Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Diare Terbaik untuk Dewasa di Apotek

gambar obat diare

Diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar lebih dari 3 kali sehari. Gejalanya berupa feses cair atau lembek, nyeri dan kram perut, tidak nafsu makan, merasa haus, dan nyeri kepala. Di artikel ini Farmaku merangkum beberapa merek obat diare di apotek yang bisa FarmaFriends coba!

Obat Diare Terbaik Tersedia di Apotek

Diare dapat disembuhkan, salah satu caranya adalah dengan konsumsi obat diare. 

Berikut ini daftar obat diare untuk dewasa yang dapat membantu menghentikan buang air besar secara berlebih. Yuk, simak pembahasanya di sini!

1. Neo Entrostop

Neo Entrostop

Obat diare dewasa yang diformulasikan dengan kandungan pektin dan attapulgite ini dapat membantu mengobati diare. Entrostop mengobati diare dengan cara menyerap bakteri atau racun penyebab diare dengan mengeluarkan feses, lalu menghentikan diare.

Kandungan attapulgite yang bertugas untuk menyerap bakteri dan racun. Sedangkan Pektin berfungsi untuk mengubah konsistensi tinja agar bentuknya menjadi lebih padat.

Dosis Neo Entrostop dewasa adalah 2 tablet setiap setelah buang air besar dengan maksimum 12 tablet per 24 jam. Mohon konsultasi ke dokter bila diare berlanjut.

Beli Neo Entrostop Strip di Sini

2. Diapet

Diapet

Obat ini diformulasikan dengan kandungan Psidii guajavae folium, Punicae granati pericarpium, dan Curcumae domesticae rhizoma. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi rasa mulas, mengatasi diare dan mencret, serta memadatkan feses yang cair.

Meski tergolong obat bebas, namun obat ini harus digunakan sesuai dosis yang tepat, yaitu dua kali sehari sebanyak dua kapsul setiap kali minum. 

Beli Diapet Strip di Sini

3. Neo Kaolana

Neo Kaolana

Obat Neo kaolana dapat digunakan untuk mengobati sakit diare yang penyebabnya belum diketahui secara jelas. Neo Kaolana mengandung kombinasi zat aktif, yaitu pektin dan kaolin.

Kandungan tersebut bekerja dengan cara mengubah kepadatan feses tanpa menghilangkan elektrolit yang ada di dalam tubuh serta menyerap pemicu diare di usus.

Bagi Anda yang sering berwisata kuliner ke tempat-tempat baru, sebaiknya selalu sediakan obat ini di tas untuk mengatasi penyakit diare traveler.

Beli Nao kaolana di Sini

4. Norit Obat Diare

Norit Obat Diare

Norit Obat Diare mengandung activated charcoal atau karbon aktif yang dapat membantu mengatasi diare. Kandungan karbon aktif ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diaktifkan secara kimia.

Obat ini bekerja dengan cara membuang bakteri di lambung dan menyerap racun dari pencernaan. 

Norit masuk dalam golongan jamu, sehingga tidak butuh resep dokter untuk mengkonsumsinya.

Beli Norit Tube di Sini

5. Tay Pin San

Tay Pin San

Obat herbal satu ini dapat digunakan untuk membantu mengobati diare dengan cara memadatkan feses dan mengurangi frekuensi buang air besar.

Tay Pin San juga dapat membantu mengobati perut kembung dan meredakan sakit perut. Obat diare Tay Pin San dikemas dalam bentuk sachet dan dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat.

Beli Tay Pin San di Sini

6. Diatab

Diatab

Diatab dapat mengikat asam, zat beracun, bakteri, atau kuman yang menjadi penyebab diare, mengurangi frekuensi BAB, serta memperbaiki konsistensi feses yang encer.

Selama mengonsumsi obat ini, pastikan tidak mengonsumsi minuman manis, bersoda, berkafein, atau beralkohol, karena efeknya berlawanan dengan kerja obat ini.

Beli Diatab Strip 4 Tablet di Sini

7. Imodium

Imodium

Obat diare Imodium diperkaya dengan kandungan loperamide HCl. Imodium dapat bekerja dengan cara memperlambat kinerja usus, sehingga pencernaan makanan dapat bekerja lebih lama agar feses tidak cair.

Obat ini juga dapat membantu mengurangi jumlah air dan elektrolit menuju ke usus. 

Imodium tergolong ke dalam obat keras, sehingga sebelum membeli produk ini, diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Beli Imodium Tab di Sini

8. Oralit

Oralit

Larutan oralit adalah serbuk yang terdiri dari campuran glukosa anhidrat, natrium klorida, kalium klorida, dan natrium bikarbonat sebagai pertolongan pertama diare dan mencegah dehidrasi saat diare.

Larutan ini dapat digunakan untuk membantu menggantikan cairan yang hilang dan elektrolit yang diakibatkan diare. 

Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat menuangkan satu bungkus oralit ke dalam 200 ml air matang.

Beli oralit di Sini

Nah, itulah beberapa daftar obat diare di apotek yang bisa Anda dapatkan untuk meredakan gejala diare. 

Apabila diare yang Anda alami tidak kunjung membaik, Anda perlu melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2023. Diarrhea. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/symptoms-causes/syc-20352241. (Diakses pada 5 Desember 2023).

Sumber

Artikel Lainnya