Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Obat Nyeri Haid yang Aman dan Ampuh Redakan Sakit Perut

obat nyeri haid farmaku

Mengalami nyeri haid bisa sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, Anda dapat konsumsi obat pereda nyeri haid. Pada artikel ini, Farmaku telah merangkum beberapa obat yang mampu meredakan nyeri perut saat haid.

Beragam Obat untuk Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid atau dismenore merupakan hal yang umum dialami wanita menjelang atau saat hari pertama menstruasi. Rasa nyeri ini umumnya dirasakan pada perut bagian bawah, punggung bawah dan paha, atau selangkangan. 

Tingkat rasa nyeri yang dialami setiap wanita saat haid bisa berbeda-beda. Pada beberapa kasus, rasa sakit tergolong berat hingga mengganggu aktivitas harian. Jika mengalaminya, konsumsi obat dapat mengganggu meredakan rasa sakit sehingga tidak mengganggu aktivitas. 

Beberapa obat nyeri haid yang efektif untuk meredakan sakit, di antaranya adalah:

1. Feminax

Feminax

Feminax adalah obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri saat haid. Manfaat ini didapatkan karena kandungan paracetamol dan ekstrak hiosiami (hyoscyamine).

Kandungan paracetamol yang ada di dalamnya bekerja untuk meredakan rasa nyeri. Sedangkan ekstrak hiosiami bekerja untuk membuat otot saluran pencernaan menjadi rileks.

Beli Feminax Pereda Nyeri Haid Strip 4 Tablet di Sini

2. Ibuprofen

Ibuprofen

Selain berguna untuk mengatasi demam, ibuprofen juga berfungsi untuk meredakan berbagai jenis nyeri termasuk nyeri haid.

Obat ini bekerja dengan cara memblokir produksi zat alami pada tubuh, yang disebut dengan prostaglandin. Dengan demikian, rasa sakit akibat peradangan atau kram perut pun akan hilang.

Namun, penggunaan obat ini tidak dianjurkan bagi Anda yang punya masalah lambung, gangguan ginjal atau hati, dan penyakit asam lambung. Hati-hati juga terhadap reaksi alergi obat yang ditimbulkan seperti kemerahan, gatal hingga sesak napas.

Beli Ibuprofen 200 mg Strip 10 Tablet di Sini

3. Proris Triple Action

Proris Triple Action

Proris Triple Action merupakan obat yang dapat menurunkan demam serta meredakan nyeri. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti nyeri haid, sakit gigi, sakit kepala, atau nyeri sendi.

Dalam Proris Triple Action, terdapat kandungan senyawa aktif ibuprofen yang mampu menurunkan rasa sakit pada tubuh. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat alami tubuh yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak dalam tubuh. Dengan demikian, rasa sakit pun akan mereda.  

Beli Proris Triple Action Strip 10 Tablet di Sini

4. Sanmol

Sanmol

Sanmol juga dapat membantu meredakan nyeri haid saat datang bulan. Dalam obat ini, terdapat kandungan senyawa aktif paracetamol. 

Senyawa aktif di dalamnya bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, yang merupakan senyawa pemicu rasa nyeri di tubuh. Hasilnya, rasa nyeri pun dapat diredakan. 

Selain itu, Sanmol juga dapat membantu menurunkan demam dengan cara mengatur pusat pengatur suhu di otak untuk menurunkan suhu tubuh. 

Beli Sanmol Strip 4 Tablet di Sini

5. Panadol Extra

Panadol Extra

Panadol Extra juga dapat menjadi pilihan untuk meredakan nyeri haid. Obat ini mengandung senyawa aktif paracetamol dan caffeine. Kombinasi zat aktif ini diketahui efektif untuk meredakan rasa sakit ringan hingga sedang, termasuk nyeri haid.

Tidak hanya dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid, Panadol Extra juga umumnya digunakan untuk meredakan sakit kepala, migraine, sakit punggung, dan sakit gigi. 

Meski tergolong obat bebas, Anda yang memiliki riwayat penyakit hadi disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi obat ini. 

Beli Panadol Extra Strip 10 Tablet di Sini

6. Ponstan

Ponstan

Ponstan merupakan obat yang dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh. Sebenarnya, obat ini lebih dikenal untuk meredakan sakit gigi, namun sebenarnya Ponstan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai rasa nyeri, seperti nyeri haid, sakit kepala, atau radang sendi.

Dalam tubuh, rasa sakit disebabkan oleh zat prostaglandin. Saat tubuh mendeteksi adanya luka ada cedera, maka tubuh akan melepaskan zat prostaglandin, sehingga muncul rasa sakit dan nyeri. 

Ponstan mengandung senyawa aktif asam mefenamat yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat prostaglandin ini. Dengan demikian rasa sakit, kemerahan, san bengkak pun dapat diredakan. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Ponstan 500 mg Tablet di Sini

7. Mefinal

Mefinal

Mefinal juga umumnya diberikan oleh dokter pada pasien yang merasakan nyeri haid hebat. Obat ini mengandung senyawa aktif asam mefenamat yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat pemicu rasa nyeri pada tubuh. 

Mefinal termasuk dalam golongan obat keras, sehingga Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsultasi obat ini. Dokter akan memberikan dosis yang tepat sesuai kondisi Anda. 

Beli Mefinal 500 mg Tablet di Sini

8. Cataflam

Cataflam

Cataflam juga merupakan obat yang dapat meredakan nyeri haid. Meski terkenal sebagai obat sakit gigi, kandungan senyawa aktif dalam obat ini juga dapat meredakan rasa nyeri lain yang ringan hingga sedang. 

Obat ini mengandung senyawa aktif kalium diklofenak. Sama seperti obat pereda nyeri lainnya, senyawa aktif ini juga bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yang memicu rasa nyeri pada tubuh. Dengan demikian, rasa sakit dan nyeri dapat diredakan. 

Cataflam harus dikonsumsi sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter, karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras. 

Beli Cataflam 50 mg Tablet di Sini

9. EM Kapsul

Em Kapsul Box 12 Capsule

Apabila Anda tidak ingin terlalu sering konsumsi obat, Anda dapat mencoba produk satu ini. EM Kapsul merupakan obat herbal yang dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat menstruasi menjadi lebih lancar. 

Obat ini mengandung berbagai bahan herbal yang memiliki berbagai manfaat. Kandungan ekstrak ketumbar, adas manis, adas, dan kayu manis bekerja sebagai pereda nyeri. 

Produk ini juga mengandung kunyit yang dapat membuat haid lebih lancar, serta meniran yang membantu meluruhkan haid. Sementara itu, merica hitam dapat meningkatkan stamina tubuh.  

Beli Em Kapsul Box 12 Capsule di Sini

10. Ifree Pad

Ifree Pad

Ifree pad solusi nyeri haid yang praktis, modern, dan efektif. Dirancang dengan proses OxyHeat yang alami, pad untuk terapi nyeri menstruasi ini dapat memberikan sensasi hangat seketika saat pad terpapar oleh udara. 

Kehangatan ifree pad mampu bertahan hingga 8 jam penuh untuk merelaksasi kram yang terjadi pada perut saat haid. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup tempelkan pad pada area perut yang mengalami nyeri. 

Beli Ifree Pad Terapi Nyeri Haid Box 2 Sachet di Sini

Demikian beberapa obat yang dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Apabila rasa nyeri yang dirasakan tidak membaik atau justru semakin parah, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2022. Menstrual Cramps. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menstrual-cramps/symptoms-causes/syc-20374938. (Diakses pada 17 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan