Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Obat Bisul agar Cepat Pecah, Kering, dan Tidak Kambuh

gambar obat bisul

Menderita bisul dapat menyebabkan rasa sakit, nyeri, atau tidak nyaman. Kondisi ini juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bila terjadi pada kulit yang mudah terlihat. Untuk mengatasinya, berikut ini Farmaku merangkum obat bisul di apotek. Yuk, simak pembahasannya di artikel ini!

Daftar Obat Bisul Ampuh di Apotek

Bisul adalah kondisi ketika ada infeksi yang terjadi akibat bakteri staphylococcus aureus dan menyebabkan peradangan pada folikel rambut. Gejala bisul adalah muncul kantung atau benjolan berisi nanah.

Berikut ini beberapa pilihan obat bisul ampuh, mulai dari obat oral dan salep:

1. Salep Ichtyol 15 g

obat bisul Salep Ichtyol

Ichtyol adalah salep yang mengandung bahan Ichtammolum 100 mg. Kandungan tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab bisul sekaligus meredakan gejala bisul.

Salep berwarna hitam ini tidak hanya berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri, tapi berfungsi sebagai anti-peradangan juga.

Untuk penggunaan salep ini, Anda cukup mengoleskan salep sebanyak 2-3 kali sehari pada area kulit yang terdapat bisul. Selama penggunaan salep ini, efek samping yang mungkin terjadi, yaitu rasa gatal, ruam kulit, dan iritasi.

Jika setelah pemakaian, kondisi bisul tidak membaik atau muncul efek samping yang berkepanjangan, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasi ke dokter.

Beli Salep Ichtyol di Sini

2. Kapsida Kembang Bulan

Kapsida Kembang Bulan

Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan adalah obat yang dapat membantu mengatasi permasalah kulit mulai dari gatal-gatal, jerawat, koreng, hingga bisul. Kapsida mengandung ekstrak tanaman herbal seperti ketumbar dan sambiloto yang dipercaya memiliki sifat antibakteri.

Untuk mengkonsumsi obat bisul tradisional agar cepat pecah ini, dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tiga kali sehari. Gunakan sesuai dengan anjuran pakai. Bila sakit berlanjut hubungi dokter. 

Beli Kapsida Kembang Bulan di Sini

3. Clindamycin

Clindamycine obat bisul

Obat Clindamycin adalah obat oral yang dapat membantu mengobati infeksi termasuk benjolan berisi nanah atau bisul. Clindamycin bekerja dengan cara menghambat kemampuan bakteri untuk memproduksi protein yang dapat menginfeksi tubuh.

Obat ini tergolong antibiotik, sehingga harus diminum sesuai resep dokter sampai habis. Apabila menghentikan konsumsi obat ini terlalu cepat dan tidak sesuai resep dokter, hal ini dapat membuat bakteri dapat berkembang dan bisul susah sembuh.

Beli Clindamycin di Sini

4. Gentamicin

Gentamycin salep bisul

Gentamicin adalah jenis salep antibiotik yang dapat mengatasi bisul pada kulit. Obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter dan digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri.

Efek samping yang mungkin terjadi ketika menggunakan obat ini adalah iritasi ringan seperti gatal atau kulit kemerahan. Dapat timbul bakteri atau jamur yang tumbuh dan kebal jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Beli Gentamicin di Sini

5. Amoxicillin

Amoxicillin untuk bisul

Obat golongan antibiotik ini dapat digunakan untuk membantu menghentikan perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi di kulit seperti bisul. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul.

Untuk penggunaan obat ini, dosisnya harus disesuaikan dengan resep dokter supaya tidak salah dosis atau menyebabkan overdosis. Selain itu, penggunaan Amoxicillin juga perlu mengetahui efek samping yang mungkin terjadi seperti mual, diare, dan muntah. 

Beli Amoxicillin di Sini

6. Salep Diprogenta

Diprogenta salep untuk bisul

Diprogenta adalah obat bisul biar gak tumbuh lagi yang mengandung gentamicin sulfate dan betamethasone dipropionate. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati peradangan dan infeksi di kulit seperti bisul.

Tergolong obat keras, Diprogenta bisa didapatkan dengan resep dokter. Obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi, seperti gatal, iritasi, dan kulit kering.

Beli Salep Diprogenta di Sini

Nah, itulah beberapa obat bisul agar cepat kempes dan kering, dan tidak kambuh lagi. Untuk mendapatkan obat-obatan tersebut, Anda bisa pesan dan tebus resep di Farmaku tanpa perlu datang ke apotek. Yuk, pesan dan tebus resep obatmu di farmaku.com sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan