Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

The Ultimate Sunscreen Guide: Cara Pilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulitmu!

ilustrasi botol sunscreen tube

Ketika memilih sunscreen, kebanyakan orang akan memilih berdasarkan tingkat SPF dan tekstur produknya. Bingung memilih produk mana yang cocok? Artikel kali ini akan membahas The Ultimate Sunscreen Guide untuk kulit Anda!

Kesalahan Seputar Sunscreen yang Sering Dilakukan

Sunscreen memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, cara penggunaan sunscreen yang kurang tepat bisa membuat perlindungan kulit menjadi kurang maksimal. Apa saja kesalahan tersebut? 

1. Tidak Menggunakan Sunscreen Setiap Hari 

Banyak orang beranggapan bahwa sunscreen hanya perlu digunakan saat bepergian ke pantai atau saat ingin melakukan aktivitas di luar ruangan. Padahal, hal ini sebenarnya kurang tepat. Sunscreen perlu digunakan setiap hari. 

Paparan sinar UV dari matahari terus terjadi sepanjang tahun, bahkan saat cuaca mendung. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen di seluruh kulit wajah dan tubuh agar kulit selalu terlindungi dengan maksimal. 

2. Tidak Menggunakan Sunscreen dengan Jumlah Cukup 

Kesalahan umum lainnya dari penggunaan sunscreen adalah mengaplikasikannya dalam jumlah yang terlalu sedikit atau terlalu tipis. 

Agar perlindungan kulit tetap optimal, aplikasikan sunscreen dengan jumlah yang cukup, yaitu sekitar 2 ruas jari agar seluruh area kulit terlindungi dari paparan sinar matahari maupun polusi hingga radikal bebas yang berpotensi merusak kulit. 

3. Tidak Menggunakan Sunscreen dengan SPF yang Tepat 

Setiap produk sunscreen memiliki SPF yang berbeda, tentunya dengan tingkat perlindungan yang berbeda. Memilih sunscreen dengan SPF yang terlalu rendah, padahal Anda berada sangat lama di bawah sinar matahari pada siang hari akan membuat perlindungan kulit kurang maksimal. 

Jadi, pastikan untuk memilih sunscreen dengan SPF yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan jenis kulit, waktu, dan lokasi aktivitas yang akan dilakukan. 

4. Tidak Menggunakan Sunscreen yang Sesuai dengan Jenis Kulit 

Kesalahan sunscreen yang satu ini sering kali diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal, indikator ini penting karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda.Jenis kulit yang berbeda membutuhkan jenis sunscreen yang berbeda agar sunscreen bisa bekerja lebih optimal. 

Sebagai contoh, kulit kering umumnya memiliki masalah pada skin barrier sehingga lebih rentan untuk mengalami kerusakan akibat sinar UV. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki sunscreen yang bisa memberikan kelembapan kulit. 

Baca juga: Rekomendasi Skincare untuk Merawat Kulit Usia 30 Tahun ke Atas, Samarkan Tanda Penuaan!

The Ultimate Sunscreen Guide: Cara Pilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Agar tidak salah pilih sunscreen, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika memilih sunscreen.

1. Perhatikan SPF 

SPF atau sun protection factor merupakan indikator untuk mengukur seberapa besar sebuah produk dapat melindungi kulit dari sunburn akibat paparan sinar matahari.

Semakin tinggi SPF berarti semakin tinggi pula perlindungan yang akan diberikan pada kulit. Contohnya, sunscreen dengan SPF30 akan menghalangi 97% dari sinar UVB untuk mengenai kulit, sedangkan SPF50 akan menghalangi 98% sinar UVB.

Pemilihan sunscreen dengan tingkat SPF tertentu sebaiknya mengacu pada beberapa faktor, seperti tipe kulit, intensitas paparan sinar matahari, dan tingkat aktivitas yang dilakukan.

Umumnya, Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF30. Namun, jika Anda memiliki tingkat aktivitas yang lebih tinggi, maka gunakanlah tingkat SPF yang lebih tinggi. 

2. Sesuaikan dengan Jenis Kulit yang Dimiliki

Setiap jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda. Sebagai contoh, kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori besar serta produksi minyak alami atau sebum yang berlebihan. Oleh sebab itu,  penggunaan sunscreen dengan tekstur padat akan menyebabkan kulit terasa berat dan tidak nyaman. 

Sementara itu, jenis kulit kering lebih rentan mengalami gatal, kering, hingga iritasi karena kekurangan kelembapan alami kulit. Oleh karena itu, jenis kulit ini membutuhkan sunscreen yang tidak hanya melindungi, tetapi juga mampu merawat kulit dengan memberikan kelembapan ekstra pada kulit. 

3. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif Lain yang Ada di Dalamnya 

SPF dan tekstur sunscreen memang penting untuk diperhatikan. Namun, Anda juga bisa memilih sunscreen dengan berbagai senyawa aktif yang diperlukan kulit. 

Kini, banyak produk sunscreen yang diperkaya dengan senyawa aktif untuk membantu merawat kulit. Oleh karena itu, memperhatikan kandungan bahan aktif yang ada pada kulit juga sangat penting agar Anda bisa menilai manfaat dan fungsi sunscreen yang berbeda di tiap produk. 

4. Cara Pakai Sunscreen yang Benar 

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal dari sunscreen, aplikasikan sunscreen sebagai step terakhir skincare routine harianmu. Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas, lalu berikan waktu beberapa menit agar produk meresap dan memberikan perlindungan dengan baik. 

Aplikasikan secara merata ke seluruh area kulit yang akan terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, tangan, dan area tubuh lainnya yang terbuka. Jika hendak menggunakan makeup, pastikan untuk menggunakan sunscreen terlebih dahulu sebelum makeup.

Baca juga: Hilangkan Tanda Penuaan, Ini Produk Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Rekomendasi Sunscreen Erha Sesuai Jenis Kulit

Masih bingung untuk memilih sunscreen sesuai tipe kulit Anda? Berikut ini adalah pilihan sunscreen Erha yang bisa dicoba:

1. Jenis Kulit Normal ke Kering: ERHA Perfect Shield Hydra Light Sunscreen SPF50/PA++++

Sunscreen satu ini merupakan pilihan sunscreen yang tepat jenis kulit kering. Selain mampu memberikan perlindungan kulit ganda terhadap sinar UVA dan UVB dan perlindungan polusi PM 2.5, sunscreen ini juga dilengkapi dengan 7x moisturizing agents yang mampu memberikan ekstra hidrasi bagi kulit. 

Dengan tekstur yang ringan, sunscreen ini cocok digunakan sebelum makeup karena memiliki hydrating finish yang membuat kulit tampak lebih lembap, kenyal, dan terhidrasi. 

Selain itu, sunscreen ini juga mengandung sodium hyaluronate, yaitu partikel kecil yang menghidrasi kulit hingga ke lapisan terdalam. Ada juga antioxidant complex yang terdiri dari vitamin E dan grape seed extract untuk merawat kulit layaknya skincare. 

2. Jenis Kulit Normal ke Berminyak: ERHA Perfect Shield Clearly Light Sunscreen SPF50/PA++++

Jenis kulit berminyak butuh sunscreen yang tidak hanya melindungi, tetapi juga mampu mengontrol minyak berlebih. ERHA Perfect Shield Clearly Light Sunscreen SPF50/PA++++ diformulasikan secara khusus untuk melindungi kulit dari sinar UVA & UVB, dan polusi PM 2.5. 

Sunscreen ini dilengkapi dengan senyawa aktif antioxidant complex yang terdiri dari vitamin E dan grape seed extract, 4x soothing agents yang mampu menenangkan kulit dari iritasi, D-Panthenol yang mencegah timbulnya jerawat, serta bixa orellana extract yang berperan sebagai sebum control. 

Sunscreen ini memiliki matte finish dan sangat cocok digunakan sebelum makeup. Aplikasikan sunscreen ke seluruh kulit wajah 15 menit sebelum beraktivitas, lalu ulangi pemakaian jika diperlukan. 

Dapatkan seluruh produk ERHA Perfect Shield Sunscreen favorit Anda di Farmaku.

Skin Cancer Foundation. 2023. Ask the Expert: Does a High SPF Protect My Skin Better? https://www.skincancer.org/blog/ask-the-expert-does-a-high-spf-protect-my-skin-better/. (Diakses pada 20 Mei 2024).

Venosa, Ali. 2023. How to Choose the Best Sunscreen for Your Skin. https://www.skincancer.org/blog/how-to-choose-the-best-sunscreen-for-your-skin/. (Diakses pada 20 Mei 2024).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan