Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Cara Mengatasi Malu saat Berhubungan Intim

cara mengatasi malu saat berhubungan intim farmaku

Tidak jarang pengantin baru merasa malu saat akan melakukan berhubungan intim di malam pertamanya. Hubungan seksual merupakan aktivitas fisik sepasang suami istri yang melibatkan rangsangan alat kelamin. Rasa malu pun muncul karena harus mengeksplor tubuh masing-masing. 

Terkadang rasa malu ini akan menghambat kenikmatan seks, terutama saat malam pertama. Oleh karena itu, sebaiknya atasi dengan tips yang akan di jelaskan dalam ulasan di bawah ini.

Tips Mengatasi Malu saat Berhubungan Intim

Menjaga kehidupan seks yang aktif dan menggairahkan tidaklah mudah. Sebab sering kali sulit untuk menanyakan apa yang diinginkan dalam hal seks. Hal ini karena rasa malu yang dapat menghambat untuk mengekspresikan selama berhubungan intim.

Guna membantu menghilangkan rasa malu di saat seks, berikut ini berbagai cara mengatasi malu saat malam pertama, di antaranya:

1. Terima Diri Anda

Merasa tidak nyaman dengan penampilan tubuh akan memicu perasaan malu untuk melakukan hubungan seks. Jadi penting untuk belajar menghargai kondisi tubuh apa adanya. Percayalah bahwa penampilan yang menawan bisa datang dalam berbagai bentuk dan cara.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Adanya kekurangan pada tubuh seperti sedikit selulit, gemuk, bekas luka, ukuran alat kelamin bukanlah suatu masalah besar. 

Terlepas dari penampilan, saat Anda dan pasangan mencapai orgasme, fokus pasangan bahkan tidak lagi berada pada tampilan fisik melainkan cara mencapai kepuasan selama seks.

Baca juga: Rekomendasi Pelumas Seks yang Cocok untuk Bercinta

2. Biarkan Pasangan Membimbing

Jika rasa malu muncul karena khawatir terhadap kemampuan dalam berhubungan seks, jangan ragu untuk meminta pasangan untuk membimbing sementara Anda mempelajari apa yang membuat pasangan merasa lebih nyaman. 

Ketika memahami apa yang pasangan nikmati, Anda akan menyadari bahwa Anda mampu memuaskan pasangan dengan baik.

3. Bicara dengan Pasangan

Salah satu sebab utama seseorang merasa malu saat berhubungan intim adalah karena terlalu takut untuk mengungkapkan apa yang pasangan inginkan. 

Sebenarnya untuk menjadi lebih intim dengan pasangan umumnya bergantung pada percakapan dan bukan apa yang terjadi di ranjang.

Jika komunikasi yang buruk kemungkinan akan menghambat koneksi fisik dan emosional, dan lebih jauh lagi akan menyebabkan kecemasan saat melakukan hubungan intim. 

Komunikasi juga akan memudahkan dalam menyampaikan hal yang Anda inginkan dan nikmati. Anda juga akan mengetahui apa yang pasangan inginkan selama berhubungan intim.

4. Belajar Mengekspresikan Diri

Selain saat melakukan hubungan intim, perasaan malu mungkin juga muncul saat hendak memulai untuk mengajak pasangan melakukan hubungan intim. Apabila malu untuk mengatakannya, cobalah untuk memberikan sinyal-sinyal kepada pasangan Anda.

Anda bisa melakukan pendekatan sebelum berhubungan intim seperti mengirimkan pesan cinta kepada pasangan. Cara ini mungkin bisa membantu mengurangi rasa malu untuk memulai lebih dulu dalam bercinta.

5. Fokus Merasakan Kenikmatan Bercinta

Mencoba untuk fokus pada kenikmatan saat melakukan berhubungan intim dapat membantu Anda merasa nyaman, hangat, dan lebih rileks. Secara bersamaan, fokus akan mengalihkan perasaan malu.

Meskipun tidak mudah, mengatasi rasa malu saat berhubungan intim hanya akan bertahan jika Anda terus berupaya menghilangkan sumber masalahnya. Dengan begitu, mengetahui hal-hal yang memicu rasa malu serta membicarakannya dengan pasangan akan bisa sangat membantu. Ini termasuk dengan mengubah beberapa hal setiap kali merasa tidak nyaman atau membosankan selama seks.

Baca juga: Aksesoris Seks yang Bantu Tingkatkan Kepuasan Seksual

6. Melatih Welas Asih pada Diri Sendiri

Meskipun empati paling kuat jika didapatkan dari orang lain, menunjukkan empati pada diri sendiri juga bisa membantu mengurangi rasa malu.

Mencintai diri sendiri bukanlah hal yang egois, yang penting adalah mampu mencintai orang lain. Yakini bahwa Anda layak untuk mendapatkan kenikmatan seksual bersama pasangan.

7. Konsultasi dengan Ahli Kesehatan Mental

Mengunjungi terapis yang tepat sangatlah penting, karena perubahan biasanya terjadi dalam konteks hubungan yang aman dan saling percaya. 

Seorang terapis seks akan menciptakan ruang yang tidak menghakimi untuk memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap masalah-masalah sulit dan akan bekerja dengan Anda untuk membuat rencana tentang cara mengatasi rasa malu saat berhubungan seksual. 

Nah, itu dia tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa malu saat berhubungan intim, terutama di malam pertama. Jika rasa malu terjadi Antara Anda dan pasangan, sebaiknya atasi bersama.

Betterhelp. Diakses pada 15 Mei 2024. How Do I Alleviate Feelings Of Sexual Shame?. https://www.betterhelp.com/advice/intimacy/what-can-i-do-to-alleviate-feelings-of-sexual-shame/

Choosing Therapy. Diakses pada 15 Mei 2024. Sexual Shame: Definition, Causes, & How to Overcome It. https://www-choosingtherapy-com.translate.goog/sexual-shame/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc

Verywellmind. Diakses pada 15 Mei 2024. What Is Sexual Performance Anxiety?. https://www.verywellmind.com/sexual-performance-anxiety-symptoms-causes-treatments-5207955

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan