Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

12 Obat Bisul agar Cepat Pecah, Kering, dan Tidak Kambuh

gambar obat bisul

Menderita bisul dapat menyebabkan rasa sakit, nyeri, atau tidak nyaman. Kondisi ini juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bila terjadi pada kulit yang mudah terlihat. Untuk meredakan gejalanya, Anda dapat memakai obat salep atau konsumsi obat oral.

Daftar Obat Bisul Ampuh di Apotek

Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa nyeri dan umumnya berisi nanah. Penyebab utama dari kondisi ini adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut. 

Tergantung tingkat keparahannya, bisul dapat menimbulkan bengkak dan nyeri, sehingga butuh pengobatan yang tepat. 

Berikut ini beberapa pilihan obat bisul ampuh, mulai dari obat oral dan salep:

1. Salep Ichtyol 15 g

Salep Ichtyol 15 g

Ichtyol adalah salep yang mengandung senyawa aktif ichtammolum. Kandungan tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab bisul sekaligus meredakan gejala bisul.

Salep berwarna hitam ini tidak hanya berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri, tapi berfungsi sebagai anti-peradangan juga.

Untuk penggunaan salep ini, Anda cukup mengoleskan salep sebanyak 2-3 kali sehari pada area kulit yang terdapat bisul. Selama penggunaan salep ini, efek samping yang mungkin terjadi, yaitu rasa gatal, ruam kulit, dan iritasi.

Jika setelah pemakaian, kondisi bisul tidak membaik atau muncul efek samping yang berkepanjangan, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasi ke dokter.

Beli Salep Ichtyol 15 gr di Sini

2. Kapsida Kembang Bulan

Kapsida Kembang Bulan

Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan adalah obat yang dapat membantu mengatasi permasalah kulit mulai dari gatal-gatal, jerawat, koreng, hingga bisul. Kapsida mengandung ekstrak tanaman herbal seperti ketumbar dan sambiloto yang dipercaya memiliki sifat antibakteri.

Untuk mengkonsumsi obat bisul tradisional agar cepat pecah ini, dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tiga kali sehari. Gunakan sesuai dengan anjuran pakai. Bila sakit berlanjut hubungi dokter. 

Beli Kapsida Kembang Bulan di Sini

3. Sagestam Cream

Sagestam Cream

Sagestam cream merupakan obat salep dengan kandungan antibiotik gentamicin di dalamnya. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara mengganggu pembentukan dinding sel bakteri, sehingga bakteri akan mati. 

Obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri.

Efek samping yang mungkin terjadi ketika menggunakan obat ini adalah iritasi ringan seperti gatal atau kulit kemerahan. Dapat timbul bakteri atau jamur yang tumbuh dan kebal jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Beli Sagestam Cream 10 gr di Sini

4. Salep Diprogenta

Salep Diprogenta

Diprogenta adalah obat bisul yang mengandung gentamicin sulfate dan betamethasone dipropionate. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati peradangan dan infeksi di kulit seperti bisul serta mampu mencegahnya datang kembali.

Tergolong obat keras, Diprogenta bisa didapatkan dengan resep dokter. Obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi, seperti gatal, iritasi, dan kulit kering.

Beli Diprogenta Ointment 10 gr di Sini

5. Pirotop Cream

Pirotop Cream

Pirotop Cream termasuk salah satu obat salep yang bisa mengobati bisu. Obat Ini mengandung senyawa aktif mupirocin.

Mupirocin merupakan antibiotik yang efektif untuk mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri S. aureus atau Streptococcus pyogenes. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan protein dalam tubuh bakteri, sehingga pertumbuhannya menjadi terhenti. 

Pirotop Cream termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Hindari menghentikan penggunaan obat ini tanpa izin dokter. 

Beli Pirotop Cream 10 gr di Sini

6. Afucid Cream

Afucid Cream

Afucid Cream mengandung senyawa aktif fusidic acid. Kandungan ini termasuk dalam antibiotik yang bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Obat oles afucid cream ini efektif untuk mengatasi berbagai infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, termasuk bisul, impetigo, dan selulitis. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Hindari juga menghentikan penggunaan obat ini tanpa seizin dokter bahkan jika kondisi sudah membaik. 

Beli Afucid 2% Cream 5 gr di Sini

7. Nebacetin Ointment

Nebacetin Ointment

Salep antibiotik Nebacetin Ointment dapat mengobati beragam infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, termasuk bisul. 

Kandungan neomycin dan bacitracin dalam obat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Dengan demikian, sistem imun tubuh bisa lebih mudah untuk melawan bakteri dan bisul pun dapat disembuhkan. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. 

Beli Nebacetin Ointment 5 gr di Sini

8. Panadol Biru

Panadol Biru

Bisul dapat menyebabkan bengkak dan nyeri. Untuk meredakan rasa sakit ini, Anda dapat konsumsi obat Panadol Biru.

Obat ini mengandung senyawa aktif paracetamol, yang dapat meredakan nyeri ringan hingga sedang. Senyawa aktif ini bekerja dengan  cara menghambat pembentukan senyawa alami tubuh yang memicu nyeri dan bengkak. 

Panadol biru dapat dikonsumsi untuk dewasa dan anak-anak, sebanyak 3-4 kali sehari. 

Beli Panadol Biru Strip 10 Tablet di Sini

9. Ibuprofen

Buffect Ibuprofen

Ibuprofen juga dapat membantu meredakan rasa nyeri pada bisul. Obat ini juga bekerja dengan menghambat pembentukan senyawa alami tubuh yang menyebabkan rasa nyeri. 

Tidak hanya meredakan nyeri, tetapi ibuprofen juga memiliki sifat antiradang. Dengan demikian, obat ini juga dapat meredakan pembengkakan dan kemerahan pada bisul. 

Beli Bufect Strip 4 Tablet di Sini

10. Clindamycin

Clindamycin dexa

Pada kasus bisul yang banyak jumlahnya dan disertai demam, dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk oral. 

Obat Clindamycin adalah obat oral yang dapat membantu mengobati infeksi termasuk benjolan berisi nanah atau bisul. Clindamycin bekerja dengan cara menghambat kemampuan bakteri untuk memproduksi protein yang dapat menginfeksi tubuh.

Obat ini tergolong antibiotik, sehingga harus diminum sesuai resep dokter sampai habis. Apabila menghentikan konsumsi obat ini terlalu cepat dan tidak sesuai resep dokter, hal ini dapat membuat bakteri dapat berkembang dan bisul susah sembuh.

Beli Clindamycin 300 mg Capsule Dexa di Sini

11. Amoxicillin

Amoxicillin 500 mg

Obat golongan antibiotik ini dapat digunakan untuk membantu menghentikan perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi di kulit seperti bisul. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul.

Untuk penggunaan obat ini, dosisnya harus disesuaikan dengan resep dokter supaya tidak salah dosis atau menyebabkan overdosis. Selain itu, penggunaan Amoxicillin mungkin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, diare, dan muntah. 

Beli Amoxicillin 500 mg Tablet Hexp di Sini

12. Cefadroxil

Cefadroxil 500 mg

Cefadroxil adalah antibiotik spektrum luas yang dapat membunuh berbagai bakteri penyebab infeksi. Obat ini bekerja dengan cara membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri. 

Selain digunakan untuk mengobati bisul, obat ini juga umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri di tenggorokan, amande, kulit, atau saluran kemih. 

Obat ini tergolong dalam obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Hindari menambah atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter. 

Beli Cefadroxil 500 mg Tablet Hexp di Sini

Nah, itulah beberapa obat bisul agar cepat kempes dan kering, serta tidak kambuh lagi. Beberapa obat tersebut termasuk dalam golongan obat keras sehingga tidak bisa dibeli dan digunakan sembarangan.

Umumnya, bisul bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa minggu. Namun, pada kasus yang parah memang perlu pengobatan. Bila bisul yang Anda alami semakin besar dan bertambah parah, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2021. Boils and Carbuncles. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/boils-and-carbuncles/symptoms-causes/syc-20353770. (Diakses pada 29 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan