Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh dan Tersedia di Apotek!

Obat Gatal Pada Kulit

Rasa gatal pada kulit kerap membuat jengkel dan mengganggu aktivitas bahkan tidur Anda di malam hari. Untungnya, Anda bisa menggunakan obat gatal kulit untuk mengatasinya.

Sebelum diobati, ada baiknya FarmaFriends cari tahu terlebih dahulu penyebab gatal pada kulit. Gatal-gatal pada kulit bisa karena berbagai hal. Misal karena kulit kering, alergi, gigitan serangga, terpapar zat iritan, penyakit kulit kronis hingga kondisi medis tertentu. Kondisi ini terkadang juga disertai dengan munculnya gejala lain seperti ruam, kulit kering, dan bersisik hingga bentol-bentol.

Pilihan Obat Gatal Kulit di Apotek

Pada dasarnya, penggunaan obat gatal pada kulit ditujukan untuk membantu meringankan rasa gatal yang ditimbulkan. Kalau disebabkan oleh kulit kering dan bersisik, rasa gatal cukup ditangani dengan rajin menggunakan pelembap kulit atau body lotion tentunya yang aman. Terutama jika Anda memiliki jenis kulit sensitif. Jika digigit serangga, lebih baik menggunakan obat gatal salep.

Tetapi, bila masalah kulit dirasa tidak kunjung hilang meski sudah dikrompres atau perawatan rumah lainnya, Anda mungkin memerlukan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter yang umumnya mengandung calamine, kortikostiroid, atau antihistamin. Yuk, cek daftar obat gatal-gatal pada kulit yang bisa kamu beli di apotik berikut ini!

1. Antihistamin

Apabila penyebab gatal pada kulit yang Anda alami karena alergi, maka Anda bisa cari obat gatal pada kulit di apotek berupa Antihistamin.

Beberapa obat jenis antihistamin yang ampuh di apotek seperti loratadine, fexofenadine dan cetirizine yang berisiko rendah. Namun ada pula yang berisiko menyebabkan kantuk seperti chlorpheniramine, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi obat tersebut saat malam hari.

2. Krim Pelembap

Obat gatal pada kulit lainnya adalah krim pelembap. Krim pelembap dapat membantu kulit terhidrasi dengan baik sehingga kondisi kulit kering dapat diatasi. Anda juga dapat mengoleskan krim pelembap setelah mandi saat kondisi kulit masih lembab.

3. Obat Oles Non-Steroid

Obat sediaan topikal seperti krim, lotion, atau gel juga bisa Anda temukan dengan mudah di apotik secara bebas tanpa resep dokter. Beberapa obat yang dapat mengatasi gatal diantaranya lotion atau krim yang mengandung calamine, menthol, atau pramoxine.

Umumnya, obat dengan kandungan tersebut efektif meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi, gigitan serangga, atau biang keringat.

4. Kortikosteroid

Pengobatan menggunakan obat kortikosteroid bisa Anda lakukan untuk mengobati kondisi gatal sekaligus mengurangi peradangan pada kulit seperti gigitan serangga, dermatitis, hingga eksim. Tersedia dalam bentuk tablet dan krim hydrocortisone. Obat ini tergolong keras, sehingga dalam penggunaanya memerlukan resep dokter.

5. Antibiotik

Antibiotik diperlukan jika Anda mengalami gatal akibat infeksi bakteri pada kulit. Penggunaan obat antibiotik sebagai obat gatal-gatal pada kulit harus sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat dalam sediaan oral (minum) atau mungkin oles.

6. Antidepresan

Sertraline, fluoxetine, dan citalopram termasuk golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal. Sebetulnya, obat ini dikhususkan untuk pengobatan rasa gatal akibat kelainan saraf.

Namun, efek melemahkan sensor gatal pada tubuh yang dimiliki obat tersebut dapat membantu mengurangi berbagai jenis gatal pada kulit. Meski begitu, penggunaan obat gatal yang satu ini harus dalam pengawasan dokter.

7.  Obat Gatal Herbal

Selain obat medis, ada pula obat herba yang dipercaya dapat membantu meredakan gatal pada kulit, contohnya minyak essensial. Penggunaan minyak essensial seperti eucalyptus, lavender, atau tea tree oil umumnya untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Walau mudah didapat, efektivitas obat-obatan herba dalam mengatasi gatal belum dapat dipastikan.

Tips Memilih Obat untuk Gatal pada Kulit

  • Hindari zat-zat pemicu gatal bila Anda sudah mengetahui penyebab gatal sebelumnya (detergen, debu, sabun, dsb)
  • Gunakan pelembap kulit untuk mencegah kulit kering.
  • Tidak menggaruk area yang gatal, karena dapat menghambat proses penyembuhan, menyebabkan infeksi hingga berisiko menimbulkan kondisi yang lebih buruk.

Nah itu dia beberapa pilihan obat kulit gatal di apotek yang dikenal ampuh dan efektif. Pastikan Anda lebih jelas mengetahui penyebab gatal terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengikuti dosis penggunaan dengan tepat agar tidak timbul komplikasi ya FarmaFriends!

1. Mayo Clinic. 2021. Itchy skin (pruritus). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006. (Diakses pada 8 September 2021).
2. University of Illinois. 2020. Popular Over-the-Counter Oral Antihistamine Brands. https://www.healthline.com/health/allergies/antihistamine-brands. (Diakses pada 8 September 2021).
3. Web MD. 2021. Cortisone Cream. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-145116/cortisone-hydrocortisone-topical/details. (Diakses pada 8 September 2021).
4. Web MD. 2021. Your Skin, Pruritus, and Itching. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/skin-conditions-pruritus. (Diakses pada 8 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan