Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Rekomendasi 6 Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

 12 May 2020 Kesehatan | Imun tubuh



Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Puasa


Menjalani puasa selama bulan Ramadan dapat membawa dampak positif bagi kesehatan, jika hal ini dilakukan dengan benar. Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, menjalankan puasa dapat membuat orang mudah mengalami rasa lelah, lemas, kantuk, pusing, dan dehidrasi saat menjalankan aktivitas sambil berpuasa.

 

Namun, Anda tak perlu khawatir karena kondisi tersebut bisa diatasi dengan menambah asupan nutrisi dan vitamin, khususnya vitamin C dan Zinc. Mengapa asupan vitamin menjadi penting? Karena tubuh yang kekurangan asupan nutrisi dapat membuat sistem imun tubuh menjadi lemah, sehingga rentan terhadap infeksi yang dapat mengakibatkan tubuh mudah merasa lelah, lemas, dan mengantuk saat berpuasa.

 

Mengatasi lelah dengan tingkatkan sistem imun

 

 lelah saat puasa

 

Agar ibadah puasa Anda berjalan dengan lancar, tanpa mengganggu kesehatan Anda. Maka, tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang serta cairan yang cukup. Untuk itu, pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa memiliki nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup seperti buah, sayuran, ikan, daging, makanan yang mengandung karbohidrat, kaya akan serat, lemak, dan gula. Hal tersebut dikarenakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan saat berpuasa.

 

Ketika puasa, tubuh juga memerlukan nutrisi dan vitamin. Salah satu vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin C, karena vitamin C efektif melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, hingga masalah kulit. Kadar vitamin C juga dapat menjadi penanda gizi yang ideal bagi tubuh.

 

Berikut ini fungsi vitamin C yang baik untuk tubuh Anda:

 

  • Melindungi sel tubuh dan menjaga agar tetap sehat.
  • Memelihara jaringan ikat yang penting dalam menjaga kekuatan organ tubuh seperti tulang, kulit, dan pembuluh darah.
  • Membantu penyembuhan luka.
  • Membantu menyerap zat besi dari makanan yang Anda konsumsi.
  • Melindungi kerusakan akibat radikal bebas, kimia beracun, dan polutan. Radikal bebas dapat berpotensi meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan lainnya.

 

Selain vitamin C, tubuh juga membutuhkan suplemen zinc untuk membantu proses pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Zinc merupakan sejenis logam yang dapat membantu kerja sistem imun dan terbukti mengurangi angka kematian akibat diare dan pneumonia, serta infeksi pernapasan.

 

Baca Juga: Dampak Positif Puasa Untuk Daya Tahan Tubuh

 

Jika tubuh kekurangan zinc, hal ini dapat berdampak pada penglihatan yang buruk, memperlama masa penyembuhan luka, menurunkan indera perasa dan penciuman, menurunkan kemampuan dalam melawan infeksi, dan perkembangan organ reproduksi menjadi buruk.

 

Melihat pentingnya vitamin C dan zinc dalam menjaga sistem imun tubuh Anda, tentu Anda tidak mau kekurangan nutrisi tersebut selama puasa. Jika tubuh kekurangan vitamin C dan zinc, maka dapat menyebabkan risiko terkena penyakit dan akhirnya membuat tubuh Anda mudah merasa lelah dan lemah ketika berpuasa.

 

Bagaimana mendapatkan vitamin c dan zinc?

 

Sumber vitamin C dan zinc bisa didapatkan melalui konsumsi berbagai makanan, seperti jeruk, brokoli, pepaya, cabai. Sedangkan Zinc bisa didapat pada makanan yang kaya protein misalnya daging dan kacang-kacangan.

 

Baca Juga: 7 Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

 

Selama puasa, seringkali mengonsumsi makanan termasuk buah, sayuran, hingga makanan yang kaya akan protein menjadi berkurang. Jika hal tersebut terjadi, mengonsumsi suplemen vitamin C dan zinc dapat menjadi alternatif yang baik untuk mencegah kekurangan vitamin C dan zinc. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung kedua sumber vitamin C dan zinc dalam satu tablet, sehingga dapat merasakan dua manfaat sekaligus.


Bagaimana cara memilih suplemen vitamin yang tepat?

 

Suplemen vitamin C dan zinc dapat Anda temukan dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet kunyah, kaplet, bubuk, hingga cair. Berikut ini cara memilih suplemen c dan zinc yang tepat untuk tubuh Anda:

 

  1. Pastikan suplemen vitamin yang Anda beli sudah terdaftar dari Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.
  2. Periksa kandungan yang terdapat dalam suplemen vitamin yang ada pada label kemasan. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kandungan tersebut.
  3. Jika Anda memilih suplemen golongan generik, pilihlah yang kandungannya sama dengan vitamin merek ternama.
  4. Periksa tanggal kadaluarsa yang terdapat pada kemasan sebelum diminum. Jangan dikonsumsi jika melebihi dari masa berlakunya.

 

Rekomendasi suplemen vitamin C

 

Berikut rekomendasi suplemen vitamin C yang bisa Anda coba:

 

1. Nutrimax C Plus

 

Nutrimax C Plus vitamin


Nutrimax C Plus merupakan vitamin C bebas asam sehingga aman untuk lambung dan ginjal. Nutrimax C Plus dikombinasikan dengan bioflavonoid, kalsium, zinc, serta beta 1,3 dan 1,6 glucan untuk membantu kerja sistem imunitas. Selain itu, suplemen ini juga berfungsi melawan virus, bakteri dan parasit lain sehingga mengoptimalkan pertahanan tubuh, membantu proses detoksifikasi racun, serta anti tumor dan kanker.

 

2. Blackmores Bio C

 

blackmores vitamin C


Blackmores Bio C merupakan formula yang mengandung ekstrak citrus bioflavonoid dan vitamin C dari sumber alami, rosehips dan acerola yang berguna untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. Formula ini dilapisi oleh mineral askorbat sehingga aman untuk lambung. Blackmores Bio C tersedia dalam botol berisi 30 kapsul.

 

3. Redoxon Effervescent Zinc

 

Harga Redoxon Effervescent Zinc

 

Redoxon Effervescent Zinc merupakan suplemen dengan formula penting, yaitu vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Redoxon Effervescent Zinc mengandung vitamin C 1000 mg dan Zinc 10 mg. Redoxon Effervescent Zinc tersedia dalam rasa jeruk dan blackcurrant.

 

4. Enervon C

 

harga enervon c


Enervon C merupakan suplemen makanan yang mengandung multivitamin seperti Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, Niacinamide, Kalsium pantotenat dalam bentuk tablet salut. Suplemen vitamin ini sangat berguna untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Kombinasi vitamin C dan B komplek yang diperlukan untuk tubuh yang kekurangan vitamin, supaya daya tahan tubuh tetap terjaga serta membantu memulihkan kondisi setelah sakit.

 

5. Holisticare Ester C

 

Holisticare


Holisticare Ester C merupakan suplemen yang mengandung Vitamin C dalam bentuk ester, sehingga lebih aman di lambung dan penyerapannya di dalam aliran darah menjadi lebih cepat, serta bertahan di dalam tubuh 2 kali lebih lama dibandingkan dengan vitamin C biasa (dalam bentuk Asam Askorbat). Kandungan vitamin C pada suplemen ini memiliki peran sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, suplemen ini digunakan untuk memelihara daya tahan tubuh, dan mengatasi gejala kekurangan vitamin C.

 

6. Imboost Effervescent Orange

 


Imboost Effervescent Orange merupakan merupakan produk suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Imboost bukan multivitamin melainkan Immunity Booster (peningkat daya tahan tubuh - imunomodulator) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit dan mempercepat penyembuhan penyakit. Imboost mengandung bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi. Imboost Effervescent With Vitamin C membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, dengan kombinasi imunomodulator + Vit C.


Mengonsumsi vitamin dapat membantu proses metabolisme dan meningkatkan energi selama puasa. Untuk itu, tetaplah menjaga dan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik dari makanan atau suplemen.

 

Sumber: 

 

  • Healthline. Diakses pada Mei 2020. Nutritional Deficiencies (Malnutrition): https://www.healthline.com/health/malnutrition 

 

  • WebMD. Diakses pada Mei 2020. The Benefits of Vitamin C: https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1

 

  • Emedicinehealth. Diakses pada Mei 2020. What Are the Benefits of Vitamin and Mineral Supplements?: https://www.emedicinehealth.com/vitamin_and_mineral_supplements/article_em.htm




Bagikan artikel ini :




Kesehatan   Imun tubuh