Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Salep Alergi yang Bagus untuk Meredakan Gatal

Reaksi alergi dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman hingga bisa mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan salep alergi pada bagian kulit yang gatal. 

Daftar Salep untuk Alergi Kulit di Apotek

Reaksi alergi pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti nikel, parfum, lateks, atau sabun. Jika mengalami alergi, umumnya Anda akan mengalami ruam dan merasakan gatal yang tidak tertahankan pada kulit. 

Tenang saja, ada beberapa salep yang bisa meredakan rasa gatal tersebut. 

Berikut ini beberapa salep alergi kulit yang bisa dicoba untuk mengatasi gatal karena alergi, di antaranya:

1. Hydrocortisone

Hydrocortisone

Salep gatal alergi ini mengandung bahan hydrocortisone acetate yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti alergi, ruam kulit, gatal pada kemaluan, dan dermatitis. Kondisi kulit seperti itu memiliki beberapa gejala seperti kemerahan, gatal, dan pembengkakan. 

Penggunaan salep alergi kulit gatal dan merah ini memiliki efek samping seperti kulit kering, penipisan kulit, gatal, dan lainnya. 

Salep Hydrocortison tergolong obat keras sehingga tidak boleh untuk penggunaan jangka panjang. Ikuti dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Hydrocortison 1% Cream 5 gr Kalbe di Sini

2. Inerson Ointment

Inerson Ointment

Salep Inerson juga mampu meredakan gatal akibat alergi. Obat ini mengandung senyawa aktif desoximetasone. Kandungan ini termasuk obat golongan kortikosteroid, yab bekerja dengan menghambat aktivitas sistem imun tubuh yang menyebabkan gatal dan peradangan. 

Obat ini banyak digunakan untuk mengatasi kasus peradangan kulit berat, seperti eksim, alergi, dan psoriasis. 

Termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus dilakukan dibawah pengawasan dokter. 

Beli Inerson Ointment 15 gr di Sini

3. Elocon Ointment

Elocon Ointment

Salep gatal ini mengandung senyawa aktif mometasone furoate. Senyawa aktif tersebut termasuk obat antiradang yang dapat memengaruhi sel dan mediator yang bertanggung jawab pada munculnya reaksi radang. Dengan demikian gatal, nyeri, atau bengkak bisa diredakan. 

Sebelum menggunakan obat ini, Anda perlu memberi tahu dokter bila Anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan. 

Elocon ointment termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Elocon Ointment 10 gr di Sini

4. Mofacort Ointment

Mofacort Ointment

Mofacort Ointment juga merupakan obat yang dapat membantu meredakan gatal akibat alergi. Kandungan mometasone furoate di dalamnya dapat menekan reaksi peradangan alami tubuh.

Tidak hanya dapat meredakan gatal, tetapi obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan serta ruam kulit. 

Perlu diingat, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati luka terbuka, dermatitis akibat jamur atau bakteri, serta penyakit kulit yang disebabkan oleh virus.

Tergolong dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Anda juga perlu mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Mofacort Ointment 10 gr di Sini

5. Kloderma Oint

Kloderma Oint

Salep ini mengandung bahan klobetasol propionat. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit. 

Salep ini bekerja dengan cara menghambat lipocortin, lalu menghambat pelepasan asam arakidonat yang kemudian dapat menekan pembentukan sekaligus aktivitas inflamasi endogen.

Obat ini tergolong obat keras sehingga penggunaannya perlu resep dokter. Selain itu, salep ini tidak boleh digunakan untuk jangka panjang pada area wajah karena bisa meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang. 

Untuk penggunaan salep Kloderma, Anda bisa oleskan tipis-tipis pada daerah yang terkena sebanyak 1-2 kali atau sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Kloderma Ointment 5 gr di Sini

6. Diprogenta Ointment

Diprogenta Ointment

Salep ini mengandung bahan betametason yang dapat membantu mencegah peradangan akibat adanya pelepasan zat tertentu pada tubuh. 

Secara umum, salep Diprogenta dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan gatal yang berkaitan dengan penyakit kulit. Kondisi kulit yang dapat diobati termasuk dermatitis alergi, atopik, kontak, eksim, dan psoriasis. 

Salep Diprogenta bekerja dengan cara mengaktifkan zat alami di kulit untuk mengurangi kemerahan, gatal-gatal, dan kulit kemerahan. Penggunaan obat ini cukup dioleskan pada kulit yang mengalami peradangan sebanyak 2 kali sehari. 

Diprogenta tergolong obat keras dan hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Beli Diprogenta Ointment 10 gr di Sini

7. Cinolon Krim 

Cinolon Krim

Krim ini mengandung bahan fluocinolone acetonide. Kandungan tersebut dapat membantu mengobati gatal atau peradangan kulit yang disebabkan karena alergi. Peradangan pada kulit dapat memiliki beberapa gejala yaitu gatal, kulit kemerahan, dan ruam. 

Untuk menggunakan obat gatal alergi ini, Anda cukup oleskan sebanyak 3-4 kali sehari. Penggunaan sebaiknya tidak untuk pasien yang memiliki riwayat alergi dengan kandungan Cinolon, memiliki infeksi jamur, virus, atau bakteri. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Cinolon Krim harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Cinolon Cream 10 gr di Sini

Nah, itulah beberapa salep alergi yang bisa Anda coba untuk mengatasi peradangan kulit akibat alergi. Perlu diingat, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Bila memiliki kondisi kulit yang gatal, jangan ragu untuk melakukan memeriksakan diri ke dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Higuera, Valencia. 2022. Why Is My Skin Itchy? https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473. (Diakses pada 1 Desember 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Itchy Skin (Pruritus). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/diagnosis-treatment/drc-20355010. (Diakses pada 1 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan