Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Salep untuk Impetigo yang Ampuh Atasi Infeksi Bakteri

salep untuk impetigo

Muncul bercak merah atau lepuhan di kulit wajah, kaki, atau tangan si Kecil? Bisa jadi itu gejala seorang anak mengalami impetigo. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi akibat adanya bakteri staphylococcus dan streptococcus. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan salep untuk impetigo yang akan dibahas di artikel ini!

Salep Impetigo pada Anak di Apotek

Infeksi kulit ini umum dialami oleh anak-anak. Jika anak Anda mengalaminya, FarmaFriends bisa memberikan salep untuk mengatasinya. Berikut ini Farmaku akan membagikan beberapa merek salep untuk impetigo di apotek:

1. Bactoderm Krim 5 g

Bactoderm Krim 10 g

Obat antibiotik topikal ini mengandung bahan mupirocin 2%. Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi infeksi yang disebabkan karena bakteri seperti impetigo, folikulitis, dan bisul. Selain itu, Bactoderm juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang muncul karena ada lecet, luka goresan, atau luka jahitan. 

Salep antibiotik untuk infeksi kulit ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Untuk penggunaan salep ini cukup oleskan pada bagian yang sakit atau terinfeksi sebanyak tiga kali sehari.

Salep ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Untuk penggunaan obat impetigo ini cukup oleskan pada bagian yang sakit atau terinfeksi sebanyak tiga kali sehari.

Beli Salep Bactoderm di Sini

2. Sagestam 

Sagestam Oint 10 g

Salep ini mengandung bahan gentamicin sulfate yang bekerja dengan cara mematikan bakteri. Hal itulah yang membuat obat impetigo ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi di kulit atau infeksi lain akibat bakteri. Beberapa contoh infeksi kulit lainnya yaitu folikulitis dan pyoderma gangrenosum .

Penggunaan salep Sagestam cukup oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 3-4 kali sehari atau sesuai dengan resep dokter. Sebelum menggunakan salep, pastikan tangan dan area kulit harus bersih serta dikeringkan terlebih dulu.

Salep Sagestam tergolong obat keras dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, salep ini hanya bisa digunakan untuk pengobatan infeksi akibat bakteri. Selain itu, obat ini tidak dapat bekerja secara efektif. 

Beli Salep Sagestam di Sini

3. Gentamicin 0,1% 5 g 

Gentamicin 0,1% 5 g

Salep dengan kandungan gentamicin sulfate 0,1% ini dapat mengatasi infeksi bakteri di kulit. Gentamicin bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri agar infeksi bisa diatasi. 

Salep infeksi kulit ini tergolong obat keras sehingga tidak dapat digunakan untuk jangka panjang dan wanita hamil. Apabila timbul efek samping seperti iritasi ringan, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera konsultasikan dengan dokter. 

Beli Gentamicin 0,1% di Sini

4. Cinogenta 10 gr 

Cinogenta 10 g

Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi kulit karena bakteri karena di dalamnya mengandung bahan aktif, yaitu gentamicin dan fluocinolone acetonide. Selain dapat digunakan untuk mengobati impetigo, salep ini juga bisa untuk mengatasi infeksi dermatitis seboroik atau eksim.

Salep Cinogenta bekerja dengan cara mencegah dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat impetigo ini tergolong obat keras dan butuh resep dokter untuk mendapatkannya. Perlu diketahui, penggunaan salep ini memiliki beberapa efek samping seperti iritasi ringan, gatal, kulit kering, dan sensasi terbakar. 

Beli Salep Cinogenta di Sini

5. Salep Pirotop 10 g 

Pirotop Cream 10 g

Pirotop 10 g dapat digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri streptococcus pyogenes dan staphylococcus aureus. Oleh karena itu, salep ini bisa mengobati penyakit impetigo, luka bakar, hingga luka pasca operasi.

Salep ini mengandung bahan mupirocin 20 mg dan tergolong obat keras. Oleh karena itu, Anda perlu konsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakannya. Penggunaan Pirotop memiliki beberapa efek samping di antaranya adalah kulit kering, ruam, rasa terbakar, dan kemerahan pada kulit.

Beli Salep Pirotop di Sini

6. Bactroban Salep

Sama seperti Bactoderm, salep ini juga mengandung mupirocin 2% dan dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit impetigo. Meski salep ini bisa melawan infeksi kulit akibat bakteri, namun salep ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus atau jamur.

Bactroban salep bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri atau membunuh bakteri pada konsentrasi yang tinggi. Salep ini tergolong obat keras. Oleh karena itu, perlu konsultasi terlebih dulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan ini. 

Penggunaan salep ini memiliki beberapa efek samping seperti gatal, ruam, nyeri, dan sensasi terbakar. Jika efek samping ini mengganggu atau semakin memburuk, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, itulah beberapa salep impetigo yang bisa digunakan pada bayi atau orang dewasa. Anda bisa mendapatkan obat salep di atas melalui Farmaku.com atau Apotek Farmaku terdekat. Sebelum menggunakan obat di atas, pastikan Anda sudah konsultasi dengan dokter atau apoteker Farmaku

NHS. Impetigo. Diakses pada Juni 2022. https://www.nhs.uk/conditions/impetigo/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan