Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Herbal Cina Legendaris yang Super Manjur!

gambar obat herbal cina

Sejak dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa atau yang lebih dikenal dengan obat cina sudah dipercaya secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Yuk, simak beberapa produk obat cina legendaris yang banyak dicari orang dalam ulasan berikut!

Obat Herbal Cina Paling Banyak Dicari

Obat-obatan tradisional cina pada dasarnya berasal dari bahan tumbuhan (herba), tetapi pada pemrosesannya dapat melibatkan produk hewani atau mineral.

Bentuk obat bermacam-macam, mulai dari bubuk, tablet, bahkan cair. Perbedaan bentuk obat ini bergantung pada tumbuhan yang digunakan dan untuk tujuan apa.

Berikut adalah berbagai obat herbal asal Cina yang dapat Anda coba, di antaranya: 

1. Lo Han Kuo

Lo Han Kuo

Obat tradisional Lo Han kuo berkhasiat untuk mengatasi panas dalam, sariawan, meredakan batuk, sakit atau radang tenggorokan, membantu menghilangkan dahak, serta menyehatkan paru-paru. 

Produk ini tersedia dalam bentuk kotak blok yang di dalamnya terkandung sari buah Lo Han Kou serta tambahan gula tebu.

Lo Han Kuo (Fructus Momordicae) sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional Cina. Buah ini memiliki rasa yang manis dan sering dikonsumsi dalam bentuk teh.

Sama halnya dengan cara membuat teh, Anda hanya perlu melarutkan satu blok Lo Han Kuo ke dalam 100 ml air panas untuk mengonsumsi obat ini. Konsumsilah sebanyak dua kali dalam sehari.

Beli Lo Han Kuo Infusion 12S di Sini

2. Pien Tze Huang

Pien Tze Huang

Obat tradisional cina ini terbuat dari bahan hewani, yaitu batu empedu sapi (Niu Huan), kantung sekresi kijang (Mochus), dan empedu ular. Semua kandungan ini diketahui memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Pien Tze Huang dipercaya berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan infeksi atau peradangan. Oleh karena itu, obat ini banyak digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

Untuk mengonsumsi obat ini, Anda dapat menumbuk atau memblender obat hingga menjadi bubuk halus. Kemudian masukkan ke dalam 5-6 kapsul kosong untuk diminum.

Meskipun termasuk obat tradisional yang cenderung aman dikonsumsi, Pien Tze Huang sebaiknya tidak digunakan oleh wanita hamil. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu terkait keamanan penggunaan obat.

Beli Zhang Zhou Pien Tze Huang SSA di Sini

3. Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao

Obat tradisional Yunnan Baiyao terbuat dari bahan-bahan herbal yang berkhasiat untuk menghentikan pendarahan, baik luar maupun dalam.

Selain menghentikan pendarahan, obat ini umumnya juga digunakan untuk menghilangkan nyeri, bengkak, dan memar. 

Berbentuk kapsul, obat ini dapat diminum anak-anak hingga dewasa sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

Beli Yunnan Baiyao Box 16 Capsule di Sini

4. Die Da Yao Jing

Die Da Yao Jing

Dikenal sebagai obat merah cina, Die Da Yao Jing dapat mengobati luka lecet, luka memar, luka terjatuh, luka benda tajam, dan mencegah pendarahan serta terjadinya infeksi.

Perlu diketahui, obat ini hanya untuk pemakaian luar tubuh. Artinya, obat hanya digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang terluka. 

Oleskan secukupnya pada bagian yang sakit, lalu pijat pelan-pelan. Jika digunakan untuk mengobati luka infeksi, tempelkan Die Da Yao Jing dengan kapas sebanyak 3-4 kali sehari sampai luka sembuh. 

Beli Die Da Yao Jing 30 ml di Sini

5. Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang adalah obat tradisional penambah darah yang terbuat dari bahan-bahan herbal berkualitas tinggi. Obat ini berbentuk cairan berwarna coklat dengan rasa manis. 

Fufang Ejiao Jiang terkenal khasiatnya untuk membantu mempercepat pemulihan setelah sakit demam berdarah dan baik digunakan oleh pasien kemoterapi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, obat tradisional cina ini cocok digunakan oleh wanita untuk melancarkan haid yang tidak teratur.

Beli Fufang Ejiao Jiang 20ml di Sini

6. Four Season Medicated Oil

Four Season Medicated Oil

Four Season Medicated Oil merupakan obat tradisional berbentuk minyak yang mampu menghilangkan gejala sakit kepala, flu, diare, sakit perut, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Obat ini terbuat dari bahan-bahan alami dengan aroma yang menyegarkan dan aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Penggunaan produk ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini pada bagian tubuh yang sakit atau tidak nyaman.

Beli Four Season Medicated Oil 12 ml di Sini

Beli Four Season Medicated Oil 20 ml di Sini

Beli Four Season Medicated Oil 40 ml di Sini

7. Golden Throat Lozenges

Golden Throat Lozenges

Golden Throat Lozenges merupakan permen pereda sakit tenggorokan yang dibuat dengan bahan-bahan alami untuk menyegarkan napas.

Produk ini mengandung buah Luo Han, ekstrak semangka, minyak eucalyptus, menthol kristal, dan berbagai bahan tradisional lain. Obat ini tidak hanya dapat meredakan sakit tenggorokan, tetapi juga dapat menghilangkan dahak. 

Keunggulan dari produk ini adalah dibuat dengan teknik khusus yang dapat larut secara bertahap sehingga tidak mudah cair di mulut. 

Beli Golden Throat Lozenges 12S di Sini 

8. Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao

Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao

Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao merupakan koyo herbal cina yang memiliki beragam khasiat untuk tubuh, seperti:

  • Melancarkan peredaran darah.
  • Merelaksasikan otot dan sendi yang tegang.
  • Mengatasi radang sendi.
  • Meredakan rasa nyeri persendian, sakit pinggang, nyeri saraf, nyeri otot, keseleo, dan luka memar. 

Koyo ini terbuat dari bahan-bahan herbal sehingga memiliki aroma khas yang mampu memberikan sensasi hangat pada kulit.

Cara pakai produk ini sangat mudah, yaitu dengan menempelkan produk pada bagian yang sakit.

Beli Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao di Sini

9. Tian Wang Bu Xin Wan

Tian Wang Bu Xin Wan

Obat ini banyak digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan fungsi ginjal, dan membantu menenangkan pikiran.

Tian Wang Bu Xin Wan merupakan obat yang cocok untuk yang mengalami gangguan kesehatan, seperti insomnia, jantung berdebar, mudah lupa, dan gelisah. 

Obat tradisional ini terbuat dari bahan-bahan-bahan herbal sehingga aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Beli Tian Wang Bu Xin Wan di Sini

10. Zheng Gu Shui

Zheng Gu Shui

Zheng Gu Shui adalah obat gosok murni yang memiliki khasiat untuk mengobati tulang yang retak dan patah, memar, luka, hingga masalah rematik. 

Anda juga dapat mengoleskan obat sebagai minyak gosok untuk melancarkan sirkulasi darah dan meredakan kelelahan sebelum atau setelah berolahraga.

Meskipun aman untuk kulit, obat ini sebaiknya tidak digunakan pada luka terbuka.

Beli Zheng Gu Shui 30 ml di Sini

11. Liu Wei Di Huang

Liu Wei Di Huang

Liu Wei Di Huang dikenal dengan khasiatnya untuk memperkuat fungsi ginjal, mengatasi badan lemas, dan meringankan gejala diabetes.

Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk membantu melancarkan buang air kecil dan menjaga stamina tubuh.

Obat ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga cenderung aman untuk dikonsumsi. Namun, ibu hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya.

Beli Liu Wei Di Huang di Sini

12. Buchang Xiangju Jiaonang

Buchang Xiangju Jiaonang

Jika Anda punya riwayat sinusitis baik akut maupun kronis, obat herbal cina Buchang Xiangju Jiaonang adalah salah satu obat yang tepat untuk dicoba. 

Kombinasi herbal di dalam obat ini memiliki efek analgesik, antivirus, serta antiinflamasi yang bekerja dengan menghambat perkembangan bakteri, virus, maupun jamur pada rongga sinus. 

Jika Anda penderita hipertensi atau diabetes, sebaiknya hati-hati dalam menggunakan obat ini. Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Selain itu, Buchang Xiangju Jiaonang tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui.

Beli Buchang Xiangju Jiaonang 24S di Sini

13. Kingto Limontong Pei Pa Koa

Kingto Limontong Pei Pa Koa

Kingto Limontong merupakan obat tradisional cina yang dapat membantu mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. 

Selain itu, obat ini mampu meredakan batuk, mengurangi peradangan, serta meredakan sesak napas akibat penumpukan dahak di paru-paru. 

Obat ini cukup diminum 2-4 kali sehari sebanyak 15 ml. 

Beli Kingto Limontong Pei Pa Koa 150 ml di Sini

14. Raw Tienchi Tablets

Raw Tienchi Tablets

Raw Tienchi Tablet merupakan produk obat cina yang terbuat dari ekstrak akar Tienchi Ginseng dan dibentuk tablet. 

Khasiat obat ini yaitu untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, menormalkan tekanan darah, mengurangi kadar lemak darah (kolesterol) tinggi, serta menghentikan rasa nyeri dan pendarahan dalam akibat cedera.

Selain bisa diminum langsung, Raw Tienchi aman dicampurkan pada makanan atau minuman hangat tanpa mengurangi cita rasa. 

Beli Raw Tienchi Tablets di Sini

15. Lian Hua Qing Wen Jiaonang

Lian Hua Qing Wen Jiaonang

Lian Hua Qin Wen Jiaoang adalah obat herbal alami yang memiliki sifat antivirus. Obat ini dapat membantu meringankan gejala influenza, seperti demam, tenggorokan kering, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Salah satu kandungan di dalamnya, yaitu Dryoptesis Crassirhizomatis Rhizoma, sudah terbukti dalam mengurangi dan mencegah penyebaran virus influenza di dalam tubuh.

Selain itu, beberapa kandungan lainnya diketahui berkhasiat meningkatkan sistem imun, membersihkan racun, sekaligus menurunkan demam dan mengurangi nyeri.

Beli Lian Hua Qing Wen Jiaonang Isi 24 Capsule di Sini

Nah, itulah beberapa obat herbal cina yang sudah sejak lama diketahui dan dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Sekalipun obat herbal cenderung aman digunakan, tetaplah berhati-hati dalam menggunakannya. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Chat dokter rekanan Farmaku untuk kemudahan konsultasi. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga:

Anonim. 2014. Chinese Herbal Medicine. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/chinese-herbal-medicine. (Diakses pada 24 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan