Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh dan Tersedia di Apotek

Obat Gatal Pada Kulit

Rasa gatal yang terjadi pada tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini sering kali membuat Anda tanpa sadar menggaruk area yang gatal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meredakan gangguan tersebut adalah dengan menggunakan obat gatal kulit.

Pilihan Obat Gatal Kulit di Apotek

Pada dasarnya, pemberian obat harus sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa pilihan jenis obat yang membantu menghilangkan gatal, di antaranya:

1. Caladine Lotion

gambar caladine lotion

Caladine lotion mengandung calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine HCl. Produk ini dapat mengobati gatal akibat udara panas, biang keringat, dan gigitan serangga.

Penggunaan produk ini cukup dengan mengoleskan pada bagian kulit yang gatal setelah mandi pada pagi dan sore.

Beli Caladine Lotion di Sini

2. Hydrocortisone Cream

gambar hydrocortisone 1%

Hydrocortisone cream merupakan salep untuk mengobati kondisi kulit, seperti alergi, dermatitis, dan ruam kulit. Obat ini dapat mengurangi gejala peradangan, seperti nyeri dan pembengkakan.

Hydrocortisone bekerja dengan menurunkan respon sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan berlebih.

Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Hydrocortisone Cream di Sini

3. Kenacort-A 0,1% Cream

gambar kenacort A 0,1%

Kenacort-A 0,1% Cream mengandung triamcinolone, dan termasuk ke dalam golongan kortikosteroid. Obat ini berguna untuk mengurangi peradangan serta mengobati gatal-gatal, kemerahan, dan kekeringan pada kulit.

Tergolong ke dalam obat keras, penggunaan obat gatal kulit ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Kenacort A 0,1% Cream di Sini

4. Alleron

gambar alleron 4 mg

Alleron dapat mengobati berbagai alergi pada kulit dan saluran pernapasan bagian bawah.

Kandungan chlorpheniramine maleate dalam obat ini bertindak sebagai antihistamin yang berfungsi menghambat pemicu reaksi alergi.

Obat ini termasuk obat bebas sehingga penggunaannya tidak membutuhkan resep dokter. Namun, dalam konsumsi obat ini sebaiknya sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan.

Beli Alleron di Sini

5. Cetirizine

gambar cetirizine 10 mg

Cetirizine merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai macam alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit. Obat gatal ini bekerja dengan mengurangi efek reaksi alergi yang dikeluarkan oleh tubuh.

Tergolong ke dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini antara lain: sakit kepala, mulut kering, mengantuk, dan gangguan pencernaan ringan.

Beli Cetirizine di Sini

6. Caladine Cream

gambar caladine cream

Caladine Cream dapat membantu mengatasi gatal akibat gigitan serangga akibat kandungan calamine dan champora di dalamnya. Produk ini juga mengandung menthol yang dapat memberikan sensasi dingin serta zinc oxide sebagai antiseptik ringan.

Produk ini cocok digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit akibat gigitan serangga, sengatan matahari, dan biang keringat.

Beli Caladine Cream di Sini

7. Orphen

Orphen adalah obat dengan kandungan chlorpheniramine maleate yang merupakan zat antihistamin untuk mengatasi reaksi alergi. Obat ini dapat meredakan gejala alergi, seperti bersin-bersin, gatal pada kulit, pilek, dan mata berair.

Selain itu, obat ini juga dapat meredakan alergi kulit seperti biduran dan gatal karena gigitan serangga.

Obat gatal Orphen termasuk golongan obat bebas sehingga tidak membutuhkan resep dokter. Namun, sebaiknya tetap mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Nah, itu dia beberapa pilihan obat gatal pada kulit yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Jangan lupa konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda tidak mengetahui dengan jelas penyebab rasa gatal. Selain itu, hindari menggaruk area yang gatal agar proses penyembuhan lebih cepat dan risiko infeksi menjadi lebih rendah.

1. Mayo Clinic. 2021. Itchy skin (pruritus). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006. (Diakses pada 8 September 2021).
2. University of Illinois. 2020. Popular Over-the-Counter Oral Antihistamine Brands. https://www.healthline.com/health/allergies/antihistamine-brands. (Diakses pada 8 September 2021).
3. Web MD. 2021. Cortisone Cream. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-145116/cortisone-hydrocortisone-topical/details. (Diakses pada 8 September 2021).
4. Web MD. 2021. Your Skin, Pruritus, and Itching. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/skin-conditions-pruritus. (Diakses pada 8 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan