Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Redakan Nyeri

gambar obat sakit gigi

Pada umumnya, sakit gigi merupakan gejala yang muncul akibat kondisi tertentu pada gigi atau gusi. Namun dalam beberapa kasus, gigi terasa sakit juga bisa menjadi tanda penyakit di bagian tubuh yang lain. Di artikel ini Farmaku merangkum berbagai obat yang bisa meredakan nyeri atau sakit di sekitar gigi atau rahang.

Obat untuk Menghilangkan Sakit Gigi yang Ada di Apotek

Sakit gigi adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Meski begitu, gigi berlubang, gigi retak, atau gigi geraham yang baru tumbuh adalah beberapa kondisi umum yang bisa menimbulkan rasa nyeri.

Secara umum, obat sakit gigi terdiri dari obat antinyeri, antiseptik, serta antibiotik. Penggunaan obat-obat tersebut tergantung pada penyebab sakit gigi yang dialami. 

Beberapa obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan di apotek, antara lain:

1. Cataflam

Cataflam

Cataflam merupakan obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan kalium diklofenak dalam obat ini termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). 

Obat cataflam bekerja dengan menghambat produksi zat alami tubuh yang menyebabkan rasa sakit atau peradangan. Dengan demikian, rasa nyut-nyutan atau nyeri akibat sakit gigi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Cataflam 50 mg Tablet di Sini 

Beli Cataflam 25 mg Tablet di sini

2. Cataflam Fast

Cataflam Fast

Apabila Anda ingin meredakan rasa sakit gigi namun kesulitan untuk menelan tablet, maka cataflam fast dapat menjadi solusinya. 

Obat ini berbentuk sirup kering, sehingga Anda hanya perlu melarutkan bubuk obat dengan satu sendok makan air. Setiap satu saset cataflam fast mengandung 50 mg kalium diklofenak. 

Kalium diklofenak merupakan obat antiinflamasi yang bekerja dengan menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX) dalam tubuh. Enzim ini berguna untuk memproduksi prostaglandin. Saat prostaglandin berkurang, maka rasa nyeri juga akan berkurang. 

Cataflam fast hanya boleh digunakan sesuai resep dokter karena termasuk dalam golongan obat keras. 

Beli Cataflam Fast 50 mg Sachet di Sini

3. Cataflam D 

Cataflam D 

Cataflam D dapat menjadi pilihan untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Sebenarnya, obat ini juga mengandung 50 mg kalium diklofenak hanya saja tersedia dalam bentuk berbeda, yaitu tablet dispersible.

Tablet dispersible merupakan tablet yang dapat larut secara cepat dengan menggunakan sedikit air saja pada suhu ruang tanpa perlu diaduk. Oleh sebab itu, obat ini cocok digunakan untuk anak-anak atau Anda yang kesulitan untuk menelan tablet. 

Termasuk dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Cataflam D 50 mg Tablet di Sini

4. Minosep

Minosep

Minosep merupakan obat kumur yang mengandung bahan aktif chlorhexidine gluconate. Bahan aktif ini merupakan cairan antiseptik yang bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri dalam mulut, mengurangi pendarahan ketika sikat gigi, serta mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada gusi. 

Obat kumur ini berguna untuk mengatasi berbagai masalah dalam mulut, seperti sakit gigi akibat radang gusi, sariawan, bau mulut, serta menghambat pembentukan plak gigi.

Anda bisa menggunakan obat kumur ini sebanyak dua kali sehari setelah selesai menyikat gigi.

Beli Minosep 0.2% Gargle 60 ml Merah di Sini

Beli Minosep 0.2% Gargle 150 ml Merah di Sini

Beli Minosep 0.1% Gargle 150 ml Hijau di Sini

5. Betadine Mouthwash & Gargle

Betadine Mouthwash & Gargle

Obat kumur satu ini dapat menjadi pilihan untuk membunuh bakteri dalam rongga mulut. Betadine mouthwash & gargle berguna untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah rongga mulut seperti gigi berlubang, gusi bengkak, sariawan, sakit tenggorokan, nafas tidak segar, serta batu mulut.

Kandungan povidone iodine dalam obat kumur ini merupakan cairan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. 

Perlu diperhatikan, obat kumur ini tidak cocok digunakan untuk Anda yang hipersensitif terhadap iodium, penderita thyroid, hamil, serta menyusui.

Beli Betadine Mouthwash & Gargle 190 ml di Sini

Beli Betadine Mouthwash & Gargle 100 ml di Sini

6. Ponstan

Ponstan

Rasa nyeri yang timbul akibat sakit gigi memang membuat tidak nyaman hingga dapat mengganggu aktivitas. Ponstan dapat membantu meredakan rasa nyeri ini. 

Kandungan bahan aktif asam mefenamat dalam ponstan bekerja dengan menekan produksi prostaglandin, senyawa yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. 

Tidak hanya dapat meredakan sakit gigi, obat ini juga dapat digunakan saat nyeri haid atau rasa sakit pascaoperasi. Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Ponstan 500 mg Tablet di Sini

7. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat

Obat lain yang dapat meredakan nyeri saat sakit gigi adalah asam mefenamat. Bahan aktif dalam obat ini bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa penyebab rasa sakit dan peradangan. 

Dengan demikian, rasa sakit gigi pun dapat dikurangi. Selain meredakan sakit gigi, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri pascaoperasi serta rasa sakit pada saat menstruasi (haid). 

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena termasuk dalam obat keras. 

Beli Asam Mefenamat 500 mg Caplet Hexp di Sini

8. Mefinal

Mefinal

Mefinal dapat menjadi pilihan untuk meredakan nyut-nyutan pada gigi yang sakit. Kandungan bahan aktif asam mefenamat dalam obat ini dapat menekan produksi zat alami tubuh yang memicu peradangan. Dengan demikian rasa sakit pun dapat diredakan.

Obat ini tergolong obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Mefinal 500 mg Tablet di Sini

9. Mefinter

Mefinter

Mefinter juga merupakan obat dengan kandungan bahan aktif asam mefenamat. Kandungan di dalamnya dapat menghambat kerja enzim yang berkontribusi pada terbentuknya peradangan dan rasa sakit. 

Obat ini efektif untuk meredakan rasa sakit gigi yang ringan hingga sedang. Tidak hanya itu, mefinter juga efektif untuk mengatasi nyeri pada sendi, otot, serta saat menstruasi. 

 Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Mefinter 500 mg Tablet di Sini

10. Sumagesic 

Sumagesic 

Sumagesic merupakan obat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang timbul saat sakit gigi. Kandungan parasetamol dalam obat ini bekerja dengan menekan produksi prostaglandin, sehingga rasa sakit dapat dikurangi.

Parasetamol sebenarnya merupakan senyawa yang bekerja baik untuk meredakan rasa sakit tetapi tidak terlalu efektif dalam mengurangi bengkak. 

Namun, Anda tetap dapat menggunakan parasetamol jika memiliki alergi atau sensitif dengan senyawa pereda nyeri lainnya. 

Beli Sumagesic Strip 4 Tablet di Sini

11. Amoxicillin

Amoxicillin

Salah satu penyebab sakit gigi adalah infeksi bakteri. Pada kasus sakit gigi tertentu yang disebabkan bakteri, dokter dapat memberikan obat antibiotik. 

Obat antibiotik lain yang dapat membantu mengatasi sakit gigi adalah amoxicillin. Bahan aktif dalam obat ini merupakan antibiotik golongan penicillin. 

Amoxicillin bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tersebut akan mati. 

Tergolong dalam golongan obat keras, penggunaan amoxicillin harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Amoxicillin 500 mg Tablet Hexp di Sini

12. Amoxsan

Amoxsan

Amoxan merupakan obat antibiotik yang memiliki kandungan bahan aktif amoxicillin di dalamnya. Bahan aktif ini bekerja dengan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. 

Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri dalam tubuh, termasuk abses gigi dan infeksi paru-paru. Abses gigi merupakan kondisi di mana terbentuk benjolan berisi nanah pada gigi. 

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam kategori obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter.  

Beli Amoxsan 500 mg Capsule di Sini

13. Clabat

Clabat

Clabat adalah salah satu antibiotik untuk mengobati sakit gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Dalam setiap tabletnya, obat ini mengandung kombinasi amoxicillin dan clavulanic acid. 

Pada kasus infeksi gigi atau gusi yang lebih serius, dokter umumnya akan memberikan antibiotik dengan kombinasi clavulanic acid. Kombinasi ini lebih kuat dan lebih efektif untuk mengatasi infeksi gigi. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Clabat 500 mg Tablet di Sini 

14. Claneksi

Claneksi

Claneksi juga merupakan obat antibiotik dengan kandungan amoxicillin dan kalium klavulanat didalamnya. Kombinasi ini efektif untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. 

Selain mengobati sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, obat ini juga mampu mengatasi infeksi pada kulit, saluran kemih, sendi, tulang ,serta saluran pernapasan. 

Jangan hentikan atau mengurangi dosis obat ini tanpa melakukan konsultasi dengan dokter.

Beli Claneksi 500 mg Tablet di Sini

15. Obat Gigi Kaka Tua

Obat Gigi Kaka Tua

Obat ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi. Obat gigi kaka tua mampu mengatasi sakit gigi berkat kandungan glycerin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli di dalamnya. 

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan obat ini, antara lain meredakan sakit gigi dan gusi bengkak serta membersihkan gigi dari kuman penyebab infeksi. 

Penggunaan obat gigi kaka tua cukup mudah, yaitu dengan menuangkan sedikit cairan pada kapas dan menyumpalkan kapas tersebut pada gigi yang sakit atau berlubang. 

Beli Obat Gigi Kaka Tua 2 ml di Sini 

Itulah rekomendasi obat sakit gigi yang bisa dibeli di apotek. Beberapa obat termasuk dalam golongan obat keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Apabila membutuhkan rekomendasi obat yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Watson, Shawn. 2023. The Most Effective Toothache Medicine. https://www.verywellhealth.com/otc-dental-pain-relief-1059309. (Diakses pada 7 November 2023).
Cleveland Clinic. 2023. Toothache. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache. (Diakses pada 7 November 2023).

Sumber

Artikel Lainnya