Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Basic Skincare untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Ya!

Maraknya penjualan skincare pada beberapa tahun terakhir tentu membuat Anda mulai tertarik untuk melakukan perawatan kulit. Namun berbagai jenis skincare yang sedang trend mulai dari cleanser, toner hingga serum yang bermunculan terkadang justru membuat Anda bingung untuk memilihnya.


Sebenarnya, perawatan kulit tidak perlu terlalu rumit agar menjadi efektif. Terlebih apabila anda baru saja ingin melakukan skincare routine. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda sebagai pemula untuk menyusun daily skincare routine yang bagus dan efektif.

Baca juga : 7 Tips Merawat Kulit Anti Ribet Untuk Pria!


Tentukan jenis kulit Anda

jenis- jenis kulit


Tahapan paling utama sebelum Anda memulai daily skincare routine adalah dengan menentukan jenis kulit Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih produk yang akan Anda gunakan sebagai skincare routine Anda. Sebab setiap jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda yang harus dipenuhi oleh produk skincare. Misalnya apabila kulit Anda kering, tentu Anda harus memilih produk yang mengandung bahan pelembab lebih banyak dari jenis kulit berminyak atau lainnya. Umumnya jenis kulit diklasifikasikan menjadi 4 jenis yaitu, kulit kering, berminyak, sensitif dan kulit kombinasi.

Baca juga : 5 Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif, Coba Yuk!


Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengklasifikasikan produk mana yang harus Anda gunakan dan produk mana yang harus Anda hindari. Saat ini banyak produk yang juga memberi label jenis kulit pada produk mereka sehingga memudahkan Anda untuk mencari produk skincare yang sesuai jenis kulit Anda.


Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa setiap kulit milik individu adalah berbeda walau memiliki jenis yang sama. Mungkin suatu produk bekerja dengan sangat baik pada seseorang namun belum tentu baik untuk Anda. Sehingga mengenali jenis kulit Anda dengan baik merupakan salah satu langkah bijak bagi diri Anda. Apabila Anda sudah menemukan produk yang sesuai jenis kulit Anda, Anda dapat memulai basic skincare routine dengan tahapan berikut ini.

Tiga Tahapan Basic Skincare Routine

tahapan skin care


Apabila Anda baru memulai untuk melakukan skincare routine, Anda disarankan untuk mengawalinya dengan tiga langkah dasar perawatan kulit, yaitu cleansing (membersihkan), moisturizing (melembabkan) dan protecting (perlindungan). Namun ketiga tahapan ini dapat Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Misalnya apabila Anda memiliki kulit berjerawat, Anda dapat menambahkan obat totol jerawat seperti benzoyl peroxide pada tahapan basic skincare routine Anda.

Cleansing

skincare routine yang bagus

Membersihkan wajah merupakan tahapan skincare yang sangat penting untuk merawat kulit Anda. Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan facial wash maksimal dua kali dalam sehari. Dengan membersihkan wajah menggunakan face wash, akan membantu mengangkat sisa debu, kotoran serta minyak dan bakteri yang menempel pada kulit Anda. Mencuci wajah Anda di pagi hari membantu mengurangi sisa minyak dan skincare yang menempel di malam hari. Sementara mencuci wajah di malam atau sore hari membantu membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel sepanjang hari Anda. Pilihlah face wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk memaksimalkan kerja produk di kulit Anda. Apabila kulit wajah Anda kering, Anda bisa memilih produk facial wash yang melembabkan untuk membantu mengembalikan kelembaban alami kulit serta menjaga skin barrier Anda. Anda disarankan memilih face wash yang lembut dan menghidrasi.

Moisturizing

skincare routine yang bagus

Penggunaan pelembab pada rangkaian skincare routine Anda dapat membantu mengisi kembali air yang hilang dari kulit Anda. Pelembab dengan bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan ceramide dapat memberikan hidrasi sehat yang dibutuhkan kulit Anda agar tetap sehat.


Kebanyakan dari Anda yang memiliki kulit berminyak mungkin berpikir bahwa Anda tidak membutuhkan pelembab. Meskipun Anda memiliki kulit berminyak, penggunaan pelembab pada kulit Anda tetap penting. Sebab faktanya, kurangnya kelembapan dapat membuat kulit Anda memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbanginya, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Protecting

skincare routine yang bagus


Tahapan basic skincare routine yang tak kalah penting yang harus Anda terapkan adalah melindungi wajah Anda dengan menggunakan tabir surya atau SPF. Meskipun masih banyak orang yang hanya menggunakan tabir surya saat pergi ke pantai, nyatanya tabir surya penting digunakan setiap hari.


Saat ini telah banyak bermunculan produk pelembab maupun kosmetik yang mengandung SPF, sehingga memudahkan Anda untuk melindungi kulit tanpa harus membeli lebih dari satu produk. Pastikan pelindung yang Anda gunakan memiliki formula yang mengandung SPF lebih dari 30 untuk memastikan kulit Anda terlindungi dengan baik.

Setelah Anda melakukan tiga tahap basic skincare routine diatas, jangan berkecil hati jika kulit Anda tidak berubah dalam semalam. Untuk hasil yang dapat terlihat, usahakan untuk mengikuti rutinitas Anda setidaknya selama enam minggu. Ini merupakan perkiraan jumlah waktu yang dibutuhkan kulit Anda untuk menyelesaikan siklus pembaruan dirinya dengan sel-sel kulit baru. Setelah siklus ini selesai, Anda dapat mulai melihat pengaruh produk yang telah Anda gunakan.


Apabila terjadi reaksi yang tidak nyaman seperti gatal, kemerahan atau reaksi yang mengindikasikan ketidakcocokan terhadap produk skincare. Anda disarankan untuk segera menghentikan penggunaan produk tersebut.

Skincare yang bagus untuk pemula

skincare terbaik untuk pemula


Menambahkan Produk skincare


Setelah Anda memiliki rutinitas dasar, Anda dapat mulai menambahkan langkah-langkah tambahan sesuai kebutuhan kulit Anda. Apabila Anda ingin menambahkan produk skincare Anda dapat memulainya dengan produk-produk eksfoliasi. Anda padat menggunakan asam alfa hidroksi (AHA) atau asam hidroksi beta (BHA), yang bekerja dengan berbagai cara untuk mengelupas penumpukan berlebih di permukaan kulit. .AHA dan BHA yang disebutkan adalah exfoliant kimiawi, dan mereka sangat baik untuk mendorong pergantian sel, meningkatkan pembentukan kolagen, dan memperbaiki kulit kusam.


Baca juga : Bahan Aktif AHA, BHA, Dan PHA Apa Bedanya ?

Anda juga dapat menambahkan toner pada tahapan skincare routine Anda bila diperlukan. Toner sendiri merupakan produk diformulasikan untuk melayani berbagai keperluan. Beberapa toner diformulasikan untuk mengatasi kemerahan, sementara yang lain menargetkan tAnda-tAnda penuaan atau bekerja untuk menyeimbangkan pH pada kulit. Toner dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang tertinggal di kulit Anda bahkan setelah mencuci wajah menggunakan face wash. Menggunakan toner setelah membersihkan kulit Anda dapat membantu mempersiapkan kulit ke produk lain setelahnya.

Selain produk eksfoliasi dan toner langkah tambahan tambahan yang dapat Anda masukan ke rutinitas skincare Anda adalah serum dan masker. Serum wajah adalah topikal ringan dan berpotensi tinggi yang diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibanding toner, dan pelembab untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik. Sementara untuk masker Anda bisa memilih jenis masker sesuai kebutuhan kulit Anda, misalnya Anda dapat menggunakan clay mask jika memiliki kulit yang berminyak.

Meskipun banyaknya produk skincare yang muncul dapat menggoda Anda untuk membelinya. Anda tetap harus menyederhanakan penggunaan produk skincare untuk menghindari kerusakan pada kulit Anda. Terlebih bila Anda baru saja akan memulai melakukan daily skincare routine. Membatasi penggunaan produk skincare juga dapat membantu Anda dalam menghindari pemborosan produk serta membantu menghemat uang Anda. (DH)

Allure. Diakses pada Agustus 2020. The Ultimate Beginner's Guide to Skin Care. https://www.allure.com/story/beginner-skin-care-routine
Maxmylooks. Diakses pada Agustus 2020. Creating A Basic Skincare Routine: Step By Step Beginners Guide. https://maxmylooks.com/creating-a-basic-skincare-routine-step-by-step-beginners-guide/
SELF’s Comprehensive Beginner’s Guide to Skin Care. Diakses pada Agustus 2020 https://www.self.com/story/guide-to-skin-care

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan