Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

12 Obat Penurun Kolesterol Ampuh, Bisa Tebus di Apotek Online

gambar obat kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan seseorang mengalami risiko penyakit seperti stroke, penyempitan arteri, sampai penyakit serangan jantung. Untuk mencegah risiko tersebut, dibutuhkan obat kolesterol yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap terjaga. Di artikel ini Farmaku merangkum beberapa obat kolesterol terbaik di apotek.

Pilihan Obat Kolesterol Ampuh di Apotek dengan Resep

Berikut ini daftar pilihan obat kolesterol yang bisa Anda temukan di apotek, di antaranya:

1. Simvastatin

Simvastatin

Simvastatin  dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghambat kerja enzim dalam membentuk kolesterol. Selain itu, obat ini juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

Perlu diperhatikan bahwa Simvastatin termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek samping yang mungkin dirasakan dari simvastatin, yaitu sakit kepala, insomnia, ruam kulit ringan, dan nyeri otot atau sendi.

Beli Simvastatin 10 mg Tablet di Sini
Beli Simvastatin 20 mg Tablet di Sini

2. Crestor

Crestor

Crestor sebagai obat kolesterol bekerja dengan cara menghambat enzim yang memiliki peran dalam membentuk kolesterol sehingga kadar kolesterol dapat terkontrol dengan baik.

Kandungan zat aktif rosuvastatin di dalamnya dapat membantu menjaga asam lemak dan kadar kolesterol pada pasien yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular.

Obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta pasien dengan gangguan hati.

Beli Crestor 5 mg Tablet di Sini

Beli Crestor 10 mg Tablet di Sini

Beli Crestor 20 mg Tablet di Sini

3. Atorvastatin

Atorvastatin

Atorvastatin berguna dalam menurunkan low density protein (LDL) dan trigliserida, sekaligus membantu meningkatkan kadar HDL yang ada di darah.

Obat ini diberikan pada penderita hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia untuk menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, trigliserida, dan apolipoprotein B.

Penggunaan Atorvastatin pada anak-anak atau orang dewasa dapat berbeda-beda. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Beli Atorvastatin 10 mg Tablet di Sini

Beli Atorvastatin 20 mg Tablet di Sini

4. Atofar

Atofar

Obat dengan kandungan atorvastatin lainnya yaitu Atofar.  Biasanya, obat ini diresepkan oleh dokter sebagai pendukung program diet pada kondisi hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia.

Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi zat yang berperan dalam pembentukan kolesterol. Dengan demikian, kadar kolesterol di dalam tubuh dapat kembali ke jumlah normal.

Tidak hanya orang dewasa, Atofar juga dapat digunakan pada anak-anak. Tentunya dengan pengawasan dokter.

Beli Atofar 10 mg Tablet di Sini

Beli Atofar 20 mg Tablet di Sini

Beli Atofar 40 mg Tablet di Sini

5. Suvesco

Suvesco

Sama seperti obat kolesterol yang sudah dibahas sebelumnya, Suvesco juga mengandung rosuvastatin sebagai bahan aktifnya. Obat ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat.

Umumnya, Suvesco diberikan dokter kepada pasien dengan penyakit jantung koroner dan hiperkolesterolemia.

Pada beberapa kondisi, efek samping seperti mual, sakit perut, sakit kepala, dan gangguan hati mungkin saja terjadi.

Beli Suvesco 20 mg Tablet di Sini

6. Fenofibrate

Fenofibrate

Fenofibrate tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak, melainkan juga meningkatkan kolesterol baik.

Obat yang tergolong dalam obat fibrat ini dapat secara efektif meningkatkan enzim yang dapat memecahkan lemak di dalam darah.

Apabila Anda mengalami sakit parah pada bagian perut atas yang menyebar ke punggung, muntah, mual, dan detak jantung yang cepat sebaiknya segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Beli Fenofibrate 100 mg Capsule di Sini

Beli Fenofibrate 300 mg Capsule di Sini

7. Lipitor

Lipitor

Pilihan obat kolesterol selanjutnya, yakni Lipitor. Lipitor digunakan sebagai tambahan program diet pada orang yang mengalami hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia.

Dua kondisi tersebut terjadi ketika kadar LDL, trigliserida, apolipoprotein B, dan kolesterol secara umum di dalam darah meningkat.

Tergolong obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Lipitor 10 mg Tablet di Sini

Beli Lipitor 20 mg Tablet di Sini

Beli Lipitor 40 mg Tablet di Sini

8. Gemfibrozil

Gemfibrozil

Gemfibrozil digunakan untuk membantu menurunkan kadar lemak (lipid) trigliserida di dalam tubuh. Kadar trigliserida yang terkontrol dapat membantu mencegah penyakit jantung dan masalah sirkulasi darah lainnya.

Obat ini diketahui mampu menaikkan kadar HDL hingga 8%-15% dan dianjurkan agar dikonsumsi 30 menit sebelum makan.

Penggunaan Gemfibrozil pada wanita hamil, wanita dalam usia subur, atau sedang menyusui sebaiknya dilakukan secara berhati-hati.Penderita penyakit hati juga tidak boleh mengonsumsi obat ini.

Beli Gemifibrozil 300 mg Capsule di Sini

9. Atozet

Atozet

Atozet merupakan salah satu obat kolesterol yang mudah ditemukan di apotek. Obat ini dapat membantu mengurangi LDL dan meningkatkan HDL.

Pada gilirannya, kadar kolesterol yang tetap stabil dapat membantu menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit terkait jantung lainnya.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap Atorvastatin Calcium Trihydrate dan Ezetimibe sebaiknya hindari penggunaan obat ini. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan alternatif obat kolesterol lainnya.

Beli Atozet 20 mg Tablet di Sini 

10. Truvas

Truvas

Truvas, obat pendukung program diet pada pasien yang mengalami kondisi hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Obat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kandungan atorvastatin di dalam Truvas bekerja dengan cara menghambat enzim yang berperan untuk memproduksi kolesterol. Dengan demikian, kadar kolesterol dapat kembali stabil.

Sama dengan obat kolesterol pada umumnya, Truvas memerlukan resep dari dokter pada setiap penggunaanya.

Beli Truvas 10 mg Tablet di Sini

Beli Truvas 20 mg Tablet di Sini

Beli Truvas 40 mg Tablet di Sini

11. Rosufer

Rosufer

Rosufer adalah salah satu obat kolesterol yang bisa Anda temukan di apotek. Obat yang mengandung atorvastatin kalsium ini dapat menurunkan jumlah lemak yang menempel pada pembuluh darah.

Selain itu, Rosufer digunakan pula untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung dan komplikasi jantung dengan diabetes, faktor risiko lainnya.

Penggunaan obat ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping, seperti kelelahan, gangguan pada hati, sakit kepala, sakit perut, dan mual.

Beli Rosufer 20 mg Tablet di Sini

12. Trolip

Trolip

Trolip adalah obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Berbentuk sediaan kapsul, obat ini biasanya diberikan pada pasien kolesterol untuk menurunkan risiko terjadinya pankreatitis pada seseorang yang memiliki kadar trigliserida tinggi.

Konsumsi obat tidak dianjurkan untuk dikombinasikan dengan jenis obat hepatotoksik. Jika mengalami reaksi ketidakcocokan obat, segera periksakan ke dokter.

Beli Trolip 300 mg Tablet di Sini

Nah, itulah rekomendasi obat kolesterol yang umumnya diresepkan oleh dokter. Anda bisa pesan dan tebus resep melalui farmaku.com dengan lebih mudah, praktis, dan cepat. Jangan lupa nikmati promo spesial di setiap minggunya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

NHS. 2022. What Is High Cholesterol? https://www.nhs.uk/conditions/high-cholesterol. (Diakses pada 4 Desember 2023).
WebMD Editorial Contributors. 2023. Diseases Linked to High Cholesterol. https://www.webmd.com/cholesterol-management/diseases-linked-high-cholesterol. (Diakses pada 4 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan