Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Suplemen dan Obat Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

gambar obat pelancar asi

Table of Contents

Produksi air susu ibu (ASI) yang tidak lancar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya: kelahiran prematur, stress, dan kelainan hormon. Anda tidak perlu cemas, kondisi ini dapat diatasi dengan konsumsi suplemen maupun obat pelancar ASI.

Pilihan Suplemen dan Obat Pelancar ASI

Ada banyak produk untuk meningkatkan produksi ASI yang dijual di pasaran, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Asifit

Asifit

Produk ini merupakan suplemen herbal yang dapat membantu melancarkan ASI selama masa menyusui. Kandungan ekstrak daun katuk dalam produk ini mampu memicu produksi ASI lebih banyak dan lancar. 

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan energi ibu menyusui serta meningkatkan produksi ASI. 

Asifit dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter. Namun, sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan. 

Beli Asifit Box 30 Caplet di Sini

2. Lactamor

Lactamor

Lactamor merupakan suplemen yang dapat membantu memperlancar produksi ASI. Kandungan ekstrak biji fenugreek, ekstrak biji daun katuk, dan vitamin B12 dalam produk ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI secara alami serta menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Tergolong dalam obat bebas, Lactamor dapat diperoleh tanpa resep dokter. Namun demikian, sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan. 

Beli Lactamor di Sini

3. Nulacta Plus For Mother

Nulacta Plus For Mother

Suplemen ini diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan minyak ikan, vitamin E, dan asam folat dalam produk ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin serta membuat produksi ASI menjadi lebih lancar. 

Selain itu, suplemen ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi serta menjaga daya tahan tubuh pada ibu menyusui. 

Apabila Anda sedang konsumsi obat tertentu, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi suplemen ini. Kandungan didalamnya mungkin menimbulkan interaksi obat jika dikonsumsi bersama obat tertentu.

Beli Nulacta Plus For Mother Strip 12 Capsule di Sini

4. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improved Formula 

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improved Formula

Suplemen dari Blackmores ini mengandung minyak ikan dan berbagai nutrisi esensial yang baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Nutrisi yang terkandung dalam produk ini, antara lain asam folat, zat besi, kalsium, dan DHA mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan bayi hingga usia 2 tahun. 

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improved Formula tersedia dalam bentuk kapsul lunak yang lebih mudah dan nyaman untuk dikonsumsi.

Beli Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improved Formula 60 Capsule di Sini

Beli Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improved Formula 120 Capsule di Sini

5. Folamil Genio

Folamil Genio

Folamil Genio merupakan suplemen yang mengandung berbagai multivitamin dan mineral untuk masa kehamilan dan menyusui. Suplemen ini mengandung vitamin asam folat yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

Selain itu, suplemen ini juga mengandung vitamin A, B, D, K1, kalsium, zat besi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. 

Anda dapat konsumsi suplemen ini tanpa resep dokter. Namun, jika Anda sedang konsumsi obat tertentu, disarankan untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter. 

Beli Folamil Genio Botol 30 Capsule di Sini

6. Moloco+B12

Moloco+B12

Suplemen Moloco+B12 pada umumnya diberikan untuk mengatasi kondisi dimana produksi ASI dalam kadar yang rendah.  Kandungan ekstrak placenta dan vitamin B12 dalam produk ini dapat membantu stimulasi dan merangsang produksi ASI.

Tergolong ke dalam obat keras, penggunaan produk ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi suplemen ini adalah sakit kepada, mual, muntah, sesak nafas, ruam, dan gatal. 

Beli Moloco B12 Tablet di Sini

7. Motilium 

Motilium

Sebenarnya, motilium adalah obat yang diindikasikan untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan, seperti mual dan muntah. Namun, kandungan domperidone pada obat ini dilaporkan dapat bertindak untuk meningkatkan hormon prolaktin (hormon untuk meningkatkan produksi ASI). 

Namun, sebelum konsumsi obat ini, Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Penggunaan obat ini tidak disarankan untuk jangka panjang.

Efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi Motilium adalah mulut kering, gatal, sakit kepala, dan kram perut.

Beli Motilium di Sini

Nah, itulah suplemen atau obat yang dapat membantu produksi ASI menjadi lebih banyak dan lancar. Sebelum memilih produk yang tepat untuk meningkatkan produksi ASI, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

NHS UK. 2022. Common Breastfeeding Problems. https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding-problems/common-problems/. (Diakses pada 20 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak