Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Luka Bakar Ringan yang Aman dan Mudah Ditemukan

gambar obat luka bakar

Obat luka bakar menjadi salah satu obat yang wajib dimiliki di rumah. Obat ini dapat membantu proses penyembuhan luka ketika Anda terkena percikan minyak panas, terkena air panas, uap panas, atau tersengat sinar matahari. Di artikel ini Farmaku merangkum berbagai obat untuk luka bakar.

Pilihan Obat Luka Bakar di Apotek

Luka bakar dapat muncul ketika panas, senyawa kimia, sinar matahari, radiasi, atau arus listrik merusak jaringan kulit. Akibatnya, kulit akan melepuh dan membentuk gelembung yang berisi cairan bening di bawah kulit. 

Luka bakar bisa terjadi pada siapa saja serta memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Setelah diketahui tingkat keparahannya, obat luka bakar dapat diberikan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhannya. 

Berikut ini beberapa obat luka bakar melepuh dan ringan yang bisa Anda temukan di apotek:

1. Betadine Antiseptic Ointment

Betadine Antiseptic Ointment

Salep antiseptik dari Betadine ini mengandung Povidone-Iodine 10% w/v. Betadine Antiseptic Ointment digunakan untuk membunuh kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada luka ketika mengalami luka bakar dan luka lainnya.

Perlu diketahui, penggunaan salep pada ibu hamil, menyusui, sedang menerima pengobatan Radioiodine, dan anak usia 1-2 tahun, perlu konsultasi dengan dokter.

Selain itu, salep ini jangan diberikan pada orang yang alergi dengan kandungan povidone iodine, sedang menerima pengobatan Radioiodine, memiliki gangguan tiroid, pengguna produk yang mengandung merkuri, dan anak di bawah usia satu tahun.

Beli Betadine Antiseptic Ointment 20 gr di Sini

2. Mebo Ointment

Mebo Ointment

Salep mebo adalah obat topikal berbentuk salep yang mengandung bahan-bahan alami, seperti ekstrak kulit Chinensis phellodendri, ekstrak akar mangkokan, dan ekstrak rimpang Coptidis. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau luka goresan. 

Salep untuk luka bakar produksi Pharma Health Care ini tergolong obat bebas, sehingga tidak perlu resep dokter. Meski begitu, salep ini sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang punya riwayat hipersensitif terhadap kandungan dari salep ini.

Perlu diketahui juga, penggunaan salep ini juga memiliki efek samping seperti gatal, kulit kemerahan, dan kering. 

Beli Mebo Oint 20 gr di Sini

3. Hansaplast Wound Care Ointment

Hansaplast Wound Care Ointment

Salep luka Hansaplast Wound Care Ointment merupakan obat yang serbaguna, karena dapat membantu mengatasi berbagai luka pada kulit, termasuk luka bakar ringan. 

Kandungan petroleum jelly dalam obat ini mampu membantu mempertahankan kelembapan pada kulit yang terbakar serta membuatnya bisa sembuh lebih cepat. Tidak hanya itu, salep ini juga dapat membantu membuat kulit yang terluka menjadi lembut dan sehat. 

Selain digunakan untuk mengatasi luka bakar, Anda juga dapat menggunakan obat ini untuk merawat luka sayat, luka lecet, luka gores ringan, kulit yang kering, serta bibir pecah-pecah.  

Beli Hansaplast Wound Care Ointment Salep Luka 20 gr di Sini

4. Lanakeloid E Cream

Lanakeloid E Cream

Lanakeloid E cream dapat membantu proses penyembuhan luka bakar ringan. Krim ini mengandung centella asiatica dan vitamin E sebagai kandungan aktif di dalamnya. 

Centella asiatica mengandung senyawa aktif asiatic acid, madecassic acid, asiaticoside, dan madecassoside. Kombinasi zat aktif ini bekerja dengan menghambat pembentukan kolagen dan asam mucopolysacharida. Hasilnya, proses penyembuhan luka bakar dan luka gores lebih cepat.

Kandungan vitamin E dalam obat ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta meningkatkan regenerasi kulit. 

Beli Lanakeloid E Cream 10 gr di Sini

5. Dermatix Ultra

Dermatix Ultra

Bekas luka bakar bisa sama menimbulkan bekas luka yang mengganggu penampilan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan Dermatix ultra.

Formula dalam produk ini sudah terbukti secara klinis dapat meratakan, menghaluskan, serta memudarkan bekas luka. Kandungan CPX (cyclopentasiloxane) dalam produk ini bermanfaat untuk membuat bekas luka lebih rata dan halus. Produk ini juga mengandung vitamin C yang dapat memudarkan bekas luka. 

Produk ini bisa digunakan setelah luka bakar mengering. Selain itu, Dermatix Ultra dapat ditimpa dengan produk kosmetik, perawatan kulit, atau tabir surya. 

Beli Dermatix Ultra Gel 5 gr di Sini

Beli Dermatix Ultra Gel 15 gr di Sini

6. Bioplacenton Jelly

Bioplacenton Jelly

Bioplacenton Jelly merupakan obat berbentuk gel yang mengandung bahan neomycin sulfate dan placenta extract. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi luka seperti luka bakar, luka kronik, luka dengan infeksi, dan jenis luka lainnya. 

Kandungan pada salep untuk luka bakar ini dapat bekerja dengan cara memicu pembentukan jaringan baru sekaligus mencegah infeksi bakteri pada luka bakar.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter.

Beli Bioplacenton Jelly 15 gr di Sini

7. Burnazin Cream

Burnazin Cream

Krim untuk mengobati luka bakar ini mengandung bahan silver sulfadiazine. Kandungan tersebut efektif dalam mencegah atau menghambat pertumbuhan bakteri pada luka. Dengan demikian risiko infeksi pada kulit yang luka pun dapat diturunkan. 

Obat luka bakar ini lebih sering diberikan untuk kasus luka bakar yang sedang dan berat. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada kasus luka bakar ringan. 

Termasuk obat keras, penggunaan obat luka bakar ini harus sesuai dengan resep dokter sampai bagian kulit yang terbakar membaik. 

Beli Burnazin Cream 35 gr di Sini

Nah, itulah berbagai obat luka bakar yang bisa Anda berikan saat mengalami luka bakar ringan.

Jika kondisi luka Anda cukup serius dan tidak membaik setelah menggunakan salep di atas, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2020. Burns. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12063-burns. (Diakses pada 7 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2022. Burns. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burns/diagnosis-treatment/drc-20370545. (Diakses pada 7 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan