Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Gatal yang Ada di Apotek, dari Sediaan Oral hingga Topikal

gambar obat gatal kulit

Rasa gatal yang terjadi pada tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini sering kali membuat Anda tanpa sadar menggaruk area yang gatal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meredakan gangguan tersebut adalah dengan menggunakan obat gatal kulit.

Pilihan Obat Gatal Kulit di Apotek

Gatal-gatal di kulit alias pruritus bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya eksim, alergi, biang keringat, kulit kering, gigitan serangga, hingga infeksi pada kulit.

Tergantung pemicunya, gejala yang dirasakan akan berbeda-beda. Selain rasa gatal, penderita juga dapat mengalami kulit kasar, meradang, hingga terdapat benjolan.

Pemberian obat untuk mengatasi rasa gatal pada kulit juga harus sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Berikut ini beberapa jenis obat yang membantu mengurangi rasa gatal, di antaranya:

1. Cetirizine

Cetirizine

Cetirizine merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai macam alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit. Obat ini bekerja dengan mengurangi efek reaksi alergi yang dikeluarkan oleh tubuh.

Tergolong ke dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek samping yang bisa ditimbulkan antara lain: sakit kepala, mulut kering, mengantuk, dan gangguan pencernaan ringan.

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Hexp di Sini

2. Incidal

Incidal

Selain keluhan gatal, Incidal dapat membantu meredakan gejala berbagai alergi. Cetirizine yang terkandung di dalamnya bertindak sebagai antihistamin yang mampu mengurangi efek reaksi alergi pada tubuh.

Incidal adalah obat keras dan hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Waspadai juga efek samping berupa mulut kering, gangguan lambung, pusing, dan reaksi kulit.

Beli Incidal OD 10 mg Capsule di Sini

3. Cerini

Cerini

Cerini adalah obat untuk mengobati berbagai jenis alergi, seperti rhinitis alergi, rhinitis parenial, dan urtikaria idiopatik kronis.

Kandungan cetirizine di dalamnya bekerja dengan cara mengurangi efek reaksi alergi (histamin).

Cerini tergolong obat keras sehingga tidak bisa digunakan tanpa resep dokter. Selain itu, waspadai efek samping obat yang kemungkinan dapat terjadi, seperti pusing, mulut kering, dan insomnia.

Beli Cerini 10 mg Tablet di Sini

4. Alleron

Alleron

Alleron dapat mengobati berbagai alergi pada kulit dan saluran pernapasan bagian bawah. Kandungan chlorpheniramine maleate dalam obat ini bertindak sebagai antihistamin yang berfungsi menghambat pemicu reaksi alergi.

Obat ini termasuk obat bebas sehingga penggunaannya tidak membutuhkan resep dokter. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan petunjuk yang ada pada kemasan.

Beli Alleron 4 mg Strip 10 Tablet di Sini

5. Dextamin

Dextamin

Dextamin adalah untuk mengatasi sejumlah keluhan yang berhubungan dengan peradangan dan alergi.

Kandungan dexamethasone di dalamnya bekerja dengan menekan peradangan, sedangkan dexchlorpheniramine dapat membantu meredakan alergi.

Dextamin adalah obat keras sehingga hanya dapat digunakan atas petunjuk dan resep dokter.

Beli Dextamin Tablet di Sini

6. Heptasan

Heptasan

Heptasan adalah obat kulit gatal yang ditimbulkan akibat alergi. Obat ini mengandung antihistamin cyproheptadine yang bekerja dengan menghambat efek histamin yang menimbulkan reaksi alergi.

Heptasan dapat digunakan beberapa kondisi alergi, seperti rhinitis vasomotor, alergi dingin (urtikaria dingin), dan pruritus.

Beli Heptasan 4 mg Tablet di Sini

7. Histapan

Histapan

Histapan adalah obat yang dapat membantu meredakan reaksi alergi, termasuk yang memicu gatal-gatal pada kulit.

Obat ini mengandung mebhydrolin napadisylate yang bermanfaat untuk meredakan sejumlah reaksi alergi, mulai dari kulit gatal, biduran, alergi makanan, alergi obat, hingga hay fever.

Histapan termasuk obat keras sehingga hanya bisa digunakan jika dokter memang meresepkannya.

Beli Histapan 50 mg Tablet di Sini

8. Loratadine

Loratadine

Loratadine merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi berbagai gejala akibat alergi, seperti ruam kulit, hidung tersumbat, pilek, dan bersin-bersin.

Obat ini mengandung bahan aktif loratadine yang bekerja dengan cara menghambat zat histamin pemicu reaksi alergi.

Loratadine tergolong obat keras sehingga penggunaannya harus berdasarkan petunjuk dan resep dokter.

Beli Loratadine 10 mg Tablet Novell di Sini

Beli Loratadine 10 mg Tablet Hexp di Sini

9. Colergis

Colergis

Colergis adalah obat untuk mengatasi gatal pada kulit, serta meredakan berbagai keluhan alergi lainnya yang membutuhkan terapi kortikosteroid.

Colergis memiliki dua bahan aktif di dalamnya: betamethasone maleate dan dexchlorpheniramine maleate.

Betamethasone bekerja dengan cara menghambat pelepasan zat kimia yang mengakibatkan reaksi peradangan. Sementara itu, dexchlorpheniramine maleate bertugas memblokir histamin yang diproduksi tubuh saat reaksi alergi berlangsung.

Obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga hanya bisa digunakan dengan resep dokter.

Beli Colergis Tablet di Sini

10. Claritin

Claritin

Obat alergi gatal selanjutnya adalah Claritin. Obat ini mengandung loratadin, turunan dari piperidin sehingga termasuk ke dalam antihistamin non-sedatif.

Loratadin di dalamnya bekerja dengan menghambat histamin, pemicu reaksi alergi pada tubuh.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah gejala akibat alergi, seperti masalah kulit, hidung berair, bersin-bersin, serta mata dan hidung terasa gatal.

Claritin tergolong obat keras, jadi hanya dapat digunakan atas anjuran dan resep dokter.

Beli Claritin 10 mg Tablet di Sini

11. Ocuson

Ocuson

Ocuson adalah obat gatal gatal yang dapat digunakan atas anjuran dokter. Obat ini dapat membantu meredakan gejala alergi pada kulit yang membutuhkan terapi kortikosteroid.

Kandungan betamethasone di dalamnya bertindak sebagai senyawa alami pereda bengkak dan kemerahan. Di sisi lain, dexchlorpheniramine maleate mampu menghambat histamin yang diproduksi tubuh pada saat reaksi alergi terjadi.

Penggunaan Ocuson dapat dikombinasikan dengan obat kulit lainnya.

Beli Ocuson Tablet di Sini

12. Caladine Lotion

Caladine Lotion

Caladine lotion mengandung calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine HCl. Produk ini dapat mengobati gatal akibat udara panas, biang keringat, dan gigitan serangga.

Penggunaan produk ini cukup dengan mengoleskan pada bagian kulit yang gatal setelah mandi pada pagi dan sore.

Beli Caladine Lotion 60 ml di Sini

13. Bedak Salicyl KF

Bedak Salicyl KF

Bedak Salicyl KF dapat digunakan untuk meredakan gatal akibat biang keringat. Bedak ini mengandung senyawa aktif asam salisilat, yang mampu meredakan berbagai masalah kulit, seperti kemerahan, ruam, atau gatal. 

Anda cukup menaburkan bedak dan mengusapnya pada kulit yang gatal saja. Selain itu, Anda disarankan untuk menggunakan bedak ini setelah mandi. 

Beli Bedak Salicyl 2% KF 60 gr di Sini

14. Herocyn Powder

Herocyn Powder

Bedak ini juga dapat membantu meredakan rasa gatal ringan pada kulit, seperti akibat biang keringat. Kandungan camphor dan menthol dalam obat ini dapat memberikan sensasi dingin pada permukaan kulit, sehingga gatal pun berkurang.

Herocyn powder dapat digunakan oleh segala usia, dari anak-anak hingga dewasa. Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pada bagian kulit yang gatal.  

Beli Herocyn Powder 85 gr di Sini

15. Hydrocortisone Cream

Hydrocortisone Cream

Hydrocortisone cream merupakan salep untuk mengobati kondisi kulit, seperti alergi, dermatitis, dan ruam kulit. Obat ini dapat mengurangi gejala peradangan, seperti nyeri dan pembengkakan.

Hydrocortisone bekerja dengan menurunkan respons sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan berlebih.

Obat salep gatal ini termasuk dalam golongan kortikosteroid sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Hydrocortison 1% Cream 5 gr di Sini

Nah, itulah berbagai obat gatal kulit yang bisa Anda dapatkan di apotek. Jika Anda bingung memilih obat mana yang sesuai, Anda bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Salicylic Acid Shampoo. https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/18685-salicylic-acid-shampoo. (Diakses pada 23 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Itchy skin (pruritus). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006. (Diakses pada 23 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan