Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Obat Penurun Kolesterol Ampuh, Bisa Tebus di Apotek Online

obat kolesterol di apotik

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan seseorang mengalami risiko penyakit seperti stroke, penyempitan arteri, sampai penyakit serangan jantung. Untuk mencegah risiko tersebut, dibutuhkan obat kolesterol yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap terjaga. Di artikel ini Farmaku merangkum beberapa obat kolesterol terbaik di apotek!

Pilihan Obat Kolesterol Ampuh di Apotek dengan Resep

Kolesterol adalah zat lilin dalam darah untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi baik. Namun bila kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang terlalu tinggi dapat memicu penyumbatan aliran darah dengan risiko kesehatan lain seperti stroke dan masalah jantung.

Sayangnya, beberapa orang tidak merasakan gejala kolesterol tinggi hingga dampaknya sudah parah atau setelah mereka cek kesehatan. Umumnya, dokter akan memberi resep beberapa obat penurun kolesterol pada pasien.

Berikut ini daftar pilihan obat kolesterol di apotek:

1. Simvastatin

simvastatin obat kolesterol

Obat penurun kolesterol Simvastatin merupakan obat golongan statin. Obat ini berguna dalam membantu menurunkan kolesterol sekaligus lemak jahat. Selain itu, Simvastatin juga dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

Untuk dosis obat simvastatin pada orang dewasa memiliki dosis yang berbeda-beda. Untuk mencegah penyakit jantung, dosis yang dibutuhkan 5-40 mg sekali sehari.

Sedangkan untuk orang dengan risiko tinggi penyakit jantung koroner akibat adanya riwayat stroke atau diabetes, dosisnya adalah 40 mg sekali sehari pada malam hari. Konsultasi dosis dan aturan pakai dengan dokter atau apoteker sangat diperlukan.

Efek samping yang mungkin dirasakan dari simvastatin, yaitu sakit kepala, insomnia, ruam kulit ringan, dan nyeri otot atau sendi. Tergolong obat keras, Simvastatin hanya bisa didapatkan menggunakan resep dokter.

Beli Simvastatin di Sini

2. Crestor 20 mg Tab

crestor obat kolesterol

Obat Crestor mengandung Rosuvastatin 20 mg. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga asam lemak dan kadar kolesterol pada pasien yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular.

Crestor bekerja dengan cara menghambat enzim yang memiliki peran dalam membentuk kolesterol sehingga kadar kolesterol dapat terkontrol dengan baik. Tergolong obat keras, obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta pasien dengan gangguan hati.

Beli Crestor 20 mg Tab di Sini

3. Atorvastatin 10 mg

atorvastatin

Obat kolesterol ini mengandung Atorvastatin 10 mg. Atorvastatin dapat berguna dalam menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, sekaligus membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang ada di darah. Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim yang bertugas dalam memproduksi kolesterol di hati.

Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat akan turun. Tergolong obat keras, Atorvastatin bisa didapatkan dengan resep dokter. Untuk penggunaan obat ini pada anak-anak atau orang dewasa dapat berbeda-beda. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Obat ini tidak disarankan untuk diminum ibu hamil dan menyusui. Selain itu, Atorvastatin juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi, yaitu nyeri otot, mual, diare, dan kulit gatal.

Beli Atorvastatin di Sini

4. Suvesco 20 mg

suvesco

Obat Suvesco dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Umumnya, obat ini diberikan dokter kepada pasien dengan penyakit jantung koroner dan hiperkolesterolemia.

Suvesco mengandung Rosuvastatin 20 mg dan tergolong obat keras. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi, yaitu mual, sakit perut, sakit kepala, dan gangguan hati.

Beli Suvesco 20 mg di Sini

5. Fenofibrate

suvesco

Obat ini dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dan lemak, serta meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Obat ini tergolong ke dalam obat fibrat, yang bekerja dengan cara meningkatkan enzim yang dapat membantu memecahkan lemak di dalam darah.

Namun perlu Anda ketahui, obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti nyeri perut ringan, sakit kepala, hidung tersumbat, dan nyeri punggung.

Apabila Anda mengalami sakit parah pada bagian perut atas yang menyebar ke punggung, muntah, mual, dan detak jantung yang cepat sebaiknya segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Beli Fenofibrate di Sini

Nah, itulah rekomendasi obat kolesterol yang umumnya diresepkan oleh dokter. Anda bisa pesan dan tebus resep melalui farmaku.com dengan lebih mudah, praktis, dan cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan