Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Herbal Cina Legendaris yang Super Manjur!

Sejak dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa atau yang lebih dikenal dengan obat cina sudah dipercaya dan digunakan oleh orang tua, serta diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat herbal cina yang umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani, diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh. Terlebih jika digunakan dalam jangka panjang.

Masyarakat Indonesia sendiri masih percaya pada khasiat obat herbal. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya tukang jamu keliling, berbagai pengobatan alternatif tradisional (akupuntur), atau berbagai produk obat herbal cina yang beredar di pasaran.

Maraknya pengobatan tradisional China saat ini semakin berkembang pesat hingga membuat beberapa rumah sakit memutuskan untuk mengkombinasikan dengan teknologi kedokteran ala barat.

Fakta Obat Herbal Cina

harga obat cina

Obat-obatan herbal dibuat dari tumbuh-tumbuhan atau kombinasi dari ekstrak tumbuh-tumbuhan untuk mengobati penyakit atau menjaga kesehatan. Biasanya obat herbal dibuat dari bunga, daun,batang, akar, bahkan bijinya. Tak jarang, obat herbal juga memanfaatkan bahan-bahan hewani yang aman untuk tubuh. Kemudian bahan-bahan tersebut di proses dan dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, salep, minyak, atau minuman berbentuk teh.

Obat-obatan herbal merupakan salah satu jenis dari ragam pengobatan yang terkenal dari Negeri tirai bambu selain akupuntur.

Berikut adalah beberapa produk obat cina legendaris yang banyak dicari orang. Simak penjelasannya!

15 Obat Herbal Cina Legendaris

Berikut adalah berbagai obat herbal asal Cina yang bisa Anda coba:

1. Lo Han Kuo, mengatasi panas dalam serta memelihara kesehatan paru-paru

jual lo han kuo

 

Lo Han Kuo merupakan salah satu produk obat tradisional yang sampai saat ini masih banyak dicari orang untuk mengganti beragam gangguan pada saluran pernapasan. Terbuat dari sari buah lo han kuo yang dipadukan dengan cane sugar sehingga menghasilkan minuman sehat yang menyegarkan, menyejukan serta enak rasanya. Obat cina Lo Han Kuo berkhasiat mengatasi panas dalam, sariawan, meredakan batuk, sakit/ radang tenggorokan, membantu menghilangkan dahak, hingga menguatkan paru-paru. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu menyeduh 1 bungkus Lo Han Kuo dengan air panas.

Nama buah Lo Han Kuo mungkin terdengar asing, namun sebenarnya buah ini telah lama dikonsumsi selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional China. Buah yang berasal dari pegunungan China Selatan, dan dipercaya dapat membuat panjang umur. Sehingga tidak heran jika buah ini dikenal dengan buah ‘panjang umur’.


Kandungan Buah Lo Han Kuo ini memiliki tingkat kemanisan 300 kali lebih manis dari pada gula, tetapi tidak mengandung kalori, sehingga buah ini sangat baik untuk mengobati diabetes dan obesitas. Namun, perlu diperhatikan untuk Lo Han Kuo Infusion sendiri ada kandungan tambahan Cane Sugar (gula tebu) yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Luo Han Kuo mengandung vitamin C, salah satu nutri penting bagi imunitas tubuh. Memiliki sifat antioxidant yang sangat baik untuk melawan kanker dan membuang racun dalam tubuh melawan virus penyebab herpes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini dapat disajikan dingin maupun panas.

2. Pien Tze Huang, si rajanya obat cina

Pianzihuang atau Pien Tze Huang dalam bahasa Mandarin kira-kira berarti “Hanya dengan satu tablet dapat menyembuhkan peradangan”. Obat antibiotik ini sering dijuluki” raja obat” dan dicari banyak orang karena keampuhannya memelihara fungsi hati, dan mengatasi beberapa penyakit yang berhubungan dengan infeksi atau peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka operasi. Oleh karena itu obat ini telah menjadi pilihan utama bagi para pasien setelah menjalani operasi, baik besar maupun kecil.

Obat China Pien Tze Huang merupakan ramuan tradisional China yang diturunkan secara turun temurun dan sangat dijaga kerahasiaannya. Adapun khasiat lain dari obat Pien Tze Huang yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Membantu mempercepat penyembuhan akibat luka benda tajam dan luka dalam lainnya.
  • Mengobati hepatitis virus akut
  • Membantu melancarkan peredaran darah dan menghancurkan darah statis
  • Meredakan batuk berdahak, radang tenggorokan, sariawan, dll.
  • Melawan infeksi akibat bakteri.


Terbuat dari bahan hewani yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seperti batu empedu sapi (Niu Huan), kantung sekresi kijang (Mochus), dan empedu ular.

Pien tze huag dapat disajikan dengan cara ditumbuk atau di blender hingga menjadi bubuk halus. Kemudian di masukan ke dalam 5-6 kapsul kosong sehingga lebih mudah untuk diminum.

3. Yunnan Baiyao, obat pertolongan pertama pada pendarahan

obat cina untuk pendarahan

Yunnan Baiyao dikenal sebagai obat pertolongan pertama akibat pendarahan. Obat herbal ini telah dikenal luas dan banyak digunakan di Asia selama bertahun- tahun. Khasiat Yunnan Baiyao yang paling utama bagus untuk mengobati segala jenis luka luar, menghilangkan nyeri, bengkak, memar, mengobati patah tulang yang diakibatkan luka jatuh atau terpukul, serta menghentikan pendarahan.

Asal kemunculan produk Yunnan Baiyao pertama kali ditemukan oleh Dr. Qu Huangzahang di Yunnan, China. Obat ini menjadi sangat terkenal semenjak dipakai pada Perang Dunia ke-2 ketika Jepang menginvasi China.

Yunnan Baiyao diproduksi oleh Yunnan Baiyao Group, yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka dan telah diakui eksistensinya. Merek dagang Yunnan Baiyao diakui sebagai salah satu merek dagang yang telah diakui secara global.

4. Tian Wang Bu Xin Wan, mengobati insomnia

obat cina untuk insomnia

 

Obat ini banyak digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, membantu menyehatkan fungsi ginjal, dan membantu menenangkan pikiran. Banyak digunakan untuk orang yang mengalami gangguan kesehatan seperti insomnia, jantung berdebar, pelupa dan gelisah. Bisa juga digunakan untuk wanita menopause dengan gejala insomnia, gelisah, emosi yang nggak stabil, dan depresi.

Tian Wang Bu Xin Wan sudah digunakan sejak zaman dinasti Ming. Obat ini terbuat dari berbagai macam bahan-bahan herbal yang aman dikonsumsi tanpa adanya efek samping. Formulasi obat ini pertama kali dituliskan oleh Hong Ji In dalam bukunya She Sheng Mipou pada tahun 1638. Tian Wang Bu Xin Wan sangat cocok untuk penderita yang mengalami gangguan aliran darah kurang lancar akibat faktor keturunan, istirahat yang kurang, kelelahan, peredaran darah yang tidak lancar, dll.


Baca juga: Obat Tidur Alami dan Aman untuk Atasi Insomnia

5. Die Da Yao Jing, mengobati luka bakar dan infeksi

jual obat merah cina

 


Die Da Yao Jing merupakan produk obat luar yang sudah terkenal di pasaran sejak ratusan tahun yang lalu. Produk obat merah yang ampuh mengobati luka lecet, luka memar, luka terjatuh, luka benda tajam, mencegah pendarahan sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

Jika digunakan sebagai pengobatan pendarahan, peradangan, pembengkakan, dan pembersihan infeksi pada luka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu luka menggunakan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada luka kemudian tempelkan die da yao jing menggunakan kapas 3-4 kali sehari sampai luka sembuh. Sedangkan untuk pengobatan luka dalam seperti keseleo, bengkak, atau otot ketarik, Ada cukup mengoleskan obat ini secukupnya pada bagian yang sakit, lalu pijat pelan-pelan.

6. Fufang Ejiao Jiang, menambahkan trombosit dan hemoglobin dalam darah

harga Fufang Ejiao Jiang

 

Obat ini berbentuk cairan berwarna coklat dengan rasa manis. Fufang Ejiao Jiang, terkenal khasiatnya untuk membantu mempercepat pemulihan setelah sakit demam berdarah, baik digunakan pasien kemoterapi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta cocok digunakan wanita untuk melancarkan darah haid yang tidak teratur.

7. Four season medicated oil, mengatasi masuk angin

 minyak angin cina

 

Four season medicated oil telah lama digunakan sebagai pengobatan gejala masuk angin yang praktis. Obat ini berbentuk minyak yang berfungsi untuk menghilangkan gejala sakit kepala, flu, diare, sakit perut hingga gatal-gatal akibat gigitan serangga. Selain itu Four Season Medicated Oil seringkali digunakan untuk mengatasi pegal-pegal dan nyeri otot. Memiliki aroma yang menyegarkan sehingga membuat nafas menjadi lebih lega.

Dikemas dalam botol kecil yang praktis dan mudah dibawa serta dapat digunakan kapan saja. Kandungannya menggunakan bahan herbal alami sehingga aman digunakan ibu hamil dan menyusui.

8. Zheng Gu Shui, penyembuhan retak tulang dan keseleo

Harga Zheng Gu Shui

 

Zheng Gu Shui secara harfiah diartikan sebagai obat patah tulang dalam bahasa China. Formula ini dibuat oleh Sinshe terkenal dicina lebih dari 500 tahun lalu yang banyak digunakan untuk pengobatan tulang retak, patah tulang, memar akibat benturan, keseleo pada saat olah raga, sakit rematik dan luka akibat pertempuran. Sampai dengan hari ini obat ini sudah banyak sekali digunakan oleh praktisi kedokteran untuk mengobati semua jenis luka akibat olahraga, kecelakaan kendaraan bermotor, dan cedera lainnya.

Obat gosok murni Zheng Gu Shui ini dapat bekerja dengan cepat. Sangat cocok untuk dibawa saat berolahraga. Penggunaan obat ini tidak merusak kulit asalkan tidak terdapat luka terbuka pada tubuh.

9. Liu Wei Di Huang Wan, memperkuat ginjal dan melancarkan buang air kecil

obat rematik cina

Liu Wei Di Huang (6 obat tanaman Rehmannia) adalah salah satu dari 10 ramuan obat tradisional yang sangat terkenal china kuno. Saat ini Liu Wei Di Huang dikenal dengan khasiatnya untuk membantu memperkuat fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ vital bagi setiap manusia, oleh sebab itu mengapa ginjal harus dijaga.


Liu Wei Di Huang memiliki khasiat lain seperti mengatasi badan lemas, membantu mengurangi sering buang air kecil pada malam hari, menjaga stamina tubuh dan meringankan diabetes.

10. Golden Throat Lozenges, meredakan gejala tenggorokan

Golden Throat Lozenges

 

Golden Throat Lozenges adalah permen obat pereda sakit tenggorokan yang dibuat dengan kandungan bahan-bahan herbal sehingga mampu menyegarkan nafas. Permen obat ini dapat juga digunakan untuk menghilangkan reak atau dahak. Formulanya dibuat khusus berdasarkan pengalaman ilmu kedokteran tradisional China dan terbuat dari bahan- bahan alami seperti Buah Luo Han, ekstrak semangka, Minyak Eucalyptus, Menthol Kristal, dan banyak lagi obat tradisional cina lainnya.

Produk ini diproses dengan teknik khusus yang dapat larut secara bertahap sehingga dapat bertahan lebih lama di dalam mulut dan tidak mudah mencair sehingga meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan obat tersebut untuk bekerja lebih lama sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

11. Buchang Xiangju Jiaonang, ampuh mengobati sinusitis

harga Xiangju Jiaonang

 

Xiangju Jiaonang adalah produk obat herbal China yang berkhasiat membantu mengobati sinusitis baik yang akut maupun kronis serta meringankan gejala sinusitis itu sendiri seperti; sakit kepala, demam, hidung tersumbat disertai dengan keluarnya cairan kuning kehijauan, serta nyeri pada wajah.

Kombinasi kandungan herbal dalam obat ini mempunyai efek analgesik, anti-inflamasi, anti virus, dan membentuk interferon (protein alami yang diproduksi sistem imun), yang bekerja menghambat perkembangan bakteri, virus, dan jamur pada rongga sinus sehingga membantu mengurangi infeksi yang terjadi di rongga sinus maupun rongga hidung.

12. Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao, koyo pereda nyeri

Tianhae Shexiang Zhuanggu Gao digunakan untuk Membantu melancarkan peredaran darah, merelaksasikan otot dan sendi yang tegang, serta meredakan rasa nyeri persendian, radang sendi, sakit pinggang, nyeri saraf, nyeri otot, keseleo, dan luka memar / kebentur. Cara pakainya sangatlah mudah. Tempelkan pada bagian yang sakit beberapa kali sehari.

13. Pil Po Chai, mengobati diare

pil po chai

Pil Po Chai yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun di Tiongkok ini kerap digunakan sebagai obat untuk mengobati perut mulas, diare, memadatkan feses, mengurangi mual dan muntah, asam lambung, keracunan makanan, perut kembung karena masuk angin dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan atau bagian usus lainnya.

14. Kingto Limontong Pei Pa Koa

obat batuk cina

 

Kingto Limontong adalah obat herbal yang bermanfaat untuk Membantu meredakan batuk, melegakan tenggorokan, mengencerkan dan mengeluarkan dahak kental, meredakan sesak napas akibat penumpukan dahak di paru-paru, serta mengurangi peradangan di saluran pernapasan.


Membersihkan paru-paru dari penumpukan dahak / lendir yang menghambat saluran pernapasan dengan cara merangsang tenggorokan untuk mengencerkan dahak agar tidak lengket sehingga mempermudah pengeluaran dahak dari saluran pernapasan. Dimana hal ini sangat efektif membantu mereka yang perokok, mengalami batuk berdahak, sesak napas akibat penumpukan dahak di paru-paru, serta gejala bronkitis dan pneumonia dalam mengeluarkan atau membersihkan dahak kental.

15. Raw Tienchi Tablets, menjaga kesehatan jantung

obat herbal sakit jantung

Raw Tienchi Tablet sendiri merupakan produk obat herbal China yang terbuat dari ekstrak akar Tienchi Ginseng dan dibentuk tablet. Khasiat obat ini yaitu untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, menormalkan tekanan darah, mengurangi kadar lemak darah (kolesterol) tinggi, serta menghentikan rasa nyeri dan pendarahan dalam akibat cedera.

Obat ini dapat dikonsumsi langsung atau bisa juga digerus dan dicampurkan pada teh, susu, sup, bubur ataupun berbagai jenis makanan dan minuman lainnya tanpa mengurangi citarasa dari makanan ataupun minuman itu sendiri. Selain itu hasil gerusannya juga bisa dioleskan pada luka untuk menghentikan pendarahan.

Obat ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah ke arteri koroner (arteri yang bertanggung jawab untuk mensuplai jantung dengan darah segar) dan meningkatkan konsumsi oksigen pada jantung. Dengan itu dapat membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi normal

Tips aman mengonsumsi obat herbal

jual obat cina

Sebagian besar bahan alami yang dijadikan obat herbal memang aman untuk dikonsumsi. Meski aman, obat herbal tetap berpotensi menyebabkan efek samping baik ringan maupun serius pada tubuh pada beberapa kasus. Agar terhindar dari bahayanya, berikut tips aman mengonsumsi obat herbal yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan membeli produk asli di apotek atau toko obat cina yang sudah terpercaya. Di era yang serba digital seperti sekarang ini sudah banyak apotek online yang jual obat cina dengan kualitas asli tentunya.
  • Pastikan produk obat herbal yang Anda beli telah terdaftar di BPOM RI.
  • Pangan lupa untuk cek tanggal kadaluwarsa.
  • Cek dengan teliti keaslian obat


Baca juga: Kenali Cara Membedakan Obat Herbal Asli dan Palsu

  • Ikuti semua petunjuk dan aturan pakai sesuai yang tertera pada leaflet atau kemasan produk.
  • Hubungi layanan konsumen produk jika ingin menanyakan informasi lebih lanjut terkait produk.Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat herbal yang Anda beli. (PK)

BPOM. Diakses pada Juni 2020. Laman BPOM. http://cekbpom.pom.go.id/

World Health Organization.Diakses pada 2020. Traditional medicine. http://www.who.int/mediacentre/ factsheets/fs134/en/

Mayoclinic. Diakses pada Mei 2020. Herbal supplements: What to know before you buy. http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/herbal-supplements/art-20046714?pg=1

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan