream menjadi obat yang sering diberikan oleh dokter untuk mengatasi impetigo. Obat ini mengandung senyawa aktif fusidic acid di dalamnya. 

Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Akibatnya, bakteri penyebab infeksi pada kulit ini akan mati.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Afucid 2% Cream 5 gr di Sini

10. Chloramfecort H Cream

Chloramfecort H Cream

Chloramfecort H Cream juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit yang disertai dengan peradangan, seperti impetigo. Obat dalam bentuk topikal ini mengandung senyawa aktif chloramphenicol dan prednisolone.

Senyawa aktif Chloramphenicol termasuk dalam kategori antibiotik, yang dapat membunuh serta menghentikan pertumbuhan bakteri. Di sisi lain, prednisolone merupakan obat kortikosteroid yang mampu meredakan reaksi peradangan pada tubuh. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter.

Beli Chloramfecort H Cream 10 gr KF di Sini

Demikian beberapa obat yang dapat mengobati impetigo. Apabila Anda memiliki masalah kulit, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Impetigo. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15134-impetigo. (Diakses pada 7 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Impetigo. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/impetigo/symptoms-causes/syc-20352352. (Diakses pada 7 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan