Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Merek Obat Wasir Terbaik di Apotek, Efektif dan Ampuh!

gambar obat wasir

Wasir atau ambeien tentu mengganggu kenyamanan dan aktivitas harian. Obat wasir umumnya dapat meredakan gejala yang mengganggu, seperti gatal, nyeri, atau perdarahan. Simak rekomendasi obatnya pada artikel berikut ini!

Obat Wasir Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Wasir (hemoroid) atau ambeien disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus dan rektum. Pada beberapa kasus, wasir bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, hingga pendarahan dari anus. 

Tak perlu cemas dulu, penyakit wasir bisa sembuh lebih cepat bila dirawat dengan benar. Salah satu caranya dengan menggunakan obat wasir atau obat ambeien.

Berikut pilihan obat yang ampuh mengatasi ambeien:

1. Venosmil

Venosmil 200 mg

Venosmil merupakan obat yang dapat membantu membuat aliran darah menjadi lebih lancar berkat kandungan bahan aktif hidrosmin di dalamnya. Obat ini dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak pada ambeien. 

Penggunaan venosmil untuk mengobati wasir juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit kepala, mual, hingga nyeri lambung pada kondisi tertentu.

Beli Venosmil 200 mg Strip 10 Capsule di Sini

2. Ardium

Ardium

Ardium merupakan obat ambeien yang mudah ditemukan di apotek. Komposisi utama kapsul ini adalah Diosmin dan Hesperidin yang ampuh dalam meredakan peradangan.

Kombinasi kandungan dalam obat ini bekerja dengan menstabilkan tekanan darah yang disebabkan oleh cairan yang berlebihan. Selain itu, obat ini juga diperkaya dengan ekstrak citrus sinensis yang dapat membantu meringankan rasa sakit. 

Beli Ardium 500 mg Tablet di Sini

3. Ambeven

Ambeven

Obat wasir ambeven merupakan produk herbal berbentuk kapsul yang paling populer digunakan. Salah satu komposisi obat ini yaitu ekstrak daun ungu.

Daun ungu mengandung flavonoid dan tanin yang berkhasiat untuk mengatasi peradangan dan konstipasi. Oleh sebab itu, obat ini mampu membuat buang air besar menjadi lebih lancar dan meredakan peradangan di anus

Selain itu, kombinasi bahan herbal lainnya dalam obat ini, seperti bunga Sophora japonica dinilai ampuh untuk menyusutkan bengkak, rasa nyeri, dan luka berdarah.

Beli Ambeven Strip 10 Capsule di Sini

4. Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao

Obat herbal yang satu ini sebetulnya merupakan obat pendarahan yang biasanya digunakan untuk mengobati luka pendarahan akibat terjatuh atau terpukul.

Tetapi, obat ini dinilai juga ampuh untuk mengatasi penyakit lain seperti memar, radang lambung menahun, hingga wasir yang disertai dengan nyeri, bengkak, dan pendarahan.

Yunnan Baiyao mengandung ekstrak berbagai tanaman, sertmasuk Radix notoginseng (pseudoginseng), Dioscoreae rhizoma, Herba geranii, Herba erodii, Fioscoreae parviflora ting. Kombinasi ekstrak tanaman dalam obat ini mampu menghentikan perdarahan, seperti gusi berdarah, BAB berdarah, luka, bahkan perdarahan dalam organ. 

Beli Yunnan Baiyao Box 16 Capsule di Sini

5. Faktu Ointment

Faktu Ointment

Bagi FarmaFriends yang kurang suka mengonsumsi obat minum, obat wasir dalam bentuk salep yang bisa Anda coba adalah Faktu Oint.

Salep Faktu Oint mengandung dua komposis utama, yaitu policresulen yang bekerja sebagai agen pembunuh bakteri dan cinchocaine HCI merupakan anestesi lokal yang ampuh untuk meredakan nyeri inflamasi dan pendarahan wasir.

Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Obat oles ini mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian dubur terutama bagian yang kering dan tergores sebagai efek samping.

Beli Faktu Ointment 20 gr di Sini

6. Venosmil Gel

Venosmil Gel

Selain berbentuk tablet, Venosmil juga tersedia dalam sediaan gel yang juga mengandung zat aktif Hidrosmin yang bekerja secara efektif meredakan bengkak dan peradangan di area anus karena wasir.

Venosmil Gel juga berperan penting untuk mengurangi rasa nyeri pada area tubuh yang mengalami varises.

Untuk penyembuhan yang maksimal, oleskan tipis-tipis 3 kali sehari.

Pada kondisi tertentu bisa saja terjadi beberapa efek samping seperti timbul kemerahan dan nyeri ketika diaplikasikan ke kulit.

Beli Venosmil Gel 60 gr di Sini

7. Borraginol-S Suppositoria

Borraginol-S Suppositoria

Pada kasus tertentu dokter juga akan memberikan obat dalam bentuk suppositoria atau yang dimasukkan langsung ke dalam dubur. Salah satu obat yang dapat diberikan adalah Borraginol-S. 

Borraginol-S merupakan obat yang dapat mengobati pendarahan dan luka akibat wasir. Borraginol tipe S mengandung kortikosteroid yang dapat mengatasi wasir dalam jangka pendek. Obat ini dapat mengatasi pendarahan dan luka terbuka pada dubur.

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Borraginol-S Suppositoria di Sini

8. Borraginol N Suppositoria

Borraginol N Suppositoria

Borraginol tipe N mengandung sejumlah bahan aktif yang dapat membantu meredakan gatal, nyeri, dan peradangan yang timbul akibat wasir. Obat ini juga berbentuk suppositoria sehingga digunakan dengan dimasukkan langsung ke dalam dubur. 

Borraginol N Suppositoria memiliki sifat pelembut, yang dapat membantu meringankan gejala wasir, seperti gatal-gatal dan perih pada bagian anus. 

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Anda juga perlu menghindari menambah atau mengurangi dosis tanpa izin dokter. 

Beli Borraginol N Suppositoria di Sini

9. Antihemoroid 2 gr Suppositoria

Antihemoroid 2 gr Suppositoria

Obat ini juga berbentuk peluru lunak dan digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam dubur. Kandungan dalam antihemoroid suppositoria dapat membantu mengobati ambeien yang disertai dengan dengan luka terbuka, pendarahan, dan gatal pada dubur, anal prolapse (bagian dinding rektum keluar dari anus), serta periproctitis (peradangan rektum). 

Senyawa aktif bismuth subgallate dalam obat ini bekerja dengan memperbaiki lapisan mukosa. Obat ini juga mengandung lignocaine yang dapat bertindak sebagai anestesi yang meredakan nyeri. 

Obat ini tergolong dalam obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Antihemoroid 2 gr Suppositoria KF di Sini

10. Fibrefirst Fiber Detox

Fibrefirst Fiber Detox

Kurang konsumsi serat dapat menyebabkan feses menjadi terlalu padat dan sulit buang air besar. Hasilnya, Anda mungkin akan sering mengejan ketika buang air besar. Mengejan terlalu sering dan keras dapat menyebabkan ambeien. 

Fibrefirst merupakan suplemen dengan kandungan serat psyllium husk. Suplemen ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian, sehingga feses bisa menjadi lunak dan buang air besar jadi lebih lancar. 

Selain mampu mencegah wasir, suplemen ini juga dapat dikonsumsi agar ameien tidak memburuk dan bisa sembuh optimal. Namun, perlu diketahui Fibrefirst tidak dapat mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada wasir. 

Beli Fibrefirst Fiber Detox Box 7 Sachet di Sini

Beli Fibrefirst Fiber Detox Box 15 Sachet di Sini

Nah, itulah berbagai obat ambeien yang bisa Anda beli di apotek. Pastikan Anda membaca dengan saksama dosis dan aturan pakai agar pengobatan lebih maksimal.

Jika wasir tidak kunjung membaik, sebaiknya segera temui dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

John Hopkins Medicine. Hemorrhoids. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/hemorrhoids. (Diakses pada 31 Oktober 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Hemorrhoids. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268. (Diakses pada 31 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan