Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Salep Alergi yang Bisa Anda Gunakan untuk Redakan Gatal

Gatal kulit yang ditimbulkan akibat alergi dapat memberikan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan salep alergi pada kulit yang gatal. Di artikel ini Farmaku akan membagikan beberapa rekomendasi salep untuk alergi yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Daftar Salep untuk Alergi Kulit di Apotek

Berikut ini beberapa salep alergi kulit yang bisa dicoba untuk mengatasi gatal karena alergi, di antaranya:

1. Hydrocortison 1% 5 g

Salep Hydrocortison 1% 5 g

Salep gatal alergi ini mengandung bahan hydrocortisone acetate yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti alergi, ruam kulit, gatal pada kemaluan, dan dermatitis. Kondisi kulit seperti itu memiliki beberapa gejala seperti kemerahan, gatal, dan pembengkakan. 

Untuk menggunakan Hydrocortison cukup oleskan pada kulit sebanyak 2-3 kali secara tipis-tipis. Penggunaan salep alergi kulit gatal dan merah ini memiliki efek samping seperti kulit kering, penipisan kulit, gatal, dan lainnya. 

Salep Hydrocortison tergolong obat keras sehingga tidak boleh untuk penggunaan jangka panjang. Hindari penggunaan di area mata, kulit yang terbuka, sensitif, dan membran mukosa. Obat yang dikemas dalam bentuk tube isi 5 gram dapat dibeli dengan harga Rp6.800.

Beli Hydrocortison 1% 5 g di Sini

2. Kalcinol N Krim 5 g

Salep alergi Kalcinol N Krim 5 g

Salep ini digunakan untuk mengobati penyakit kulit yang mengalami inflamasi (peradangan) akibat alergi. Obat alergi ini mengandung bahan aktif kortikosteroid fluocinolone acetonide dan neomycin sulfate

Kalcinol N Krim merupakan obat yang memiliki bahan steroid, sehingga mampu mengatasi peradangan dan gatal alergi atau infeksi kulit akibat bakteri Streptococcus dan Staphylococcus aureus.

Salep alergi ini memiliki efek samping di antaranya: kulit jadi kering, gatal, iritasi, dan kulit terasa terbakar. Jika efek samping tersebut bertahan lama atau dalam jangka panjang, sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter.

Penggunaan obat ini sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang rusak atau terinfeksi. Hindari penggunaan pada bagian ketiak, wajah, dan area selangkangan. Sebelum menggunakan salep ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep atau dosis yang tepat.

Beli Kalcinol N Krim 5 g di Sini

3. Kloderma Oint

Kloderma Oint 5 g

Salep ini mengandung bahan Klobetasol Propionat 0.05%. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit. Salep ini bekerja dengan cara menghambat lipocortin, lalu menghambat pelepasan asam arakidonat yang kemudian dapat menekan pembentukan sekaligus aktivitas inflamasi endogen.

Obat ini tergolong obat keras sehingga penggunaannya perlu resep dokter. Selain itu, salep ini tidak boleh digunakan untuk jangka panjang pada area wajah karena bisa meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang. 

Salep yang dikemas dalam tube ini memiliki beberapa efek samping yaitu iritasi, kulit kering, gatal, sensasi terbakar, hingga penurunan warna kulit. Hindari penggunaannya pada pasien yang memiliki kondisi seperti lesi kulit karena bakteri, dermatitis perioral, psoriasis plak, jerawat, dan jamur atau virus. 

Untuk penggunaan salep Kloderma, Anda bisa oleskan tipis-tipis pada daerah yang terkena sebanyak 1-2 kali. Durasi pemakaian maksimal 4 minggu.

Beli Kloderma Oint di Sini

4. Diprogenta Oint 10 g

Salep untuk alegri Diprogenta Oint 10 g

Salep ini mengandung bahan betametason yang dapat membantu mencegah peradangan akibat adanya pelepasan zat tertentu pada tubuh. Diprogenta tergolong obat keras dan hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Secara umum, salep Diprogenta dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan gatal yang berkaitan dengan penyakit kulit. Kondisi kulit yang dapat diobati di sini termasuk dermatitis alergi, atopik, kontak, eksim, dan psoriasis. 

Salep Diprogenta bekerja dengan cara mengaktifkan zat alami di kulit untuk mengurangi kemerahan, gatal-gatal, dan kulit kemerahan. Penggunaan obat ini cukup dioleskan pada kulit yang mengalami peradangan sebanyak 2 kali sehari. 

Hindari penggunaan salep ini untuk jangka panjang dan area mata. Hentikan pemakaian apabila terjadi iritasi atau efek samping yang berkepanjangan seperti gatal, rasa terbakar, kulit kering, iritasi, dan lainnya.

Beli Diprogenta Oint 10 g di Sini

4. Cinolon Krim 

Salep Cinolon Krim 10 g

Krim ini mengandung bahan Fluocinolone acetonide 0,25 mg. Kandungan tersebut dapat membantu mengobati gatal atau peradangan kulit yang disebabkan karena alergi. Peradangan pada kulit dapat memiliki beberapa gejala yaitu gatal, kulit kemerahan, dan ruam. 

Untuk menggunakan obat gatal alergi ini, Anda cukup oleskan sebanyak 3-4 kali sehari. Penggunaan sebaiknya tidak untuk pasien yang memiliki riwayat alergi dengan kandungan Cinolon, memiliki infeksi jamur, virus, atau bakteri. 

Beli Cinolon Krim  di Sini

Nah, itulah beberapa salep alergi yang bisa Anda coba untuk mengatasi peradangan kulit akibat alergi. Jika Anda ingin mendapatkannya, FarmaFriends bisa mendapatkannya di website Farmaku.com atau apotek Farmaku terdekat. Apabila Anda ingin konsultasi dokter gratis, silakan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan